Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO

/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun seiring perkembangan jaman saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Linux dan Microsoft .NET framework. Dengan menggunakan Free Pascal yang merupakan proyek OpenSource, bahasa ini dapat pula digunakan untuk membuat program yang berjalan di Sistem Operasi Mac OS X dan Windows CE. Aspek penting yang perlu dicatat tentang Bahasa pemrograman Delphi termasuk:
 

Penanganan object sebagai reference/pointer secara transparan Properti sebagai bagian dari bahasa tersebut; benar, sebagai getter dan setter (atau accessor and mutator), yang secara transparan mengenkapsulasi akses pada field-field anggota dalam kelas tersebut.

 

Property index dan Default yang menyediakan akses pada data kolektif Pendelegasian (type safe method pointer) yang digunakan untuk memproses event yang dipicu oleh component

 

Pendelegasian implementasi interface pada Field ataupun property dari class. Implementasi penanganan windows message dengan cara membuat method dalam class dengan nomer/nama dari windows message yang akan dihandle.

COM bersifat sebagai interface yang independen dengan implementasi class sebagai reference counted

Kompilasi yang dapat menghasilkan kode yang berjalan secara native x86 ataupun managed code pada arsitektur framework .NET.

Embarcadero Delphi 2010 Delphi 2010 Full Version ini adalah software compiler untuk bahasa pemrograman Delphi. Disebut sebagai compiler, hal ini karena software ini menerjemahkan dari bahasa pemrograman Delphi yang dimengerti oleh manusia yang kemudian akan dijalankan oleh komputer dan tentunya sesuai perintah-perintah program yang dibuat. Mengapa dibutuhkan sebuah Compiler??? karena komputer sebenarnya hanya mengerti 1 buah bahasa saja, yaitu bahasa rakitan/ Assembly. Sedangkan bahasa Assembly tersebut hanya berisikan kode angka, 0 dan 1 saja.

seperti aplikasi standalone executables (EXE). webcam dan sebagainya. database server. dukungan penuh terhadap fitur perangkat tablet seperti keyboard virtual dan layar sentuh menjadi sebuah daya tarik bagi para programmer untuk beralih menggunakan versi Delphi 2010 ini. baik basis dekstop maupun web yang dapat berjalan di semua versi Windows dan platform database. aplikasi Windows Service dan aplikasi console. dynamic link library (DLL). OCX. dan client server database. Kelebihan Delphi 2010 dari versi Delphi sebelumnya adalah: . atau aplikasi basis command line. Programmer juga bisa dengan mudah membangun aplikasi kompleks seperti aplikasi multimedia yang dapat menjalankan hampir semua format multimedia. Penambahan fitur-fitur yang belum pernah disertakan pada versi sebelumnya dan belum pernah diimplementasikan pada pemrograman berbasis IDE (Integrated Development Environment) yang lain. scanner. Dari Delphi 2010. COM. programmer dapat membangun jenis aplikasi Windows. antarmuka yang bagus. Kehadiran Delphi 2010 dimaksudkan untuk menyempurnakan versi Delphi yang sudah dikembangkan sebelumnya dengan penambahan fitur serta fasilitas yang belum ada pada versi Delphi sebelumnya. Programmer juga dapat dengan mudah membangun aplikasi-aplikasi client yang kaya akan fitur. type libraries. control panel applet.   Aplikasi database baik embedded database. Seperti:  Aplikasi antarmuka yang menghubungkan perangkat keras ke komputer seperti fingerprint. Delphi 2010 adalah lingkungan pengembangan terintegrasi yang digunakan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi.Delphi 2010 merupakan versi yang diperkenalkan oleh Embarcadero Technologies untuk meneruskan versi-versi sebelumnya. Delphi 2010 merupakan pemrograman yang berjalan di sistem operasi Microsoft Windows dengan tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Delphi 2010 inilah yang saya pakai selain Delphi 7 pada mata kuliah Pemrograman Visual. Selain itu. Aplikasi web dan webservices.

Mendukung kepada perangkat layar sentuh yang terdapat pada komputer tablet. Edisi-Edisi Delphi 2010 Embarcadero Technologies saat meluncurkan Delphi 2010 membaginya menjadi 3 edisi. sebagai berikut:   Koneksi database lokal ke database server InterBase. Implementasi BlackFish SQL pada sistem dengan 1 pengguna/user dan kapasitas database maksimum 512 Mb. fitur yang ditawarkan oleh Embarcadero Technologies.   Dukungan penuh terrhadap sistem operasi Windows 7.  Visualisasi kode UML mulai dari representasi visual dari kode sumber agar lebih mudah dimengerti.  VCL for the web dengan dukungan hanya untuk aplikasi standalone dengan batasan hingga lima koneksi. Banyaknya platform database server populer yang secara standard didukung. baik dengan atau tanpa keberadaan database lokal dan database terintegrasi. Edisi Profesional menyediakan segala hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi secara mudah dan cepat. aplikasi layar sentuh. karena untuk memberikan kemudahan bagi pengembang aplikasi yang hendak menggunakan Delphi 2010 dapat memilih dan menentukan edisi Delphi sesuai dengan kebutuhan. Semakin tinggi edisi yang nantinya dibeli berbanding lurus dengan harga. BlackFish SQL dan MySQL.  Memperkenalkan kode audit dan metrik untuk lebih memahami style dari kode dan perkembangan proyek. Mari kita ketahui apa saja ketiga edisi Delphi 2010: Delphi 2010 Profesional Delphi 2010 Profesional dibuat untuk pengembangan dan perancangan aplikasi yang berjalan di sistem operasi Windows. Tidak ada dukungan untuk ISAPI atau HTTPS. fasilitas. Fitur-fitur yang ada pada Delphi 2010 Profesional adalah. Delphi 2010 Enterprise Delphi 2010 Enterprise dibuat untuk pengembangan dan perancangan aplikasi client maupun . Kenapa ada pembagian edisi dalam Delphi 2010.

dan aplikasi web yang berjalan di sistem operasi Windows.   Dukungan terhadap pengembangan aplikasi DataSnap multi-tier. MySQL. serta tool yang sesuai dalam mengembangkan aplikasi berkualitas. Informix dan Sybase pada saat mengembangkan aplikasi berbasis Windows. Fitur-fitur yang ada pada Delphi 2010 Enterprise adalah. aplikasi service. efisien dan optimal. BlackFish SQL. Implementasi BlackFish SQL pada sistem dengan 4 user/pengguna dan kapasitas database maksimum 2 Gb. . termasuk fasilitas pemodelan dan desain data dari Embarcadero ER/Studio. dan aplikasi web dengan ssitem database berskala enterprise. dan ekstensi ISAPI dengan dukungan HTTPS tanpa batasan koneksi. sinkronisasi antara kode dan model.  Set lengkap dari 80+ kode audit dan 200+ kode metrik untuk lebih memahami style dari kode dan perkembangan proyek. pengembangan pemodelan UML. Delphi 2010 Architect Delphi 2010 Architect dibuat untuk pengembang aplikasi yang merancang dan membuat aplikasi client/server dengan data yang intensif.  VCL for the web dengan dukungan hanya untuk aplikasi standalone. dan optimasi database. Edisi Architect memang dibuat khusus bagi para pengembang software yang ingin melakukan desain dan pengelolaan database secara efektif. Edisi Architect meliputi semua yang terdapat dalam versi Enterprise.  Dukungan pemodelan UML dua arah secara penuh dengan beberapa tipe diagram. Fitur-fitur yang ada pada Delphi 2010 Architect adalah. multi-tier. Edisi Enterprise sendiri memberikan koneksi yang baik dengan berbagai macam server database dan sumber data enterprise. sebagai berikut:  Reverse-engineer. Oracle. Microsoft SQL Server. Firebird. generasi dokumen serta pattern dokumen.server. DB2. analyze. sebagai berikut:  Koneksi database server ke InterBase.

  Bekerja dengan diagram dapat dibaca dan dinavigasi dengan baik.  Diperlengkapi dengan kemampuan menciptakan model fisik dan logika berdasarkan informasi yang diambil dari database dan file skrip. . Otomatis membangkitkan (generate) kode database dari model untuk forward engineering. Kemampuan dua arah yang baik dalam membandingkan dan menggabungkan model dan struktur database.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful