POHON CEMARA  CIRI KHUSUS POHON CEMARA; POHON CEMARA mempunyai bentuk daun yg runcing.

Bentuk daun tersebut merupakan adaptasi POHON CEMARA terhadap lingkungan yg panas.  MANFA’AT; Daun’nya yang runcing dapat mempercepat penguapan.

TUMBUHAN BAKAU

 CIRI KHUSUS TUMBUHAN BAKAU ; Tumbuhan ini hidup di pinggiran pantai. Tumbuhan BAKAU memiliki akar tunjang. Akar tunjang merupakan bentuk adaptasi tumbuhan bakau terhadap lingkungan pantai..  MANFA’AT; memilki akar tunjang untuk menopang tubuh’ agar tetap kokoh .

mereka pakai sebagai pembungkus makanan dan barang.  Dalam industri kayu sekarang. Selain itu juga diekspor ke mancanegara dalam bentuk furniture luar-rumah. Ketika masih muda (semai) daun’nya berbentuk segi empat karena termasuk fam. jati diolah menjadi venir (veneer) untuk melapisi wajah kayu lapis mahal. dimanfaatkan sebagai kayu bakar kelas satu..POHON JATI  CHIRI KHUSUS POHON JATI. hingga ke dinding-dinding berukir.  Ranting-ranting jati yang tak lagi dapat dimanfaatkan untuk mebel. Contohnya adalah nasi jamblang yang terkenal dari daerah Jamblang. . Nasi yang dibungkus dengan daun jati terasa lebih nikmat.Duduk daun berseling.  Daun jati dimanfaatkan secara tradisional di Jawa sebagai pembungkus.Tipe perbungaan malai hingga malai rata.Tipe daun tunggal. rangka atap. Cabang dan ranting jati menjadi bahan bakar bagi banyak rumah tangga di desa hutan jati.Bentuk daun oblong. Kayu jati menghasilkan panas yang tinggi.POHON JATI berakar tunggang . Daun jati. Jawa Tengah dan Jawa Timur sebagai pembungkus tempe.  Di dalam rumah kayu jati di hampir semua bagiannya: tiang-tiang. Daun jati juga banyak digunakan di Yogyakarta.  MANFA’AT. sehingga dulu digunakan sebagai bahan bakar lokomotif uap. Cirebon. termasuk pembungkus makanan.. serta dijadikan keping-keping parket (parquet) penutup lantai.batang monopodial(hanya memiliki satu batang pokok). yang lebar berbulu dan gugur di musim kemarau itu.  Banyak pesanggem (petani) yang hidup di desa hutan jati memanfaatkan kulit pohon jati sebagai bahan dinding rumah mereka.Tipe percabangan ke-atas.

taplak meja.tikar.  MANFA’AT: sejak dulu LIDAH BUAYA sering kali di pakai sebagai sampo keramas oleh masyarakat indonesia.Mempunyai tangkai daun yg menggelembung atau berongga .ECENG GONDOK berakar dalam tanah.Bunganya termasuk bunga mejemuk .. TUMBUHAN LIDAH BUAYA  CIRI KHUSUS LIDAH BUAYA: LIDAH BUAYA ialah tumbuhan saka. LIDAH BUAYA boleh menerima cahaya matahari penuh untuk hidup. Daun nya tunggal dan berbentuk oval .berbentuk bulir. TANAMAN ECENG GONDOK memiliki senyawa kimia sehinngga mampu menyembuhkan barbagai penyakit. Mempunyai akar serabut yg kuat dan daun hijau kelabu-yang banyak hijau. Permukaan daunnya licin dan beerwarna hijau .sukulen separatropika.Ujung dan pangkalnya meruncing.. ..  MANFA’AT: Sebagai bahan kerajinan seperti: tas.ECENG GONDOK  CIRI KHUSUS ECENG GONDOK: Tumbuhan air yg mengapung .dsb.berisi tebal dan bergerigi.

dinding. makanan ternak (pucuk muda). pembungkus makanan (daun).  Memiliki jaringan meristem pada setiap buku. atap dan penyanggah). tiang. industri (pulp dan kertas). cinderamata dan mebeuler.  MANFA’AT:  Kehidupan masyarakat desa. bangunan rumah.  Ada bambu yg batangnya dapat tumbuh 40 cm/hari dan mencapai tinggi 37 meter. Aktifitas kehidupan sehariharipun tak luput dari pemanfaatan bambu sebagai bahan makanan (rebung). konstruksi (jembatan. POHON BAMBU  CIRI KHUSUS POHON BAMBU:  Merupakan anggota suku rumput-rumputan  Dapat tumbuh lebih cepat dari tumbuhan lain. sekat. bambu sangat dekat dan dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan masyarakat desa mulai lahir (untuk memotong pusar bayi dan sunatan) sampai meninggal (kremasi jenazah). bahan bakar dan untuk upacara adat . sapu lidi. kerajinan untuk kebutuhan rumah tangga.

dextrin. bergedel. biskuit. bakwan. roti jagung.  MANFA’AT:  Batang dan daun muda: pakan ternak Batang dan daun tua (setelah panen): pupuk hijau atau kompos Batang dan daun kering: kayu bakar Batang jagung: lanjaran (turus) Batang jagung: pulp (bahan kertas) Buah jagung muda (putren. Jw): sayuran. tepung. Setiap biji jagung menumbuhkan putik sepanjang 30 cm. perekat. Putik jagung seperti rambut dan lengket memudahkan untuk menangkap serbuk sari. brondong. industri textil. Rambut tersebut sebenarnya adalah kepala putik dan tangkai putik. bihun. kue kering. sambel goreng Biji jagung tua: pengganti nasi. bahan campuran kopi bubuk. marning. industri farmasi.TANAMAN JAGUNG  CIRI KHUSUS TANAMAN JAGUNG:     Memiliki rambut jagung sebatang tangkai yang mirip benang sutra. . pakan ternak. bahan baku industri bir.

obat diare .POHON KELAPA      CIRI KHUSUS POHON KELAPA: Banyak tumbuh di tepi pantai. canoe kecil dan lain Daun = atap murah. pot bunga anggrek. anyaman ketupat dan hiasan upacara Tulang daun = sapu lidi dan bahan dasar prakarya Tandan bunga / bunga palma = hiasan upacara pernikahan Air nira kelapa (dari tangkai bunga)= fermentasi minuman tuak Serabut buah kelapa = bahan bakar. Termpurung kelapa merupakankulit yang kedap air berfungsi untuk melindungi kelapa sehingga tidak busuk. Buah kelapa yang jatuh dari pohon akan terbawa air laut sampai ke pantai yang lain tanpa menjadi busuk. dan yang lain  Batok / tempurung kelapa = bahan bakar dan bahan baku untuk kerajinan tangan  Air kelapa dan daging kepala = bahan dasar es kelapa atau campuran es lainnya  Daging kelapa tua = santan. bahan baku produk perawatan rambut dan tubuh .  MANFA’AT:        Akar = perwarna. keset. kopra. disentri dan sikat gigi Batang = bahan baku untuk membangun rumah . Serabut tebal yang membuat buah kelapa dapat tetap terapung di air dan sampai di pantai yang lain. jembatan. tali anyaman. obat kumur. minyak .

sering dengan sisa tangkai putik yang mengering di ujungnya. hitam atau kecoklatan mengkilap. serta vitamin A dan C. panjang lk. pangkal dan ujungnya bentuk baji.POHON SAWO          CHIRI KHUSUS POHON SAWO: Pohon yang besar dan rindang.5-15 cm. coklat kemerahan sampai kekuningan. coklat kemerahan sampai kekuningan di luarnya dengan sisik-sisik kasar coklat yang mudah mengelupas.  Adapun efek antiinflamasi sawo manila bermanfaat untuk mengatasi masalah seperti gangguan gastritis dan usus. manis dan mengandung banyak sari buah. hijau tua mengkilap. bertangkai 1-3. Semua itu membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan. berbilangan 6. sisi luarnya berbulu kecoklatan. sedikit berbulu. bentuk bundar-telur jorong sampai agak lanset. Bercabang rendah. Berbiji sampai 12 butir. terletak berseling. bertangkai 12 cm. Kelopak bunga biasanya tersusun dalam dua lingkaran. Daun tunggal. lonjong pipih. dengan daging buah yang lembut dan kadang-kadang memasir. sering mengumpul pada ujung ranting.  Buah sawo manila yang telah matang mengandung mineral seperti tembaga. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit. Buah buni bertangkai pendek. 1. putih. diameter bunga s/d 1. Helai daun bertepi rata. bulat. namun kebanyakan kurang dari 6. batang berkulit kasar abu-abu kehitaman sampai coklat tua.5% dari asupan harian yang dianjurkan per 100 g buah) dan vitamin A. dapat tumbuh hingga setinggi 30-40 m. folat. kalium. Vitamin A penting untuk penglihatan. bulat telur atau jorong. Berkulit tipis. getah berwarna putih susu yang kental. kerapkali menggantung. 2 cm. Bunga-bunga tunggal terletak di ketiak daun dekat ujung ranting. Ada pula niacin. besi. tulang daun utama menonjol di sisi sebelah bawah. dan sebagainya. mahkota bentuk genta. . berbagi sampai setengah panjang tabung. Seratnya juga membantu melindungi selaput lendir usus besar kita dari racun penyebab kanker. 3-6 x 3-8 cm.5 cm.  Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik sehingga bisa membantu mengatasi sembelit.5 cm. Seluruh bagiannya mengandung lateks. keping biji berwarna putih lilin  MANFA’AT:  Sawo banyak mengandung vitamin antioksidan seperti vitamin C (24.5-7 x 3.

 Bila matahari mulai ternggelam. mahkota bunga mulai menutup. bulat.  Bentuk bunganya seperti matahari (kuning.  MANFA’AT:  Biji bunga matahari bisa dibuat makanan ( kwaci )  Untuk tanaman hias .BUNGA MATAHARI  CHIRI KHUSUS BUNGA MATAHARI:  Tumbuh di daerah yang terkena sinar matahari. dan besar).  Selalu mengikuti arah cahaya matahari.

melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap ‘sisik’ pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk menjadi satu ‘buah’ besar. tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. . berujung tajam.POHON NANAS  CHIRI KHUSUS POHON NANAS:  tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil.  Manfaat nanas  Daging buahnya bisa diolah menjadi aneka makanan dan minuman . dan Paraguay termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae) dengan perawakan (habitus) tumbuhannya rendah.  Buahnya bukanlah buah sejati. herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang. Bolivia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful