ASUHAN KEPERAWATAN CIDERA KEPALA RINGAN DENGAN KEBUTUHAN OKSIGENASI

Disusun Oleh : Kelompok 2

Tujuan Pembelajaran Umum • Makalah ini disusun sebagai salah satu tugas yang diberikan untuk memenuhi mata kuliah Praktek Klinik Komperhensif I (PKK I). . Diharapkan setelah membaca makalah ini mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam tentang asuhan keperatan pada pasien cidera kepala dengan gangguan kebutuhan oksigenasi yang akan dibahas dalam makalah ini.

. – Merencanakan tindakan keperawatan berdasarkan diagnosis keperawatan serta dapat melaksanakan rencana tindakan pada klien dengan Cedera Kepala Ringan – Dapat mengevaluasi hasil akhir terhadap tindakan keperawatan yang telah diberikan pada klien dengan Cedera Kepala Ringan.Tujuan Pembelajaran Khusus – Dapat melakukan pengkajian keperawatan pada klien dengan Cedera Kepala Ringan – Dapat merumuskan diagnosis keperawatan dan menentukan prioritas masalah pada klien dengan Cedera Kepala Ringan.

KONSEP DASAR CIDERA KEPALA RINGAN .

Pengertian • Cidera kepala adalah suatu gangguan traumatic dari fungsi otak yang disertai atau tanpa disertai perdarahan interstitial dalam subtansi otak tanpa diikuti terputusnya kontinuitas otak. ( Tarwoto&Wartonah. 2007. 2002) . hal 125 ) • Cedera kepala ringan adalah hilangnya fungsi neurology atau menurunnya kesadaran tanpa menyebabkan kerusakan lainnya (Smeltzer.

Pathway Copy of 76229032-Askep-Cks-Cedera-KepalaSedang.docx .

kraneotomi. Operasi Dilakukan untuk mengeluarkan darah pada intraserebral. prosedur shunting pada hidrosefalus. pemeriksaan AGD. debridement luka. Penatalaksanaan umum : • Monitor respirasi : bebaskan jalan napas. berikan oksigen jika perlu • Monitor tekanan intra cranial ( TIK ) • Atasi syok bila ada • Control tanda vital • Keseimbangan cairan dan elektrolit 2. monitor keadaan ventilasi. kranioplasti. .Penatalaksanaan 1.

.3. Pengobatan – Diuretic : untuk mengurangi edema serebral misalnya Manitol 20%. Furosemit ( Lasik ) – Antikonvulsan : untuk menghambat pembentukan edema misalnya dengan deksametason. – Antibiotik. ranitidine. jika terjadi luka yang besar. – Antagonis histamine : mencegah terjadinya iritasi lambung karena hipersekresi akibat efek trauma kepala misalnya dengan cemetidin.

Konsep Dasar Oksigenasi Pengertian • Kebutuhan oksigenasi merupakan kebutuhan dasar manusia yang di gunakan untuk kelangsungan metabolism sel tubuh mempertahankan hidup dan aktivitas berbagai organ atau sel. Proses Oksigenasi Ventilasi Difusi Gas Masalah kebutuhan oksigen hipoksia obstruksi jalan nafas Transfortasi Gas .

A CKR DENGAN KEBUTUHAN OKSIGENASI .ASUHAN KEPERAWATAN Tn.

MAKALAH RISA\makalah rs.docx .

TERIMA KASIH FOR ATENTTIONS .