P. 1
ASUHAN KEPERAWATAN

ASUHAN KEPERAWATAN

5.0

|Views: 32|Likes:
keperawatan
keperawatan

More info:

Published by: Annisah Ika Nurhayati on Jun 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2013

pdf

text

original

ASUHAN KEPERAWATAN CIDERA KEPALA RINGAN DENGAN KEBUTUHAN OKSIGENASI

Disusun Oleh : Kelompok 2

Tujuan Pembelajaran Umum • Makalah ini disusun sebagai salah satu tugas yang diberikan untuk memenuhi mata kuliah Praktek Klinik Komperhensif I (PKK I). . Diharapkan setelah membaca makalah ini mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam tentang asuhan keperatan pada pasien cidera kepala dengan gangguan kebutuhan oksigenasi yang akan dibahas dalam makalah ini.

.Tujuan Pembelajaran Khusus – Dapat melakukan pengkajian keperawatan pada klien dengan Cedera Kepala Ringan – Dapat merumuskan diagnosis keperawatan dan menentukan prioritas masalah pada klien dengan Cedera Kepala Ringan. – Merencanakan tindakan keperawatan berdasarkan diagnosis keperawatan serta dapat melaksanakan rencana tindakan pada klien dengan Cedera Kepala Ringan – Dapat mengevaluasi hasil akhir terhadap tindakan keperawatan yang telah diberikan pada klien dengan Cedera Kepala Ringan.

KONSEP DASAR CIDERA KEPALA RINGAN .

Pengertian • Cidera kepala adalah suatu gangguan traumatic dari fungsi otak yang disertai atau tanpa disertai perdarahan interstitial dalam subtansi otak tanpa diikuti terputusnya kontinuitas otak. 2007. ( Tarwoto&Wartonah. hal 125 ) • Cedera kepala ringan adalah hilangnya fungsi neurology atau menurunnya kesadaran tanpa menyebabkan kerusakan lainnya (Smeltzer. 2002) .

docx .Pathway Copy of 76229032-Askep-Cks-Cedera-KepalaSedang.

. monitor keadaan ventilasi. Penatalaksanaan umum : • Monitor respirasi : bebaskan jalan napas. kranioplasti. Operasi Dilakukan untuk mengeluarkan darah pada intraserebral. kraneotomi. pemeriksaan AGD. berikan oksigen jika perlu • Monitor tekanan intra cranial ( TIK ) • Atasi syok bila ada • Control tanda vital • Keseimbangan cairan dan elektrolit 2.Penatalaksanaan 1. prosedur shunting pada hidrosefalus. debridement luka.

3. – Antibiotik. . – Antagonis histamine : mencegah terjadinya iritasi lambung karena hipersekresi akibat efek trauma kepala misalnya dengan cemetidin. Furosemit ( Lasik ) – Antikonvulsan : untuk menghambat pembentukan edema misalnya dengan deksametason. ranitidine. jika terjadi luka yang besar. Pengobatan – Diuretic : untuk mengurangi edema serebral misalnya Manitol 20%.

Proses Oksigenasi Ventilasi Difusi Gas Masalah kebutuhan oksigen hipoksia obstruksi jalan nafas Transfortasi Gas .Konsep Dasar Oksigenasi Pengertian • Kebutuhan oksigenasi merupakan kebutuhan dasar manusia yang di gunakan untuk kelangsungan metabolism sel tubuh mempertahankan hidup dan aktivitas berbagai organ atau sel.

ASUHAN KEPERAWATAN Tn.A CKR DENGAN KEBUTUHAN OKSIGENASI .

MAKALAH RISA\makalah rs.docx .

TERIMA KASIH FOR ATENTTIONS .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->