P. 1
GEGAR OTAK

GEGAR OTAK

|Views: 127|Likes:
Published by Ade Kusumah
bahaya gegar pada otak
bahaya gegar pada otak

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Ade Kusumah on Jun 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

11/07/2013

$4.99

USD

pdf

text

original

tulang tengkorak yang tebal dan keras membantu melindungi otak.

tetapi meskipun memiliki helm alami, otak sangat peka terhadap berbagai jenis cedera.

cedera kepala telah menyebabkan kematian dan cacat pada usia kurang dari 50 tahun, dan luka tembak pada kepala merupakan penyebab kematian nomor 2 pada usisa dibawah 35 tahun. hampir separuh penderita yang mengalami cedera kepala meninggal.

otak bisa terluka meskipun tidak terdapat luka yang menembus tengkorak. berbagai cedera bisa disebabkan oleh percepatan mendadak yang memungkinkan terjadinya benturan atau karena perlambatan mendadak yang terjadi jika kepala membentur objek yang tidak bergerak.

kerusakan otak bisa terjadi pada titik benturan dan pada sisi yang berlawanan. cedera percepatan-perlambatan kadang disebut coup contrecoup (bahasa perancis untuk hit-counterhit)

cedera kepala yang berat dapat merobek, meremukkan atau menghancurkan saraf, pembuluh darah dan jaringan di dalam atau di sekeliling otak. bisa terjadi kerusakan pada jalur saraf, perdarahan atau pembengkakan hebat.

perdarahan, pembengkakan dan penimbunan cairan (edema) memiliki efek yang sama yang ditimbulkan oleh pertumbuhan massa di dalam tengkorak. karena tengkorak tidak dapat bertambah luas, maka peningkatan tekanan bisa merusak atau menghancurkan jaringan otak.

karena posisinya di dalam tengkorak, maka tekanan cenderung mendorong otak ke bawah. otak sebelah atas bisa terdorong ke dalam lubang yang menghubungkan otak dengan batang otak, keadaan ini disebut herniasi.

sejenis herniasi serupa bisa mendorong otak kecil dan batang otak melalui lubang di dasar tengkorak (foramen magnum) ke dalam medula spinalis. herniasi ini bisa berakibat fatal karena batang otak mengendalikan fungsi vital (denyut jantung dan pernafasan).

cedera kepala yang tampaknya ringan kadang bisa menyebabkan kerusakan otak yang hebat. kelainan fungsi yang terjadi juga tergantung kepada bagian otak mana yang terkena. dan bisa menyebabkan kebingungan dan koma. terutama cedera dada. gejala yang terlokalisir bisa berupa perubahan dalam gerakan. maka bisa terjadi kerusakan lebih lanjut pada jaringan otak. sensasi. yang biasanya disebabkan oleh pukulan langsung dan kuat ke kepala. robekan otak adalah robekan pada jaringan otak. apakah terbatas (terlokalisir) atau lebih menyebar (difus). gegar otak (kontusio serebri) merupakan memar pada otak. pembengkakan yang sangat hebat bisa menyebabkan herniasi otak. gegar otak dan robekan otak lebih serius daripada konkusio. usia lanjut dan orang yang mengkonsumsi antikoagulan (obat untuk mencegah pembekuan darah). yang seringkali disertai oleh luka di kepala yang nyata dan patah tulang tengkorak. kelainan fungsi otak yang difus bisa mempengaruhi ingatan dan pola tidur penderita. erusakan otak seringkali menyebabkan kelainan fungsi yang menetap. pengobatan akan lebih rumit jika cedera otak disertai oleh cedera lainnya. berbicara. penglihatan dan pendengaran. mri menunjukkan kerusakan fisik pada otak yang bisa ringan atau bisa menyebabkan kelemahan pada satu sisi tubuh yang diserati dengan kebingungan atau bahkan koma. jika otak membengkak. . yang bervariasi tergantung kepada kerusakan yang terjadi. sangat peka terhadap terjadinya perdarahan disekeliling otak (hematoma subdural).

bisa terjadi tanpa kerusakan nyata pada struktur otak. dan kegelisahan. . Orang yang mengalami gegar otak untuk sementara bengong atau sedikit bingung. sakit kepala ringan. terutama jika luka baru terjadi sebelum gejala dari gegar otak sebelumnya betul-betul sudah hilang. kadang-kadang. ketidakmampuan untuk memusatkan pikiran. Beberapa orang mungkin tidak sadar bahwa mereka sudah mengalami gegar otak. kepenatan. Tetapi. penderita mungkin mengalami sakit kepala. gejala berlanjut berbulanbulan atau.Gegar Otak Sumber: http://medicastore. Kesadaran mungkin hilang untuk waktu yang singkat. khususnya penderita yang mempunyai masalah emosional sebelum gegar otak. kenangan buruk. jarang. Kemudian. Orang yang sudah mengalami gegar otak juga kelihatannya menjadi lebih rentan dengan luka lainnya. bertahun-tahun. sensasi berputar. Penderita dapat mengalami cacat berpikir. Gejala ini dianggap sindrom post-gegar otak. Kenangan untuk peristiwa baru saja sebelum atau baru saja sesudah terjadinya luka mungkin hilang.html DEFINISI Gegar otak adalah perubahan yang disebabkan oleh luka pada fungsi mental atau tingkat kesadaran yang terlibat kehilangan kesadaran. dan bertahan kurang dari 6 jam. Gejala sindrom post-gegar otak biasa terjadi selama seminggu sesudah gegar otak dan umumnya sembuh pada minggu kedua. sifat lekas marah.com/penyakit/3353/Gegar_Otak. jarang lebih dari 15 menit. depresi.

penyakit Parkinson. PENGOBATAN Pengobatan untuk post-gegar otak sindrom berdasarkan keparahan gejala. kenangan buruk. kepenatan. ketidakmampuan untuk memusatkan pikiran. Salah satu organ yang . sifat lekas marah. magnetic resonance imaging (MRI). pening. depresi. hanya gejala perlu dioabti. Untuk gegar otak. Gegar otak berulang dapat menambah risiko penderita di masa mendatang menjadi dementia. Jika tidak ada kerusakan otak struktural. Orang sebaiknya tidak kembali pada olahraga kontak tubuh setelah gegar otak sampai semua efek sakit sudah hilang dan evaluasi kedokteran sudah selesai. Dilakukan dengan menggunakan computed tomography (CT scan). dan depresi. Istirahat dan observasi melekat sangat penting. dan kegelisahan biasa terjadi setelah gegar otak. atau keduanya. Apakah Konkusi A? Alam telah merancang tubuh manusia sedemikian rupa bahwa ada ketentuan perlindungan masing-masing organ vital. dokter perlu meyakinkan struktur otak tidak rusak. acetaminophen diberi untuk rasa sakit. Istirahat adalah pengobatan terbaik untuk gegar otak. Aspirin dan obat antiinflamsi nonsteroid (NSAIDS)seharusnya tidak digunakan karena mengganggu pembekuan darah dan dapat mengakibatkan pendarahan dari saluran darah yang rusak.DIAGNOSA Untuk mendiagnosa gegar otak. Orang yang mengalami kesulitan emosional mungkin memerlukan psikoterapi. Posted by Alvin at 1:32 AM Labels: Gegar Otak Tahukah Anda Sakit kepala.

Berapa Lama Konkusi A Terakhir? Gejala gegar otak. Sindrom ini ditandai oleh adanya gejala tertentu yang bertahan bahkan setelah minggu gegar otak itu. perubahan dalam temperamen dan penurunan kemampuan kognitif. Namun. Namun. penurunan gerakan perhatian dan lambat bisa menjadi indikasi gegar otak parah yang harus didiagnosis melalui CT scan atau MRI. penglihatan kabur. otak tidak hanya dijaga oleh tengkorak tetapi dikelilingi oleh cairan tulang belakang yang melindungi dalam dari setiap memukul terhadap tengkorak. Beberapa reaksi langsung dari gegar otak termasuk faintish perasaan. rentang yang luas ketidaksadaran. dapat berlangsung dari beberapa detik sampai beberapa jam . pusing. Dampak dari gegar otak tergantung pada kekuatan pukulan dan potensi otak untuk menahan kerusakan dan kembali normal. Tanda-tanda alami selama sindrom pasca gegar otak termasuk kelemahan pada satu sisi tubuh. kehilangan memori. tandatanda kondisi tertentu seperti kabur dari visi dan disorientasi dapat bertahan untuk waktu yang lebih lama dan akhirnya berangsur hilang dalam beberapa minggu. gegar otak A juga bisa menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai sindrom pasca gegar otak. kehilangan kesadaran. kadang-kadang. cedera dapat disebabkan ke otak disebut sebagai gegar otak. gejala seperti itu perlu diawasi secara ketat oleh pengasuh sehingga bantuan medis dapat diberikan tepat waktu. satu bantuan mencapai dari gejala gegar otak itu. jenis cedera seperti itu sangat umum di antara pemain olahraga.paling penting dari tubuh manusia. Individu biasanya mendapatkan kembali kesadaran dalam beberapa waktu dan setelah istirahat selama beberapa jam. dan. sakit kepala. pingsan. dalam kasus kecelakaan yang melibatkan pukulan tiba-tiba kepala. misalnya kebingungan. mual dan kejang.

Hal ini tergantung pada tingkat keparahan dampak. Grade 3 dicirikan oleh Kehilangan kesadaran. Namun. dan / atau mudah tersinggung. gejala termasuk sakit kepala dan kesulitan dalam konsentrasi.sampai beberapa hari. spesialis medis menggunakan sistem tiga poin untuk menentukan keseriusan gegar otak. dering di telinga. Dalam Grade 2 gegar otak. mereka merancang suatu rencana perawatan yang tepat. Orang itu mungkin menunjukkan gejala yang sama seperti memori yang buruk. dalam hal ini gejala-gejala tersebut akan berlangsung untuk waktu yang lebih lama dan bahkan mungkin permanen. dan pasien mungkin memiliki pusing. pusing. Gejala lain seperti sakit kepala dan kurang konsentrasi akan hilang dalam waktu 15 menit. . dan lekas marah. Kadang-kadang. gegar otak dikelompokkan menjadi 5 kelas Dalam Grade 0 gegar otak. Grade 4 dicirikan oleh Hilangnya kesadaran selama lebih dari satu menit. gejala termasuk kebingungan singkat berlangsung kurang dari satu menit. sakit kepala. kebingungan. gegar otak terakhir hanya beberapa saat. Ini biasanya jelas Facebook dalam beberapa menit. kebingungan. amnesia. meskipun kurang dari satu menit. Tergantung pada beratnya gejala. kali lain. Berdasarkan sistem ini. dia dikatakan menderita sindrom pasca-gegar otak. seseorang bisa sadar (pingsan atau pingsan) selama beberapa menit atau lebih. Jika seseorang yang telah memiliki gegar otak dan belum pulih dalam beberapa bulan. Dalam Grade 1 gegar otak. kebingungan / penglihatan kabur bertahan lebih lama (lebih dari satu menit).

Penutup luar tengkorak halus tetapi bagian dalam adalah kasar dan Boney. Gegar otak bisa menyebabkan berbagai gejala fisik. Cedera otak ringan traumatis atau gegar otak kumulatif dapat memiliki efek jangka panjang pada tubuh manusia mulai dari sakit kepala ringan atau vertigo efek serius dan mengancam kehidupan seperti koma. Ini adalah struktur. Otak manusia bersama dengan cairan pelindung ini tertutup di dalam tengkorak yang bertindak sebagai shell pelindung. kasar Boney di dalam tengkorak yang bisa melukai otak ketika kepala orang yang keras toples. Otak kita dikelilingi oleh cairan yang dikenal sebagai cairan cerebrospinal. efek umum dari gegar otak di tubuh manusia adalah:          Sakit kepala Rasa pusing Perubahan pola tidur Ringan Miskin memori Depresi Tinnitus (dering di telinga) Kehilangan konsentrasi Memperlambat waktu reaksi . Cairan bertindak sebagai shock absorber yang menghambat pergerakan otak ketika seseorang tersentak. mual muntah. kognitif dan emosional. Gejala awal yang paling umum dari gegar otak termasuk pusing. dan sakit kepala. vertigo atau kehilangan keseimbangan.Konkusi Efek Pada Tubuh Manusia Gegar otak atau cedera otak ringan traumatis terjadi ketika otak tiba-tiba bergeser atau getar di dalam tengkorak dan mengetuk terhadap permukaan tulang.

efek yang lebih serius dari gegar otak mungkin termasuk sakit kepala parah. Sebuah gegar otak berulang di petinju dapat menyebabkan konsekuensi serius seperti cedera otak. salah satu tidak dapat mengamati perubahan dalam struktur fisik tengkorak. setiap kejadian yang mengarah ke menabrak otak dalam tengkorak dapat menyebabkan gegar otak. kesulitan dengan sensasi dan berbagai tingkat kesadaran. Gegar otak bisa ringan atau berat. sedang bingung. mual. melihat bintang-bintang. kesulitan dengan mobilitas dan koordinasi. Tanda Dari Konkusi A Segala bentuk pukulan agresif untuk kepala disebabkan oleh kecelakaan. Pada intinya. Pasien diketahui menderita dari sindrom pasca gegar otak yang meliputi ketidakmampuan individu untuk melakukan kegiatan rutin seperti . Jangka waktu yang panjang ketidaksadaran setelah pengalaman menunjukkan gegar otak parah. menampilkan sama dalam bentuk rusak otak. slurring berbicara. dengan periode pemulihan mulai dari beberapa jam untuk beberapa minggu. dan penurunan konsentrasi dan kemampuan kognitif. cedera olahraga atau selama pertengkaran dapat menyebabkan kondisi medis disebut sebagai gegar otak. penurunan konsentrasi dan kehilangan memori. Tanda-tanda gegar otak umumnya diamati selama periode dari 24 sampai 48 jam dan istirahat disarankan untuk pasien. kesulitan berbicara dan berkomunikasi. yang dapat diukur oleh keseriusan gejala yang dialami oleh individu. Mood ayunan dan perubahan kepribadian Efek ini mungkin benar terlihat setelah kekerasan pukulan ke kepala atau mungkin minggu diamati setelah sentakan awal. Dalam kondisi ini. mual mungkin dan kehilangan memori kadangkadang sebagian atau total. Namun. Beberapa tanda umum dari gegar otak termasuk sakit kepala. Gejala seseorang dapat bervariasi dan termasuk penglihatan kabur. mengaburkan visi. Pemulihan pasien tergantung pada keparahan dari gegar otak. merasa faintish.

. malah berlama-lama atau memperburuk.bekerja atau belajar. intervensi medis menjadi wajib. edema atau patah tulang tengkorak. Reaksi ini bisa mengindikasikan perdarahan otak. Jika gejala tampaknya tidak berkurang. Post sindrom gegar otak diyakini akibat cedera amat kecil bahkan ke otak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->