P. 1
Lampiran4 Instrumen Uji Coba Angket Dis.bel

Lampiran4 Instrumen Uji Coba Angket Dis.bel

|Views: 53|Likes:
Published by Vanny Tvd

More info:

Published by: Vanny Tvd on Jun 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/10/2014

pdf

text

original

Lampiran 4 UJI COBA INSTRUMEN ANGKET DISIPLIN BELAJAR Pengantar Lembar berikut ini merupakan angket disiplin belajar

yang dibuat guna mengetahui validitas dan reliabilitas. Selanjutnya, angket ini akan dijadikan instrumen untuk mengetahui disiplin belajar yang dimiliki siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang. Mohon kepada Saudara agar dapat meluangkan waktu untuk mengisi angket disiplin belajar ini. Dengan mengingat pentingnya informasi yang Saudara berikan melalui pengisian angket ini, maka mohon agar Saudara memberikan jawaban yang sesuai dengan kondisi Saudara sendiri. Setiap anak dapat memiliki pandangan yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, pilihlah jawaban yang paling sesuai menurut Saudara sendiri karena tidak ada pilihan yang dianggap salah. Identitas responden akan dijamin kerahasiaannya karena pengisian angket ini hanya untuk kepentingan penyelesaian penelitian skripsi saja. Pengisian angket ini tidak berpengaruh pada keberadaan Saudara di sekolah ini dan identitas Saudara akan dirahasiakan. Atas kerjasama dan bantuan Saudara, saya ucapkan terima kasih.

Peneliti

PETUNJUK PENGISIAN ANGKET DISIPLIN BELAJAR Berikut ini merupakan cara pengisian angket disiplin belajar: 1. Angket disiplin belajar ini terdiri dari 100 item pernyataan. pilihlah jawaban yang paling sesuai menurut Saudara sendiri karena tidak ada pilihan jawaban yang dianggap salah. : Apabila pernyataan Kurang Sesuai. dengan cara memberi tanda silang (X) pada salah satu kolom alternatif jawaban untuk setiap nomor pernyataan. 3. : Apabila pernyataan Sangat Sesuai. Tulislah identitas diri Anda. 5. : Apabila pernyataan Sesuai. Setiap anak dapat mempunyai pandangan yang berbeda. Masing-masing pernyataan diikuti oleh 5 pilihan jawaban. SELAMAT MENGERJAKAn . 4. Baca dan pahamilah daftar pernyataan ini dan pilihlah 1 alternatif jawaban yang sesuai dengan kondisi Saudara sendiri. : Apabila pernyataan Tidak Sesuai. 2. yaitu: STS TS KS S SS : Apabila pernyataan Sangat Tidak Sesuai.

ANGKET DISIPLIN BELAJAR Identitas Diri Nama : Kelas : NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 PERNYATAAN Saya membuat jadwal belajar untuk kurun waktu satu semester Saya mengikuti les privat di rumah untuk pelajaran yang kurang saya kuasai Dalam sehari.5 – 2 jam Saya tidak pernah belajar jika di rumah Saya belajar setelah sholat/beribadah Saya membuat jadwal belajar dan belajar secara tepat waktu sesuai jadwal yang saya buat sendiri Saya membuat jadwal belajar tetapi tidak konsisten dengan jadwal yang telah dibuat Saya membuat jadwal belajar tetapi belajar jika ada ulangan saja Saya tidak bisa menolak ajakan teman untuk bermain ketika saya sedang belajar Saya menolak ajakan teman untuk bermain ketika saya sedang belajar Acara di TV lebih menarik untuk saya tonton daripada belajar Saya tidak membuat jadwal belajar Saya belajar hingga larut malam/wayangan bila akan ulangan Saya belajar pada malam hari karena suasananya tenang Saya lebih suka belajar sambil mendengarkan musik Saya tetap belajar walau diganggu kakak/adik Penerangan di rumah saya masih menggunakan lampu minyak Saya terbiasa belajar sambil menonton TV Saya suka ketiduran saat belajar sehingga tempat tidur saya penuh dengan buku pelajaran Saya belajar di meja makan karena tidak punya meja belajar Waktu saya habis untuk membantu pekerjaan ibu di rumah Saya menghafalkan pelajaran yang telah diajarkan di sekolah sesampainya di rumah . saya belajar 1.

saya sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum ulangan tiba Sepulang sekolah saya mempelajari ulang materi-materi pelajaran di hari itu Saya tidak malu untuk datang ke rumah guru untuk menanyakan pelajaran yang tidak saya kuasai Saya suka menstabilo buku-buku pelajaran agar mudah dipelajari Saya dan teman-teman sekolah terkadang belajar kelompok bersama di rumah Saya rajin datang kursus karena sesuai minat saya Saya hanya belajar pelajaran yang saya sukai Saya tidak pernah membolos sekolaaah .23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 Sepulang sekolah saya langsung menata buku pelajaran untuk besok Saya menepati jadwal belajar di rumah yang telah saya buat Saya memiliki banyak buku pelajaran tetapi tidak pernah saya baca Saya marah jika sedang belajar lalu diganggu Saya malas jika harus mengerjakan PR sepulang sekolah Saya belajar sendiri di rumah meskipun teman-teman saya ikut les di tempat bimbingan belajar Saya meminta bantuan pada orang lain/tetangga yang lebih pintar untuk membantu kesulitan belajar saya Saya belajar atas kesadaran diri bukan karena diperintah orang tua Waktu belajar saya habis untuk bermain PS atau facebook Jika lampu padam saya tetap belajar dengan menggunakan lampu minyak/lilin/lampu baterai Di rumah. saya mencari soal-soal latihan untuk sendiri Saya hanya belajar untuk pelajaran yang saya sukai Apabila sedang belajar harus tersedia cemilan Saya membaca sambil tiduran Saya mempelajari buku sumber lain untuk memperkaya materi pelajaran Saya selalu membuat catatan kecil dari tiap materi pelajaran yang disampaikan di hari itu juga Saya lebih suka membaca buku komik atau majalah daripada membaca buku pelajaran sekolah Saya sering melamun saat belajar di rumah Di dinding kamar saya coret-coret tulisan tentang materi pelajaran dan target yang ingin saya capai Apabila ada ulangan.

saya memperhatikan guru dengan tertib dan tenang Saya berpartisipasi aktif ketika pelajaran berlangsung Saya mengobrol dengan teman saat guru menerangkan Saya sering tidur saat guru sedang menerangkan Saya menyukai pelajaran IPA/sains Saya menyukai pelajaran IPS/hafalan Saya lebih suka meminjam catatan teman daripada harus mencatat materi yang . saya membolos Sebelum ulangan. saya gunakan untuk semua mata pelajaran Saya memfotocopy buku-buku pelajaran karena saya tidak mampu membeli buku-buku yang asli Buku-buku LKS saya tinggal di laci meja bangku sekolah Saya meminjam peralatan tulis menulis milik teman Saya membuat jadwal belajar untuk kurun waktu satu semester Jika tidak ada ulangan. saya pergi ke kantin bersama teman-teman Saya pernah ijin ke belakang dan tidak kembali lagi ke kelas Bila raport dibagikan. saya tidak belajar Saya mempersiapkan alat tulis sebelum pelajaran dimulai Pada saat pelajaran berlangsung.50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 Saya sering terlambat datang ke sekolah Peraturan yang diterapkan di sekolah saya cukup ketat Lingkungan belajar di sekolah saya cukup membosankan Saat jam pelajaran kosong. saya menyiapkan buku-buku pelajaran yang saya butuhkan Saya lebih suka menyontek daripada belajar Buku tulis saya. saya mempelajari materi yang akan diujikan Sebelum pelajaran dimulai. saya tidak memberikannya pada orang tua untuk ditandatangani tetapi saya berikan pada orang lain untuk ditandatangani Saya suka mencoret-coret meja bangku sekolah Sanksi yang diberikan kepada siswa di sekolah sudah dijalankan dengan baik Saya sering masuk BK karena sering melanggar peraturan sekolah Saya datang ke sekolah tepat waktu Saya pernah berkelahi dengan siswa sekolah lain Apabila ada kegiatan les dari sekolah.

79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 disampaikan guru Saya dikenal guru sebagai siswa yang disiplin dan berprestasi Saya langsung bertanya kepada guru bila ada materi pelajaran yang tidak saya pahami Saya lebih suka bertanya pada teman bila ada materi pelajaran yang tidak saya pahami Saya memakai buku sumber lain untuk memperkaya materi pelajaran Saya mencatat materi yang disampaikan guru Di kelas. saya tidak ikut menyelesaikannya Saya menunda-nunda tugas yang diberikan guru Saya tidak mengerjakan tugas jika tugas tersebut tidak dikumpulkan Saya bersemangat bila mendapat tugas dari guru Saya selalu tepat waktu mengumpulkan tugas Bila ada soal tugas yang tidak bisa saya kerjakan. saya tidak menjawabnya/dibiarkan kosong Bila guru memberikan tugas rumah. saya memilih untuk diam saja Saya merasa takut dan tidak percaya diri bila disuruh mengerjakan soal di depan kelas Saya suka jika materi pelajaran yang disampaikan guru menggunakan media OHP/langsung praktek di laboratorium Saya merasa bosan bila guru mengajar dengan metode ceramah Saya mengerjakan PR di sekolah Saya mengerjakan PR dari guru bersama teman-teman sekaligus membentuk kelompok belajar Saya meminta teman saya untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru Jika ada tugas kelompok. saya berusaha mengerjakannya sendiri sesuai kemampuan saya Saya menyontek hasil tuags teman jika tugas pelajaran itu tidak saya sukai Saya memanfaatkan waktu istirahat untuk membaca dan menyelesaikan tuags di perpustakaan . saya suka membuat gaduh Bila ada pelajaran yang belum saya pahami.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->