Rabu, 03 April 2013 JENIS _ JENIS DOKUMEN

Jenis-Jenis Dokumen Berdasarkan Bentuk Fisiknya a. Dokumen literer adalah dokumen yang ada karena dicetak, ditulis, digambar, atau direkam (dikumpulkan di perpustakaan). Contoh: buku, majalah, dan film b. Dokumen korporil adalah dokumen yang berupa benda bersejarah (dokumen ini dikumpulkan di museum). c. Dokumen privat adalah dokumen yang berupa surat atau arsip (disimpan dengan sistem kearsipan)

JENIS-JENIS DOKUMEN 1. Jenis-jenis dokumen berdasarkan kepentingannya a. Dokumen pribadi Dokumen yang menyangkut kepentingan perorangan. Contoh : Akta Kelahiran, KTP, SIM, Ijazah. b. Dokumen niaga Dokumen yang berkaitan dengan perniagaan atau transaksi jual beli. Contoh : cek, nota, kwitansi. c. Dokumen pemerintah Dokumen yang berisi tentang informasi ketatanegaraan suatu pemerintahan. Contoh : UU, Keppres, Peraturan pemerintah.

2. Jenis-jenis dokumen berdasarkan bentuk fisiknya a. Dokumen literer (di bidang perpustakaan)

Dokumen yang ada karena dicetak. Dokumen Menurut Sifatnya a. film. arca. rekaman dan sejenisnya. Jenis-jenis dokumen berdasarkan fungsinya a. Dokumen dinamis Dokumen yang dipakai secara langsung dalam proses penyelesaian pekerjaan kantor. fosil. ditulis. grafik. c. Misalnya : majalah. Contoh : buku. digambar atau direkam. gambar. Dokumen Menurut Jenisnya a. surat dinas. b. laporan 3. majalah. uang kuno. Dokumen privat (di bidang kearsipan) Dokumen yang berupa surat/arsip Contoh : surat niaga. Dokumen Tekstual Dokumen tekstual adalah dokumen yang menyajikan informasi dalam bentuk tertulis. statis Dokumen yang tidak secara langsung dipergunakan dalam pekerjaan kantor. catalog. 5. b. Dokumen Nontekstual Dokumen nontekstual adalah dokumen yang berisi beberapa teks misal: peta. surat kabar dll. Dokumen korporil (di bidang permuseuman) Dokumen yang berupa benda bersejarah. buku. 4. Ada tiga maacam dokumen dinamis : • Dokumen dinamis aktif adalah dokumen yang dipakai secara terus menerus dalam proses penyelenggaraan pekerjaan kantor • Dokumen semiaktif adalah dokumen yang penggunaannya sudah menurun • Dokumen inaktif adalah dokumen yang sudah sangat jarang digunakan b. Dokumen Fisik . Contoh : patung.

Ruang Lingkup Dokumen meliputi : 1) Dokumen literal Yang ruang lingkupnya meliputi bidang perpustakaan atau publik. Dokumen Tersier Adalah dokumen yang berisi informasi tentang literatur sekunder. disertasi. Laporan f. Dengan kata lain dokumen jenis ini berupa berkas surat-surat. berat. Dokumen Intelektual Dokumen intelektual adalah dokumen yang mengacu kepada tujuan. leaflet 2) Dokumen kolporal Yang ruang lingkupnya meliputi bidang permuseuman. brosur d. Termasuk didalamnya antara lain a. majalah b. Dokumen Menurut Dokumentasi a. c. sumber. Dokumen Primer Adalah dokumen yang berisi informasi tentang hasil-hasil penelitian asli atau langsung dari sumbernya. metode penyebaran.Dokumen fisik adalah dokumen yang menyangkut materi ukuran. laporan. pakaian adat . arca. Tesis h. dan sebagainya. teks panduan literature. Dokumen Sekunder Adalah dokumen yang berisi informasi tentang literatur primer. contohnya seperti : fosil-fosil. b. keaslian dokumen dan sebagainya. misalnya: buku. sarana prasarana. Contohnya: paten penelitian. Disertasi g. candi. cara memperoleh. Pada umumnya dokumen sekunder disebut dokumen bibliografi. isi subjek. 6. Buku-buku e. koran c. tata letak. b. mata uang kuno.

Kegunaan dokumentasi adalah sebagai berikut : a. Dokumentasi menerbitkan suatu jurnal publikasi dokumentasi c. Dokumentasi menyiapkan isi dokumen sebagai bahan penelitian para ilmuwan. c. Dokumentasi berperan dalam menyelenggarakan konferensi atau seminar ilmiah d. Dokumentasi menyiapkan alat bukti dan data-data tentang suatu keterangan dokumen. Dokumentasi dapat menjamin keutuhan dan keotentikan informasi yang termuat dalam dokumen.3) Dokumen privat Yang ruang lingkupnya meliputi bidang kearsipan. Dokumentasi menerbitkan dan mengembangkan catalog perkembangan ilmu pengetahuan Kegiatan Dokumentasi 1) Mencari dan mengumpulkan dokumen 2) Mencatat dokumen ke dalam buku induk dokumen 3) Mengolah dokumen menjadi bahan dokumentasi 4) Memproduksi dokumen 5) Menyortir 6) Menyampaikan dan menyebarluaskan dokumen . Dokumentasi mengembangkan koleksi dokumen untuk kepentingan bangsa dan Negara g. Dokumentasi memberikan informasi tentang isi dokumen kepada yang memerlukan b. Dokumentasi melestarikan dokumen-dokumen dari kemusnahan. Dokumentasi memberikan pelayanan dalam bidang dokumentasi b. Dokumentasi mengembangkan sistem pengolahan dokumen e. f. d. e. Adapun peranan dokumentasi bagi suatu organisasi adalah sebagai berikut : a. Dokumentasi menyimpan dan menyelamatkan fisik dokumen dan isi dokumen.

7) Menyimpan dan memelihara dokumen .