SIMULASI RANGKAIAN OSILATOR HARTLEY MENGGUNAKAN MATLAB

Winarni Agil (100402003) Abstrak
Sistem-sistem Telekomunikasi elektronik tidak akan bekerja tanpa adanya sumber gelombang listrik sinusoida. Rangkaian osilator digunakan untuk membangkitkan sinusoida ini, dan beberapa dari jenis yang digunakan salah satunya adalah osilator Hartley. Rangkaian Hartley adalah osilator yang banyak digunakan pada rangkaian penerima Am dan Fm. Pada tulisan ini dilakukan simulasi menggunakan matlab pada rangkaian osilator Hartley, untuk melihat hasil keluaran dari rangkaian tersebut dan membandingkannya dengan hasil perhitungan secara manual. Dari simulasi yang dilakukan maka diperoleh bahwa hasil keluaran dari rangkaian osilator Hartley tersebut adalah tidak sama,yaitu pada perhitungan manual didapatkan frekuensi sebesar112,61 Hz dan pada perhitungan dengan simulasi didapatkan frekuensi sebesar 226,56 Hz.

1. Pendahuluan Pada saat ini penggunaan osilator Hartley telah banyak diintegrasikan pada rangkaian penerima radio Am, Fm, dan merupakan salah satu bagian penting pada pesawat radio. Osilator Hartley ini digunakan pada semua band siaran dan kelebihan osilator Hartley adalah mudahnya mengatur nilai frekuensi yaitu dengan menempatkan sebuah kapasitor variable pada komponen kapasitornya. Selain itu, amplitude output osilator juga relative tetap pada range frekuensi kerja penguat osilator. 2. Dasar Teori Rangkaian Hartley adalah satu dari osilator-osilator resonansi yang paling sering digunakan. Rangkaian ini sesuai dengan bentuk umum osilator yaitu : fo = ……… (1) tetapi menggunakan dua buah induktansi untuk X1 dan X2 dan sebuah kapasitansi untuk X3. Rangkaian yang menggunakan sebuah FET dengan gerbang di isolasi dalam ragam penambahan saluran-n diperlihatkan dalam gambar 2.1

Kumparan yang disadap membentuk sebuah rangkaian yang digandeng induktif bersama, dimana koefisien gandeng K adalah 1, dan impedansi-impedansi Z1 dan Z2 harus memperhitungkan hal ini. Dengan memisalkan resistansi kumparan sama dengan nol, frekuensi resonansi diberikan oleh : fo = ……. (2)

dimana Lt = L1 + L2 + 2M, dan L1 dan L2 adalah induktansi dari bagian-bagian N1 dan N2 tidak termasuk induktansi bersama, dan M = 3. Simulasi Gambar rangkaian osilator Hartley pada matlab dapat dilihat dari gambar 3.1. Daftar komponen dari gambar 3.1 adalah sebagai berikut: 1. L1 = 0,1 mH 2. L2 = 0,1 mH 3. C = 0,005 F 4. V = 5 V Simulasi Rangkaian Hartley dengan menggunakan software matlab diperlihatkan pada gambar 3.1 dan pada gambar 3.2 diperlihatkan gelombang hasil keluarannya, serta pada gambar 3.3 memperlihatkan frekuensi gelombang pada rentang waktu 10 detik.

Gambar 2.1 Rangkaian dasar osilator Hartley

56 Hz.3 Analysis frekuensi gelombang pada osilator Hartley pada waktu 10 detik Pada simulasi rangkaian osilator Hartley dengan menggunakan software matlab didapatkan hasil frekuensi : F = 226. Jakarta. 3.1 Simulasi rangkaian osilator Hartley pada software matlab 5. Erlangga.61 Hz. 2. John Coolen. Hasil frekuensi resonansi antara perhitungan manual tidak sama dengan menggunakan software matlab. Jadi hasil antara perhitungan manual dan simulasi di dapatkan frekuensi resonansi yang tidak sama berarti pada persamaan (2) belum bisa dijadikan referensi (acuan) untuk menunjukan suatu hasil frekuensi tertentu pada osilator Hartley.56 Hz. 4. Gambar 3. Osilator Hartley merupkan osilator rangkaian LC yang menggunakan dua buah Induktansi X1 dan X2 dan sebuah kapasitansi untuk X3. 1984. Pada perhitungan manual didapatkan frekuensi sebesar 112. Gambar 3.2 Analysis gelombang osilator Hartley pada waktu 10 detik 6.61 Hz sedangkan pada perhitungan dengan simulasi didapatkan frekuensi sebesar 226.56 Hz . Dan dengan simulasi didapatkan frekuensi sebesar 226. Daftar Pustaka 1. Kamal Idris. Kesimpulan 1. Gambar 3. Dennis Roody. Frekuensi resonansi berbanding terbalik dengan nilai induktansi dan kapasitansi. Komunikasi Elektronika jilid 1.4. Analisis Dari hasil perhitungan dengan menggunakan persamaan (2) didapat frekuensi yang di hasilkan sebesar 112.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful