1

TUGAS MANDIRI
Sistem Informasi Penjualan Barang pada Apotek M-23
Mata Kuliah: Pemrograman Borland Delphi Versi 7.0

Disusun Oleh:
Nama NPM Kode Kelas DOSEN : FITRI GULTOM : 093130030 : 111-IF37P-M2 : Sasa

STMIK PUTERA BATAM
TA 2012/2013

2

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL DAFTAR ISI ...........................................................................................................1 KATA PENGANTAR.............................................................................................2 BAB I PENDAHULUAN ...................................................................................3 1.1 Latar Belakang masalah.......................................................................3 1.1.1 Sekilas Mengenai Borland Delphi 7.0..............................................3 1.1.2 Sekilas Tentang Microsoft Access....................................................4 1.2 Rumusan Masalah................................................................................4 1.3 Tujuan Penulis.....................................................................................4 BAB II. PEMBAHASAN........................................................................................5 2.1 Listing Program Penjualan Barang Pada Apotek………………........ 5 33 3.1 Kesimpulan………………………………………………................33 3.2 Saran...................................................................................................33

oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan penulisan selanjutnya. Penulis mengharapkan tugas ini dapat memberikan pengalaman yang berguna baik bagi pembaca. maupun bagi masyarakat pada umumnya. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Terima kasih pada pihak-pihak yang membantu penyusunan makalah ini semoga makalah ini dapat berguna bagi mahasiswa khususnya. 5 Januari 2012 Fitri Gultom . Penulis. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dalam pembelajaran mata kuliah PEMROGRAMAN BORLAND DELPHI VERSI 7. yang tentunya akan menambah ilmu dan wawasan berfikir mahasiswa.3 KATA PENGANTAR Puji syukur kepada hadirat Tuhan Yang Maha Esa.0. karena dengan rahmat dan karuniaNya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.

seperti bagian yang ada pada program dipandang sebagai suatu objek yang mempunyai sifat-sifat yang dapat diubah dan diatur . Borland delphi 7.0 merupakan pilihan bagi sebagian kalangan programmer untuk membuat aplikasi. . Borland delphi 7.0 berikut ini beberapa kelebihan borlan delphi 7. Latar Belakang masalah 1.0 Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Hal ini disebabkan kelebihan yang ada pada borland delphi 7. bila ingin berganti flattform dari Windows ke Linux maka aplikasi yang dibuat di Delphi dapat dijalankan di Kylix 3 yang dikarenakan kedua produk tersebut merupakan produk Borland.1 Sekilas Mengenai Borlan Delphi 7.0 hadir bersama borland Kylix 3 yang berbasis Linux.0 antara lain : 1. sehingga kita dapat membuat tampilan sebuah program dengan desain kita sendiri tanpa harus membuat codding yang panjang. Berbasis Objek Orientid programming. 2. 1.4 BAB I PENDAHULUAN 1.1.

5 1. Database yang disusun dalam Access terdiri dari beberapa komponen yang membentuk suatu kesatuan sistem yaitu : Table. Macro dan Module. Form. Pilih dan klik Microsoft Access. GRA[3]. 3 Tujuan Penulisan . 2. Kemudian pilih Microsoft Office 4. 2 Rumusan Masalah 1. a. Klik tombol Start yang ada di taskbar 2. Membuat kesimpulan Dan Saran dari sebuah Program tersebut. 1. Sekilas Tentang Microsoft Access Microsoft Access merupakan salah satu aplikasi berbasis database yang cukup populer dan paling banyak digunakan serta memiliki kehandalan dalam menunjang kemampuan kerja komputer khususnya bidang pengolahan data. Report. Pilih menu Program 3. Merancang sebuah program dengan menggunakan database Microsoft Access 2007. Untuk memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Access. langkahlangkahnya adalah sebagai berikut : 1.1.2. Query.

Keuntungan tersebut di antaranya : • Kemampuan mengelola database besar. 2. Pengertian Sistem Management Apotek Suatu system yang dilaksanakan dengan melalui alat bantu computer dan digunakan untuk mempermudah prses penyelenggaraan dan pencatatan administrasi apotek dimulai saat pelanggan melakukan transaksi dan sampai meninggalkan apotek. dan • Tidak menuntut spesifikasi sistem yang tinggi. Sistem ini juga memiliki data engine yang mampu mengelola data dalam volume besar dan pemrograman berorientasi obyek yang mampu menggunakan kembali komponen-komponen pada banyak aplikasi yang dibangun dengan XML support untuk mempercepat manipulasi data. Merancang sebuah Program sebagai salah satu untuk menyelesaikan tugas mandiri bagi penulis. • Dukungan accessibility. membuat banyak penggunanya masih mempertahankan bahasa pemrograman ini. Berbagai keuntungan yang diperoleh. . client/server dan aplikasi database pada komputer. Meningkatkan Ilmu penulis dalam Pembelajaran Pemrograman Delphi BAB II PEMBAHASAN SOFTWARE APOTEK Kata Pengantar Software Apotek merupakan sebuah sistem yang interaktif dan dikenal memiliki high performance dekstop dengan kemampuan tinggi di dalam pemrograman jaringan.6 1.

tetapi ketika dihadapkan pada transaksi dalam jumlah besar ternyata tidak mampu berjalan dengan cepat sebagaimana yang diharapkan. . listbox. menjalankan sistem. Hal ini dapat dilihat pada saat mengorganisasi data. menggunakan gambar printer untuk perintah mencetak dan lain-lain. minggu atau bahkan bulan. sudah berapa banyak transaksi yang terjadi. Hal ini sangat membantu user meningkatkan produktifitas dalam kegiatan pengoperasian yang dilakukannya.7 Sistem yang Mudah Dipahami Pemrograman berorientasi visual membuat pemakainya mudah memahami struktur dan teknik pemrograman yang dimilikinya. tentunya tidak dapat dipisahkan dari sifat penambahan data yang kontinyu dari waktu ke waktu. program menggunakan simbol tong sampah untuk menggambarkan perintah hapus. menggunakan simbol pensil untuk perintah menuliskan data. Kemampuan Mengelola Data Besar Salah satu kunci keberhasilan sebuah program adalah kemampuannya dalam mengelola data dalam kapasitas yang besar sesuai kebutuhan. Artinya user tidak canggung dalam mengoperasikan program tersebut. SOFTWARE APOTEK memiliki visual design tools yang berisi berbagai object yang diperlukan untuk kepentingan interaktifitas program dengan pemakainya seperti text box. membuat sistem ini akan mempermudah pengguna dalam membuat program yang interaktif dan familiar. Besarnya transaksi tersebut. menu-menu dan simbol-simbol yang mudah dipahami pula. dan lain sebagainya. Coba bayangkan jika sebuah program digunakan untuk menangani sistem penjualan barang pada sebuah super market. Apalagi dalam hitungan hari. Dengan fasilitas dan tool-tool yang disediakan. Program dibuat dengan perintah-perintah yang mudah dioperasikan. radio button. Banyak program yang baik. combo box. SOFTWARE APOTEK menyediakan berbagai tool dan powerfull data engine developers yang dibutuhkan untuk mengelola data dalam kapasitas besar. chek box. cukup lengkap fitur yang dimilikinya. Misalnya. Dalam hitungan jam saja. atau pada saat mengolah data untuk pengguna. Istilah “user friendly” sangat tepat untuk menjelaskan hal ini.

ditutup atau dimodifikasi. sistem yang dibutuhkan . Beberapa hal baru yang ditawarkan pada SOFTWARE APOTEK antara lain : Active Accessibility Support. fungsi atau metode pada source code. Database events SOFTWARE APOTEK mudah melakukan pengontrolan dengan kode program yang dieksekusi ketika database dibuka.8 Dukungan Accessibility SOFTWARE APOTEK memberikan fleksibilitas bagi user untuk mengelola semua tipe dan jenis aplikasi database. voice recognition dan lain-lain. OLE DB Provider Program mudah diakses oleh client berbasis non-Visual Integrated XML Support Data-data SOFTWARE APOTEK dapat direpresentasikan dengan format XML. Dilengkapi dengan dock common tools seperti data session dan debug windows yang akan membantu menelusuri aliran data. Dockable IDE Windows. Document View Menampilkan dan mempercepat navigasi pada prosedur. Tidak Menuntut Spesifikasi Sistem yang Tinggi Beberapa catatan tentang spesifikasi SOFTWARE APOTEK ini adalah : Computer / Processor Personal Komputer dengan prosesor kelas Pentium. Aplikasi mudah diakses dengan peralatan eksternal seperti screen readers.

Peripheral Microsoft Mouse atau pointing device yang kompatibel. .9 Memory RAM minimal 64 Mega Byte atau yang lebih tinggi. Display Super VGA atau yang lebih tinggi untuk resolusi monitornya. Karena melalui arsip resep di komputer dapat dilakukan dengan sekejap • Bagi para manager atau pemilik sarana apotek system tersebut memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang dinginkan untuk kemudian digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan suatu kebijakan berdasarkan informasi – informasi yang di dapat. Operating System Microsoft Windows 98 atau versi sesudahnya.0 dengan Service Pack 6 atau sesudahnya. Untuk siapa Sistem Management Apotek • Pada level pelaksana system management akan sangat membantu kecepatan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan atau calon pelanggan. Harddisk SOFTWARE APOTEK memerlukan tempat penyimpanan pada harddisk sebesar 115 Mega Byte untuk instalasi typical. Drive Disarankan memiliki CD ROM drive untuk mempermudah instalasi dan update program. Microsoft Windows NT 4. maksimum 200 Mega Byte (50 MB untuk Microsoft Component Update). • Bagi para dokter system management apotek ini dapat memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi berupa hasil jumlah pasien dari setiap resep yng diberikan oleh dokter.

10 Modul – Modul yang terdapat Apotek • Tools Master. Modul digunakan untuk akses pada setiap bagian system management dalam Sistem Management .

Hasil yang dapat diharapkan dari Sistem Management Apotek • Laporan yang bersifat statiska Contoh : laporan rekap transaksi yang dilakukan setiap pelanggan sesuai dengan periode yang telah disesuaikan • Laporan yang bersifat insidentil • Laporan mortailitas sesuai dengan kebutuhan untuk melakukan tutup transaksi • Laporan keungaan • Laporan cash flow merupakan laporan transaksi keluar masuknya kas apotek • Grafik transaksi penjualan – pembelian per periode . • Registrasi. sub menu untuk legalitas penggunaan system management dari perusahaan kami secara legal. merupakan transaksi penjualan yang dilakukan secara tunai dikarenakan system penjualan resep ini merupakan transaksi yang sesuai dengan ketentuan resep yang diberikan oleh dokter atau merupakan obat stock habis. implementasi pendapatan lainnya yang dihasilkan dari barang konsinansi. • Resep. • Setting.11 • Master Data. terdiri dari beberapa sub menu untuk melakukan transaksi pembelian terhadap supplier baik secara tunai atau hutang • Keuangan. terdiri dari beberapa sub menu untuk melakukan penyimpanan data induk atau yang dimaksud dengan data master • Penjualan. terdiri dari berbagai sub menu. sisa rekap kasir. implementasi penggajian pegawai dan implementasi biaya operasional. debet bank • Pembelian. terdiri dari beberapa sub menu untuk melakukan transaksi penjualan non resep transaksi dilakukan secara tunai atau hutang baik dengan pembayaran cek. sub menu untuk implementasi setting nama dan lainya.

Integrated dan windows based kami rancang untuk mempermudah management Modul disesuaikan dengan kebutuhan dasar apotek. Kebutuhan perangkat keras • Workstation.12 Keunggulan Sistem Management Apotek User friendly. system management apotek mudah digunakan karena interface kami develop di sesuaikan dengan sumber daya manusia apotek. digunakan untuk cetak nota transaksi penjualan . digunakan untuk operasional system management apotek • Mini printer.

Sistem Login Program Keterangan : .13 • Barcode scanner. digunakan untuk penyimpanan kas Implementasi modul Apotek Sistem Management Gambar 1. digunakan untuk pengecekan stock barang secara otomatis dan mudah • Cashdrawer.

Dan data stock obat nantinya akan selalu up to date dalam pengelolaan stock dan jenis transaksi. Menu Penjualan. Menu Lapran. Menu Registrasi. Sistem Master Data Obat Keterangan : Sistem master data obat ini digunakan untuk mendata stock dan nilai stock obat yang terdapat dalam 1(satu) apotek.14 Sistem ini digunakan untuk membagi hak akses user untuk menggunakan sistem management apotek. Menu Data. Menu Resep. di gunakan agi user/operator untuk mengakses semua modul yang terdapat dalam sistem informasi management apotek. Menu File. Menu Setting. Gambar 3. menu yang kami tampilkan. Menu Keuangan. Agar si user/ operator tidak dapat mengetahuti data – data yang penting Sistem Menu Utama Aplikasi Sistem menu utama ini. . Dari aplikasi menu utama ini ada beberapa menu dan sub menu. Menu Pembelian.

Sistem Aplikasi Racikan Obat Keterangan : Sistem racikan ini di pakai apabila apotek anda melayani konsumen dengan obat racikan sendiri Gambar 5. Aplikasi Mutasi Stock Obat Keterangan : Aplikasi ini digunakan untuk mencatat transaksi pemindahan stock obat dari gudang ke toko atau sebaliknya .15 Gambar 4.

. pendapatan apotek Gambar 7. stock obat berkurang. Sistem Transaksi Penjualan Obat Non Resep Keterangan : Sistem transaksi ini penjualan non resep.16 Gambar 6. kami aplikasikan sesuai dengan POS atau Kasir. Sistem ini ada dua puluhan harga yang digunakan yaitu pilihan harga resep atau harga jual umum. Secara otomatis program ini akan mencatatan transaksi penjualan. Aplikasi Transaksi Penerimaan Resep Keterangan : Sistem ini digunakan untuk penerimaan resep dkter dari pasien/pelanggan.

17 Gambar 8. Program Penggajian Keterangan : Program ini digunakan untuk mencatat gaji setiap karyawan dan berdasarkan periode . Aplikasi Pencatatan Pendapatan Apotek Lainnya Keterangan : Program ini di gunakan untuk mencatat apabila apotek mempunyai pendapatan lainnya di luar transaksi penjualan Gambar 9.

telepon. misalkan pembayaran listrik.18 Gambar 10. Kartu Stock Obat keterangan : program ini laporan untuk kartu stock per obat . Program Biaya Operasional keterangan : program ini digunakan untuk mencatat transaksi kas keluar.dll Gambar 11.

19 Gambar 12. Monitoring Grafik Transaksi Penjualan – Pembelian keterangan : program 2 dimensi ini kami berikan untuk monitor laporan penjualan pembelian per periode agar mudah di baca oleh pihak management apotek . tujuannya sebagai bahan evaluasi apotik Gambar 13. Monitoring Keuangan Rugi – Laba keterangan : program ini digunakan untuk memonitor laporan keuangan rugi – laba per periode.

nama user. Laporan Penjualan Per Kasir/Sales Dalam Per Periode keterangan : program ini kami berikan agar pihal management dapat mengetahui penjualan dalam sistematika per kasir/operator Gambar 15.20 Gambar 14. maka dapat dilihat tanggal. mulai di amenggunakan program sampai lama pemakaian program/ . Daftar Pemakaian Program keterangan : program ini di gunakan untuk mengantisipasi bagi user/operator dalam melakukan suatu pekerjaan tidak benar.

Laporan stock per supplier ini berfungsi untuk cek data obat apa saja waktu kita beli di supplier yang kita tentukan sebelumnya. Gambar 17. Laporan Stock Obat Kadaluarsa & Stock Obat Per Supplier Keterangan Laporan stock obat kadaluarsa ini berfungsi untuk cek obat yang harus di keluarkan dari apotek karena mendekati tanggal kadaluarsa.21 Gambar 16. Laporan Stock Obat Kategori Semua & Laporan Stock Obat Di Bawah Limit Keterangan Laporan ini digunakan untuk mengetahui totalstock obat di apotek dan stck obat yng di bawah limit sebagai bahan pengadaan obat nantinya. .

. Lapran yang kami berikan dalam sistem ini sebanyak 34 jenis laporan dari hasil setiap transaksi menggunakan sistem management apotek. dengan waktu berapa lama pelunasannya. dan masih banyak lagi laporan yang menyangkut transaksi di apotek. kita bertransaksi berapa kali baik transaksi pembelian maupun transaksi penjualan. Laporan piutang memberikan informasi bahwa kita mempunyai pendapatan tetap dari pelanggan kita melalui penjualan kredit dan siapa pelanggan tersebut dengan berapa nominal piutang terhadap kita. Laporan Daftar Hutang & Daftar Piutang Keterangan Laporan hutang ini memberikan informasi bagi berapa rupiah kita hutang terhadap supplier dan kepada siapa kita hutang.22 Gambar 18. Laporan Daftar Pembelian & Laporan Daftar Penjualan Per Periode Keterangan Laporan ini memberikan informasi pada periode yang telah kita tentukan. Demikian contoh – contoh laporan dari kami. Gambar 19.

Saya tunggu konfirmasinya lebih lanjut. sebaiknya menggunakan PC PACKAGE • Penggunaan sistem tanpa batasan • Tidak mengeluarkan biaya tambahan • Investasi yang di keluarkan lebih ringan dibanding bapak menggunakan service package lainnya.com Kesimpulan mengenai penawaran Sistem Management Apotek maka saya menyimpulkan tentang implementasi sistem management apotek. Penutup Demikian penawaran ini kami ajukan. silahkan kontak kami 0271-3021784 / 081393455936 atau ekoisp@yahoo.. Implementasi sistem management apotek saya sarankan. untuk dapat di jadikan bahan pertimbangan bagi bapak/ibu untuk memberikan suatu keputusan. .23 Bila bapak maupun ibu kurang jelas dalam pembahasan contoh modul SOFTWARE APOTEK.

Program Borlan Delphi 7. Dengan Menggunakan Program Borlan Delphi 7. Perlu perawatan sistem yang berkelanjutan untuk menjamin kelancaran operasional sistem. Dengan Menggunakan Program Borland Delph Delphi7. . 3.24 BAB III PENUTUP 3. 2. maka penulis mengajukan beberapa saran sehubungan dengan penerapan dan pengembangan sistem lebih lanjut.0 dapat membantu dalam penyajian laporan kepada manajer tepat pada waktunya.2 Saran Setelah mendapat kesimpulan diatas.1 Kesimpulan Setelah dilakukan perancangan sistem informasi penjualan yang baru dirancang oleh penuli maka dapat diambil bebrapa kesimpulan bahwa : 1.0 Mengurangi beban kerja terutama masalah penyajian data dan pencarian data yang selama ini masih dilakukan secara manual.0dengan Database Access maka keamanan data lebih terjami 3. Adapun saran-saran tersebut adalah sebagai berikut : 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful