Masa jabatan Gubernur dan Deputi Gubernur selama 5 tahun dan dapat diangkat kembali dalam jabatan yang sama untuk sebanyakbanyaknya 1 kali masa jabatan berikutnya. . dan sekurangkurangnya empat atau sebanyak-banyaknya tujuh Deputi Gubernur. dibantu oleh seorang Deputi Gubernur Senior sebagai wakil. Dewan ini terdiri atas seorang Gubernur sebagai pemimpin.Pengangkatan dan Pemberhentian Dewan Gubernur Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya Bank Indonesia dipimpin oleh Dewan Gubernur.

tidak dapat hadir secara fisik dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan berturut-turut tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. atau berhalangan tetap.3 Tahun 2004 yang mengubah UU No. Calon Deputi Gubernur diusulkan oleh Presiden berdasarkan rekomendasi dari Gubernur Bank Indonesia. dinyatakan pailit atau tidak mampu memenuhi kewajiban kepada kreditur.Gubernur. terbukti melakukan tindak pidana kejahatan. Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia tidak dapat diberhentikan oleh Presiden. Deputi Gubernur Senior.23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia). dan Deputi Gubernur diusulkan dan diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR. kecuali bila mengundurkan diri. (vide Pasal 41 UU No. .

Pengambilan keputusan dilakukan dalam Rapat Dewan Gubernur. Apabila mufakat tidak tercapai. Rapat Dewan Gubernur diselenggarakan sekurang-kurangnya sekali dalam sebulan untuk menetapkan kebijakan umum di bidang moneter.Pengambilan Keputusan Sebagai suatu forum pengambilan keputusan tertinggi. . Gubernur menetapkan keputusan akhir. atas dasar prinsip musyawarah demi mufakat. serta sekurang-kurangnya sekali dalam seminggu untuk melakukan evaluasi atas pelaksanaan kebijakan moneter atau menetapkan kebijakan lain yang bersifat prinsipil dan strategis.

Perancis. 21 Desember 1948. Deputi Gubernur Beliau lahir di Yogyakarta. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi Akuntansi di Universitas Gajah Mada. 2 Februari 1952. dan MA dalam bidang Development Banking di American University.Gubernur Profil Dewan Gubernur Darmin Nasution dilahirkan di Tapanuli. Yogyakarta. tahun 1976. Sorbonne. (Ardhayadi Mitroatmodjo) . dan pada tahun 1986 beliau mendapatkan gelar Doktor Ekonomi dari Universitas Paris. Washington DC pada tahun 1986.

Menyelesaikan pendidikan Sarjana di Institut Teknologi Bandung. keduanya di University of Oregon. USA. Lulus dari Universitas Padjajaran Bandung pada tahun 1978 dan memperoleh gelar Master dalam Bidang Ekonomi pada tahun 1983 di University of Illinois. 29 Juli 1954.Deputi Gubernur Beliau lahir di Jakarta. Mengawali karirnya di Bank Indonesia sebagai staf di Urusan Riset dan Ekonomi Statistik pada tahun 1980. 10 Agustus 1952. Amerika Serikat. Eugens-Oregon. (Hartadi A. Sarwono) Deputi Gubernur Beliau dilahirkan di Bogor. dan memperoleh gelar MA dalam bidang Macroeconomics dan PhD dalam bidang Monetary Theory and Policy. (Budi Mulya) . Jawa Barat.

yaitu : – Moneter – Perbankan – Sistem Pembayaran – Manajemen Internal • Kantor Cabang • Kantor Perwakilan di luar negeri .Struktur Organisasi Bank Indonesia • • • • • BI dipimpin Dewan Gubernur yang terdiri dari : Gubernur : 1 orang Deputi Gubernur Senior : 1 orang Deputi Gubernur : Minimum 4 dan maksimum 7 orang Urusan / Biro yang terdiri dari 4 sektor.

diangkat oleh Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat • Larangan bagi anggota dewan gubernur : – Mempunyai hubungan keluarga sampai derajat ketiga – Mempunyai kepentingan dengan perusahaan – Merangkap jabatan kecuali karena tugas jabatan – Menjadi pengurus dn atau anggota partai politik . perbankan dan hukum • Gubernur dan Deputi Gubernur Senior diusulkan dan diangkat oleh Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat • Deputi Gubernur diusulkan oleh Gubernur.Dewan Gubernur Bank Indonesia • Syarat anggota : – Warga negara Indonesia – Memiliki akhlak dan moral yang tinggi – Memiliki keahlian dan pengalaman di bidang ekonomi. keuangan.

Laporan Dewan Gubernur Bank Indonesia Laporan Dewan Gubernur Bank Indonesia adalah sepenuhnya tanggungjawab mereka. mereka memiliki tugas dan wewenang untuk menyusun segala laporan-laporan yang menyangkut dengan Bank Indonesia (Bank Sentral). Seperti Laporan Perekonomian Indonesia . Sebagai Dewan Gubernur Bank Indonesia.

Laporan Perekonomian Indonesia Laporan Perekonomian Indonesia merupakan bentuk laporan pelaksanaan Tugas dan Wewenang Bank Indonesia yang disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Pemerintah pada setiap tahun merupakan pemenuhan amanat yang digariskan dalam UU No. .3 Tahun 2004. Laporan ini merupakan salah satu wujud dari akuntabilitas dan transparansi atas pelaksanaan tugas dan wewenang BI yang bertujuan mengevaluasi perkembangan ekonomi dan keuangan Indonesia.23 Tahun 1999 tentang BI sebagaimana telah diubah dengan UU No.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful