Sistem Pencernaan

Digestive system

Sistem Pencernaan .

Tugas enzim pencernaan adalah pencernaan secara kimiawi untuk mengurai partikel makanan di mana molekul kimia yang kompleks diubah menjadi bahan kimia yang lebih sederhana yang dapat dimanfaatkan tubuh. Pencernaan mekanis adalah menghancurkan makanan menjadi potonganpotongan yang lebih kecil. . Karena makanan dipotong menjadi lebih kecil. sehingga lebih banyak permukaan untuk tindakan enzim pencernaan.Makanan yang kita makan dipecah dalam dua proses : pencernaan mekanik dan pencernaan kimia.

Rongga Mulut .

dan permukaan langit-langit 3. Pengolahan mekanik melalui tindakan gigi. lidah. Pencampuran dengan lendir dan sekresi kelenjar ludah dan 4.fungsi rongga mulut sebagai berikut: 1. Pencernaan terbatas karbohidrat dan lipid . Penguraian bahan sebelum menelan 2.

mengunyah.Gigi Fungsi gigi. Ini adalah proses penghalusan makanan secara mekanis menjadi potongan kecil dan mencampurnya dengan air liur. . tentu saja.

sebagian besar memiliki tusan/kuncup perasa. . Mengunyah menjadi efisien karena tindakan lidah dalam menjaga makanan antara gigi dan mencampurnya dengan air liur. Pengangkatan lidah adalah langkah pertama dalam menelan. Saraf sensorik untuk perasa juga dipersarafi oleh saraf kranial: facial (7) dan glossopharingeus (9).Lidah Lidah terbuat dari otot rangka yang dipersarafi oleh saraf hypoglossal (kranial12). Pada permukaan atas lidah adalah proyeksi kecil yang disebut papila.

.

Kelenjar Ludah Sekresi air liur di rongga mulut. Kelenjar parotis terletak di bawah dan depan telinga. Kelenjar submandibula (juga disebut submaxillary) berada di sudut posteriormandibula. dan kelenjar sublingual berada di bawah dasar mulut. diproduksi oleh tiga pasang kelenjar ludah. Setiap kelenjar memiliki setidaknya satu saluran yang membawa air liur untuk rongga mulut. .

.

Faring Oropharynx dan laryngopharynx adalah saluran makanan yang menghubungkan rongga mulut dan kerongkongan. fungsinya hanyalah menelan. Pencernaan tidak terjadi alam faring. gerakan mekanik dari makanan. .

Peristaltik esophagus mendorong makanan di satu arah dan memastikan bahwa makanan sampai ke lambung bahkan jika tubuh dalam keadaan horizontal atau terbalik. .pencernaan tidak terjadi di sini.Kerongkongan Kerongkongan adalah tabung yang tersusun dari otot yang membawa makanan dari faring ke lambung.

sehingga pencernaan yang dikeluarkan secara bertahap dan kita tidak usah makan terus-menerus.Lambung Meskipun sebagian dari sistem pencernaan berupa saluran atau tabung. melainkan kantung kecil yang memanjang dari kerongkongan ke usus kecil. mekanik dan kimia berlangsung di lambung. lambung tidak berupa tabung. lambung adalah penampung makanan. Karena berbentuk kantung. .Kedua proses pencernaan.