P. 1
Pembelajaran Yang Menyenangkan

Pembelajaran Yang Menyenangkan

|Views: 6|Likes:
Published by ria ramadhinny

More info:

Published by: ria ramadhinny on Jun 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2014

pdf

text

original

Belajar dengan Hati

Keberhasilan Menguasai Pengetahuan dan keterapilan dan karakter

Belajar dengan pikiran

Keterkaitan pengetahuan, pikiran dan keyakinan

Apakah sekolah?
 Sekolah adalah tempat siswa dapat belajar
 Sekolah yang kondusif adalah yang mendukung

suasana yang membuat siswa mengembangkan potensi dirinya.  Sekolah yang membuat siswa belajar tentang bagaimana cara belajar.

Mengembangkan Motivasi
Peran guru sebagai pendidik, pengajar dan pelatih Menggerakan motivasi siswa berkaitan dengan fungsi tujuan dan usaha Meningkatkan kesadaran siswa memiliki cita-cita yang jelas

Ciri-ciri pembelajaran yang menyenangkan
Rose and Nicholl (2003) menjelaskan ciri belajar yang menyenangkan : 1. Menciptakan lingkungan tanpa stress, lingkungan yang aman untuk melakukan kesalahan, namun menumbuhkan harapan maraih sukses tetap tinggi. 2. Menjamin bahwa bahan ajar itu relevan dengan manfaat dan pentingnya dalam memenuhi harapan siswa. 3. Menjamin bahwa secara emosional dapat berlangsung proses belajar positif, pada umumnya suasana ini dapat tumbuh jika belajar dilakukan bersama dengan orang lain, ada humor dan dorongan semangat , waktu rehat dan jeda teratur, serta dukungan antusias.

Ciri-ciri pembelajaran yang menyenangkan (lanjutan)
4. Melibatkan secara sadar semua indera dan juga

pikiran otak kiri dan otak kanan. 5. Menantang peserta didik untuk dapat berpikir jauh ke depan dan mengekspresikan yang sedang dipelajarinya dengan mengerahkan kecerdasan secara optimal untuk memahami memahami bahan ajar. 6. Mengkonsolidasikan bahan ajar yang sudah dipelajari dengan meninjau ulang dalam periodeperiode yang relaks.

Model “Pemain ras kidal”
 Model pembelajaran ‘pemain ras kidal’ merupakan akronim


 


  

dari pembelajaran menyenangkan, aktif, inovatif, ramah sosial, kreatif, imajinatif, dan rasional. Pembelajaran menyenangkan berarti pembelajaran yang cerdas dan berhati. Pembelajaran yang aktif berpusat pada pengalaman belajar siswa. Pembelajaran novatif berarti bepusat pada pengembangan kreativitas dan daya inisiatif mengembangkan karya baru. Mengembangkan strategi pembelajaran yang ramah sosial, siswa mengembangkan kapasitas diri karena dipersepsikan baik untuk hidup dalam lintas budaya global. Pembelajaran kreatif menantang tumbuhnya ide-ide baru. Pembelajaran imajinatif yang meningkatkan keterampilan siswa menggunakan daya hayal. Pembelajaran rasional yang mempekuat persaingan industri antar negara yang menempatkan ilmu pengetahuan sebagai sumber daya kritis.

Kiat Mengembangkan Pembelajaran Yang Menyenangkan
1. Yang baru lebih menyenangkan. 2. Yang menantang lebih menguras perhatian

3. Penghargaan membangkitkan kebanggaan.
4. Mengurangi rasa takut berbuat salah. 5. Meningkatkan keyakinan yang tinggi dapat berhasil.

Kiat Mengembangkan Pembelajaran (lanjutan 2)
6. Mengubah ancaman menjadi peluang. 7. Membuat tersenyum dalam kondisi yang paling sulit.

8. Mengevaluasi kemampuan siswa untuk membantu menghasilkan ide-ide baru
9. Membangun pembiasaan membaca dan menulis 10. Integrasikan siswa dengan teknologi secara sehat dan produktif

Kesimpulan
1.
Pembelajaran yang menyenangkan adalah yang membuat siswa belajar dengan memanfaatkan potensi dirinya secara optimal dengan hati dan kecerdasan pikirannya.

2.

Pembelajaran yang menyenangkan memerlukan dukungan suasana yang mempersepsikan siswa secara positif yang didasari dengan keyakinan tinggi siswa dapat berkembang dan adaptif terhadap perubahan perdaban.

3.

Model pembelajaran ‘Pemain Ras Kidal” merupakan model pembelajaran yang relevan dengan kehidupan siswa pada abad ke 21..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->