Teori-teori Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang meneliti cara kerja industriindustri individual dan perilaku unit-unit pengambilan keputusan individual yakni perusahaan bisnis dan rumah tangga. (Prinsip-prinsip Ekonomi jilid 1. Karl E. Case, 2006: 9) Mikro ekonomi dapat didefinisikan sebagai satu bidang studi dalam ilmu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian. (Mikro Ekonomi. Sadono Sukirno, 2009: 21) Teori ekonomi mikro yaitu mempelajari mekanisme bekerjanya sistem

perekonomian dari sudut pandangan unit-unit pelaku kegiatan ekonomi terkecil. (Teori Ekonomi Mikro jilid 1. Drs. Ari Sudarman, M. Ec., 1980: 10) Ekonomi mikro mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan ekonomi secara individual dan cara pilihan dari para pelaku ekonomi dikoordinasikan oleh pasar. (Pengantar Ekonomi Mikro. William A. M., 2001: 4) Mikro ekonomi suatu bidang studi dalam ilmu ekonomi yang menerangkan tentang kegiatan-kegiatan dalam bagian-bagian kecil dari keseluruhan perekonomian. (Mikro Ekonomi Teori Pengantar edisi ketiga. Sadono Sukirno, 2010: 7) Ilmu ekonomi mikro mempelajari satuan-satuan ekonomi tertentu atau khusus dari perilaku satuan-satuan terkecilnya. (Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Drs. T. Gilarso, 2003: 13) Mikro ekonomi mempelajari keputusan-keputusan yang diambil oleh satuan-satuan ekonomi individual, meliputi konsumen rumah tangga, pemilik modal, pemilik tanah dan perusahaan bisnis. (Aspek Dasar Ekonomi Mikro. Tri Kunawangsih P & Antyo P, 2008: 15-16)

Yuliana S. Sugiarto dkk. D.. produsen. Robert S. 2007: 118) Mikro ekonomi adalah cabang ilmu ekonomi yang mengatur perilaku satuan-satuan individu – konsumen.Teori ekonomi mikro memberikan gambaran umum yang disederhanakan mengenai kegiatan-kegiatan ekonomi dan sifat-sifat hubungan ekonomi disertai dengan penerapan prinsip-prinsip ekonomi mikro pada masalah pembuatan keputusan yang nyata. 2009: 6) Ekonomi mikro adalah bagian dari ilmu ekonomi yang membahas perilaku agen ekonomi yang memiliki ruang lingkup sempit. sementara produsen berusaha untuk meminimalkan biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan. : 1) .. (Mikro Ekonomi. pemilik sumber daya. Ph. Produsen dan konsumen tersebut dalam dunia ekonomi nyata adalah individu-individu pada rumah tangga keluarga dan masyarakat. Sadono Sukirno. (Mikro Ekonomi. Dimana perilaku konsumen yang berusaha memenuhi kebutuhannya. perusahaan. Rubinfeld : 4) Teori ekonomi mikro mempelajari perilaku ekonomi dari setiap unit pengambilan keputusan secara individu seperti konsumen. (Ekonomi Mikro. (Ekonomi Kelas X. dan perusahaan dalam suatu perekonomian bebas. (Mikro Ekonomi. seperti perilaku seorang konsumen. Pindyck & Daniel L. 2002: 1) Ekonomi mikro menurut Adam Smith memiliki ruang lingkup pada produsen dan konsumen. pekerja. Dominick Salvatore. dan pasar. serta penanam modal juga pasar dimana mereka bertemu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful