P. 1
PROPOSAL Kewirausahaan

PROPOSAL Kewirausahaan

|Views: 67|Likes:
Published by wedastama putu
PROPOSAL Kewirausahaan
PROPOSAL Kewirausahaan

More info:

Published by: wedastama putu on Jun 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $10.00 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

12/10/2013

$10.00

USD

pdf

text

original

LAPORAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

D

L A Y I N N E I M N E G M N U A K R O A D L I
Judul Kegiatan: “BULELENG MEDIA ANIMATION” Oleh: Putu Wedastama (0911021029)

N I

JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2011

... Ketua Pelaksana Jurusan/Fakultas Alamat/ No. Mengetahui........ 0911021029 Dekan FIP UNDIKSHA.. Ketua jurusan Teknologi pendidikan.... Nama Dan Alamat Mitra Usaha/Magang: 9... . Dosen pendamping Putu wedastama Nim............ Jangka Waktu Pelaksanaan : Menyetujui..HALAMAN PENGESAHAN 1... 12 Desember 2011 Ketua pelaksana kegiatan.. ‘’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’ ... Unit Kerja 6.. Anggota 5. Usulan Modal 7... Dosen Pendamping 8.. N I : Teknologi Pendidikan/Ilmu Pendidikan Singaraja.. Hand Phone : 0819 3634 6355 :: : : 4.. Jeni Kegiatan Kewirausahaan: System/Jasa Pelayanan Produksi Barang Produksi Jasa Perdagangan D L A Y I N N E I M N E G M N U A K R O A D L I Leasing/Persewaan 2. Judul Kegiatan Nama NIM : “Buleleng Media Animation” : Putu Wedastama : 0911021029 3.

Misi misi-misi yang harus dilaksanakan.  kualitas produk “Buleleng  analisis dan mementukan Media Animation”.   Meningkatkan Animation”. D L A Y I N N E I M N E G M N U A K R O A D L I maupun sinetron pembelajaran yang telah jadi ataupun secara pemesanan. Visi dan peserta didik. Media pembelajaran ini dikemas dalam bentuk CD yang sudah dilegalisir oleh pihak terkait dengan tujuan agar memiliki perlindungan hukum dan agar tidak N I ada sembarang pengcopyan CD yang lebih kerennya disebut pembajakan CD. Media sasaran Memperluas akses pemasaran produk dari “Buleleng . baik menurut kurikulum yang berlaku maupun pembelajaran umum.A. b. maka dibentuk dan ditetapkan kepada konsumen yaitu mempromosikan produk melalui Menyediakan dan menciptakan produk. yaitu:  Memperkenalkan usaha beserta produk media masa seperti web site. Melakukan marketing. Visi dan misi a. “Buleleng Media Animation” tidak mutlak menjual animasi pembelajaran saja namun menjual beberapa CD yang memuat tentang Video Pembelajaran Membantu dan menyediakan alternative pembelajaran kepada pengajar dan sekolah untuk meningkatkan kualitas pengajaran Untuk menacapai visi di atas. Deskripsi perusahaan “Buleleng Media Animation” merupakan usaha yang menjual produk jasa di bidang mediasi dan animasi pembelajaran yang nantinya akan digunakan untuk media presentasi atau media pembelajaran berbasis electronic learning. 1. radio dan lain-lain.

Seperti siswa SMK yang jurusannya multimedia. perguruan tinggi yang mendapat mata pelajaran atau mata kuliah yang mengarah pada mediasi dan animasi pembelajaran. b. Keunikan produk praktek. Novelty (keunggulan) bentuk atau diciptakan. bangkit untuk menciptakan karya yang lebih baik lagi. produk juga didatangkan dengan cara membeli karya dan kerja sama dengan unit lain. disini diutamakan kualitas dan kuantitas dari produk yang dipasarkan. 3. dan lain-lain. cartoon dll) sangat cepat diserap dan diingat isi maupun alur dari cerita film seperti itu yang di kemas dalam pembelajaran berbasis elektronik yang N I tersebut oleh audien. Gambaran produk a. Menurut pengamatan. jurusan teknologi pendidikan yang sering menciptakan produk seperti animasi dan media pembelajaran berbasis elektronik. Selain dari kami pihak unit pelaksana yang menciptakan produk.2. Salah satu contoh adalah film atau animasi-animasi yang sedemikian rupa di D L A Y I N N E I M N E G M N U A K R O A D L I mengarah pada video dan animasi pembelajaran. Maka dari itu banyak pengembangan media Hal tersebut merupakan dasar yang kuat untuk menciptakan unit usaha ini. Dari sekian media pembelajaran hanya unit usaha ini yang menjual berbagai tutorial yang langsung mengarah pada . film (sinetron. Produk yang dibeli diusahakan dari siswa smk/sma. Dengan cara ini perusahaan bisa menghargai karya anak bangsa dan tidak lupa juga mensortir karya yang berkualitas agar nantinya siswa/mahasiswa Produk yang kami tawarkan tidak kalah menarik dari produk unit lain. Analisis situasi Perkembangan teknologi begitu pesat dan semakin meluas dikalangan masyarakat baik dari yang anak-anak maupun dewasa.

4. Usulan tempat yang kedua dan merupakan yang terakhir adalah kios yang berdekatan dengan hardys yang bertempat di jalan Ngurah Rai Singaraja. dekat toko buku. Usulan tempat yang pertama adalah jalan Udayada persis di depan Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja. dan dapat dilakukan dirumah serta dapat ditonton secara bersamaan di kelas. Model jalur tetap yaitu dengan memanfaatkan tempat usaha atau pemasaran yang Dari sekian penjajagan dan analisa yang saya peroleh baik dari media informasi dan terjun langsung kelapangan. Tempat yang ramai dan strategis untuk memperkenalkan Model bisnis yang digunakan adalah model bisnis dua arah yaitu model jalur langsung dan model jalur tetap. Resiko pembelajaran. Model bisnis telah dipersiapkan sebelumnya. mengadakan basar. 5. mahasiswa dosen bahkan unit-unit pelaksana pendidikan memerlukan media pembelajaran seperti ini. Pemikiran yang mendasari kenapa tempat pertama di jalan Udayana tersebut? Tempat yang strategis. Persaingan 6. Usaha ini merupakan solusi dan alternatif N I Usaha ini berada di tengah-tengah keramaian kota. a. belum ada . Lingkungan tempat produksi produk serta penjualannya. kampus dan toko buku yang nantinya bias dimanfaatkan untuk mencari keuntungan bagi unit usaha ini. Siswa atau peserta didik dapat belajar dengan santai. Model jalur langsung yaitu dengan cara menjajagi konsumen secara langsung. Misalkan mempromosikan produk kesekolah-sekolah atau kampus. dekat dengan sekolah. inilah yang akan menarik peserta didik untuk memacu diri agar mau mengikuti D L A Y I N N E I M N E G M N U A K R O A D L I penyedia media pembelajaran yang efektif. Animasi pembelajaran. siswa.Sebagian besar masyarakat baik guru.

500.000.600. yaitu hosting yang digunakan untuk biaya marketing melalui web .000 Rp.000 Rp.500.000 Rp. A. yang tepat khususnya di Singaraja.000 Namun ada juga beberapa yang diperlukan yang tidak berbentuk barang. 3.000 CD Rw/DVD Rw Meja kasir 3 box 2 4 1 Rak cd besar Plang usaha Rp. 33.00 Rp. 4.000.000. 400. 800. 4.000 Rp.000.toko atau usaha yang bergerak di bidang jasa dan layanan seperti ini.000 Rp.000 Rp.000. 1. 20.000 Rp. jika penggunaan apik dijamin 5 tahun bertahan. seperti: NAMA NO 1 2 3 4 5 6 7 BARANG/URAIAN JUMLAH HARGA SATUAN bahan makanan yang mudah basi. 5.000 Rp. 4. Daya tahan produk Produk ini terbuat dari bahan yang berkualitas. b. 300. Produksi 1.500. 1. Sehingga produk yang sebelumnya barang akan awet bertahun-tahun. Bahan dan alat produk menciptakannya.000 Sewa tempat 1 th Jumlah Rp. Misalkan saja kaset video Namun yang menyebabkan produk tidak terpakai adalah N I Bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan produk adalah tidak lain dari materi pembelajaran.000 Rp. munculnya kurikulum baru.000 Rp. Jika pemakaian bagus dijamin pembelajaran.000. 1. 1. 100.000.000 Rp. Tidak seperti D L A Y I N N E I M N E G M N U A K R O A D L I diganti dengan versi yang baru. Namun ada beberapa alat pendukung untuk HARGA Komputer CPU printer 4 2 Rp.

Ini direncanakan dalam Yang menjadi sasaran produk adalah siswa dan non siswa. Pameran produk atau memperkenalkan produk. Produk 2. 6.000.000. Sasaran pemasaran B. 1. Strategi pemasaran Proses ini gampang dilakukan karena hanya membeli karya dari orang N I Dimana proses ini membutuhkan waktu. Mencari izin untuk pengedaran CD dan lindungan hukum pengcopyan Kapasitas produk yang direncanakan adalah 10 sampai 15 buah cd dari satu materi/mata pelajaran yang siap pakai. a. yaitu menguji hasil produk. Proses beli dan menjual. D L A Y I N N E I M N E G M N U A K R O A D L I lain dan kita menjual dengan menaikkan harga untuk mencari laba. 30. hal yang harus diperhatikan 1. 2.000. 400. 5. pembelajaran otodidak. 3. Membuat media dengan software pendukung. Mencari tahu tentang silabus dan RPP serta kurikulum 4. yaitu: a. Finishing. Biaya ini di anggarkan rp. Kapasitas produksi produksi satu bulan sekali.site. 3. Produk dipasarkan. untuk menguatkan hasil produk dari sembarangan. Media dan animasi pembelajaran sangat tepat untuk media presentasi pengajaran. pengajar. 2. Proses produksi Untuk proses produksi ada beberapa proses. jadi semua biaya yang diperlukan adalah: Rp. dalam pembuatan media dan animasi pembelajaran ini adalah: sebagai acuan pembuatan produk. Produk ini . Proses produksi sendiri. b. Pemasaran mahasiswa dan kalangan masyarakat.

dengan menyelenggarakan pameran atau bazar produk. Seperti System pemasaran yang saya gunakan adalah system menetap dan system berjalan.000 dan menyeluruh kepada lapisan masyarakat. dan jika usaha berjalan dengan baik dan lancar selanjutnya cara penjajagan atau terjun langsung ke lapangan. Manual dilakukan dengan contoh promosi ke sekolah-sekolah. untuk N I mendatangkan konsumen. Untuk pembuatan produk sederhana Rp. d. Online Promosi secara online adalah cara efektif diusahakan membuat web site. 100. 50. Harga jual bangsa dan wawasan masyarakat educational technology. Itu merupakan modal awal yang harus dikuasai. pembuatan CD yang dikira lebih rumit dalam proses pembuatannya berkisar Rp. 35.000 sampai dengan Rp.000. Harga jual terhadap D L A Y I N N E I M N E G M N U A K R O A D L I produk sangat diperhitungkan sampai Rp. System menetap disini maksudnya adalah memasarkan produk pada tempat usaha yang telah kita sewa. System pemasaran dan distribusi.dikemas dan dibuat menarik agar siswa atau konsumen merasa tertarik untuk belajar. c. Selain bermanfaat bagi kalangan pelajar dan pengajar.45. Harga produk ini bervariasi menurut kerumitan pembuatan. Promosi Promosi usaha ini dilakukan dengan dua cara yaitu: i. Untuk online digunakan jejaring sosial atau melalui blog gratis. produk ini juga membantu meningkatkan kecerdasan b. Promosi secara manual ii. Sedangkan system berjalan adalah melakukan pemasaran .000.

peralatan dan barang dagangan) sebesar Rp.000 Total kebutuhan peralatan Rp. 1.500.600.600.000 Rp. 800. 4. 1. ini: a. 1.000. 400.000.C. 3.000 Rp. 33.000 Rp.000 Rp.000 Rp.00 Rp. 4.500.000 Rp. 5.000. Keuangan 1. 300.000.600.000 Rp.000 Rp. 33. 100.000.500. Jadi total dana yang dibutuhkan adalah Rp.000.000 CD RW/DVD RW Meja kasir 3 box 2 4 1 Rak cd besar Plang usaha Rp.000 dan biaya operasional D L A Y I N N E I M N E G M N U A K R O A D L I produksi Rp.000. 33.000 Sewa tempat 1 th Rp. 33. 20.000 Rp. 33.600.000. Biaya untuk memulai bisnis Kebutuhan dana untuk usaha kerajinan tangan ini meliputi biaya Investasi (Tempat.000 Rp. NAMA JUMLAH NO 1 2 3 4 5 6 7 HARGA BARANG/URAIAN SATUAN HARGA Komputer CPU printer 4 2 Rp.000 Total investasi awal yang dibutuhkan N I Berikut merupakan perincian kebutuhan awal yang dibutuhkan untuk menjalan usaha . 1.000. 4. Investasi yang diperlukan biaya produk.000 Rp. 330.

000.100.570. 20.000 3. 300. Proyeksi rugi/laba Uraian Bulan 1 Bulan 2 Bulan 3 Hasil penjualan Rp 11.310.000 Rp 278.000 Rp 10.000 N I Rp.000 Rp 9. Modal kerja NO NAMA BARANG JUMLAH HARGA SATUAN TOTAL HARGA 1 2 3 4 CD Tinta (CMYK) Tempat CD 20 Rp.000 Pentotalan modal 2. 120. Arus cash (cash flow) . 2000 Biaya lainnya Rp. 10. 20.b.000 Rp.000 Rp.300.000 Total biaya perproduksi Biaya transportasi Biaya listrik Rp.000 Rp 2.000 Rp. 60. 33.930. 100.530.000 Rp.000 Rp 2.527.000 D L A Y I N N E I M N E G M N U A K R O A D L I lengkap Rp. 3000 Rp. 120.000 Rp 13.700.000 10 Rp.000 Rp 12.3000 Biaya operasional Keuntungan Rp 8.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->