manfaat origami untuk anak

Origami merupakan ketrampilan yang banyak digemari anak-anak dan juga remaja. Origami yang dapat dibentuk dengan berbagai bentuk. Misal: burung, katak, kapal, topi, dll. Membuat origami banyak diminati dan menjadi salah satu pelajaran di taman kanak-kanak dalam mengasah ketrampilan dan kreatifitas anak. Bermain origami tidak hanya untuk belajar, tetapi bermain origami sangatlah mengasikkan dan dapat dimanfaatkan untuk menghias dinding atau ruangan.

beberapa manfaat origami untuk anak : Ananda akan semakin akrab dengan konsep-konsep dan istilah-istilah Matematika geometri, karena pada saat bunda atau sorang guru menerangkan origami akan sering menggunakan istilah matematika geometri contohnya : garis, titik, perpotongan 2 buah garis, titik pusat, segitiga, dll. 2. Bermain origami akan meningkatkan keterampilan motorik halus ananda , menekan kertas dengan ujung-ujung jari adalah latihan efektif untuk melatih motorik halus ananda. 3. Meningkatkan dan memahami pentingnya akurasi, saat membuat model origami terkadang kita harus membagi 2, 3 atau lebih kertas, hal ini membuat ananda belajar mengenai ukuran dan bentuk yang diinginkan serta keakuratannya. 4. Meningkatkan citra diri dan bakat ananda. 5. Saat bermain origami ananda akan terbiasa Belajar mengikuti instruksi yang runut. 6. Mengembangkan pemikiran logis 7. Bermin origami secara konsisten juga merupakan latihan berkonsentrasi, membuat sebuah model origami tentu saja membutuhkan konsentrasi,dan hal ini dapat dijadikan sebagai ajang latihan untuk memperpanjang rentang konsentrasi seorang anak, dengan syarat origaminya dilakukan secara kontinyu dan model yang diberikan bertahap dari yang paling mudah yang dapat dikerjakan oleh ananda lalu terus ditingkatkan sesuai kemampuanya. 8. Meningkatkan persepsi visual dan spasial 9. Mendapatkan untuk tahu lebih banyak tentang hewan dan lingkungan mereka, ha ini karena bentuk origami yang dibuat dapat dililih oleh kita dan dapat dijadikan sebagai media pengenalan hewan dan lingkungan ananda.

(ninda ayu) .10. bermain origami disertai komunikasi yang menyenangkan ini akan membangun ikatan yang sungguh baik antara anak dan orang tua atau guru dan murid. Memperkuat ikatan emosi antara orang tua dan anak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful