Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik A.

Pengertian Sel Prokariotik dan Eukariotik Sel merupakan Struktural Fungsional terkecil didalam tubu makhluk hidup.Sel di bagi 2 yaitu sel prokariotik dan eukariotik.Sel prokariotik yaitu sel dimana belum memiliki membran inti sedangkan eukarotik yaitu sel yang sudah memiliki membran inti. B.Struktuk dan Fungsi Mitokondria Mitokondria Merupakan organel berupa kantong yang di lapisi 2 buah membran yaitu membran luar dan membran dalam. Membran luar Yaitu berfungsi untuk mengeluarkan enzim untuk proses perantara. Membran dalam Yaitu terkait dengan aktifitas utama mitokondria terlibat dalam siklus asam trikarbosilat. C.Fungsi Retikulum Endoplasma 1. Menampung protein yang sintesisnys oleh ribosom untuk di salurkan ke kompleks golgi dan akhirnya di keluarkan dari sel 2. Menjadi tempat penyimpan calcius ,bila sel berkontraksi maka calciun akan di keluarkan dari RE dan menuju ke sitosol. E.Ribosom 1. pengertian ribosom Ribosom merupakan stuktur atau kelompok multimolekular yang berperan sebagai pabrik penghasil protein an partikel . Fungsi ribosom 1. Sebagai tempat sintesis protein 2. Mesin yang mengatur dan mamilih komponen-komponen yang terlibat dalam sintesis protein 3. Untuk mengikat asam-asam amino yang ada di dalam sitoplasma.

misalnya helai daun yang kemudian di tancapkan kedalam tanah.Jaringan pada tumbuhan terdiri dari jaringan meristem dan permanen.Organ pada Tumbuhan: a) b) c) d) e) f) Akar Batang Daun Bunga Buah Biji C. Jaringan dewasa terdiri dari: a) b) c) d) Jaringan pelindung Jaringan dasar Jaringan penyongkong Jaringan penyangkut B. b) Mencangkok adalah mengupaya tumbuhnya akar pada cabang ranting tumbuhan.JARINGAN TUMBUHAN DAN HEWAN A.funsi dan struktur yang sama. .Pembudidayaan Tanaman Langkah: a) Menyetek adalah dilakukan dengan memotong bagian tanaman. Jaringan Dewasa(Permanen) Jaringan dewasa adalah jaringan yang sudah mengalami deverensiasi. Jaringan Meristem Jaringan Meristem adalah jaringan yang penyusunan nya bersifat embrionel.Struktur dan Funsi jaringan tumbuhan Jaringan Tumbuhan Jaringan tumbuhan adalah kumpulan sel-sel tumbuhan yang mempunyai bentuk.asal.

Ciri-Ciri Otot a) Otot Polos b) Otot Lurik . Pada hewan dan manusia dapat mengwakili pengertian gerak secara umum dan dapat dilihat dengan kasat mata atau secara nyata. Sedangkan untuk tumbuhan gerak yang dilakukan tidak akan terlihat oleh kasat mata karena terjadi didaldm suatu organ atau sel tumbuhan.Funsi da Rangka pada manusia Kerangka pada tubuh manusia memiliki fungsi yang sangat penting yaitu: a) b) c) d) e) f) g) Menyongkong dan menopang tubuh Memberi bentuk tubuh Melindungi alat-alat tubuh yang lunak .Jenis dan Fungsi Tulang a) Tulang Rawan b) Tulang Kertas d.Bentuk Tulang a) Tulang Pipa b) Tulang Pipi c) Tulang Pendek e.SISTEM GERAK MANUSIA a.Melakukan fungsi gerak Tempat melekatnya otot Tempat pembentukan sel-sel darah Tempat menibun sel darah yang lunak c. b.Pengertian Gerak Salah satu ciri dari makhluk adalah bergerak.secara umum gerak dapat diartikan perpindahan tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari makhluk hidup.

Kelainan pada Tulang Rangka Fraktura/patah tulang a) b) c) d) e) f) Osteoporosis Retak tulang Leodosis Skolisosis Kifosis Rakitis  PENGERIAN DARAH Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup kecuali tumbuhan tingkat tinggi yang berfungsi mengirmkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme dan juga pertahana tubuh terhadap virus atau bakteri. Fungsi darah yait sebagai berikut: a) b) c) d) e)  a) b) c) Mengedarkan sari-sari makanan keseluruh tubuh Mengangkut sisa oksidasi dari sel tubuh Mengedarkan hormon Membunuh kuman Menutup luka Sel-Sel Darah Eritrosit Leokosit Trombosit KELAINAN DAN GANGGUAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH a) b) c) d) e) f) Anemia Leokimia Polisitemia Emovilia Tekanan darah tinggi Tekanan darah rendah .f.

a) Pencernaan mekanik adalah . b) Pencernaan kimiawi adalah . a) b) c) d) e) f) g) Rongga hidung Faring Laring Bronkus Paru-paru Alveolus Sel-sel tubuh  PROSES PERNAFASAN a) Inspurasi b) Ekspirasi  a) b) c) d) KELAINAN GANGGUAN PADA SISTEM PERNAFASAN Kanker paru-paru Emsisema Asma TBC .pencernaan kimiawi ini terjadi di milai dari mulut.pangkreas dan hati ( hepar).mulut.sedangkan kelenjar pencernaan yaitu terdapat air liur atau ludah.lambung (ventrikulus)usus halus.lambung dan anus. SISTEM PENCERNAAN PADA MAKANAN Pencernaan makanan dan saluran pencernaan manusia meliputi 2 proses yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. lmbung.kerongkongan (esofagus).pencernaan yang yang di lakkan oleh gigi di dalam mulut.  a) b) c) d) e) Gangguan pada Sistem Pencernaan Manusia Gas Triris Konstipasi Pankreasitis Diare Flatus SISTEM PERNAFASAN Sistem pernafasan pada manusia adalah paru-paru dan di bantu oleh alat-alatpernafasan lain jalur udara pernafasan untuk menuju sel-sel tubuh.pencernaan yang melibat kan enzim. Saluran pencernaan yaitu .usus besar( kolon) dan anus.

 SISTEM EKRESI MANUSIA Alat-alat tubuh yang berfungsi dalam proses ekresi termasuk dalam sistem ongekresi contoh alat tubuh yang dapat mengekresikan sisa metabolisme adalah paru-patu. Otak terbagi atas 3 yaitu: a) Otak depan b) Otak temgah . Susunan sistem saraf Sistem saraf pusat dalam tubuh dapat dibagi menjadi sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Hal-hal yang mempengaruhi reproduksi urin a) b) c) d) Zat-zat dioretik Suhu Volume larutan Emosi Gangguan pada ginjal a) b) c) d) e) f) g) h) Nefritis Batu ginjal Albuminoria Glikosuria Neimatoria Glikosuria Nimatoria Diabetes meletus SISTEM REGULASI MANUSIA SISTEM SARAF Semua terjadi penyebabterjadinya perubahan dalam tubuh atau bagian tubuh disebut Sel saraf Sel saraf adalah struktur dan fungsional sistem saraf disebut neuron tersusun atas badan sel saraf. Otak Otak berfungsi sebagai pusat koordinasi dalam tubuh.serabut-serabut saraf dan selabung-selabungnya.dan ginjal.kulit.

a) b) c) d)  a) b) c) d) e) f) g) Indra Penglihat Indra pendengar Indra peraba Indra pembau Kelainan pada sistem koordinasi Amnesia Struk Cutter Neuritis Trangseksi Trangkinson Epilesi sssss  SISTEM REPRODUKSI MANUSIA Pada manusia reproduksi berlangsung secar seksual. b) Alat kelamin perempuan Alat kelamin perempuan dibedakan menjadi alat kelamin luar dan kelamin dalam  Mekanisme Pembentukan Gamet c) Mekanisme spermatogenesis d) Mekanisme kooginesis  Kelainan Sistem Reproduksi a) Tumor payudara b) Vulvovaginetis c) Impotensi d) Bunoria .Alat reproduksi manusia berupa alat kelamin laki-laki dan perempuan.c) Otak belakang Alat Indra Alt Indra terdapt dalam tubuh terdapat bermacam-macam reseptor untuk mengetahui ransanganransangan dari luar atau disebut juga eksteror septor. a) Alat kelamin laki-laki Alat kelamin laki-laki berhasil gamet jantan yaitu spermatozoa.

Linfah adalah sebutan yang digunakan untk cairan yang berada didalam tumbuhan linfah. Sistem kekebalan dapat terjadi karena defisiansi kekebalan misalnya: a) Aids b) Automunitas .Membaantu pertahan tubuh melawan penyakit  a) b) c) d) Organ-Organ Limfoit Sum-sum merah Nodus linfa Linfa Timus  Macam-Macam Kekebalan Tubuh a) Kekebalan aktif b) Kekebalan pasif Penyakit yang berhubungan dengan kekebalan  Hal-hal tertentu dapat menyebebkan terganggu nya sustem kekebalan.Mengaborsi lemk dan laktealdi. SISTEM PERTAHANA TUBUH Sistem Linfatik Sistem linfatik terdiri dari 2 bagian penting yaitu pembuluh linfah serta berbagai macam jaringan imvoit di seluruh tubuh.alinfah berasal dari plasma darah yang merembes keluar dari pembuluh kapiler disistem peredaran darah.  Fungsi Linfah 1Mengambil kelebihan cairan dari jaringan dan mengembalikannya kedarah 2.usus alus kemudian mengangkutnya kedarah 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful