Pemeriksaan fisik pada Hepatitis A

Inspeksi

: Ikterus merupakan tanda khas, terutama pada sklera. Tanda ruam pada integumen berhubungan dengan perpanjangan waktu prothrombin. Pasien terlihat kelelahan (fatique). Urin gelap warna kecoklatan, seperti cola atau teh kental. : Biasa nya bising usus normal, tetapi bisa didapatkan peningkatan bising usus pada anak-anak dan penurunan pada orang dewasa. : Nyeri ketuk pada kuadran kanan atas. : Hepatomegali ringan dan nyeri kuadran kanan atas mungkin ada. Splenomegali dapat terjadi pada 10-20% pasien.

Auskultasi

Perkusi Palpasi

Pemeriksaan fisik pada Hepatitis B

Inspeksi

: Pada fase akut, ikterus merupakan tanda khas, terutama pada sklera. Tanda fotofobia, batuk, dan nyeri abdomen. Pada integumen mungkin muncul selama fase ikterik dan cola atau teh kental. Pada fase kronis,pasien terlihan kelelahan (fatique) dan terkadang didapatkan ikterus ringan. Pada kondisi sirosis hepatis akan didapatkan asites, ikterus, edema perifer, serta didapatkan perdarahan dari muntah (hematemesis) dan melena. : Biasanya bising usus normal. : Nyeri ketuk pada kuadran kanan atas. : Hepatosplenomegali beriringan dengan gejala ikterus. Nyeri palpasi kuadran kanan atas mungkin ada.

Auskultasi Perkusi Palpasi

Fetor hepaticus. : Nyeri ketuk pada kuadran kanan atas. Pada kondisi sirosis hepatis akan didapatkan asites. : Biasanya bising usus normal. Pasien terlihat kelelahan (fatique). Pemeriksaan fisik Hepatitis C Inspeksi : Pada fase kronis. terutama pada sklera. Pasien terlihat kelelahan (fatique). Urine gelap warna kecoklatan seperti cola atau teh kental. Auskultasi Perkusi Palpasi  Pemeriksaan fisik pada Hepatitis D Inspeksi : Pada fase kronis. : Pengerasan massa hepar kuadran kanan atas mungkin ada. ikterus. ikterus merupakan tanda khas. spider nevi. Auskultasi Perkusi Palpasi . : Nyeri palpasi kuadran kanan atas mungkin ada. dan clubbing finger bisa didapatkan. seperti cola atau teh kental. petekie. Urine gelap berwarna kecoklatan. edema perifer. feses menjadi berwarna pucat (keabu-abuan atau tanah liat berwarna). : Biasanya bising usus normal. : Nyeri ketuk pada kuadran kanan atas. terutama pada sklera. serta didapatkan perdarahan gastrointestinal dari muntah ( hematemesis ) dan melena. ikterus merupakan tanda khas.

Adanya tanda ruam pada integumen spider angioma/spider nevi. Pemeriksaan fisik pada Hepatitis E Inspeksi : Ikterus merupakan tanda khas. Perkusi Palpasi . tetapi bisa didapatkan peningkatan bising usus pada anak-anak dan penurunan pada orang dewasa. seperti cola atau teh kental. pasien terlihat kelemahan (fatique). terutama pada sklera. : Hepatosplenomegali ringan dan nyeri tekan (tenderness) kuadran kanan. Urin gelap warna kecoklatan. : Nyeri ketuk pada kuadran kanan atas. Auskultasi : Biasanya bising usus normal.