P. 1
Sejarah Perkembangan Ilmu

Sejarah Perkembangan Ilmu

|Views: 169|Likes:
Published by Smanda Karanganyar
Sejarah merupakan rentetan rekam jejak tentang semua peristiwa yang telah terjadi yang berfungsi untuk mengungkapkan segala sesuatu sesuai dengan fakta. Akan tetapi, dalam kenyataannya hanya sebagian rentetan peristiwa yang diungkap, selebihnya tak bisa lepas dari rekayasa. Realitas problemik seperti ini pernah terjadi pada beberapa bidang ilmu khususnya ilmu sejarah, misalnya adanya rekayasa sejarah keterkaitan presiden pertama RI dengan gerakan 30 September. Tentunya hal seperti ini tidak bisa dianggap remeh bahkan harus diluruskan karena menyangkut tentang kazanah keilmuan generasi selanjutnya. Apalagi sejarah yang dimaksud dalam artikel ini adalah sejarah perkembangan ilmu, yang mana ilmu dalam hal ini adalah ilmu pengetahuan.
Sejarah merupakan rentetan rekam jejak tentang semua peristiwa yang telah terjadi yang berfungsi untuk mengungkapkan segala sesuatu sesuai dengan fakta. Akan tetapi, dalam kenyataannya hanya sebagian rentetan peristiwa yang diungkap, selebihnya tak bisa lepas dari rekayasa. Realitas problemik seperti ini pernah terjadi pada beberapa bidang ilmu khususnya ilmu sejarah, misalnya adanya rekayasa sejarah keterkaitan presiden pertama RI dengan gerakan 30 September. Tentunya hal seperti ini tidak bisa dianggap remeh bahkan harus diluruskan karena menyangkut tentang kazanah keilmuan generasi selanjutnya. Apalagi sejarah yang dimaksud dalam artikel ini adalah sejarah perkembangan ilmu, yang mana ilmu dalam hal ini adalah ilmu pengetahuan.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Smanda Karanganyar on Jun 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

01/08/2016

$4.99

USD

pdf

text

original

Sejarah Perkembangan Ilmu Asih Andriyani M, Khotim Nurma Indah Program Studi Teknologi Pendidikan PPs UNS nurma_iz@yahoo

.com Abstract The purpose of this article is to know history of science development, science development period, characteristic each science development periode, the scientists in each period with their creation, linkages between science development periode, and the lesson to be drawn for science development periode. Altering mind set from myth to logical, make science always amend period to period. Science development period divide in six periode,that is, Pra History, Ancient Greek, Middle Period, Renaissance Period, Modern Period, and Contemporary Period. Each period engendering some figures that very important for science, the scientist contributed a lot of science. Each figures rendering their expertise to make better world. And science had so many process before they turn into a theory. Key Word: history of science, scientist, Ancient Greek, Renaissance, Contemporary

1. Pendahuluan Sejarah merupakan rentetan rekam jejak tentang semua peristiwa yang telah terjadi yang berfungsi untuk mengungkapkan segala sesuatu sesuai dengan fakta. Akan tetapi, dalam kenyataannya hanya sebagian rentetan peristiwa yang diungkap, selebihnya tak bisa lepas dari rekayasa. Realitas problemik seperti ini pernah terjadi pada beberapa bidang ilmu khususnya ilmu sejarah, misalnya adanya rekayasa sejarah keterkaitan presiden pertama RI dengan gerakan 30 September. Tentunya hal seperti ini tidak bisa dianggap remeh bahkan harus diluruskan karena menyangkut tentang kazanah keilmuan generasi selanjutnya. Apalagi sejarah yang dimaksud dalam artikel ini adalah sejarah perkembangan ilmu, yang mana ilmu dalam hal ini adalah ilmu pengetahuan.

1

Untuk memahami perkembangan ilmu pengetahuan kita harus melakukan pembagian secara periodik. a. Berikut adalah uraian singkat dari masing-masing periode perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa. melainkan terjadi sebuah proses bertahap dan evolutif. Hal ini karena adanya perkembangan zaman dan perubahan pola pikir manusia dari masa ke masa. keterkaitan perkembangan ilmu disetiap periode. Dalam menelaah/ mengkaji sejarah dapat dilakukan dengan dua cara. Dari zaman ke zaman ilmu selalu mengalami perkembangan. tokoh dan karyanya yang berpengaruh disetiap periode. Berdasarkan ketiga pertanyaanpertanyaan inilah yang nantinya dapat memunculkan sebuah pengetahuan dan ilmu. Di dalam diri manusia selalu timbul pertanyaan mengenai “apa” (Ontologi). “bagaimana” dan “mengapa” (Epistimologi). Dalam artikel singkat ini penulis akan lebih condong menggunakan telaah kronologis dalam mengkaji perkembangan ilmu. Periodisasi Perkembangan Ilmu Salah satu ciri manusia adalah selalu ingin tahu tentang peristiwaperistiwa yang terjadi di sekelilingnya. 3) menyatakan bahwa pada zaman purba dibagi menjadi dua masa. dan “utuk apa” (Aksiologi). dalam artikel singkat ini penulis akan memaparkan tentang periodisasi perkembangan ilmu. 2 . dari kepercayaan mitos menjadi lebih rasional. yaitu (1) masa prasejarah atau masa batu.Perkembangan ilmu pengetahuan terjadi melalui tahapan periodik dan perubahan. Oleh karena itu. Tentunya disetiap periode sejarah perkembangan ilmu pengetahuan terdapat tokoh-tokoh yang memelopori/ mencetuskan periode perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri dengan berbagai ideologi dari masing-masing tokoh. 2. (2) masa sejarah. yakni melalui telaah kronologis dan geografis. Zaman Purba Conny (1988. dan pelajaran yang dapat ditarik dari perkembangan ilmu. dengan begitu kita semua akan mengetahui karakteristik di setiap periode sejarah perkembangan ilmu pengetahuan. karekteristik masing-masing periode perkembangan ilmu. Perkembangan ilmu sendiri tidak terjadi secara tiba-tiba.

Conny. peternakan. zaman ini ditandai oleh pengetahuan apa yang diperoleh melalui (1) kemampuan mengamati. (2) kemampuan membeda-bedakan. (3) kemampuan memilih. Dimulai dari masa inilah manusia mengalami peningkatan kemampuan penalaran yang berkesinambungan ke semua arah. Fungsi kontrol dan pengendalian alam. memilih.000 tahun sebelum Masehi. Stefanus Supriyanto (2013: 4) menambahkan bahwa pada masa ini manusia sebagai makhluk yang berpikir dan bernalar dan memiliki beberapa kemampuan. misalnya kreasi pembuatan patung (gambar binatang di gua-gua). Pada masa ini. dkk (1988. ilmu pengetahuan manusia mengalami perkembangan. 2) Masa sejarah Stefanus Supriyanto (2013: 4) mengungkapkan bahwa masa ini meliputi kurun waktu kurang lebih 15. Fungsi imajinasi sebagai realisasi daya kreasi manusia. Manusia di masa ini sudah tidak hanya memiliki kemammpuan mengamati. melainkan semuanya merupakan kesimpulan dari para peneliti. dan perburuan yang efektif. Dinamakan zaman prasejarah karena pada masa ini tidak ada bukti atau warisan yang ditinggalkan membicarakan apapun mengenai dirinya.1) Masa prasejarah Masa prasejarah terjadi pada kurun waktu selama empat juta tahun sampai kira-kira 20. Kemampuan tersebut yakni sebagai berikut: a. b. Pada masa ini manusia menggunakan pengetahuan faktual mengenai dunia. membeda-bedakan. dan (4) kemampuan melakukan percobaan berlandaskan prinsip trial dan error. 3 .4) mengatakan bahwa dari sudut perkembangan pengetahuan manusia. seperti fenomena pertanian.000/ 10.000 tahun sampai kurang lebih 600 tahun sebelum masehi. sehingga pada masa ini manusia tidak hanya mampu menulis tetapi juga sudah memilki kemampuan berhitung. Zaman ini dinamakan juga zaman batu karena alatalat yang digunakan untuk keperluan sehari-hari terbuat dari batu. dan melakukan percobaan yang berlandaskan trial dan error melainkan pada masa ini manusia sudah memiliki kemampuan menulis.

(2) Pythagoras (dikenal dengan bapak bilangan). 4 . Fakta-fakta hanya diolah sekadarnya yang mungkin dilakukan tanpa suatu tujuan yang jelas dan tertentu. Inilah titik awal manusia menggunakan rasio untuk meneliti sekaligus mempertanyakan dirinya dan alam jagad raya. Amsal Bakhtiar (2004: 21) menyatakan bahwa pada zaman ini telah terjadi perubahan pola pikir dari pola pikir mitosentris menjadi pola pikir ilmiah. Orang Yunani awalnya sangat percaya pada dongeng dan tahayul. Mereka tidak mau begitu saja menerima peristiwa atau pengalaman secara pasif melainkan mereka akan terus mencari sampai sedalam-dalamnya dari fenomena yang begitu beragam di alam ini. yakni antara lain. Sikap mental dan penalaran yang reseptif dan empiris (apa adanya. pada zaman Yunani Kuno ini manusia sudah memiliki suatu penalaran yang menyelidik. Pada zaman inilah awal mula munculnya para filosof. tetapi lama kelamaan mereka mampu membedakan mana yang nyata dan mana yang tahayul. manusia sudah lebih mengedepankan logika dalam menyimpulkan suatu fakta dan informasi. yakni untuk menyimpulkan suatu informasi dan fakta harus menggunakan metode baik melalui observasi. dan teori. Berbeda dengan zaman purba. Stefanus Supriyanto (2013: 6) menyatakan bahwa pada zaman ini banyak bermunculan para ilmuwan terkemuka. hipotesa. Di atas telah disampaikan bahwa pada zaman inilah awal mula munculnya para filosof. Zaman Yunani Kuno Zaman ini terjadi pada kurun waktu antara 600 tahun sebelum masehi sampai kurang lebih 200 tahun masehi (Stefanus Supriyanto. dan (5) Aristoteles. Pembahasan lebih detail tentang profil para filsuf akan diuraikan pada pembahasan berikutnya. (4) Plato. Dari pola pikir logika kemudian berkembang menjadi metodologi.c. pasif reseptif). 2013: 5). (3) Socrates (yang dikenal sebagai bapak dan sumber etika atau filsafat moral). (1) Thales (yang dikenal dengan filsafat alam kosmologinya). Pada zaman ini. b. Berkembang lagi menjadi inquiring mind (selalu menyelidik) yang dijadikan dasar penalaran saat ini.

Ketika di Eropa mengalami masa kegelapan. dan Ibnu Rusyd (1226 M – 1198 M). Zaman Pertengahan Amsal Bakhtiar (2012) menyebutkan zaman pertengahan merupakan zaman perkembangan ilmu Islam. serta melakukan pembinaan hukum dan penerjemahan filsafat Yunani dan kemajuan ilmu pengetahauan Islam pada tahun 700 M sampai tahun 1200 M.c. Hal ini terjadi disebabkan pada zaman ini semua aktivitas keilmuan harus berdasar atau mendukung kepada agama. sehingga pada masa inilah banyak bermunculan para Theolog. Zaman ini meliputi kurun waktu dari beberapa tahun sebelum tahun 500 M sampai beberapa tahun setelah tahun 1500 M. Hal ini disebabkan beberapa alasan. Sebaliknya justru memberikan kemunduran bahkan keruntuhan pada dunia Islam sendiri. Para tokoh terkenal pada masa ini antara lain sebagai berikut: Al-Kindi (801 M-873 M). Dari sinilah kemudian gagasan-gagasan Barat masuk ke dunia Islam. sementara jiwa islam adalah dinamis. Ibnu Sina (980 M-1037 M) di kenal sebagai Avicenna di dunia barat. serta masih banyak yang lain. Pada zaman ini disebut juga dengan zaman kegelapan (The Dark Ages) karena pada zaman ini di kerajaan-kerajaan Eropa terjadi kemandekan perkembangan ilmu filsafat dan ilmu pengetahuan. Kegiatan tranformasi kebudayaan ini tidak selamanya membawa kemajuan dunia Islam. maka bangkitlah islam dengan masa keemasannya. 5 . yang kemudian melakukan perluasan wilayah islam. Abad pertengahan ini terjadi ketika kerajaan Romawi non Katolik runtuh dan mulai berkembangnya agama Katolik Roma. Hal ini dimulai dengan munculnya Nabi Muhammad SAW pada tahun 600M. sehingga pada zaman pertengahan ini disebut juga dengan zaman Islam. AlGhazāli (1058 M-111 M). Mereka juga mengikuti kegiatan intelektual bersama-sama. Pada zaman ini terjadi tranformasi kebudayaan dan khususnya ilmu dari dunia Islam ke Barat. Di masa ini orang-orang Islam dan Krinten hidup bersama dan penuh rasa toleransi agama yang tinggi. salah satunya yakni kematian semangat ilmiah di kalangan umat islam adalah diterimanya paham Yunani mengenai realitas yang pada pokoknya bersifat statis. dan sebaliknya gagasan-gagasan dari dunia Islam masuk ke Barat. Al-Farābi (870 M950 M). Pada masa inilah awal mulai zaman Renaissance.

Pada zaman ini ilmu Fisika menempati kedudukan 6 . Johannes Kepler. Pada zaman ini ditandai dengan munculnya penemuan-penemuan dalam bidang ilmiah. pada zaman inilah manusia memiliki kebebasan berpikir dan jauh dari ajaran-ajajran agama. metafisik dan tahap positif. kelahiran kembali sastra di Inggris. dan Spanyol. f.d. tetapi mulai meluas dan diketahui banyak orang ketika abad ke 17 M dan berlangsung hingga abad 20 M. Perancis. dan penemuan ilmu perbintangan oleh Copernicus dan Galileo. Tahap kedua orang mulai berspekulasi tentang metafisik (keberadaan) wujud yang menjadi obyek penelaah yang terbebas dari dogma religi dan mengembangkan sistem pengetahuan di atas postulat metafisik. Galileo Galilei. Tahap ketiga adalah tahap pengetahuan ilmiah (ilmu) di mana asas-asas yang dipergunakan diuji secara positifdalam proses verivikasi yang objektif. Pada zaman ini manusia Barat mulai berpikir baru dan mulai melepaskan diri dari otoritas kekuasaan gereja yang selama ini membelenggu kebebasan dan mengemukakan kebenaran filsafat dan ilmu. penemuan benua baru oleh Columbus. Stefanus Supriyanto (2013: 10) menyatakan para tokoh dalam zaman ini adalah. keahlian dan ilmu. Zaman Renaissance Zaman ini terjadi pada awal abad 14 M sampai dengan abad 17 M. Nicolaus Capernicus. e. Zaman ini ditandai dengan munculnya teknologi-teknologi canggih dan spesialisasi ilmuilmu yang semakin mendalam. Zaman Kontemporer Zaman ini dimulai pada abad ke 20 sampai dengan sekarang. Rene Descartes. Zaman ini merupakan penyempurnaan kesenian. Zaman Modern Zaman ini sudah mulai terintis pada abad ke 15 M. yaitu tahap religious. diantaranya penemuan percetakan. Tahap pertama menekan asas religi sebagai postulat ilmiah sehingga ilmu merupakan deduksi dan penjabaran dari ajaran religi. sehingga menyebabkan ilmu pengetahuan berkembang pesat di Eropa. Pada zaman ini banyak ditemukan ilmu-ilmu baru. Pada zaman ini Auguste Conte dalam Stefanus (2013: 14) membagi tiga tingkat perkembangan pengetahuan.

Hal ini tentu berbeda dengan zaman sejarah yang mana manusia masih menerima pengalaman fenomena dari alam. sehingga manusia sudah tidak menggantungkan hidup mereka sepenuhnya pada apa yang diberikan alam. dan berhitung. Pada zaman modern ditandai dengan munculnya penemuan-penemuan dalam bidang ilmiah yang kemudian mendukung munculnya zaman kontemporer yang ditandai dengan adanya teknologi-teknologi canggih dan spesialisasi ilmu-ilmu yang semakin mendalam. Manusia sudah tidak mau begitu saja menerima peristiwa atau pengalaman secara pasif melainkan mereka akan terus mencari sampai sedalam-dalamnya dari fenomena yang begitu beragam di alam ini. siklus matahari sampai pembuatan kalender yang kita kenal saat ini. Sebaliknya pada zaman Renaissance manusia memiliki kebebasan berpikir dan jauh dari ajaran-ajajran agama. Zaman sejarah memiliki karekteristik bahwa pada di masa ini manusia sudah mulai memiliki kemampuan membaca.paling tinggi karena dipandang sebagai dasar ilmu pengetahuan tentang alam semesta. Akan tetapi lambat laut terjadi perkembangan pengetahuan yang ditandai dengan usaha manusia untuk mendapatkan lebih yang telah disediakan oleh alam. ditemukannya siklus mingguan. misal peta perbintangan (Zodiak). Hal ini tentunya juga akan membawa karekteristik yang berbeda-beda di setiap periode perkembangan ilmu itu sendiri. Karekteristik Masing-masing Periode Perkembangan Ilmu Dipembahasan sebelumnya telah dijelaskan tentang periodisasi perkembangan ilmu yang terus mengalami kemajuan. 3. Dengan dikuasainya kemampuan membaca dan menulis berkembanglah kebiasaan melakukan pencatatan informasi dan pengumpulan data secara sistematis. 7 . Karakteristik zaman Yunani Kuno ditandai dengan manusia sudah memiliki suatu penalaran yang menyelidik. menulis. bulan. Pada zaman pertengahan ditandai dengan semua aktivitas keilmuan harus berdasar atau mendukung kepada agama. Pada zaman Prasejarah memiliki karekteristik bahwa di masa ini manusia hanya mendapat makanan dari apa yang sudah disediakan oleh alam.

Tokoh dan Karyanya yang Berpengaruh Disetiap Periode a. bilangan itu sendiri terdiri dari unsur genap dan ganjil. Ia digelari Bapak Filsafat karena dialah yang awal mulanya memunculkan filsafat dengan mempertanyakan darimana awal dunia ini berasal.500 SM) terkenal dengan filsafat kuantumnya. Aristoteles. Masa transisi ini dimulai dengan munculnya Kaum Sofis yang terkenal dengan pandangan mereka bahwa kebenaran itu bersifat subjektif dan relatif. Plato dan. Menurut Pythagoras.399 SM) yang lahir di Athena merupakan seorang filosof yang lebih senang menyebut dirinya adalah orang yang mencintai kebenaran daripada orang yang pandai dan bijaksana. berpendapat bahwa segala sesuatu itu berasal dari “to aperion” yaitu yang tak terbatas dan sesuatu yang tak terhingga. Yang kemudian pandangan tersebut dibantah oleh Socrates. karena air adalah pusat dan sumber dari segala kehidupan.4. Pendapat lain tentang asal usul dunia datang dari Anaximenes (585 – 524 SM ) yang merupak murid dari Anaximandros. Dia mencari kebenaran mengenai sesuatu hal dengan bertanya pada setiap orang yang berbeda jenis pekerjaan. terbatas dan tak terbatas. Menurut pendapat Thales asal mula alam semesta adalah air. Akibatnya tidak ada ukuran absolut dalam etika. 2006).540 SM) yang tak lain adalah murid Thales. Pythagoras (580. Sedangkan bagi Anaximandros (610. tapi kehadiran Thales sangat penting dalam berkembangnya filsafat di Yunani (Borchert. bahkan seringkali menjadi pertanyaan. Menurut Amsal Bakhtiar (2012) masa transisi muncul ketika penyelidikan pada alam tidak lagi menjadi fokus utama. dia berpendapat bahwa udara adalah prinsip dasar segala sesuatu.bukti mengenai dirinya dan pemikirannya masih sangat kurang. tetapi manusia memulai penyelidikan mengenai hubungan antara manusia. agama. Zaman Yunani Kuno Thales (625.orang dengan 8 .semua realitas dapat diukur dengan bilangan. dan saling melengkapi. Socrates seringkali mengajak berdiskusi orang. Meski pun bukti. maupun latar belakang. Socrates mampu membuktikan adanya kebenaran obyektif. Dan dari semua jawaban itulah Socrates menarik benang merah yang bersifat universal. Sehingga bisa dikatakan bahwa alam semesta ini adalah suatu harmoni. Socrates (470.546 SM) diakui sebagai pelopor pemikiran rasional dan Bapak Filsafat. bahkan matematika.

melemparkan satu pertanyaan seakan. Dan beberapa karya Plato antara lain adalah : Apologia. metafisika. Aristoteles kemudian dianggap bapak ilmu karena dia mampu meletakkan dasar.322 SM). Sepeninggal dari ketiga filosof besar itu. itulah realitas yang sebenarnya. Melalui pemahaman itu pula Plato dapat mendamaikan pandangan antara Heraklitos dan Parmenides. mutu filasaft menjadi merosot.akan dia tidak mengetahu jawabannya. Hakekat sebenarnya berada dalam benda itu sendiri. dan pemikirannya.ide yang bersifat abadi. dia menyatakan bahwa benda itu memiliki realitas dan realitas itu terdapat dalam ide. 9 . sedangkan pandapat Parmenides tentang segala sesuatu itu diam juga benar. dan menolak ajarannya Plato tentang dunia ide. dan kemudia memilih mati dengan meminum racun daripada mengorbankan prinsipnya tentang kebenaran (Edison. Politeia.persoalan besar filsafat dan menyatukannya dalam satu sistem: logika. Socrates didakwa di pengadilan Athena. Aristoteles menyatakan bahwa segala sesuatu yang kita lihat dan ada didunia ini. Menurut Amsal Bakhtiar (2012) puncak kejayaan filsafat Yunani terjadi pada masa Aristoteles (384. Apologia adalah salah satu buku yang berisi dialogdialog Plato selama tiga periode. Sophists. karena eksistensinya ada didalam benda itu bukan diluar ide yang entah dimana tempatnya. 2011). Plato berpendapat pandangan Heraklitos yang menyatakan segala sesuatu berubah itu benar tapi hanya berlaku pada alam empiris. Tokoh yang menonjol tak lain adalah murid Socrates yaitu Plato (429. Dan dengan caranya ini dia bisa membuat lawannya mengakui kelemahan argumen mereka. Dan menyatakan dua itu terdiri dari dua bagian yaitu dunia rasional dan dunia jasmani. Aristoteles adalah murid dari Plato yang berhasil menemukan pemecahan persoalan. tapi hanya berlaku pada ide.dasar dan metode ilmiah secara sistematis.347 SM). Zaman keemasan filsafat Yunani dimulai setelah periode Socrates. pada masa ini filsafat alam dipadu dengan filsafat manusia. Dia adalah seorang filosof yang rajin menulis buku.benar mengalami kemunduran. dan matematika. itulah realitas yang sebenarnya. Plato menggambarkan kebenaran umum adalah rujukan bagi alam empiris. dan menyadari yang benar dan salah. Aristoteles sendiri memiliki gagasan tentang dunia aktual. Timaios. Namun karena keberanian. fisika. dan menjelang neoplatoisme filsafat benar.

1187 M). Zaman ini ditandai dengan tampilnya pada Theolog di lapangan ilmu pengetahuan. dan syarat mutlak untuk mengolah pengetahuan adalah dengan matematika. Sehingga ia dikenal sebagai pelopor empirisme 2) Thomas Aquinas (1225 M. adalah seorang filsuf dan ahli teologi dari Italia. adalah seorang penerjemah karya ilmiah dari bahasa arab. Ketika Eropa mengelami zaman kegelapan. Ilmu pengetahuan semakin berkembang pesat mulai masa Rosulullah dengan Khulafa al. Pada abad 12 M.Farabi. yaitu: 1) Roger Bacon (1214 M. Al. Zaman Pertengahan Zaman pertengahan berawal ketika kerajaan Romawi runtuh. Zaman ini berlangsung pada abad 6 M sampai sekitar abad 14 M dan disebut sebagai zaman kegelapan (The Dark Ages). Ia terkenal karena dapat membuat sintesis dari filsafat Aristoteles dan ajaran Gereja Kristen.1294 M). hal ini didukung dengan adanya penerjemahan dan penafsiran buku. dan semakin berkembang pada masa Dinasti Ummayah dan Dinasti Abbasiyah. yang diklaim sebagai awal mula zaman Renaissance telah muncul beberapa nama yang mempelopori di bidang ilmu dan eksperimen. dan mulai berkembangnya agama Katolik Roma.Rasyidun.b. Dia dikenal sebagai pendukung awal metode ilmiah modern di dunia barat. 3) Gerard van Cremona (1114 M. Ia telah menerjemahkan sekitar 70 bahasa Arab dan karya-karya klasik Yunani ke dalam bahasa latin termasuk karya Eulclidius. sehingga perkembangan ilmu pengetahuan dan filsafat pun terpaksa terhenti. Dia menyatakan bahwa yang menjadi landasan awal dan ujian akhir dari semua ilmu pengetahuan adalah pengalaman.Farghani dan karya lainnya. Ilmu pengetahuan berkembang pesat pada masa ini.buku Yunani kedalam bahasa Arab bahkan jauh sebelum Islam lahir. 10 . juga dikenal dengan sebutan Doctor Mirabilis yang berati dokter yang mengagumkan.1274 ). Pada zaman ini aktivitas keilmuan harus berdasar dan mendukung agama. Pentingnya ilmu pengetahuan sendiri sangat ditekankan oleh Islam sejak awal. Islam bangkit dengan masa keemasannya. Al.

Karya-karya Ibnu Rushd meliputi bidang filsafat. Karyanya ada di berbagai bidang matematika. Aristoteles. dan Archimedes. Al-Farābi (870 M-950 M) adalah seorang komentator filsafat Yunani yang sangat ulung di dunia islam.Syifa yaitu sebuah ensiklopedia filsafat Arab terbesar.buku Plato. zoologi. ia terkenal dengan orisinalitas dan kemampuannya menemukan jenis penyakit yang belum diketahui sebelumnya. karyanya merupakan rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad. Ibn Rushd inilah yang mengilhami orang Barat pada abad pertengahan dan mulai membangun kembali peradaban mereka yang sudah terpuruk berabad-abad lamanya yang terwujud dengan lahirnya zaman pencerahan atau renaisans. Al-Kindi menuliskan banyak karya dalam bidang goemetri. pengobatan. Al-Razi (856 M-925 M). ilmuwan. merupakan dokter terbesar dalam Islam. Appolonuis. essai. astronomi. Dia dikenal bapak pengobatan modern. medis. dan resume. ulasan. Dia adalah seorang dokter klinis yang terbesar pada masa itu dan pernah mengadakan suatu penelitian al-Kimi atau lebih dikenal dengan sebutan ilmu kimia. dan juga dokter. kedokteran dan fiqih dalam bentuk karangan. Ibn Sina (980 M-1037 M) di kenal sebagai Avicenna di dunia barat. dan politik. Tulisannya mengenai ilmu psikologi. filosofi. geometri. Poetics. musik (yang dibangunya dari berbagai prinsip aritmatis). Selain itu Yahya Ibn A’di yang memperbaiki terjemahan dan memberikan komentar mengenai karya. Hunain merupakan tokoh yang berjasa menerjemahkan buku. Karyanya yang paling terkenal adalah al-Madīnah al-Fadhīlah yang membahas tentang pencapaian kebahagian melalui kehidupan politik dan hubungan antara razim yang paling baik menurut pemahaman dengan hukum Ilāhian Islam (Groff. 2007). fisika. psikologi.Al-Kindi (801 M-873 M). merupakan filsuf pertama yang lahir dari kalangan islam. botani. bahkan musik. meteorologi. Beliau mengarang Ensiklopedia ilmu kedokteran yang berjudul Contenens. Ibn Rushd (1226 M – 1198 M). Ia seorang filsuf. aritmatika. mengarang al-Kulliyat yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa asing pada abad 13. astronomi dimasukkan dalam kitab Al. Galeneus. 11 .karya Aristoteles seperti Sophist.

d. Setelah Keppler. Pengaruh Copernicus menyebar luas pada kalangan sarjana. Perlahan.1642) dengan penemuan lintas peluru.1630) yang kemudian mereka melanjutkan penelitian Copernicus tentang astronomi.16) Renaissance merupakan periode sejarah kemajuan dan perubahan perkembangan ilmu. dan hal ini bertolak belakang dengan gereja. tidak hanya sebatas segi keagamaan saja akan tetapi juga dari segi ilmu pengetahuan. Apabila ada hal. filsafat dan berbagai disiplin ilmu.1601). Pada masa ini manusia diberi kebebasan untuk mengembangan diri mereka. Masih dalam kejayaan Islam.Risalah. muncullah Galileo (1546. dan menemukan bahwa lintasan planet berbentuk elips serta gerakan benda.benda angkasa dalam lintasan tertutup. Bersamaan dengan masa Keppler dan Galileo. c. Zaman Modern 12 .orang latin. Masa Renaissance (Abad ke 15.1617). antara lain Tycho Brahe (1546.1543) karena memunculkan teori Heliosentris yakni matahari adalah pusat tata surya.1662).kitab yang disusun oleh tokoh muslim mulai banyak diterjemahkan oleh orang. 2012). serta Projective Geometry oleh Desarque (1593. dan Johannes Keppler (1571. ditemukan pula Logaritma oleh Nappier (1550. seni. Misalnya pada kasus pembunuhan Copernicus (1473. Namun abad 18 menjadi abad yang paling menyedihkan bagi umat Islam karena dunia Islam mengalami kemunduran yang sangat luar biasa. budaya. kitab. dominasi gereja sangat kuat pada setiap aspek kehidupan. tata bulan planet Jupiter.hal yang merugikan gereja maka akan mendapatkan hukuman yang sangat kejam. Sebelum masa Renaissance.Imam Syafi’i merupakan salah tokoh ilmuwan muslim yang menyusun kitab perkembangan hadist bernama ar.lahan manusia barat mulai melepaskan diri dari otoritas gereja yang selama ini membelenggu kebebasan mereka untuk mengemukakan kebenaran filsafat dan ilmu. dan penemuan hukum pergerakan (Amsal Bakhtiar.

1727) dan Leibniz (1646. Karya. yang merupakan peralihan dari masyrakat agraris dan perdagangan menjadi masyrakat industri modern. Joseph John Thompson (1856 M-1940 M) adalah seorang ilmuan dengan penelitiannya yang membuahkan penemuan elektron. Ilmuwan lain yang terkenal pada masa ini adalah Charles Robert Darwin 1809 M-1882 M) yang merupakan naturalis dengan teori revolusionernya. Dia meletakkan landasan bagi teori evolusi modern dan prinsip garis keturunan yang sama (common Descent) dengan mengajukan seleksi alam sebagai mekanismenya. Dia juga menemukan sebuah metode untuk memisahkan jenis atom dan sinar molekul yang berbeda dengan menggunakan sinar positif. kimia. Tokoh ilmuwan yang terkenal antara lain Joseph Black (1728. ilmu matematika.1716). Hingga kemudian pada tahun 1916 dia kembali melahirkan naskah kedua tentang Teori Relativitas yang kemudian menjadi landasan utama pada konsep ruang dan waktu (Donald. perhitungan Kalkulus dan Optika (Stathis Psillos. namun karya itu diacuhkan oleh kebanyakan para ilmuwan pada masa itu. e.1799) yang menemukan gas CO2 dan Joseph Prestley yang menemukan gas O2. Alexander 13 . Ia menjadi seorang perintis ilmu fisika nuklir.Yang memegang peranan penting dalam ilmu modern adalah Isaac Newton (1643. 2006). Thompson mengungkapkan bahwa gas mampu mengantarkan listrik. Teorinya yang paling menggemparkan adalah “Nenenk moyang manusia adalah kera”. dan astronomi semakin terus berkembang. Pada zaman modern ini terjadi revolusi Inggris. begitu pula dengan John Dalton.karya besar Newton antara lain Teori Gravitasi. Selanjutnya ada J. Albert Einstein pada tahun 1905 mempublikasikan karyanya tentang Teori Relativitas. Zaman Kontemporer Zaman kontemporer merupakan zaman yang sangat kental dengan inovasiinovasi teknologi diberbagai bidang. Pada masa sesudah Newton. 2007). Sedangkan Leibniz dengan kalkulus atau yang disebut juga diferensial/integral.L Proust yang melakukan penelitian mengenai atom.

14 . Jerry Hall berhasil mengkloning embrio manusia dengan teknik pembelahan. Dan pada tahun 1977. IBM Mark 7 ini adalah nenek moyang dari komputer.Graham Bell yang berperan dalam memajukan teknologi komunikasi mengenalkan telepon pertama kali pada tahun 1877. Teknologi yang dilakukan pertama kali oleh Dr. Hal inilah yang kemudian memicu munculnya rekayasa genetika yang dimulai tahun 1990. Linus Pauling (1953) mengarang sebuah buku yang berjudul The Nature of Chemical Bond menggunakan prinsip-prinsip mekanika kuantum. Pada tahun ini juga James D. Gurdon berhasil memanipulasi telur katak menjadi kecebong yang identik. Kemudian. Pada bidang teknologi informasi ada insinyur Howard Aiken yang merancang IBM Mark 7 pada tahun 1937. Dan pada tahun 1997 Dr.Watson. karya Pauling yang paling tinggi dalam pemodelan fisik DNA sebagai “rahasia kehidupan”. Steve Jobs dan Steve Wozniak memperkenalkan Apple II yang merupakan komputer pribadi pertama (Amsal Bakhtiar. Dr. Perkembangan ilmu pengetahuan pada Zaman Yunani dikenal sebagai masa kelahiran pemikiran kritis refleksi manusia. dan saling melandasi satu sama lain. Komputer elektronik yang pertama dirancang oleh Eckert dan Mauchly pada tahun 1951. dan Rosalind Franklin menjelaskan struktur DNA. Ian Wilmut berhasil melakukan kloning mamalia pertama berupa domba yang diberi nama Dolly. Melainkan merata pada wilayah-wilayah yang dihuni manusia. Perkembangan ilmu dari satu zaman ke zaman lain memiliki kaitan yang sangat kuat. Keterkaitan Antar Periode Perkembangan Ilmu Perkembangan ilmu pengetahuan tidak terpusat hanya pada suatu wilayah tertentu saja. Gurdon pada tahun 1961. hanya saja hasil kloningan tersebut rusak. Pada tahun 1993 Dr. Sementara ditahun 2000 Prof. Selain itu perkembangan dalam ilmu rekayasa genetika berupa teknologi kloning. bahan genetik untuk mengungkap kehidupan dalam segala bentuknya. Francis Crick. 2012). 5. Gerald Schatten berhasil membuat kera kloning.

Penemuan.Mereka tidak hanya sekedar percaya pada mitos. merupakan suatu rangkaian panjang yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. dan perkembangan IPTEK di barat. 2012).buku Islam yang diterjemahkan dalam bahasa latin (Amsal. 2012). Perlu waktu 15 . Banyak sekali buku. Misal saja karya Ibn Sina yang menjadi acuan dunia kedokteran dunia barat. Kemajuan Islam dalam perkembangan ilmu pengetahuan juga tidak lepas dari Zaman Yunani Kuno. Yang kemudian pengetahuan dari Yunani tersebut yang kemudian melandasi pemikiran tokohtokoh ilmuwan muslim. Ketika masa kejayaan Islam. Pelajaran Yang Dapat Ditarik Dari Perkembangan Ilmu Perkembangan ilmu dari zaman purba hingga zaman modern. Proses penerjemahan inilah yang kemudian membawa ilmu pada masa kejayaan Islam dijadikan acuan bagi perkembangan ilmu di dunia barat.penemuan penting pada zaman Renaissance merupakan dasar kuat berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan pada zaman Modern. tapi berusaha mencari kebenaran yang logis. Perkembangan ilmu pengetahuan pada Zaman Pertengahan yang dimulai dengan kejatuhan Kekaisaran Romawi Barat hingga timbulnya Renaissance di Eropa.buku karya Aristoteles dan Plato yang diterjemahkan kedalam bahasa Arab. Zaman Renaissance merupakan zaman peralihan ketika kebudayaan abad tengah mulai berubah menjadi suatu kebudayaan modern. bahkan sebelum adanya Islam. Kekhilafahan Islam merupakan dasar perkembangan tradisi pemikiran ilmiah. Banyak buku. Kemudian perkembangan ilmu pengetahuan pada Zaman Modern ditandai dengan percepatan kemajuan ilmu pengetahuan di Eropa. banyak buku. 6.buku ilmuwan muslim yang diterjemahkan dalam bahasa latin (Amsal Bakhtiar. Bakhtiar. Pada Zaman Kontemporer perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan perkembangan disiplin ilmu dari masing-masing ilmu yang menghasilkan berbagai macam penemuan yang silih berganti dan makin sering.

Satu ilmu pengetahuan akan mendasari ilmu pengetahuan yang lain. Adapun sejarah atau periodisasi perkembangan ilmu dari masa ke masa. Zaman Yunani Kuno c. Pada zaman 16 . Zaman Kontemporer Tiap periode perkembangan ilmu memiliki karakter masing. Zaman Renaissance e.yang lama dan proses yang rumit untuk memunculkan suatu teori. 7. proses perkembangan ilmu ini setidaknya mengajarkan kita untuk menjadi pribadi pembelajar seumur hidup. dan berhitung. Ilmu mengalami tahap dekonstruksi maupun rekonstruksi hingga akhirnya menjadi ilmu pengetahuan yang matang. secara umum terbagi menjadi dua fase yaitu: Zaman Pra sejarah dan zaman sejarah b. Zaman Purba Pada era ini. Selain itu. Pada zaman Yunani Kuno manusia mulai mengalihkan pola pikir mitosentris (pola pikir yang mengandalkan mitos) menjadi logosentris. Pelajaran yang dapat diambil dari perkembangan ilmu adalah agar kita dapat lebih memahami bagaimana karakteristik perkembangan ilmu sesuai dengan periodenya dan masalah.masalah yang dapat mengganggu perkembangan ilmu. mengamati dan melakukan percobaan trial dan eror. Zaman modern f.masing pada zaman purba kegiatan manusia dari hanya melihat. dan bangsa Eropa yang menerima pengetahuan dari bangsa Arab. berkembang menjadi menulis. dimulai dari zaman purba sampai zaman kontemporer yaitu: a. Persebaran ilmu pun tak hanya berada diwilayah tersebut. misalkan bangsa Arab yang menerima ilmu dari bangsa Yunani. membaca. Penutup Perkembangan ilmu pengetahuan terjadi secara periodik. akan tetapi mencakup semua wilayah. karena sifat ilmu yang selalu berkembang. Zaman Pertengahan d.

British: Edinburgh University Press. Universitas Negeri Malang Groff.Donald. Muhammad Ibnu Zakaria Al. Edison. Bakhtiar.Pertengahan aktivitas keilmuan harus mendukung atau berdasar agama. R Jerome. Oliver. 1988. Filsafat Ilmu:Sejarah dan Ruang Lingkup Bahasan . Filsafat Ilmu.Farabi. Pada zaman Ranaissance. Sementara pada zaman Pertengahan ada Ibn Sina. Masing. Plato. Karena itulah kenapa kita dituntut untuk menjadi seorang lifelong learner. Filsafat Ilmu. British: Edinburgh University Press Ravertz. Socrates. 2009. yang kemudian mendukung munculnya zaman kontemporer yang ditandai dengan adanya teknologi canggih dan spesialisasi ilmu yang semakin mendalam. S Pieter dan Leaman. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu. Psillos. ilmuwan memiliki kebebasan pemikiran. 17 .masing zaman perkembangan ilmu terkait satu sama lain. Pada zaman Ranaissance ada Copernicus. 2007. dan saling melengkapi satu sama lain.Razi dan Al. Alexander Graham Bell. Biografi dan Pemikiran. USA: Thomson Gale Corporation Conny R. 2012. Dan zaman modern muncul ditandai dengan penemuan-penemuan dalam bidang ilmiah. Zaman Modern ada Isaac Newton dan Leibniz. Philosophy of Science A-Z. 2007. Daftar Pustaka Amsal. 2013. Remadja Karya. Stathis. hingga menjadi suatu ilmu pengetahuan yang baru dengan proses yang panjang. Jakarta: Pustaka Pelajar Stefanus Supriyanto. 2011. 2006. Galileo dan Keppler. Pada zaman kontemporer tokoh terkenal diantaranya adalah Sir Albert Einstein. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Borchert . Encyclopedia of Philosophy volume 1-10. dkk. Islamic Philosophy A-Z. Bandung: CV. Tokoh terkenal pada zaman Yunani Kuno adalah Socrates.M. dan Aristoteles. Semiawan.

18 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->