peningkatan minat belajar dan hasil belajar melalui penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada

mapel chasis dan sistem pemindah tenaga di SMK Lancar Jaya

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah B. Rumusan Masalah C. Pemecahan Masalah D. Tujuan Penelitian E. Manfaat Penelitian

Minat dapat diartikan kecenderungan untuk dapat tertarik atau terdorong untuk memperhatikan seseorang sesuatu barang atau kegiatan dalam bidang-bidang tertentu (Lockmono. 2004 : 22). Siswa yang berminat terhadap biologi akan mempelajari biologi dengan sungguh-sungguh seperti rajin belajar. Menurut Gie (1998). (2). begitu juga minat. Siswa akan mudah menghafal pelajaran yang menarik minatnya. Motivasi muncul karena adanya kebutuhan. 2004 : 22). Dengan demikian. 1994).BAB II KAJIAN PUSTAKA A. sehingga tepatlah bila minat merupakan alat motivasi. Minat Belajar Pengertian Minat Belajar Siswa Menurut Para Ahli . pengajaran atau pengalaman (Hardjana. yang dirasa atau tidak dirasakan atau keinginan hal tertentu. . Kajian Teoritis 1. Sikap dan citacita (Sudjana. tertarik. Minat besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar. Sedangkan menurut Horwart Kingsley dalam bukunya Sudjana membagi tiga macam hasil belajar mengajar : (1). 1994). (3). Minat dapat menjadi sebab sesuatu kegiatan dan sebagai hasil dari keikutsertaan dalam suatu kegiatan. minat merupakan kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu yang timbul karena kebutuhan. dan bahkan dapat menemukan kesulitan–kesulitan dalam belajar menyelesaikan soal-soal latihan dan praktikum karena adanya daya tarik yang diperoleh dengan mempelajari biologi. atau terlihat sepenuhnya dengan sesuatu kegiatan karena menyadari pentingnya kegiatan itu. merasa senang mengikuti penyajian pelajaran biologi. Karena itu minat belajar adalah kecenderungan hati untuk belajar untuk mendapatkan informasi. Proses belajar akan berjalan lancar bila disertai minat. Hasil Belajar Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya (Sudjana. guru perlu membangkitkan minat siswa agar pelajaran yang diberikan mudah siswa mengerti (Hasnawiyah. Oleh karena itu. minat belajar adalah keterlibatan sepenuhnya seorang siswa dengan segenap kegiatan pikiran secara penuh perhatian untuk memperoleh pengetahuan dan mencapai pemahaman tentang pengetahuan ilmiah yang dituntutnya di sekolah. 2. pengetahuan.Menurut Hardjana (1994). minat berarti sibuk. Minat berhubungan erat dengan motivasi. Pengetahuan dan pengarahan. 1994). kecakapan melalui usaha. Keterampilan dan kebiasaan.

3. Hipotesis Tindakan aaa a . Contextual Teaching and Learning Menurut Nurhadi dalam Sugiyanto (2007) CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah konsep belajar yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa.Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah kemampuan keterampilan. B. Menurut Jonhson dalam Sugiyanto (2007) CTL adalah sebuah proses pendidikan yang bertujuan untuk menolong para siswa melihat siswa melihat makna didalam materi akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subyek-subyek akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka. Hasil Penelitian yang Relevan Peningkatan Hasil Belajar Penerapan Metode Pembelajara n CTL Peningkatan C. sikap dan keterampilan yang diperoleh siswa setelah ia menerima perlakuan yang diberikan oleh guru sehingga dapat mengkonstruksikan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari. Kerangka Berpikir Minat Belajar D. Jadi pengertian CTL dari pendapat para tokoh-tokoh diatas dapat kita simpulkan bahwa CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadwal Penelitian .BAB III METODE PENELITIAN A. Subjek Penelitian C. Lokasi dan Waktu Penelitian B. Prosedur Penelitian D.

Hasil Penelitian B. Pembahasan .BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A.

Jakarta: Rineka Cipta. S. (2010). . 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.BAB V DAFTAR PUSTAKA Arikunto. Slameto. II. Cet. Jakarta: Rineka Cipta.

Yogyakarta: Liberti. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta. . 1989. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG): Modelmodel Pembelajaran Inovatif. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sugiyanto. Cara Belajar yang Efisien. 1995.Gie. Sudjana. Nana. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset. 2007.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful