NAMA NPM P.

Studi

: ANDI ANUGRAH PEKERTI : 12560082 : TEKNIK INFROMATIKA

TUGAS BAHAN DISKUSI 1. Pendidikan Pancasila a) Jelaskan tujuan pendidikan pancasila ! b) Pendidikan Pancasila akan membuahkan sikap mental, inteligen dan penuh rasa tanggung jawab bagi peserta didik. Jelaskan! Jawaban: a) Pendidikan Pancasila sebagai salah satu komponen mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK) memegang peranan penting dalam membentuk kepribadian mahasiswa, diharapkan mahasiswa tidak hanya berkembang daya intelektualnya namun juga sikap dan prilakunya. Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi secara khusus bertujuan sebagai berikut :  Dapat memahami, menghayati, dan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sebagai warga negara.  Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai masalah dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang hendak diatasi.  Memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma Pancasila. b) Pendidikan Pancasila akan membuahkan sikap mental bersifat cerdas, penuh tanggung jawab, dalam memecahkan berbagai permasalahan hidup bermasyarakat dari peserta didik dengan prilaku yang :    

Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berperikamanusiaan yang adil dan beradap. Mendukung persatuan bangsa. Mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan golongan.  Mendukung upaya mewujudkan keadilan sosial.

2.

Kerjaan Majapahit a) Kerjaan menjalankan politik perdamaian dalam hidup keagamaan. Jelaskan ! b) Empu Tantular Menulis buku berjudul “SATUSOMA”, yang di sebut dengan istilah Bhineka Tunggal Ika Tan hana Dharma Mangruwa.Jelaskan artinya !

Jelaskan Keterkaitan (Hubungan) antara Hari kebangkitan Nasional. 2. b) “Bhineka Tunggal Ika Tan hana Dharma Mangruwa” Artinya Berbeda-beda tetapi satu jua adanya dan pada hakikatnya tak ada perbedaan tujuan pada tiap-tiap agama Artinya. 3. peri kebangsaan peri ke Tuhanan kesejahteraan rakya peri kemanusiaan peri kerakyatan Pada tanggal 31 Mei 1945. agama. 4.Jawaban: a) Politik perdamaian dalam kehidupan beragama merupakan hidup damai dan berdampingan satu sama lain. 5. Jelaskan hasil sidang ! Jawaban: a) Pada tanggal 29 Mei 1945. 4. 2. 3. persatu mufakat dan demokrasi keadilan sosial kekeluargaan musyawarah Pada tanggal 1 Juni 1945. Dr. Walau pun kita berbeda-beda tetapi satu jua adanya dan pada hakikatnya tak ada perbedaan tujuan pada tiap-tiap agama. Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda. Mr. Proklamasi Kemerdekaan dan UUD 1945 ! Jawaban:  Hubungan Hari Kebangkitan Nasional. walapun bangsa Indonesia mempunyai latar belakang yang berbeda baik dari suku. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya mengemukakan lima asas yaitu: 1. Sejarah dan makna ke tiganya tidak berdiri sendri tetapi mempunyai hubungan yang erat dalam sejarah bangsa Indonesia. dan Proklamasi kaitannya dengan perjuangan bangsa adalah proklamasi kemerdekaan merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia bangkit bersatu sesuai dengan ikrar sumpah pemuda yang menimbulkan motivasi semangat untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Soekarno mengusulkan lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu: . 5. dan bangsa tetapi adalah bangsa Indonesia) 3. Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Prof. 4. a) Sidang pertama tanggal 29 Mei s/d 1 Juni 1945. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu 1. Mr. Jelaskan hasil sidang ! b) Sidang kedua tanggal 10 Juli s/d 16 Juli 1945.

Maramis Mr. wilayah negara. ekonomi dan keuangan. Papua. kebangsaan Indonesia internasionalisme dan peri kemanusiaan mufakat atau demokrasi kesejahteraan sosial Ketuhanan yang Maha Esa b) Rapat kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk negara. Dengan pemungutan suara.1. 2. 5. Dr.A. Achmad Soebardjo Mr. pendidikan dan pengajaran. A. Singgih H. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu:    Pernyataan Indonesia Merdeka Pembukaan UUD Batang Tubuh UUD 5.P. kewarganegaraan. Soekarno tanggal 1 Juni 1945 a) Apa nama Dasar Negara Tersebut ? Bandingkan dengan usulan Moch. 5. dan pulau-pulau sekitarnya. ditambah dengan Malaya. 6. 7. Soekiman Pada tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. Mr. R. Soekarno. 3. Soekarno. Timor-Portugis. Borneo Utara. rancangan Undang-Undang Dasar. 2. rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Wongsonegoro Mr. Panitia Pembelaan Tanah Air dengan ketua Abikoesno Tjokrosoejoso dan Panitia Ekonomi dan Keuangan diketuai Mohamad Hatta. 3. Pada tanggal 14 Juli 1945. Dalam rapat ini dibentuk Panitia Perancang Undang-Undang Dasar beranggotakan 19 orang dengan ketua Ir. akhirnya ditentukan wilayah Indonesia merdeka yakni wilayah Hindia Belanda dahulu. 4. Soepomo (ketua merangkap anggota) Mr. pembelaan negara. Usulan Dasar Negara dari Ir. Yamin dan Mr. Prof. Pada tanggal 11 Juli 1945 Panitia Perancang UUD membentuk lagi panitia kecil beranggotakan 7 orang yaitu: 1. Agus Salim Dr. Soepomo ! b) Apakah yang disebut Trisila dan Apa itu Ekasila ? Jelaskan ! . 4.

peri keTuhanan. Kesejahteraan. a) Kapan hari lahir Pancasila ? Jelaskan ! b) Kapan Piagam Jakarta di tetapkan ? Jelaskan ! c) Jelaskan hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 tersebut ! Jawaban: a) Pancasila oleh Soekarno yang dikemukakan pada tanggal 1 Juni 1945 dalam pidato spontannya yang kemudian dikenal dengan judul "Lahirnya Pancasila". musyawarah. 6. dasar perwakilan. dasar permusyawaratan. Dr. Ketuhanan yang Maha Esa.Jawaban: a) Soekarno mengusulkan lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu:kebangsaan Indonesia. sedangkan dari Trisila yang peras dari pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa (Monotheisme). kekeluargaan. peri kerakyatan. mufakat dan demokrasi. Soekarno mengemukakan dasar-dasar sebagai berikut: Kebangsaan. Mengesahkan dan menetapkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia yang telah dipersiapkan oleh BPUPKI. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu : persatuan. keadilan sosial. kesejahteraan sosial. dan Sosio-Demokrasi. kesejahteraan rakyat. Sosio-Nasionalisme. internasionalisme dan peri kemanusiaan. Sedangkan Prof. yang kemudian dikenal dengan Undang-Undang Dasar 1945. Ketuhanan. Internasionalisme. Mr. b) Intisari Pancasila (Eka Sila) Menurut Bung Karno adalah gotong royong atau kekeluargaan. dasar kemanusiaan yang adil dan beradab 3. Sedangkan dalam pidato singkatnya mengemukakan Mr. panitia sembilan berhasil merumuskan maksud dan tujuan negara indonesia. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawatan perwakilan 5. Mufakat. b) Tanggal 22 Juni 1945. ketuhanan. peri kemanusiaan. Pada tanggal 18 Agustus 1945 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mengadakan sidang. . mufakat atau demokrasi. keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia c) Hasil – Hasil Sidang PPKI 18 Agustus 1945 1. dengan syarat kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluknya 2. Muhammad Yamin lima asas yaitu: peri kebangsaan. Nama Pancasila itu diucapkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni itu. yang hasil dikenal dengan nama : jakarta charter/ piagam jakarta yang isinya antara lain cikal bakal pancasila 1. persatuan indonesia 4.

9. Sila-sila Pancasila terdapat hubungan hierarchis pyramidal. 3. Pada saat ini 72% Warganegara Indonesia beragama islam. budha. Pemilihan presiden dan wakil presiden dilakukan secara aklamasi atas usul dari Otto Iskandardinata. Jelaskan ! . bagaimna pendapat saudara ? Jelaskan ! Jawaban: Menurut seandainya Piagam Jakarta itu dijadikan landasan (Menggantikan pancasila) maka syariat islam tidak akan prnah tegak di indonesia. 8. Pancasila sudah diatur sedemikian rupa sehingga membentuk suatu susunan yang teratur dan tidak bisa dibolak balik. Pancasila terdiri dari Lima Sila yang tersusun menyatu dan merupakan suatu sistem. Membentuk sebuah Komite Nasional untuk membantu presiden selama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) belum terbentuk. 7. 10. Memilih Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Jelaskan ! Jawaban: Berarti bahwa kelima sila pancasila itu menunjukkan suatu rangkaian urutan-urutan yang bertingkat-tingkat. saling menolong demi dan kedamaian bersama keselamatan. Artinya. Jelaskan ! Jawaban: Pancasila sebagai suatu sistem yang dimana sila-silanya mencakup seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. sila pertama lebih luas makanya sehinga menjiwai sila-sila dibawahnya.2. dimana tiap-tiap sila mempunyai tempatnya sendiri di dalam rangkaian susunan kesatuan itu sehingga tidak dapat dipindahkan. konghucu tidak wajib ikut melaksanakan. Seandainya banyak usulan dari banyak kelompok masyarakat supaya Piagam Jakarta di tetapkan sebagai dasar negara menggantikan Pancasila. kenapa? Karena poin 1 Piagam Jakarta hanya mewajibkan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya sedangkan yg kristen. Mohammad Hatta sebagai wakil presiden. Diantaranya pancasila sebagai dasar Negara mempunyai fungsi sepagai pedoman di dalam berbangsa dan bernegara juga sebagai moral bangsa Indonesia dalam membentuk suatu Negara. Sila-sila pancasila merupakan susunan bertingkat. hindu. saya meyakini bahwa islam mengajarkan untuk tidak saling memusuhi kaum lain. gimana tuh? Sedangkan saya sebagai seorang muslim. Dalam sila pancasila memiliki suatu makna yang beruntun.

Pancasila sebagai Dasar Negara a) Jelaskan pengertian tersebut ! b) Apa keterkaitannya dengan ketetapan MPRS No. yaitu silasila yang di depan sila lainnya mendasari. Tiap-tiap sila mengandung empat sila lainnya. sanksi moral. 13. Untuk kelengkapan hubungan kesatuan keseluruhan dari sila-sila pancasila dipersatukan dengan rumus hierarkis. Hal ini tentang tertuang dalam ketetapan MPRS No. 11. III/MPR/2000 merupakan "sumber hukum dasar nasional". meliputi dan menjiwai sila-sila belakangnya. artinya Pancasila dijadikan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara. Sila-sila tersebut saling mengisi dan mengkualifikasikan.Jawaban: Hubungan kesatuan Pancasila yang bersifat sistematis hierarchis pyramidal. Atau sila-sila belakana sila lain didasari. Pancasila sebagai Pandangan Hidup a) Jelaskan artinya ! b) Apakah ada keterkaitannya dengan sanksi hukum. III/MPR/2000 ? Jelaskan ! Jawaban: a) Pancasila sebagai dasar Negara RI atau disebut juga dengan Dasar Falsafah Negara atau ideologi Negara. c) Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila menurut Ketetapan MPR No. XX/MPRS/1966 ? Jelaskan ! c) Apa keterkaitannya dengan ketetapan MPR No. XX/MPRS/1966. Sila-sila Pancasila merupakan suatu kesatuan. diliputi dan dijiwai sila-sila depannya. b) Pancasila dasar negara sesuai dengan pembukaan UUD 1945 dan yang pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum. dan sosial ? Jelaskan ! . berarti menunjukkan bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar dalam mengatur pemerintahan Negara dan penyelenggaraan Negara. Jelaskan ! Jawaban: Sila-sila pancasila sebagai satu kesatuan dapat dirumuskan dalam hubungannya saling mengisi atau mengkualifikasi dalam rangka hubungan hierarkis pyramidal. 12.

Pancasila sebagai Ideologi Nasional. Jadi Siapa saja yang melanggar Pancasila. dengan perkataan lain pengamalan dan pelaksanaan Pancasila sebagai dasar negara disertai sanksi-sanksi hukum. Jelaskan ! Jawaban: Pancasila sebagai Ideologi Nasional adalah Pancasila memiliki nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi pancasila menjadi cita-cita normative bagi penyelenggaraan bernegara. Pancasila sebagai Dasar negara secara hukum tidak dapat di rubah. moral. yang ber-Persatuan. Bangsa Indonesia bertekad bahwa Pancasila sebagai dasar negara tidak dapat dirubah oleh siapa pun. Pancasila sebagai Ideologi Terbuka. namun dalam praktek sehari-hari pancasila dapat mengikuti perkembangan zaman tanpa harus mengubah kandungannya. yang ber-Kerakyatan dan yang ber-Keadilan.Jawaban: a) Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan sarana ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia dan memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin dalam masyarakat kita yang beraneka ragam sifatnya. 16. Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional. sanksi merupakan suatu tindakan yang diberikan kepada seseorang secara perorangan atau pun kelompok/organisasi. Jika merubah dasar negara Pancasila sama dengan membubarkan negara hasil proklamasi. 15. b) Sanksi yang Ada Dalam Pancasila . maupun sosial 14. Visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia adalah terwujudnya kehidupan yang berke-Tuhanan. maka harus ditindak menurut hukum yang berlaku. Jelaskan pengertian paradigma ! . Jelaskan ! Jawaban: Pancasila sebagai Ideologi Terbuka adalah Pancasila memiliki nilai-nilai yang bersifat tetap dan tidak dapat berubah. yang ber-Kemanusiaan. Mengapa ? Jelaskan ! Jawaban: Karena pancasila adalah dasar (fundamental) negara yang dijadikan sumber konstitusi yang ada di indonesia. 17.

yaitu Dimensi Teologi.Jawaban: Paradigma adalah pandangan mendasar dari para ilmuwan tentang apa yang menjadi pokok persoalan suatu cabang ilmu pengetahuan. 19. Dimensi Etis. Jelaskan ! b) Berdasarkan makna (arti/penjelasan) tiga dimensi tersebut. Dr. perlu di ciptakan struktur proses dalam bidang kehidupan. tetapi dalam konteks strukturnya. Pada tanggal 31 Mei 1945 Prof. Oleh karena itu manusia harus dilihat dalam keseluruhan sisitem yang meliputi masyarakat. antara lain sebagai berikut :  Perlunya dinamisasi kehidupan masyarakat agar tumbuh mekanisme social yang mampu  Perlu terjadinya fungsionalisasi lembaga-lembaga pemerintah dan lembaga masyarakat. Dimensi Integral-Integratif yaitu dimensi yang menempatkan manusia tidak secara individualis . Dengan demikian. dan lingkungannya. bagaimana seharusnya dalam menjawab dan aturan-aturan yang bagaimana yang harus dijalankan dalam mengetahui persoalan tersebut. Dimensi etis yaitu dimensi yang menunjukkan bahwa dalam Pancasila manusia dan martabat manusia mempunyai kedudukan yang sentral . apa yang harus dijawab. b) Pancasila perlu dijabarkan fungsinya untuk menciptakan struktur proses dalam bidang kehidupan.  Dilaksanakan institusionalisasi nilai-nilai yang membuat seluruh mekanisme masyarakat berjalan dengan wajar dan sehat. paradigma sebagai alat bantu para illmuwan dalam merumuskan apa yang harus dipelajari. 18. hidup bukan ditentukan oleh nasib tetapi bergantung pada rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan usaha manusia. yaitu seluruh proses pembangunan diarahkan untuk mengangkat derajat manusia. dan Dimensi Integral-Integratif. . Soepomo menjelaskan tiga macam ideologi (asas). a) Ada tiga demensi yang perlu di perhatikan.  Demokratisasi masyarakat yang mampu membentuk warga Negara menjadi dewasa dan mampu bertindak berdasarkan keputusan pribadi dan tanggung jawab pribadi. Mr. Jelaskan ! Jawaban: a) Dimensi teologis yaitu dimensi yang menunjukkan bahwa pembangunan mempunyai tujuan yaitu mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan 1945 . Dalam penjabaran Nilai dasar pancasila. dunia.

 Nilai Instrumental merupakan eksploitasi penjabaran lebih lanjut dari nilai-nilai dasar Ideologi Pancasila. nilai Kemanusiaan. yaitu nilai Ketuhanan. penduduk. Pelaksanaan/pengamalan Pancasila di bedakan dalam dua bentuk. individu. tetapi menjamin kepentingan masyarakat seluruhya sebagai satu kesatuan yang integral. dan nilai Keadilan. departemen-departemen sebagai lembaga pelaksanaan dan lain sebagainya. Nilai Instrumental. pelaksanaan objektif dan pelaksanaan subjektif. penguasa negara ataupun pemimpin rakyat maupun orang Indonesia. Jelaskan ! Jawaban:  Nilai dasar merupakan esensi dari sila-sila yang bersifat universal. undang-undang. baik di bidang legislatif. Misalnya Garis-Garis Besar Haluan Negara yang lima tahun senantiasa disesuaikan dengan perkembangan zaman serta aspirasi masyarakat. sehingga dalam nilai dasar ini terkandung cita-cita. tujuan serta nilai-nilai yang baik dan benar. maupun yudikatif.eksekutif.  Nilai Praksis merupakan nilai yang dilaksanakan dalam kenyataan hidup sehari-hari yang menandakan apakah nilai dasar atau instrumental masih hidup di tengah . nilai Kerakyatan. nilai Persatuan. baik warga negara (masyarakat). 21.  Pelaksanaan Pancasila secara subjektif adalah pelaksanaan Pancasila dalam bentuk pribadi perseorangan. Bukan pula untuk kepentingan golongan tertentu. Nilai Praksis dan Nilai Operasional. 20. Dalam pembahasan Pancasila di kenal dengan Nilai dasar. Nilai dasar tersebut tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Jelaskan ! Jawaban:  Pelaksanaan pancasila secara obyektif adalah pelaksanaan pancasila dalam bentuk realisasi dalam setiap penyelengaraan negara.a) Sebutkan tiga ideologi tersebut ! b) Apakah yang di maksud dengan asas integralistik ? Jelaskan ! Jawaban: a) 1) asas individualis (Teori negara perseorangan) 2) asas class theory (Teori negara kelas/teori golongan) 3) asas integralistik (Teori negara integralistik) b) Asas Integralistik berarti negara tidak untuk menjamin kepentingan individu.

sehingga tidak memberikan pilihan lain pada konsumen untuk tidak mengikuti keinginan sang monopoli. Dalam ekonomi pancasila di larang 3 hal ! a) Free Light Liberalism b) Etatisme c) Monopoli yang merugikan Jelaskan ke 3 hal tersebut ! Jawaban: a) Free Light Liberalism adalah sistem kebebasan usaha yang tidak terkendali. dan dapat mengakibatkan semakin besarnya jurang pemisah antara yang kaya dengan yang miskin. b) Etatisme adalah suatu paham dalam pemikiran politik yang menjadikan negara sebagai pusat segala kekuasaan. 3) Pokok pikiran ketiga : Negara yang berkedaulatan rakyat berdasar atas kerakyatan dan permusyawaratan atau perwakilan. Keikutsertaan pemerintah yang terlalu dominan juga dapat mematikan motivasi dan kreasi dari masyarakat untuk dapat berkembang dan bersaing sehat. Contoh nilai praksis seperti saling menghormati. c) Monopoli adalah suatu bentuk pemusatan ekonomi pada satu kelompok tertentu. sistem ini dianggap tidak cocok dengan kebudayaan Indonesia dan berlawanan dengan semangat gotong-royong yang tercantum dalam UUD 1945 Pasal 33. . kerja sama. kerukunan. Pembukaan UUD 1945 mengandung 4 pokok pikiran. Jelaskan ! Jawaban: 1) Pokok pikiran pertama : Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan dengan mewujudkan keadilan social bagi badi seluruh rakyat Indonesia. Nilai-nilai operasional merupakan landasan yang kokoh dan daya dorong mental spiritual yang kuat dalam setiap tahap perjuangan bangsa. yang dikontrol secara ketat dengan menggunakan instrumen kekuasaan.masyarakat.  Nilai operasional merupakan nilai-nilai yang lahir dan berkembang dalam perjuangan bangsa Indonesia. bergotong royong. Negara adalah sumbu yang menggerakkan seluruh elemen politik dalam suatu jalinan rasional. 2) Pokok pikiran kedua : Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat. dan lain sebagainya. menghargai. 22. berbangsa dan bernegara. toleransi. 23.

Pokok kaidah negara yang fundamental tersebut menurut ilmu hukum mempunyai hakikat dan kedudukan hukum yang tetap terletak pada kalangan tertinggi maka secara hukum tidak dapat diubah. Jawaban: a) Hubungan Proklamasi dengan UUD 1945 antara Proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan UUD 1945 terdapat hubungan yang erat yaitu sebagai berikut :  Pernyataan kemerdekaan yang tertuang dalam teks proklamasi ditegaskan kembali dalam alinea ketiga Pembukaan UUD 1945  Pengesahan UUD 1945 dan pengangkatan Presiden dan wakil presiden oleh PPKI pada tanagal 18 Agustus 1945 merupakan tindak lanjut dari proklamasi khususnya alinea kedua  Pada hakekatnya Pembukaan UUD 1945 merupakan pernyataan kemerdekaan yang lebih terperinci. . Ini berarti pasal-pasal yang terdapat dalam UUD merupakan penjabaran dari keempat pokok pikiran dalam pembukaan UUD’45 tersebut. b) Pembukaan UUD 1945 dengan batang tubuh. Pembukaan UUD 1945 sebagai satu kesatuan dengan pasal-pasalnya. Jelaskan hubungan antara ! a) Proklamasi Kemerdekaan dengan pembukaan UUD 1945. Mengapa Pembukaan UUD 1945 tidak boleh di amandemen (di rubah) ? Jelaskan ! Jawaban: Karena. Sebab Pembukaan UUD 1945 memuat pokok-pokok pikiran yang dijabarkan lebih lanjut dalam pasal-pasal UUD 1945 b) Hubungan antara Pembukaan UUD 1945 dengan Batang tubuh UUD 1945 sebagai berikut: Pembukaan UUD 1945 mengandung empat pokok pikiran dan UUD menciptakan pokok-pokok pikiran itu dalam pasal-pasalnya. 25.4) Pokok pikiran ketiga : Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab 24. Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 Sebagai pokok kaidah negara yang fundamental sehingga Pembukaan UUD 1945 tidak bisa diubah. Dengan demikian. Dengan mengubah pembukaan UUD 1945 sama halnya dengan pembubaran negara RI.