P. 1
Nisa Latar Belakang Dan Pengertian Masyarakat

Nisa Latar Belakang Dan Pengertian Masyarakat

|Views: 3|Likes:
Published by Prihastami Agustina
pengertian masyarakat
pengertian masyarakat

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Prihastami Agustina on Jun 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2014

pdf

text

original

LATAR BELAKANG

Penduduk dunia saat ini telah mencapai lebih dari 6 miliar, dimana di antara jumlah tersebut, 80 persen tinggal di negara-negara berkembang. Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku. Di dalam penduduk terdapat orang-orang yang saling berinteraksi satu sama lain secara terus menerus atau kontinu yaitu masyarakat, Masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok atau kumpulan manusia tersebut. Dalam masyarakat terdapat interaksi satu sama lain dan adanya kerja sama antara berbagai kelompok dan penggolongan karena makhluk sosial manusia tidak dapat bertahan hidup di dalam pengasingan dan sebagai pribadipribadi sifat alami yang wajar adalah hidup dalam kelompok pergaulan dengan sesamanya. Sejak dilahirkan dan dalam perjalanan panjang yang harus melalui tahaptahap pertumbuhan manusiawinya dari balita, remaja dan seterusnya adalah dalam kebersamaan dengan sesama manusia. Bahkan setelah dewasa sebagiaan terbesar kegiatan merupakan antar tanggap-menanggapi antara seseorang terhadap yang lain. Masyarakat tidak hanya kumpulan orang-orang yang hidup bersama, tetapi mereka juga menghasilkan kebudayaan dan mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap, dan perasaan persatuan yang sama yang dibentuk dari hubungan antar anggota sehingga menampilkan suatu realitas tertentu yang mempunyai ciri-cirinya sendiri. Masyarakat dapat dikatakan suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompokkelompok yang terbagi secara ekonomi. Karena dalam masyarakat terdapat beragam manusia yang hidup dalam keluarga yang memiliki ciri-ciri dan ketentuan yang membedakan anggota keluarga satu dengan yang lainya. Sehingga banyak perbedaan yang ada dalam masyarakat yang dapat dapat menimbulkan saling tolong menolong untuk melengkapi kebutuhan antara individu satu dengan individu yang lainya. Dengan demikian makalah ini akan membahas mengenai masyarakat dan komponen-komponen yang ada dalam masyarakat.

 Masyarakat atau komunitas adalah menunjuk pada bagian masyarakat yang bertempat tinggal disuatu tempat dengan batas-batas tertentu. Horton & C. mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut (Paul B. 1957). hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama. dimana yang menjadi dasarnya adalah interaksi yang lebih besar dari anggota-anggotanya.PENGERTIAN MASYARAKAT  Masyarakat adalah sekelompok manusia yang mendiami teritoria dan adanya sifat-sifat yang saling tergantung. 1982)  Masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri. Hunt). dibandingkan dengan penduduk diluar batas wilayahnya (Soerjono Soekanto. adanya pembagian kerja-kerja dan kebudayaan bersama (Mac Laver. . tinggal di suatu wilayah tertentu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->