P. 1
Pemeliharaan Dan Perbaikan

Pemeliharaan Dan Perbaikan

|Views: 96|Likes:
Published by Apprilian Kurniawan
Kerja praktek
Kerja praktek

More info:

Published by: Apprilian Kurniawan on Jun 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2013

pdf

text

original

Laporan Kerja Praktek PT PJB Unit Pembangkitan Gresik

BAB IV PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN 4.1 Definisi Pemeliharaan Tujuan dari program pemeliharaan yang utama adalah melayani kebutuhan operasi, yaitu untuk pengoperasian pada keadaan base load dan emergency, sesuai dengan kemampuan unit. Program pemeliharaan yang baik dapat tercapai bila dapat menanggulangi kemungkinan terjadinya unit dimatikan diluar perencanaan, sehingga nantinya akan diperoleh kehandalan, kontinuitas dan kinerja unit. Tugas pokok fungsi Perencanaan dan Pengendalian Pemilaharaan (RenDalHar) adalah : a. Merencanakan, memonitor dan mengendalikan Rencana Anggaran Pemeliharaan dan Anggaran Investasi Unit Pembangkitan untuk memastikan kegiatan pemeliharaan berlangsung secara ekonomis dan mencegah penyimpangan-penyimpangan

penggunaan anggaran yang mungkin terjadi. b. Menyusun dan melaksanakan rencana kerja dan rencana anggaran tahunan pengendalian pemeliharaan untuk memperlancar kegiatan pengendalian pemeliharaan sesuai dengan sasaran kinerja perusahaan. c. Merencanaka pemeliharaan tahunan unit pembangkitan untuk mendukung program pengendalian pemeliharaan yang ditetapkan difisi manajemen pemeliharaan d. Membuat rencana anggaran pemeliharaan dan rencana anggaran investasi pemeliharaan agar biaya pemeliharaan dapat digunakan secara optimal. e. Merencanakan dan mengendalikan pemeliharaan preventif, prediktif, korektif, emergency, dan modifikasi agar tepat waktu dan sesuai sasaran perusahaan, serta mempersiapkan overhaul yang persiapannya dilakukan tahun sebelumnya. f. Merencanakan dan mengendalikan pelaksanaan pekerjaan investasi sesuai jawal yang telah ditentukan sehingga unit pembangkit memiliki kehandalan dan kesiapan yang maksimum. g. Mengupdate daftar riwayat dan realisasi pemeliharaan unit pembangkitan untuk kepentingan pembuatan laporan. h. Membuat laporan mengenai hasil inspeksi unit pembangkitan, realisasi fisik program pemeliharaan, dan realisasi pemakaian anggaran pemeliharaan dan investasi untuk bahan evaluasi bagi peningkatan kualitas pemeliharaan dan optimalisasi biaya pemeliharaan pada tahun-tahun mendatang.

PROGRAM STUDI D3 TEKNIK MESIN – ITS

1

meliputi : a. Bila kerusakan teridentifikasi oleh bagian unit produksi (kerusakan tidak terencana). Pada dasarnya ada dua jenis maintenance yang dilaksanakan di PT. merupakan keadaan darurat sehingga perlu segera diperbaiki oleh tenaga pemeliharaan. Kegiatan FLM adalah semua kegiatan korektif maintenance yang ringan sehingga dapat dilakukan sendiri oleh unit produksi dengan bekal peralatan sederhana. Melakukan analisa dan optimalisasi biaya operasi dan pemeliharaan l. Memberikan laporan mengenai kegiatan pengendalian pemeliharaan kinerja sebagai bahan evaluasi bagi manajemen untuk mendukung pengambilan keputusan. b. c. Untuk kegiatan korektif repair yang besar dengan lingkup kerja dan biaya besar akan ditangani oleh Unit Bisnis Pemeliharaan. maka kerusakan tersebut akan segera ditangani dengan jalan mengidentifikasi secara detail tentang kerusakan.1. Membuat dan menyusun laporan kegiatan pemeliharaan. First Line Maintenance FLM adalah kegiatan pemeliharaan yang dilakukan saat unit sedang beroperasi dan dilaksanakan pada satu periode shift. PJB UP Gresik.1 Pemeliharaan Tak Terencana Jenis pemeliharaan yang tidak direncanakan sebelumnya yang dilakukan karena ada laporan dari operator bahwa terdapat suatu kelainan pada suatu peralatan dan sehingga diperlukan perbaikan. bila kerusakan besar dan dibutuhkan pekerajaan khusus maka akan dihubungkan dengan unit pemeliharaan dengan surat Work Order dari produksi untuk mengerjakan kerusakan tersebut. j.yaitu : 4. PROGRAM STUDI D3 TEKNIK MESIN– ITS . k. Corrective Repair Adalah suatu pemeliharaan yang dilakukan untuk mengembalikan peralatan yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Emergencyy repair Pemeliharaan ini merupakan kegagalan / kerusakan yang menyebabkan unit pembangkit tidak bias beroperasi.Laporan Kerja Praktek PT PJB Unit Pembangkitan Gresik i. Melakukan proaktif maintenance dengan focus pada peningkatan kualifikasi engineering design dan life extension.

Preventive maintenance dilakukan sendiri oleh staff pemeliharaan rutin UP berdasarkan WO (work order) maintenance yang dibuat oleh perencanaan dan pengendalian pemeliharaan mesin/listrik/control/sipil. minggu. Preventive Maintenance Merupakan pemeilaharaan rutin yang dilakukan atas dasar interval waktu (hari. Tindak lanjut terencana dari kegiatan predictive maintenance seperti perbaikan atau penggantian part dari suatu peralatan. interval operasi atau kriteria tertentu lainnya yang ditetapkan lebih dulu.2 Pemeliharaan Terencana Jenis pemeliharaan yang sudah direncanakan sebelumnya dan dilakukan secara rutin berdasarkan waktu tertentu. jam operasi atau kali operasi) yang telah ditetapkan lebih dulu atau kriteria tertentu lainnya serta dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan dari suatu item peralatan mengalami kondisi yang tidak diinginkan. bulan. melainkan termasuk kegiatan Corrective maintenance.1. Sehingga pekerjaan Predictive Maintenance dalam pelaksanaannya merupakan kegiatan monitoring secara berkala atas dasar interval waktu. Preventive maintenance dilakukan dengan WO maintenance untuk tiap peralatan (equipment) yang dipelihara. Predictive Maintenance Pemeliharaan yang dilakukan atas dasar hasil diagnosa atau kondition monitoring serta kajian failure analysis berdasarkan timbulnya suatu gejala kerusakan yang dapat diketahui secara dini.Laporan Kerja Praktek PT PJB Unit Pembangkitan Gresik 4. a. b. c. Tingkatan peralatan mengacu pada Levelisasi Equipment Register. Preventive maintenance termasuk pemeliharaan terencana jangka pendek sehingga termasuk dalam kategori pemeliharaan rutin. apalagi sampai melakukan overhaul peralatan. Corrective maintenance Suatu pemeliharaan yang dilakukan untuk mengembalikan (termasuk memperbaiki dan adjustment) peralatan yang tak bekerja atau berfungsi sebagaimana mestinya. dimana tingkatan equipment adalah sistem terkecil pada kodefikasi KKS. Corrective PROGRAM STUDI D3 TEKNIK MESIN – ITS . tidak termasuk dalam cakupan Predictive maintenance. sehingga pemeliharaan dapat dilakukan tepat sebelum terjadinya kerusakan/kegagalan. Pelaksanaan predictive maintenance dilakukan tanpa harus melakukan shut down unit pembangkit. Pelaksanaan preventive maintenance dilakukan tanpa harus melakukan shut down unit pembangkit.

tetapi secara keseluruhan Unit pembangkit tetap beroperasi. Corrective maintenance termasuk dalam kategori pemeliharaan rutin jangka pendek serta termasuk dalam kategori pemeliharaan rutin. Waktu penanganan efektif secara umum(diluar waktu tunggu material atau tunggu shutdown) tidak lebih dari 2 x 24 jam terutama untuk equipment yang bersifat vital dan essential. Tindakan perbaikan selalu diawali dengan laporan kerusakan/gangguan pada equipment. Keputusan untuk pelimpahan penanganan pekerjaan keapda UBHar ditentukan oleh fungsi Perencanaan dan Pengendalian Pemeliharaan UP bersama dengan fungsi Perencanaan dan Pengendalian Proyek Pemeliharaan UBHAR (secara tertulis). Perlakuan terhadap spare part hanya bersifat penggantian dan tidak sampai pada tindakan rekondisi atau modifikasi part.Laporan Kerja Praktek PT PJB Unit Pembangkitan Gresik maintenance dapat dilakukan saat perlatan sedang beroperasi maupun standby ataupun peralatan sedang tak beroperasi. maupun teknisi pemeliharaan dengan kualifikasi khusus. Perbaikan yang dilakukan. pada umumnya tidak memerlukan peralatan perbengkelan. Corrective maintenance adalah kegiatan pemeliharaan atau perbaikan peralatan yang tidak terjadwal serta dengan cakupan yang tidak terlalu luas dengan criteria : d. h. tidak lagi termasuk dalam cakupan pemeliharaan Corrective Maintenance yang dilakukan oleh staff pemeliharaan rutin UP. Termasuk dalam corrective maintenance ini adalah kegiatan correctice action dari kegiatan predictive maintenance. e. melainkan sudah termasuk kategori repair/rehabilitasi dilakukan oleh UBhar atas dasar Kontrak Paket sesuaidengan Oreder kerja (dengan WO maintenance) yang dibuat oleh Perencanaan dan Pengendalian Pemeliharaan Mesin/Listrik/Kontrol. material dan waktu pelaksanaanya) yang terperinci. f. Untuk corrective maintenance besar dengan tingkat kerusakan yang besar dan lingkup kerja serta biaya besar sehingga perlu penanganan khusus. g. PROGRAM STUDI D3 TEKNIK MESIN– ITS . Perbaikan ringan yang dapat berlangsung ditangani tanpa perlu perencaan daya(SDM. perbaikan yang dilakukan pada umumnya tidak sampai pada kegiatan bongkar pasang equipment. Walaupun sampai dilakukan penggantian spare part. Corrective maintenance dilakukan sendiri oleh staff pemeliharaan rutin UP berdasarkan Incident Logsheet serta WO Maintenance yang dibuat oleh produksi/operasi serta diaaprove oleh perencanaan dan pengendalian pemeliharaan mesin/listrik/control. i.

Overhaul/inspection merupakan suatu paket pekerjaan besar yang terjadwal untuk pemeriksaan yang luas dan perbaikan dari suatu sistem atau peralatan besar untuk mencapai kondisi layak. Perbedaan utama emergency maintenance dengan Corrective maintenance terletak pada tingginya dampak terhadap operasional Unit maupun keselamatan kerja dan keselamatan instalasi (safety). Dengan demikian paket-paket pemeliharaan diluar ruang lingkup standar inspeksi. walaupun pengerjaannya dilakukan bersama dengan pekerjaan inspeksi. dimasukkan dalam kategori project dan tidak termasuk jenis pemeliharaan inspection. dimasukkan dalam kategori Project dan tidak termasuk jenis pemeliharaan inspeksi. Ruang lingkup pekerjaan Overhaul/Inspection sudah distandarkan untuk tiap jenis inspeksi. Pemeliharaan jangka panjang (non rutin) meliputi. Emergency maintenance (EM) Suatu pemeliharaan yang harus segera dilakukanuntuk mencegah terjadinya kerusakan atau akibat lain yang lebih serius.Laporan Kerja Praktek PT PJB Unit Pembangkitan Gresik d. PROGRAM STUDI D3 TEKNIK MESIN – ITS . . Kasus emergency terjadi dimana unit mengalami Force Outage sehingga penanganan kerusakan atau kelainan pada emergency maintenance harus dilakukan segera pada prioritas tinggi. tetapi termasuk inspeksi peralatanperalatan lain yang termasuk paket pekerjaan walaupun ada yang tidak dilakuakn bongkar pasang untuk melakukan inspeksi tersebut. Emergency maintenance dilakukan sendiri oleh regu pemeliharaan rutin UP berdasarkan Incident Logsheet serta WO maintenance yang dibuat oleh Produksi/operasi serta disetujui oleh Perencanaan dan Pengendaliaan Pemeliharaan Mesin/Listrik/Kontrol bila cakupan Emergency maintenance berkembang lebih besar dengan lingkup kerja dan biaya besar sehingga perlu penangan khusus. Emergency maintenance termasuk pemeliharaan jangka pendek yang tidak terencana serta termasuk dalam kategori pemeliharaan rutin. melainkan dilakukan oleh UBhar atas dasar kontrak paket pekerjaan repair sesuai dengna Order kerja(WO Maintenance) yang dibuat oleh Perencanaan dan Pengendalian Pemeliharaan. dimana Corrective maintenance dilakukan saat unit pembangkit sedang beroperasi sedangkan emergency maintenance dilakukan saat Unit Force Putage dan dituntut segera beroperasi kembali.Overhaul/Inspection (OH) Suatu pemeliharaan menyeluruh semua peralatan system yang termasuk dalam satu paket inspeksi untuk mengembalikan pada kondisi semula. tidak lagi termasuk dalam cakupan pemeliharaan yang dilakukan oleh regu pemeliharaan rutin UP. Overhaul/inspection termasuk pemeliharaan jangka panjang serta termasuk dalam kategori Pemeliharaan non rutin. Dengan demikian cakupan Overhaul/Inspection tidak hanya bongkar pasang saja.

Laporan Kerja Praktek PT PJB Unit Pembangkitan Gresik . peralatan yang mengalami kerusakan harus diganti dengan yang baru atau diperlukan penggantian sebagian part utamanya. Perbedaan utama Corrective maintenance dengan Repair/rehabilitasi terletak pada sifat kerusakannya.Repair / Rehabilitasi (RP) Suatu pemeliharaan yang dilakukan atas terjadinya kerusakan peralatan sehingga berakibat kegagalan fungsi dari peralatan tersebut. dimana pada corrective maintenance kerusakan yang terjadi tidak gatal dan setelah terjadi perbaikan ringan masih memungkinkan peralatan tersebut berfungsi kembali sedangkan pada repair/rehabilitasi. PROGRAM STUDI D3 TEKNIK MESIN– ITS . Repair adalah kegiatan pemeliharaan atau perbaikan peralatan yang terjadwal serta dengan cakupan yang tidak terbatas dengan kriteria: Tindakan perbaikan tidak selalu diawali dengan laporan kerusakan/gangguan pada equipment Waktu penanganan efektif secara umum (di luar waktu tunggu material atau tunggu shut down) lebih dari 2x24 jam.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->