DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN BENGKALIS TAHUN ANGGARAN 2013

1

KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)
KERANGKA ACUAN KERJA [KAKI

PERENCANAAN PEMBANGUNAN GEDUNG BERSAMA RAKYAT
1. LATAR BELAKANG Masyarakat Kabupaten Bengkalis adalah masyarakat yang bersifat heterogen, dengan berbagai macam suku. Mayoritas penduduk adalah suku melayu disamping suku laiinya seperti suku minang, suku batak, suku jawa dan etnis tionghoa. Meskipun masyarakat kabupaten bengkalis terdiri dari berbagi suku dan etnis, masyarakat bengkalis bersatu padu dalam membangun kabupaten bengkalis dengan damai dan tentram. Untuk menjambatani masyarakat masing-masing suku dengan pemerintah, tiaptiap suku membentuk satu organisasi. Disamping itu dengan adanya organisasi masing-masing suku, budayabudaya masingmasing suku dapat di jada dan dipelihara, sehingga nilai-nilai tradisional tidak hilang. Untuk menjaga dan memelihara budaya serta siraturahmi baik antara anggota organisasi maupun antar organisasi diperlukan suatu gedung yang dapat digunakan rakyat secara bersama-sama dalam rangka menfasilitasi pertemuan masyarakat, pemerintah kabupaten bengkalis berencana membangun suatu gedung bersama rakyat yang lengkap dan representative. Dengan di bangunnya gedung bersama rakyat tersebut, diharapkan nantinya kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dapat dilaksanakan dengan aman dan nyaman. Agar pembangunan gedung bersama rakyat optimal perlu perencanaan yang detail dan akurat. 2. NAMA PEKERJAAN Sesuai dengan Dokumen Anggaran DPA SKPD Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkalis Nama Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah “Perencanaan Pembangunan Gedung Bersama Rakyat” LOKASI PEKERJAAN Sesuai dengan rencana Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Lokasi Pekerjaan Pembangunan “Perencanaan Pembangunan Gedung Bersama Rakyat” terletak di Kecamatan Bengkalis. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud dari “Perencanaan Pembangunan Gedung Bersama Rakyat” adalah sebagai petunjuk bagi konsultan perencana untuk

3.

4.

dapat menginterpretasikan tugasnya dengan baik agar menghasilkan keluaran yang ditargetkan oleh pengguna jasa. Sedangkan tujuan adalah untuk membuat suatu perencanaan gedung bersama rakyat yang sesuai syaratsyarat teknis, tertata dan akurat serta terkoordinasinya antara masjid dan pondok pesantren serta berbagai perkumpulan dan wadah dengan tampilan yang ramah dan selaras dengan lingkungan. 5. LINGKUP KEGIATAN 5. 1. Lingkup layanan Konsultan a. Mengidentifikasi permasalahan yang ada terutama masukanmasukan dari pihak Owner dan User.

Penyajian Informasi Lingkungan n Identitas Pemrakarsa dan Penyajian Informasi Lingkungan n Identifikasi Rona Lingkungan Awal n Evaluasi Dampak Lingkungan dan Penanganannya B. 5. Lingkup Pekerjaan A. lingkungan dan jenis kegiatan yang ada dalam bangunan. Survey. Pemograman Fasilitas Fisik n Program Kegiatan n Program Ruang n Program Pengelolalaan 3. Merumuskan konsep tata ruang dan penampilan bangunan secara teknis yang didukung dengan konsep struktur yang memadai. Menyusun Rencana Detail Rancang Bangunan Pada bagian ini mencakup tahapan pekerjaan yang mencakup perancangan detail desain dari gedung yang dibangun meliputi beberapa tahap pelaksanaan pekerjaan yang antara lain : 1. Menyusun Rencana Tata Bangunan Dan Lingkungan Penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan meliputi beberapa komponen studi sebagai berikut : 1. f. pengukuran dan pemetaan. penelitian mekanika tanah pada lokasi site pekerjaan. yang meliputi : n Pra rancangan arsitektur n Pra rancangan struktur n Pra rancangan mekanikal dan elektrikal . d. b. Block Plan dan Phasing Plan n Rencana Tata Aktifitas n Rencana Tata Sirkulasi n Rencana Tata Ruang n Rencana Tata Bangunan 4.2. c. Analisis Tapak dan Lingkungan n Analisa Lahan n Analisa Tata Bangunan n Analisa Ruang Terbuka n Analisa Infrastruktur 2. Melakukan kajian bentuk-bentuk arsitektur yang akan mencerminkan kebudayaan. 2. e. Penyusunan pra perancangan.KERANGKA ACUAN KERJA [KAKI DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN BENGKALIS TAHUN ANGGARAN 2013 2 Melakukan kajian tentang kondisi lokasi kegiatan. Melakukan kajian konsep tata ruang dalam bangunan dan luar bangunan. Melakukan kajian tentang program fungsi dengan mempertimbangkan prediksi jangka panjang.

n Pra rancangan sanitasi dan drainase 3. Penyusunan Detail Engineering Design. meliputi n Detail desain dan rancangan Arsitktural serta Landscape n Struktural n Mekanikal dan Elektrikal n Sanitasi dan Drainase .

Konsep perancangan adalah gren building yaitu bangunan yang memperhatikan factor kelestarian lingkungan.5 . 9. dan tidak dibenarkan melampaui tahun anggaran.000. 500. KEBUTUHAN TENAGA AHLI Tenaga Ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah : No. INTANSI PELAKSANA Instansi Pelaksana Pekerjaan ini adalah Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkalis. Memanfaatkan ruang alam c. Posisi/ Jabatan TENAGAAHLI 1.(Lima ratus juta rupiah ). 6. f. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN Waktu yang disediakan untuk pekerjaan Perencanaan ini adalah sesuai menurut Bill of Quantity (BQ). Penyusunan BOQ dan RAB bangunan 5. yaitu dengan: a.KERANGKA ACUAN KERJA [KAKI DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN BENGKALIS TAHUN ANGGARAN 2013 3 4.000. Team Leader - Kualifikasi Minimum Jumla h 1 Orang . Menggunakan bahan atau matrial yang bersifat reduce dan recyle. dan disesuaikan dengan rencana pelaksanaan pekerjaan yang akan konsultan rencanakan. Menggunakan energy seminimal mungkin b. 8. Menggunakan bahan yang bersifat ramah lingkungan e. BIAYA DAN SUMBER DANA Biaya pekerjaan yang di gunakan untuk melaksanakan pekerjaan ini bersumber dari APBD Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2013 dengan total Pagu Anggaran senilai Rp. Sistim gedung yang menghasilkan limbah yang dalam batas toleransi berdasarkan aspek lingkungan hidup. Penyusunan Dokumen Lelang/Tender. Penyusunan Rencana Kerja dan Syarat-Syarat 6. 7..Harus memilikijenjang Sarjana teknik Strata Satu (S1) pendidikan Teknik ArsitekturJurusan lulusan perguruan tinggi negeri atau yang telah Pengalaman Minimum 8 Tahun dalam Mampu memimpin dan mengkoordinir seluruhanggota tim kerja dalam pelaksana pekerjaan selama 3. Menggunakan energy yang dapat diperbaruhi d.

- Kandidat yang di usulkan diutamakan memiliki pengalaman dan pernah terlibat langsung 10 (sepuluh) kali pekerjan Memilikikeahlian di bidangnya (SKA) .

Ahli Arsitektur - 1 Orang - . Pengalaman Minimum 6 Tahun dalam pekerjaan sejenis.Kandidat diutamakan memiliki pengalaman dan pernah terlibat langsung pekerjan perencanaan sejenis pada posisi yangsama minimal - 1 Orang 3 . . Kandidat yang di usulkan diutamakan memiliki pengalaman dan pernah terlibat langsung pekerjan perencanaan sejenis pada posisi yang sama minimal 8 Harus memilikijenjang pendidikan Sarjana teknik Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Arsitektur lulusan perguruan tinggi negeri atau yang telah disamakan. - - Harus memilikijenjang pendidikan Sarjana teknik Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Sipillulusanperguruan tinggi negeri atau yang telah disamakan.KERANGKA ACUAN KERJA [KAKI DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN BENGKALIS TAHUN ANGGARAN 2013 4 pengguna jasa sebelumnya. Pengalaman Minimum 6 Tahun dalam pekerjaan sejenis. Pengalaman lain yang diharapkan adalah telah mengikuti referensi dari 2 Ahli Sipil .

Pengalaman Minimum 6 Tahun dalam pekerjaan sejenis. Mekanik a Tanah - - Harus memilikijenjang pendidikan Sarjana teknik Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Sipil/ahli mekanika tanah lulusanperguruantinggi negeri atau yang telah disamakan. Kandidat yang di usulkan diutamakan memiliki pengalaman dan pernah terlibat langsung pekerjan - 1 Orang .4 Ahli .

Kandidat yang di usulkan diutamakan memiliki pengalaman dan pernah terlibat langsung pekerjan perencanaan sejenis pada posisi yang sama minimal 8 (delapan) kali .Harus memilikijenjang pendidikan Sarjana strata Satu (S1) Jurusan teknik Elektro lulusan perguruan tinggi negeri atau yang telah disamakan.Pengalaman Minimum 6 Tahun dalam pekerjaan sejenis. Ahli Estimate Biaya TENAGAPENDU KUNG Harus memilikijenjang pendidikan Sarjana strata Satu (S1) Jurusan teknik Sipil lulusanperguruan tinggi negeri atau yang telah disamakan..KERANGKA ACUAN KERJA [KAKI DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN BENGKALIS TAHUN ANGGARAN 2013 5 pelatihan tenaga ahli konsultansi bidang ke PU –an dari LPJK. Ahli Mekanikal Elektrikal 1 Orang - - 6 . .. .Memiliki keahlian di bidangnya (SKA) - 1 Orang . Pengalaman Minimum 6 Tahun dalam pekerjaan sejenis. Kandidat yang di usulkan diutamakan memiliki pengalaman dan pernah terlibat langsung pekerjan perencanaan sejenis pada posisi yang sama minimal 8 (delapan) kali Memiliki keahlian di bidangnya (SKA) 5 .

Kandidat yang di usulkan diutamakan memilikipengalaman dan pernah terlibat langsung pekerjan - 1 Orang . Pengalaman Minimum 3 Tahun dalam pekerjaan sejenis. Ass.1 . Ahli Sipil - - Harus memilikijenjang pendidikan Sarjana teknik Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Sipillulusanperguruan tinggi negeri atau yang telah disamakan.

Kandidat diutamakan memiliki pengalamandan pernah terlibat langsung pekerjan perencanaan sejenis pada posisi yang sama minimal 5 (lima) kali Harusmemiliki jenjang pendidikan Sarjana strata Satu (S1) Jurusan teknik Elektro lulusan perguruan tinggi negeri atau yang telah disamakan. Mekanikal Elektrikal - 1 Orang - - 4 Surveyor . Ahli Arsitektur - - Harusmemiliki jenjang pendidikan Sarjana teknik Strata Satu (S1) Jurusan TeknikArsitektur lulusan perguruan tinggi negeri atau yang telah disamakan. - - - .KERANGKA ACUAN KERJA [KAKI DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN BENGKALIS TAHUN ANGGARAN 2013 6 ahli konsultansi bidang ke PU –an dari LPJK. 2 . Ass. Kandidat yang di usulkan diutamakan memiliki pengalaman dan pernah terlibat langsung pekerjan perencanaan sejenis pada posisi yang sama minimal 5 (lima) kali . Kandidat yang di usulkan diutamakan memiliki pengalaman dan pernah terlibat langsung pekerjan - 1 Orang 3 Ass. Ahli . Pengalaman Minimum 3 Tahun dalam pekerjaan sejenis. Pengalaman Minimum 3 Tahun dalam pekerjaan sejenis.Memilikikeahlian di bidangnyayang Harus memiliki jenjang pendidikan S1 Jurusan Teknik Sipildari perguruan tinggi negeri atau yang telah disamakan.. Pengalaman Minimum 3 Tahun dalam pekerjaan sejenis.

5 Drafmen / CAD . Pengalaman Minimum 5 Tahun 1 Orang . - Harus memiliki jenjang pendidikan D3 Jurusan Arsitektur/sipil dari perguruan tinggi negeri atau yang telah disamakan.

Pengalaman Minimum 3 Tahun dalam pekerjaan sejenis. dan memperhatikan kesehatan penghuninya yang semuanya berpegang kepada kaidah kesinambungan. Laporan data dan informasi lapangan. mengurangi penggunaan sumber daya alam. e. menjaga mutu dan kualitas udara di dalam ruangan. . keterangan kota dan lain-lain. hubungan ruang. d. b. Office Boy Harus memiliki jenjang pendidikan S1 atau D3 Jurusan Administrasi dari perguruan tinggi negeri atau yang telah disamakan. metode pelaksanaan. KELUARAN Laporan perencanaan dan dokumen perencanaan teknis yaitu: A. Konsep sistimatik perencanaan/gagasan termasuk program ruang.Lulusan SMA/ Sederajat dengan pengalaman pekerjaan minimum 2 tahun dan berkepribadian baik. besaran ruang. (Klasifikasi dan Jumlah Tenaga Ahli mengacu pada standar BOQ) 10. Studi literature mencakup standar-stamdar teknis yang di gunakan serta peraturan terkait dalam perencanaan gedung. data penyelidikan tanah. zoning dan seketsa gagasan. . Tahap persiapan perencanaan: a. organisasi jumlah dan kulifikasi tenaga tim perencana. Interpretasi terhadap KAK. mencakup tanggapan dan pemahaman konsultan terhadap kak. Perencanaan jugaharus berkonsep Green Building yang artinya bangunan sejak di mulai dalam tahap perencanaan. apresiasi inovasi serta program kerja perencanaan c.KERANGKA ACUAN KERJA [KAKI DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN BENGKALIS TAHUN ANGGARAN 2013 7 Memilikisertifikat keahlian sebagai drafter. minimum sertifikat pernah mengikuti pelatihan atau kursus program CAD baik program - 6. menghemat. pembangunan dan pengoprasian hingga dalam oprasional pemeliharaannya memperhatikan aspek-aspek dalam melindungi. Tenaga Administrasi/ Sekretaris - - 7. jujur 1 Orang 1 Orang Semua Tenaga Ahli melampirkan copy NPWP dan copy SPT Tahunan Terakhir.Memiliki integritas dalam .

gambar rencana tapak/site plan. . Tahap perencanaan teknis : a.Identifikasi rona lingkungan hidup awal dan interventarisasi kegiatan yang akan menimbulkan dampak lingkungan bail positif maupun negative. a. gambar pra rencana bangunan (denah. B. Gambar-gambar pra rencana mencakup : gambar situasi.

hal ini dikarenakan cahaya pada sore hari (matahari barat) lebih bersifat panas dan menyilaukan. Di samping itu juga masalah pengelolaan sampah dan limbah harus direncanakan dengan baik agar tidak mencemari lingkungan dan menghasilkan jejak karbon.KERANGKA ACUAN KERJA [KAKI DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN BENGKALIS TAHUN ANGGARAN 2013 8 tampak dan potongan) serta gambar pra rencana lanskap. lanskap. Sistim penerangan dalam bangunan menggunakan intelegent lighting system yang di kendalikan oleh main control sehingga nyala lampu dimatikan secara otomatis oleh motion sensor & lux sensor. c. Pemilihan material yang ramah lingkungan juga terkait erat dengan jejak karbon baik dari segi pembauatan material tersebut maupun asal material (terkait tranfortasi) semakin banyak energy yang di butuhkan untuk membuat suatu produk semakin besar pula emisikarbon yang dihasilkan. sanitasi dan drainase). mekanikal/elektrikal. berupa rencana tapak.Efesiensi dan konservasi energy . rencana lantai.Sumber dan siklus material . Gambar –gambar tersebut harus berpedoman pada aspek-aspek utama dalam membangun green building seperti: . . Penghematan air bersih dilakukan dengan cara water recycling sistim yaitu suatu cara pengolahan air kotor dan air bekas sehingga dapat digunakan untuk keperluan flushing toilet dan sistim penyiraman tanaman.Manajemen lingkungan bangunan. Untuk mengurangi panas kedalam gedung namun tetap memasukan cahaya dengan efesien agar menggunakan shading dan reflector. Bentuk dan orentasi bangunan agar lebih banyak area terbuka pada bagian sisi timur.Gambar rencana arsitektur. b. kusen dan detaildetailnya.Tepat guna lahan.Kualitas udara dan kenyamanan ruang . . struktur. Perkiraan/estimasi biaya secara garis besar yang di butuhkan untuk masing-masing sub sistim (arsitektur. Tahap rencana teknis pelaksanaan: Gambar-gambar pengembangan rencana yaitu: . tapak.Konservasi air . dengan demikian penghematan energy dari penerangan ruang akan mudah dilakukan. plafon. Pada kreteria tepat guna lahan agar area lanskap yang dapat menyerap karbon. potongan. denah.

arena parker. sloof.- Gambar rencana struktur. berupa gambar rencana skematik sistim mekanikal/elektrikal sesuai kebutuhan. struktur perkerasan. berupa rencana pondasi. drainase dan lain-lain. kolom.Konsep perencanaan arsitektur beserta uraian dan visulisasinya.Gambar rencana mekanikal/elektrikal. pagar keliling. balok beserta detail-detainya. Konsep Perencanaan Mencakup : . .Gambar rencana lanskap (pekerjaan luar bangunan) berupa rencana teman. . .

hidrology.Konsep perencanaan struktur beserta uraian dan perhitungannya.Gambar Arsitektur (A0 dan A3) . Laporan Pendahuluan berisikan antara lain : n Rencana kerja n Metode pelaksanaan pekerjaan n Jadwal pelaksanaan pekerjaan n Pengenalan site pekerjaan yang dilengkapi dengan dokumentasi n Hasil-hasil survey (topografi. bill of quantity dan RKS 11. Laporan Akhir (Final Report) Laporan Akhir ini meliputi : n Rangkuman dan laporan hasil pekerjaan yang telah selesai dilaksanakan n Gambar masterplan dan rancangan tapak n Gambar-gambar rancangan pelaksanaan (arsitektur. PELAPORAN Laporan Pendahuluan. Konsep perencanaan mekanikal/elektrikal beserta uraian dan perhitungannya.Gambar struktur (A0 dan A3) . Laporan Pendahuluan diserahkan sebanyak 5 (lima) Ekspl. ukuran. jumlah dan kapasitas ruang.Gambar mekanikal/elektrikal (A0 dan A3) . mencakup dokumen gambar pelaksanaan. dll) Sebelum disyahkan laporan pendahuan didiskusikan terlebih dahulu dengan direksi atau instansi terkait. mekanikal/elektrikal dan lanskep). konsep perencanaan dari masing-masing sub sistim (arsitektur.Gambar lanskep (A0 dan A3) n Dokumen rencana kerja dan syarat-syarat n Dokumen rencana anggaran biaya (RAB) engineering estimate (EE) n Persepektif bangunan n Laporan akhir perencanaan berisi penjelasan tertulis mengenai data-data teknis.KERANGKA ACUAN KERJA [KAKI DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN BENGKALIS TAHUN ANGGARAN 2013 9 . Laporan Pendahuluan disusun paling lama 2 minggu atau 20 (dua puluh) hari kalender sejak diterbitkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) berjumlah 5 (Lima) eksamplar. Tahap rencana detail : n Dokumen gambar perencanaan perencanaan (gambarkerja/gambar detai pelaksanaan): . . Tahap pelelangan : Dokumen pelaksanaan. d. e. perhitungan struktur.

n n struktur. elektrikal termasuk detail-detail) Perhitungan struktur bangunan dan laporan penyelidikan tanah Perhitungan teknis pekerjaan elektrikal dan membuat tabel kebutuhan daya listrik tiap ruang . mekanikal.

Semua analisa dan perhitungan yang dipakai dalam perencanaan harus berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI). . .Hal-hal yang belum tercakup dalam Kerangka Acuan Kerja (KAK) pekerjaan ini akan dijelaskan dalam acara penjelasan pekerjaan. . Bengkalis. 13. April 2013 Dibuat Oleh : Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)/ Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pekerjaan umum Kabupaten Bengkalis .Konsultan harus selalu mendiskusikan usulan-usulan pekerjaan ini dengan PPTK. PENUTUP Demikian kerangka acuan kerja (KAK) ini dibuat sebagai pedoman (acuan) dalam Penyusunan “Perencanaan Pembangunan Gedung Bersama Rakyat” Tahun Anggaran 2013.Konsultan harus menunjuk seorang/ beberapa wakilnya yang selalu ada di Bengkalis. Laporan Akhir diserahkan sebanyak 5 (lima) Ekspl. n 12. harus disediakan sendiri oleh konsultan. Hal-hal lain yang belum tercantum dalam petunjuk pelaksanaan ini akan dibuat dalam format tersendiri termasuk hasil klarifikasi pada saat penjelasan pekerjaan (Aanwijzing) serta diskusi laporan pendahuluan yang dan merupakan bagian tidak terpisahkan dari Kerangka Acuan Kerja ini. PPK/KPA/PA dan Tim Asistensi/ tim teknis yang telah ditunjuk pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkalis.Peralatan pendukung dalam rangka pekerjaan ini diluar yang tertuang dalam BOQ. LAIN-LAIN . yang sewaktu-waktu dapat dihubungi dalam rangka pelaksanaan pekerjaan tersebut dan mempunyai kuasa untuk bertindak dan mengambil keputusan atas nama konsultan.KERANGKA ACUAN KERJA [KAK] DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN BENGKALIS TAHUN ANGGARAN 2013 10 Perhitungan volume pekerjaan (BOQ) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) n Rencana Kerja dan Syarat-syarat teknis pelaksanaan Sebelum disyahkan Laporan Akhir didiskusikan terlebih dahulu dengan direksi atau instansi terkait. Apabila di kemudian hari (Setelah pekerjaan diserahterimakan) ditemukan ketidak mantapan dalam penyajian data dan akurasinya maka konsultan diharuskan untuk memperbaikinya atas biaya sendiri. .

ST NIP.ERMI FAISAL. 19641102 198812 1 001 .