Profesi dan Prinsip-Prinsip Profesionalitas

Pengertian Profesi 1. Howard M. Vollmer dan Donald L. Mills (1966) mengatakan, a. Profesi adalah sebuah jabatan yang memerlukan kemampuan intelektual khusus, yang diperoleh melalui kegiatan belajar dan pelatihan yang bertujuan untuk menguasai keterampilan atau keahlian dalam melayani atau member advis pada orang lain dengan memperoleh upah atau gaji dalam jumlah tertentu. b. Profesi adalah suatu kompetensi khusus yang memerlukan kemampuan intelektual tinggi yang mencakup penguasaan atau didasari oleh pengetahuan tertentu. 2. Moh. Uzer Usman (1991), guru merupakan suatu profesi yang artinya suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Pekerjaan ini tidak sembarang orang dapat melakukan diluar bidang pendidikan. Kompetensi Profesional Guru Adalah kemampuan dan kewenangan guru dalam menjalankan profesi keguruannya dengan kemampuan tinggi untuk melaksanakan tugas mendidik dan mengajar secara efektif dan efisien. Faktor profesionalisme menurut Djojonegoro (1998) adalah : 1. Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesialisasi. 2. Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus yang dikuasai). 3. Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian khusus yang dimilikinya. Kompetensi yang harus dikuasai guru profesional menurut Ricard D. Kellough adalah: Guru harus menguasai pengetahuan tentang materi pelajaran yang diajarkan

panggilan jiwa dan idealism . pengetahuan mengenai belajar dan tingkah laku individu. membimbing. b. dll. menggunakan alat bantu pengajaran. Kriteria Kompetensi Guru Menurut Conny R. Prinsip-Prinsip Profesi Guru Menurut undang-undang No. minat. Knowledge Criteria (meliputi penguasaan materi pelajaran. berkomunikasi dengan siswa dan keterampilan menyusun persiapan mengajar atau perencanaan mengajar). prinsip-prinsip profesi guru adalah: Memiliki bakat. pengetahuan tentang kemasyarakatan dan pengetahuan umum). Semiawan kriteria kompetensi guru adalah: a. Product Criteria (kemampuan mengukur kemampuan dan kemajuan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar). menilai.- Guru merupakan anggota aktif organisasi profesi guru Guru harus memahami proses belajar Guru adalah perantara pendidikan Guru terbuka untuk berubah. c. bergaul. Performance Criteria (keterampilan mengajar. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. pengetahuan cara mengajar. pengetahuan tentang bimbingan dan penyuluhan. berani mengambil resiko dan siap bertanggung jawab Guru mengorganisasi kelas dan merencanakan pelajaran secara cermat Guru merupakan komunikator yang efektif Guru harus meningkatkan kemampuan Guru harus terampil dan adil dalam menilai proses dan hasil belajar siswa Guru memiliki humor yang sehat Guru hendaknya dapat dipercaya.

ketakwaan dan akhlak mulia Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai bidang tugas Memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai prestasi kerja Memiliki kesempatan mengembangkan keprofesionalan berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat secara Memiliki jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas keprofesionalan Memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan tugas keprofesionalan guru . keimanan.- Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful