P. 1
MEDIA PEMBELAJARAN IPA

MEDIA PEMBELAJARAN IPA

|Views: 94|Likes:
MEDIA PEMBELAJARAN EXCEL
MEDIA PEMBELAJARAN EXCEL

More info:

Categories:Types, Presentations
Published by: Iwayan Heri Sumayasa on Jun 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as XLSX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/10/2014

pdf

text

original

1

1

star

start

BACK

KLIK

BACK

JURUSAN PENDIDIKAN GU FAKULTAS ILMU P UNIVERSITAS PENDID

ENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR KULTAS ILMU PENDIDIKAN ERSITAS PENDIDIKAN GANISHA

BACK

enter

enter

Coba perhatikan gambar di ini ! Ayam diberi makan biji-bijian atau dedak agar tumbuh besar. Setelah cukup besar, ayam itu dijadikan sebagai makanan manusia. Tahukah kamu bahwa setiap makhluk hidup itu saling berhubungan? Ada beberapa macam hubungan antarmakhluk hidup. Untuk mengetahuinya, pelajarilah uraian berikut ini!

BACK

enter

enter

Hal yang harus kamu tahu mengenai Hubungan Makhluk Hidup ini antara lain

1 5
PELATIHAN

BACK

2 4
RANGKUMAN

3

A. Hubungan Antarmak

Simbiosis adalah hubungan yang khas antara dua makhluk hidup yang hidup bersamasama. Simbiosis bertujuan sebagai usaha makhluk hidup untuk bertahan hidup di lingkungannya. Adapun jenis-jenis simbiosis dibagi menjadi tiga bagian, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.

NEXT

n Antarmakhluk Hidup
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan. Misalnya pada tumbuhan berbunga dengan kupukupu. Tumbuhan berbunga mengandung nektar. Nektar merupakan makanan kupu-kupu. Kupu-kupu akan mengisap nektar yang ada di dalam tersebut. Hal ini tidak merugikan bunga tetapi menguntungkan bunga. Bunga membutuhkan kupu-kupu untuk membantu terjadinya penyerbukan. Saat kupukupu mengisap nektar, kupu-kupu menyebabkan serbuk sari menempel pada kepala putik. Akibatnya, penyerbukan dapat terjadi. peristiwa ini, bunga dan kupu-kupu saling mendapatkan keuntungan. Kupu-kupu mendapatkan makanan dan bunga dapat melakukan penyerbukan.

luk hidup yang saling ga dengan kupukupu. merupakan makanan g ada di dalam bunga

kan bunga. Bunga nya penyerbukan. Saat kan serbuk sari ukan dapat terjadi. Dari atkan keuntungan. at melakukan

Simbiosis komensalisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang hanya pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan ataupun dirugikan. Simbiosis kom pada anggrek dengan pohon besar Di hutan hujan tropis banyak terdapat pohon tinggi. Kondisi seperti ini menyebabkan anggrek kesulitan mendapatkan cahaya mataha ini karena tubuh anggrek tidak tinggi. Oleh karena itu, anggrek sering menempe tropis. pada pohon besar. Tujuannya untuk mempermudah mendapatkan cahaya Anggrek diuntungkan karena bisa mendapatkan cahaya matahari. Pohon besar mendapatkan keuntungan tetapi tidak juga mendapatkan kerugian. Hal ini karen mengambil makanan dari pohon besar tersebut. Hubungan anggrek dengan pohon besar itu disebut simbios komensalisme.

hidup yang hanya menguntungkan satu dirugikan. Simbiosis komensalisme terjadi banyak terdapat pohon-pohon besar dan

dapatkan cahaya matahari. Hal anggrek sering menempel di hutan hujan ah mendapatkan cahaya matahari. matahari. Pohon besar tidak n kerugian. Hal ini karena anggrek tidak

besar itu disebut simbiosis BACK NEXT

NEXT

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain. Contohnya adalah tumbuhan tali putri dengan tumbuhan yang ditumpangi (inang). Biasanya tali putri menempel pada tanaman pagar. putri tidak bisa menghasilkan makanan, karena tidak memiliki zat hijau daun (klorofil). Untuk memperoleh makanan, tali putri hidup menempel pada tumbuhan inang dan mengambil sari makanan yang dihasilkan tumbuhan inang. Tali putri diuntungkan karena mendapatkan makanan. Namun, tumbuhan inang dirugikan karena makanannya diserap oleh tali putri

hluk hidup yang lain. Contohnya g ditumpangi an pagar. Tali dak memiliki zat putri hidup sari makanan ngkan karena dirugikan
BACK

HOME

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan. Manusia, hewan, dan tumbuhan membutuhka manusia mendapatkan makanan? Manusia mendapatkan makanan dari hewan dan tumbuha makanan dari tumbuhan dan hewan lain. Lain halnya dengan tumbuhan, tumbuhan tidak me makhluk hidup yang lain. Tumbuhan membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintes hidup yang saling makan dan dimakan disebut rantai makanan. Rantai makanan ini terdapa Misalnya pada ekosistem sawah terdapat padi, tikus, dan ular. Padi adalah tumbuhan. Tumbu makanan sehingga disebut produsen. Padi dimakan oleh tikus. Tikus disebut sebagai tumbuhan. Tikus dimakan oleh ular. Ular merupakan konsumen tingkat II karena memakan dimakan oleh elang. Elang merupakan konsumen tingkat III karena memakan konsumen menyeimbangkan ekosistem. Jika salah satu mata rantai terputus, maka ekosistem tidak aka orang yang berburu hewan liar seperti ular dan harimau. Jika ular dan harimau terus berkurang. Jika jumlah ular berkurang, maka jumlah tikus akan semakin banyak karena ula sedikit. Jika jumlah tikus semakin banyak, maka tanaman padi akan habis dimakan tikus. bagi manusia. Tanaman padi yang rusak dimakan tikus merugikan manusia. Dari peristiwa i ketidakseimbangan ekosistem. Jika jumlah suatu jenis hewan berkurang atau makhluk hidup yang lain.

Rantai

tumbuhan membutuhkan makanan. Dari manakah an dari hewan dan tumbuhan. Hewan juga mendapatkan mbuhan, tumbuhan tidak mengambil makanan dari diri melalui proses fotosintesis. Hubungan antara makhluk Rantai makanan ini terdapat dalam suatu ekosistem. di adalah tumbuhan. Tumbuhan merupakan penghasil kus disebut sebagai konsumen tingkat I karena memakan ingkat II karena memakan konsumen tingkat I. Ular na memakan konsumen tingkat II. Rantai makanan akan , maka ekosistem tidak akan seimbang. Misalnya, banyak ar dan harimau terus diburu, maka jumlahnya akan semakin banyak karena ular yang memakan tikus semakin kan habis dimakan tikus. Padi merupakan makanan pokok an manusia. Dari peristiwa ini terlihat adanya kurang atau berlebih, maka akan berdampak pada

Rantai

HOME

B. Hubungan Makhluk Hidup
Makhluk hidup membutuhkan lingkungan agar dapat bertahan hidup. Makhluk hidup membutuhkan udara, tanah, dan air. Semuanya itu bisa diperoleh dari lingkungan. Makhluk hidup sangat bergantung dengan lingkungannya, karena: 1. makhluk hidup membutuhkan lingkungan sebagai tempat tinggal; 2. makhluk hidup membutuhkan makanan; 3. makhluk hidup membutuhkan air, tanah, dan udara; 4. makhluk hidup membutuhkan cahaya matahari. Sebenarnya masih banyak lagi bentuk-bentuk ketergantungan makhluk hidup dengan lingkungannya. Namun, pembahasan kali ini dibatasi hanya pada faktorfaktor yang biasa kita temui sehari-hari.

Hidup
Makhluk hidup membutuhkan tempat tinggal. Tempat tinggal alami makhluk hidup biasa disebut dengan habitat. Habitat makhluk hidup ada di air dan di darat. Manusia, sebagian tumbuhan, dan sebagian hewan hidup di darat. Adapun tumbuhan dan hewan ada yang hidup di air. Bagi makhluk hidup, tempat tinggal berguna untuk: a. tempat berkembang biak, b. tempat mencari makan, c. tempat berlindung dari musuh alaminya dan perubahan cuaca.

. Makhluk

uk hidup ada faktorfaktor

NEXT

ggal. Tempat tinggal an habitat. Habitat anusia, sebagian darat. Adapun sebagian untuk:

Makhluk hidup membutuhkan makanan. Makanan memberikan energi bagi makhluk hidup untuk beraktivitas. Makanan didapat dari lingkungan. Makanan makhluk hidup ada yang berupa tumbuhan maupun hewan lain. Oleh karena itu, peristiwa rantai makanan terjadi di lingkungan. Rantai makanan berfungsi menjaga keseimbangan jumlah makhluk hidup yang ada di bumi ini.

BACK

NEXT

Air, tanah, dan udara sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Tumbuhan membutuhkan tanah sebagai tempat hidupnya. Tanah juga mengandung unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan untuk fotosintesis. Selain itu, tanah juga dibutuhkan manusia dan hewan sebagai tempat berpijak. Air dibutuhkan makhluk hidup untuk minum serta tempat tinggal beberapa hewan dan tumbuhan. Air juga digunakan manusia untuk mencuci, memasak, mandi, dan lain-lain. Udara sangat dibutuhkan makhluk hidup untuk bernapas. Makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bernapas. Oksigen kita dapatkan di udara. Udara juga mengandung karbon dioksida. Karbon dioksida dibutuhkan tumbuhan untuk membuat makanannya.

Cahaya matahari sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis. Hewan dan manusia juga membutuhkan matahari untuk menerangi bumi, menghangatkan tubuh kita, dan juga sebagai pembangkit tenaga listrik.

BACK

HOME

hkan oleh makhluk

i untuk proses

ntuk menerangi bumi,

enaga listrik.

RANGKUMAN

HOME

a. Simbiosis adalah hubungan yang khas antara dua makhluk hidup yang hidup bersama-sama. b. Simbiosis bertujuan sebagai usaha makhluk hidup untuk bertahan hidup di lingkungannya. c. Ada tiga jenis simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme. d. Simbiosis mutualisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan. e. Simbiosis komensalisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang hanya menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan ataupun dirugikan.

HOME

up yang hidup

han hidup di

ang saling

yang hanya kan ataupun

f. Simbosis parasitisme adalah hbungan antara makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain g. Hubungan antara makhluk hidup yang saling makan dan dimakan disebut rantai makanan. h. Rantai makanan terdapat dalam suatu ekosistem. i. Makhluk hidup membutuhkan lingkungan agar dapat bertahan hidup. j. Makhluk hidup membutuhkan lingkungan sebagai tempat tinggal. k. Makhluk hidup membutuhkan makanan. l. Makhluk hidup membutuhkan air, tanah, dan udara. m. Makhluk hidup membutuhkan cahaya matahari.

imakan disebut

han hidup.

PELATIHAN

HOME

KUNCI

KUNCI

KUNCI

KUNCI

KUNCI KUNCI

KUNCI KUNCI

KUNCI

nama:

I wayan heri sumayasa

jawaban: d

benar

KUNCI

jawaban: b

benar

jawaban: b

benar

jawaban: a

benar

KUNCI

jawaban: b

benar

jawaban: b

benar

jawaban: b

benar

jawaban: b

benar

jawaban: c

benar

SKOR NILAI

jawaban: d

benar

jumlah:

10

ri sumayasa

poin

1

poin

1

poin

1

poin

1

poin

1

poin

1

poin

1

poin

1

poin

1

poin

1

KODE A B C D

KETERANGAN SALAH SALAH SALAH BENAR

BACK

KODE A B C D

KETERANGAN SALAH SALAH SALAH BENAR

KODE A B C D

KETERANGAN SALAH BENAR SALAH SALAH

BACK

KODE A B C D

KETERANGAN SALAH BENAR SALAH SALAH

KODE A B C D

KETERANGAN SALAH BENAR SALAH SALAH

BACK

KODE A B C D

KETERANGAN SALAH BENAR SALAH SALAH

KODE KETERANGAN A SALAH B BENAR C SALAH D SALAH
KODE A B C D KETERANGAN SALAH BENAR SALAH SALAH

BACK

KODE A B C D
KODE A B C D KETERANGAN BENAR SALAH SALAH SALAH

KETERANGAN BENAR SALAH SALAH SALAH

BACK

KODE A B C D
KODE A B C D KETERANGAN SALAH BENAR SALAH SALAH

KETERANGAN SALAH BENAR SALAH SALAH

BACK

KODE A B C D

KETERANGAN SALAH BENAR SALAH SALAH

BACK

KODE A B C D

KETERANGAN SALAH BENAR SALAH SALAH

KODE A B C D

KETERANGAN SALAH SALAH BENAR SALAH

BACK

KODE

KETERANGAN

A B C D

SALAH SALAH BENAR SALAH

KODE A B C D
KODE A B C D

KETERANGAN BENAR SALAH SALAH SALAH

BACK

KETERANGAN BENAR SALAH SALAH SALAH

KODE A B C D
KODE A B

KETERANGAN SALAH SALAH SALAH BENAR

BACK

KETERANGAN SALAH SALAH

C D

SALAH BENAR

BETUL

NILAI

HOME

PELATIHAN

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

NAMA KKM NILAI KETERANGAN 75

PELATIHAN

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->