P. 1
Manfaat Zat Adiktif Dan Psikotropika

Manfaat Zat Adiktif Dan Psikotropika

|Views: 3,497|Likes:
Published by Nadia U. Putri
kesehatan
kesehatan

More info:

Published by: Nadia U. Putri on Jun 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/23/2014

pdf

text

original

Manfaat Zat Adiktif dan Psikotropika

Kel: 5 Ketua : Alvin Anggota : Rishi Yosefin Vena

Pegunaan Narkotika dalam Bidang Kedokteran
• (a) Kokain digunakan sebagai penekan rasa sakit dikulit, digunakan untuk anestesi (bius) khususnya untuk pembedahan mata, hidung dan tenggorokan.

• (b) Kodein merupakan analgesik lemah. Oleh karena itu. . kodein tidak digunakan sebagai analgesik. Kekuatannya sekitar 1/12 dari morfin. tetapi sebagai anti batuk yang kuat.

Namun. Penggunaan dalam waktu lama menyebabkan kehilangan daya ingat dan kemampuan menggerakan badan. pemakaiobat ini mengurangi keinginan untuk minum sehingga dapat mengalami dehidrasi.• Ekstasi dapat menimbulkan rasa segar dan penuh energi sehingga pemakaiannya merasa mengantuk.. Ekstasi dapat digunakan untuk pengobatan kanker .

terutama digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri yang hebat yang tidak dapat diobati dengan analgetik non narkotika. Morfin mempunyai rasa pahit. . Morfin juga digunakan untuk mengurangi rasa tegang pada penderita yang akan dioperasi. Morfin. berbentuk tepung halus berwarna putih atau cairan berwarna putih. Apabila rasa nyeri makin hebat maka dosis yang digunakan juga makin tinggi. Semua analgetik narkotika dapat menimbulkan adiksi (ketagihan).• (c) Morfin adalah hasil olahan dari opium atau candu mentah.

Heroin disebut juga putaw. dan juga dalam bentuk cairan. bubuk. Obat ini bisa ditemukan dalam bentuk pil.• (d) Heroin adalah obat bius yang sangat mudah membuat seseorang kecanduan karena efeknya sangat kuat. . Heroin mempunyai kekuatan yang dua kali lebih kuat dari morfin dan sering disalahgunakan orang.

saat ini Methadone banyak digunakan orang dalam pengobatan ketergantungan opium. Antagonis opioid (analgetik narkotika) telah dibuat untuk mengobati overdosis opioid dan ketergantungan opioid dan digunakan sebagai analgesia bagi penderita rasa nyeri.• (e) Methadone. .

atau dolantin).• (f) Meperidin (sering juga disebut petidin. Daya kerja meperidin lebih pendek dari morfin. . digunakan sebagai analgesia.Obat ini efektif untuk diare. demerol.

Penggunaan Psikotropika Dalam Bidang Kedokteran • Penggunaan obat-obat yang tergolong psikotropika dalam bidang kesehatan antara lain: a) Asam barbiturat (pentobarbital dan secobarbitol) sering digunakan untuk menghilangkan cemas sebelum operasi (obat penenang) .

menambah keyakinan diri dan konsentarsi . kecanduan alkohol. menambah kewaspadaan. menghilangkan rasa kantuk dan lelah. digunakan untuk mengurangi depresi. mengobati parkinson kegemukan.• b) Amfetamin (dan turunannya). keracunan zat tertentu.

Namun. penggunaan dietil eter bisa merugikan karena sifatnya yang mudah terbakar dan menyebabkan rasa mual. Uap eter yang dihirup oleh pasien menyebabkan ia tidak sadar akibat penurunan kerja sistem saraf pusat. Pada jaman sekarang penggunaan dietil eter untuk anestesi sudah ditinggalkan dan diganti dengan zat lain yang lebih aman. Penggunaan dietil eter pertama kali diperkenalkan oleh seorang dokter gigi Amerika bernama William Morton. .• Dietil eter Pada jaman dulu. dietil eter digunakan untuk membius pasien.

yaitu dapat menyebabkan kerusakan hati. Obat ini sempat digunakan selama bertahun-tahun sampai kemudian diketahui ada efek sampingnya. Oleh karena itu. penggunaan kloroform untuk anestesi juga sudah ditinggalkan.• Kloroform Kloroform telah digunakan sejak tahun 1847 untuk keperluan anestesi (pembiusan). .

• . enflurane. . Senyawa tersebut tidak mudah terbakar dan relatif aman untuk pasien.Halothane. dan metoksiflurane Senyawa-senyawa ini digunakan untuk anestesi modern.

seperti fenobarbital (luminal). . digunakan sebagai obat anti kejang pada penderita epilepsi (penyakit ayan) dan penderita kerusakan otak. Senyawa golongan barbiturat.• Senyawa barbiturat Barbiturat dapat digunakan sebagai obat resmi melalui resep dokter. Senyawa barbiturat yang lain. digunakan untuk anestesi. yaitu thiopental.

mariyuana digunakan untuk mengurangi rasa mual pada pasien kanker yang menjalani pengobatan radiasi dan kemoterapi. .• Mariyuana Mariyuana digunakan sebagai obat untuk mengurangi tekanan pada mata yang terkena penyakit glaukoma. Selain itu.

nikotin yang terdapat pada rokok dapat digunakan sebagai obat untuk memulihkan ingatan seseorang. . • a) Pada dosis tertentu. Hal ini karena nikotin dapat merangsang sensor penerima rangsangan di otak.Penggunaan Zat Adiktif dalam Bidang Kedokteran.

sehingga biasanya digunakan untuk membersihkan alat-alat kedokteran pada proses sterilisasi. .• b) Alkohol dapat membunuh kuman penyakit.

kafein nikotin dan kokain .• Obat stimulan ( obat perangsang ) adalah obat yang merangsang system saraf sehingga orang yang merasakan lebih pwecaya diri dan selalu waspada contoh obat ini adalah.

Contoh obat jenis ini adalah alcohol dan barbiturate .• Obat depresan ( obat penenang ) adalah obat yang dapat menekan system saraf sehingga pemakaiannya merasa ngantuk dan tingkat kesadarannyaturun.

• Obat halusinogen adalah obat yang dapat membelokkan pikiran pemakaiannya .

Thank You .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->