KALIMAT

1. “ Susunan kata-kata yang teratur yang berisi pikiran yang lengkap ”. 2. Satuan sintaksis yang disusun dari konstituen dasar, yang biasanya berupa klausa dan disertai dengan intonasi final. 3. Arus ujaran yang berisikan kata atau kumpulan kata yang memiliki pesan atau tujuan dan diakhiri intonasi final. 4. Satu bagian ujaran yang didahului dan diikuti oleh kesenyapan sedangkan intonasinya menunjukkan bahwa bagian ujaran itu sudah lengkap

Jenis Kalimat Berdasarkan Maknanya 1. Kalimat Empatik . Kalimat Perintah 3. Kalimat Seru 5. Kalimat Berita 2. Kalimat Tanya 4.

Kalimat Berita Adalah : 1. . Kalimat yang menyatakan atau memberitahukan suatu hal. NB : Kalimat Berita tersebut juga bisa disebut sebagai kalimat Deklaratif. 2. Kalimat yang isinya memberikan sesuatu kepada pembaca atau pendengar.

Ciri-ciri Kalimat Berita 1. 2. 3. 4. . Isinya memberitahukan sesuatu Intonasinya netral (nada suara berakhir turun) Tanggapan pembaca atau pendengar tidak ada (zero) Dalam tulisan diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan titik.

dan belum . yaitu : tidak (tak).Kalimat berita dibedakan menjadi dua. 2. bukan. Kalimat berita Positif 2. jangan. Kalimat Berita Positif yaitu kalimat berita yang tidak mendapat pengingkaran. yaitu : 1. Nb : ada empat kata ingkar. Kalimat Berita Negatif yaitu kalimat beita yang mendapat penambahan kata ingkar. Kalimat berita Negatif 1.

Saya tidak menyetujui jika usul tersebut diajukan sekarang. Tadi pagi tidak ada mobil bertabrakan di dekat monjali.Contoh 1. . Saya lihat orang itu memberi sesuatu kepada pengemis. 4. Mereka sudah mengetahui tanggung jawab mereka sendiri. 2. 3.