P. 1
Hakikat Dan Urgensi Organisasi

Hakikat Dan Urgensi Organisasi

|Views: 29|Likes:
Published by An Rangkong

More info:

Published by: An Rangkong on Jun 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/10/2013

pdf

text

original

Hakikat dan Urgensi Organisasi - Manusia pada dasarnya merupakan makhluk individu dan sosial sekaligus.

Sebagai makhluk sosial, manusia hidup dalam suatu bentuk hubungan tertentu (bersosialisasi) dengan dunia sekitarnya dan dengan individu lain. Bersosialisasi merupakan jalan bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaannya. Tanpa berada di tengah sesamanya dalam bentuk-bentuk hubungan tertentu, manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya dan tidak dapat tumbuh mencapai tingkat kemanusiaan-nya yang tertinggi. Organisasi adalah bentuk masyarakat yang terbaik karena didalamnya terdapat kejelasan aturan main yang tertuang dalam peraturan organisasi dan dalam budaya organisasi; memiliki jenjang struktural yang jelas; serta memiliki tujuan dan prinsipprinsip dasar yang menginspirasi kehidupan berorganisasi yang eksplisit. Oleh karena itu, individu yang berorganisasi merupakan individu yang paling memiliki peluang mewujudkan fitrah kemanusiaannya yang merdeka, berkehendak untuk tumbuh, dan saling memberi dengan yang lainnya. Saat ini telah diakui bahwa kecerdasan intelektual hanya menyumbang 10-20 persen kesuksesan seseorang, sementara sisanya 80-90 persen ditentukan oleh kecerdasan emosional dan spiritual. Salahsatunya di dapat kan dengan cara ikut berorganisasi. Berorganisasi adalah melatih kecerdasan emosional dan spiritual, sehingga dengan demikian berorganisasi merupakan jalan menuju kesuksesan. Apa itu Hakikat dan Urgensi?

Hakikat ialah intisari atau dasar sementara urgensi ialah keharusan yang mendesak (minimal ini yang diinformasikan Balai Pustaka). Tapi, Sebelum mengarahkan pada hakikat dan urgensi organisasi, maka pertanyaan yang terlebih dahulu mesti dijawab ialah apa itu organisasi Menurut Chester Bernard, Organisasi adalah sistem kegiatan kerjasama (cooperative activities) dari dua orang atau lebih. Menurut Dwight Waldo, Organisasi adalah struktur antar hubungan pribadi yang berdasarkan atas wewenang formal dan kebiasaankebiasaan di dalam suatu system adminstrasi. Menurut G.R. Terry, Organisasi adalah berasal dari kata organism yaitu suatu struktur dengan bagian-bagian yang demikian dintegrasi hingga hubungan mereka satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan orang terdiri dua bagian pokok yaitu bagian-bagian dan hubunganhubungan. Jadi Organisasi adalah wadah serta proses kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. 3 Jadi, hakikat dan urgensi organisasi?

Hakikat organisasi atau intisari organisasi ialah:

Bahwa organisasi bukanlah tujuan, melainkan hanya alat untuk mencapai tujuan atau alat untuk melaksanakan tugas pokok. Berhubungan dengan itu susunan organisasi haruslah selalu disesuaikan dengan perkembangan tujuan atau perkembangan tugas pokok.

. Urgensi Organisasi atau yang sangat penting dari organisasi ialah:   Organisasi adalah wadah serta proses kerjasama sejumlah manusia yang terikat dalam hubungan formal. Dalam organisasi selalu terdapat rangkaian hirarki. Salahsatunya di dapat kan dengan cara ikut berorganisasi. artinya dalam suatu organisasi selalu terdapat apa yang dinamakan atasan dan apa yang dinamakan bawahan. sehingga dengan demikian berorganisasi merupakan jalan menuju kesuksesan. Berorganisasi adalah melatih kecerdasan emosional dan spiritual. Organisasi adalah alat perjuangan untuk sebuah asa menuju cita Yang lain tentang organisasi Saat ini telah diakui bahwa kecerdasan intelektual hanya menyumbang 10-20 persen kesuksesan seseorang. sementara sisanya 80-90 persen ditentukan oleh kecerdasan emosional dan spiritual.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->