P. 1
MAKALAH PENGARUH IKLAN TELEVISI, BAB I

MAKALAH PENGARUH IKLAN TELEVISI, BAB I

|Views: 37|Likes:
Published by Faiza Abu Rizal
Makalah
Makalah

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Faiza Abu Rizal on Jun 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/26/2014

pdf

text

original

PENGARUH IKLAN TELEVISI TERHADAP PERILAKU ANAK

penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Jakarta. 2 Juni 2013 Penulis . Makalah ini berisikan tentang apa saja dampak iklan di televisi dan yang lebih khususnya membahas dampaknya terhadap anak anak. Amin. oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu penulis harapkan demi kesempurnaan mak\lah ini. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi untuk kita semua tentang dampak iklan. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga penulis berhasil menyelesaikan karya tulis ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “PENGARUH IKLAN TELEVISI TERHADAP PERILAKU ANAK”. Akhir kata.

DAFTAR ISI .

BAB I PENDAHULUAN 1. Karena televisi menampilkan gambar dan suara. Latar Belakang Komunikasi tidak bisa dilepaskan dari seluruh kegiatan manusia setiap harinya. televisi lebih banyak diminati daripada radio dan majalah. Tayangannya yang beragam dan menarik membuat televisi menjadi salah satu kebutuhan yang sudah tidak aneh di masyarakat. Iklan adalah bagian dari bauran promosi dan bauran promosi adalah bagian dari bauran pemasaran. Strategi komunikasi adalah cara yang dipakai oleh pembuat iklan dalam menyampaikan suatu pesan agar berbeda dari pesaingnya. Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang melalui media massa (media cetak dan elektronik). Akan tetapi. Salah satu tayangan televisi yang sangat menarik karena sifatnya yang persuasif adalah iklan. Televisi merupakan salah satu media elektronik yang sifatnya dapat dinikmati oleh masyarakat atau khalayak ramai. setiap orang mempunyai persepsi tersendiri terhadap iklan yang mereka lihat di media tersebut. Komunikasi itu sendiri dapat kita artikan sebagai proses penyampaian pesan atau informasi kepada orang lain dan menggunakan berbagai sarana untuk mempengaruhi penerima pesan (receiver). Jadi secara sederhana iklan didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu .

Hal inilah yang membuat penulis mengambil judul “Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Anak” dalam karya tulis ini. Karena keterbatasan inilah maka anak-anak merupakan kelompok yang sangat mudah dipersuasi dibandingkan dengan anak-anak yang lebih tua atau orang dewasa. 1992). kita tahu bahwa iklan sangat berpegaruh pada pola pikir anak. Anak-anak merupakan khalayak yang rentan terhadap pengaruh iklan televisi karena kemampuan kognitif mereka yang terbatas. Setiap acara di televisi pasti ada jeda iklan karena sebuah stasiun televisi mendapatkan keuntungan dari iklan. Identifikasi Masalah a. Sebuah studi di Australia membuktikan bahwa anak-anak berumur 9-10 tahun menganggap bahwa Ronald McDonald (Icon McDonald) merupakan orang yang paling tahu makanan apa yang terbaik bagi anak-anak.produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media ( Rhenald Kasali . Apa yang harus dilakukan orang tua untuk mencegah dampak negatif dari iklan? . anak-anak lebih percaya pada apa yang dikatakan oleh iklan dan mereka lebih mudah menerima persuasi iklan. Berdasarkan penjelasan di atas. Dalam hal ini. Apa definisi iklan? b.anak sangat mudah dipengaruhi oleh iklan. 2. Dari studi tersebut dapat disimpulkan bahwa anak . Apa dampak iklan terhadap anak? c.

Metode Penelitian . Pembatasan Masalah Dalam karya tulis ini penulis akan membatasi masalah yang akan dibahas. Untuk mengetahui dampak iklan terhadap anak anak c. Apa yang harus dilakukan orang tua untuk mencegah dampak negatif dari iklan? 5. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah penelitian tersebut. Apa dampak iklan terhadap anak? c. 4.3. Untuk memenuhi tugas mata kuliah bahasa Indonesia b. Untuk mengetahui apa yang harus dilakukan orang tua untuk mencegah dampak negatif iklan 6. Objek yang dijadikan penelitian adalah anak anak. Apa definisi iklan? b. Tujuan dan Manfaat Penulisan a. maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut : a.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->