SILABUS MATA KULIAH

Program studi Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah SKS Semester Mata Kuliah Pra Syarat : : : : : : Prodi S-1 Keperawatan 50132 Keperawatan Anak 3 SKS ( Teori ) Lima ( V ) KDM, KDK, Ilmu Dasar Keperawatan 1,2,3,4,5, dan Pendidikan Kesehatan

Deskripsi Mata Kuliah : Keperawatan anak merupakan dasar dalam memberikan asuhan keperwatan yang efektif dan aman bagi anak sesuai dengan tingkat tumbuh kembang dan keadaan kesehatannya, fokus pada konsep dasar keperawatan anak teori, prinsip dan model praktik keperawatan anak, tumbuh kembang anak, asuhan keperawatan anak yang mengalami penyimpangan kesehatan, kebijakan pemerintah, dan manajemen balita sakit ( MTBS ) dan pediatrik sosial dengan pendekatan kritikal pada masing-masing penyakit dan proses keperawatan anak dalam konteks keluarga yang islami. Standar Kompetensi : Mahasiswa mampu memahami kedudukan anak sebagai bagian dari keluarga, mengkaji status kesehatan anak, mengembangkan rencana asuhan keperawatan berdasarkan pada diagnosa keperawatan dan melaksanakan tindakan keperawatan serta mengevaluasi asuhan keperawatan berdasarkan hasil yang diharapkan.
Kompetensi Dasar Mengidentifik asi dimensi dan ruang lingkup keperawatan anak Indikator Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan perspektif keperawatan anak 2. Menjelaskan trend keperawatan anak dimasa mendatang Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. 2. 3. 4. Pengalaman Pembelajaran Mengkaji konsep keperawatan anak Mendiskusikan family care center mendiskusikan atraumatic care mendiskusikan manajemen kasus sesuai masalah yang dialami pasien 5. Mendiskusikan : mortality dan morbidity anak 6. Mendiskusikan peran perawat dan trend keperawatan anak masa datang 1.Mengkaji definisi, fungsi dan struktur keluarga serta peran dan hubungan keluarga yang Materi Ajar Dimensi dan ruang lingkup keperawatan anak 1. Perspektif keperawatan anak - Family care center - Atraumatic care dan safety patient - Manajemen kasus 2. Trend keperawatan anak, Mortality, dan Morbidity Pengetahuan dan ketrampilan yang spesifik dengan asuhan keperawatan bagi anak dan Waktu 2 x 50’ Alat/Bah an/ Sumber Belajar LCD, Laptop, classroo m Penilaian test essay

Mengembangk an pengetahuan

2 x 50

OHP, LCD, Laptop,

Portofolio , test essay,

Terapi bermain pada anak sakit dan hospital schooling 3. Menjelaskan komunikasi terapeutik Memahami Setelah mengikuti konsep perkuliahan mahasiswa interaksi diharapkan dapat : dengan anak. Imunisasi 3. Menjelaskan konsep dasar imunisasi 3. hukuman diusia 10 th ) 2. Mengkaji pengertian pertumbuhan dan perkembangan anak 2. komunikasi terapeutik pada anak dan keluarga 4. LCD. Menjelaskan proses pertumbuhan dan perkembangan anak dengan mengaitkan ayat Al-Qur’an 2. Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan anak 2. Stimulasi tumbuh kembang dan kelainan yang terjadi ( ancipatory guidence. Laptop. Mendiskusikan komunikasi terapeutik terhadap anak dan keluarga keluarganya 1. pendidikan dasar psikomotor ) 1. Laptop. Kebutuhan nutrisi dan cairan pada anak ( menyusui secara islami ) 4. classroo m.Mendiskusikan faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak 3.Mengkaji kebutuhan nutrisi/cairan pada anak sesuai usia 5. Konsep hospitalisasi pada anak 2 x 50 2 x 50 OHP.Mengkaji dan mendiskusikan sex education.dan ketrampilan yang spesifik dengan asuhan keperawatan bagi anak dan keluarganya 1. Hypnoparenting classroo m partisipasi diskusi dikelas 2 x 50 3x 50 OHP. dan pencegahan kecelakaan pada anak Melakukan pengkajian keperwatan dan asuhan bagi anak yang mengalami perubahan status kesehatan dan keluarganya Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan kebutuhan nutrisi dan cairan pada anak 4. Mengkaji perkembangan personal dan fungsi mental anak sesuai fase tumbangnya 3. Konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan anak yang islami ( keperawatan anak yang ada pada hadist dan Qur’an : keteladanan. classroo m test essay.1. terapi bermain pada anak ) secara islami : kebersihan dalam islam. test essay. Anticipatory Guidance. pembelajaran di usia 7 tahun. Perkembangan anak sesuai fase tumbang 3. partisipasi praktek dilaborato rium . Mendiskusikan Peran untuk bermain dalam 1. Teori pertumbuhan dan perkembangan anak 2. partisipasi diskusi dikelas 1. Menjelaskaan konsep anak dan bermain keluarganya 2.Mendiskusikan kebutuhan imunisasi pada anak 4. laboratori um Portofolio . Menjelaskan stimulasi tumbuh kembang anak normal dan anak sakit mempengaruhi peningkatan kesehatan anak 2. Konsep bermain pada anak 2. toilet training. Menjelaskan personal dan fungsi mental anak sesuai fase tumbangnya 3. Mendiskusikan konsep bermain 2 Mendiskusikan peran bermain dalam perkembangan anak 3 Mendemonstrasikan program bermain terhadap anak 4 Mendiskusikan konsep hospitalisasi pada anak 1. LCD.

Mendiskusikan manfaat dan pelayanan yang diberikan oleh berbagai sumber kesehatan yang tersedia Mengkaji dan mendiskusikan penerapan proses keperawatan pada anak mulai dari pengkajian sampai pendokumentasian proses keperawatan pada anak dengan berbagai masalah kesehatan : bayi resiko tinggi. Bidan Desa 6. Mengenal dan memahami yang sesuai sumber-sumber kesehatan dengan yang sesuai kebutuhan kebutuhan anak dimasyarakat anak-anak dari 2. classroo m Portofoli o. multiple choise . Menjelaskan konsep terapeutik hospitalisasi pada anak dan dalam tatanan keluarga asuhan 4. partisipas i diskusi dikelas 22 x 50 LCD. system hematologi. Laptop. classroo m Portofoli o. gangguan system perkemihan. gangguan system pernafasan. Terapi non farmakologi terhadap kesemasan anak di rumah sakit 1.memfasilitasi perkembangan anak pengalaman 3. Puskesmas 4. Menjelaskan manfaat berbagai usia sumber-sumber kesehatan dan yang ada dimasyarakat keluarganya sesuai kebutuhan anak Memahami ketrampilanketrampilan organisasi dalam asuhan keperwatan bagi anak yang dirawat di rumah sakit dan tanggung jawab dari praktik klinik Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Askep Pada Bayi Resiko Tinggi • BBLR • Hiperbillirubinemia • RDS • Sepsis & HIV/AIDS 2. Poliklinik Desa 5.Mengevaluasi proses keperawatan 5. Mendokumentasikan Askep pada anak 4. Laptop. Melakukan pengkajian pada anak 2. Rumah sakit 7. kelainan congenital. Menjelaskan Strategi meminimalkan efek kecemasan dan kehilangan kontrol serta trauma fisik Mengidentifik Setelah mengikuti asi berbagai perkuliahan mahasiswa sumber diharapkan dapat : kesehatan 1. Perawat komunitas ( home care ) Pengorganisasian dalam asuhan keperwatan bagi anak yang dirawat di rumah sakit dan masyarakat termasuk MTBS 1. Menjelaskan Stressor dan kesehatan reaksi keluarga dengan anak yang dirawat di Rumah Sakit 5. Merumuskan diagnosa keperawatan pada anak 3. test essay. gangguan system pencernaan. 1. Posyandu 3. gangguan persyarafan dan penyakit tropis Sumber-sumber asuhan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak dari berbagai usia dan keluarganya. Membuat perencanaan keperawatan 4. test essay. Mendiskusikan sumber kesehatan yang tersedia sesuai kebutuhan anak di masyarakat 2. Askep Pada Bayi / Anak dengan gangguan sistem 1 x 50 LCD. gangguan system kardiovaskuler. Kader kesehatan 2.

7. pernafasan • Bronchitis • Pneumonia • TB Miller • SARS • Pertusis • Difteria Gangguan sistem vaskuler • ASD • VSD • PDA • Tetralogi of fallot • Rematik fever Gangguan sistem hematologi dan imunologi • Thalasemia • Hemofilia • Leukemia • Anemia • ITP Gangguan sistem perkemihan • Nefrotik sindroma • Hipospadia/epispadi a • Wilm’s tumor • Femosis Gangguan sistem persyarafan • Meningitis bakteri • Hidrosephalus Gangguan Sistem Pencernaan • Diare . 4. 6.3. 5.

Stimulasi tumbuh kembang anak sesuai kasus yang diderita 2. Penyakit infeksi tropis • DHF • Morbili • Demam tipoid • Chicken Pox 10. anak dan keluarga. test objektif. LCD. Melaksanakan penerapan program bermain terhadap anak yang di rawat di RS sesuai tumbuh kembangnya 3. sesuai nilai islam Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Mendiskusikan teknik stimulasi tumbuh kembang anakan sakit 2. Asuhan keperawatan kritis pada anak ( siads. Melaksanakan stimulasi tumbuh kembang anak yang dirawat di RS 2. Mendiskusikan program bermain yang tepat untuk anak sesuai kasus dan usianyat 3. Laptop. penyimpangan pada anak ) Aplikasi tumbuh kembang dalam pemberian asuhan keperawatan anak dan keluarga 1. partisipasi diskusi dikelas. Gangguan kongenital neuro • Cerebral Palsy • Spina Bifida 9. Asuhan keperawatan pada anak dengan trauma psikologis ( kekerasan anak.Menerapkan pengetahuan serta pola-pola tumbuh kembang normal terhadap asuhan pada bayi. Komunikasi terapeutik pada anak sakit sesuai tumbuh kembang 3. penggunaan ventilator ) 11. Melaksanakan komunikasi terapeutik pada anak yang 1. classroo m test essay. . Mengkaji dan mendiskusikan teknik komunikasi yang tept untuk anak dan keluarga Gizi buruk Hirsprung Intussussepstion Anorectal malformation • Labiopalatoschisis 8. teknik komunikasi pada anak dengan penyakit berbeda • • • • 2 x 50 OHP.

Mendemonstrasikan pengobatan MTBS 6. Memperagakan teknik komunikasi pada mayarakat. Mendemonstrasikan msnsjemen pengobatan MTBS 5. Laptop. Melakukan kerjasama dengan sumber kesehatan yang ada dimasyarakat 2. Mengaplikasikan 8x 50’ manajemen terpadu balita sakit ( MTBS ) dan pembuatan surat rujukan 4. VCD MTBS. Mengaplikasikan pemberian pendidikan kesehatan pada anak dan keluarga LCD. Melakukan rujukan pasien 4. 3. Mendokumentasikan pengkajian MTBS dengan benar 4. Mengaplikasikan dokumentasi pada KMS 3. format MTBS Test Essay. Menjalin kerjasama 2x50’ dengan sumber-sumber kesehatan yang ada di masyarakat 2.Mengeksplora si berbagai sumber kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan anak dari berbagai usia dan keluarganya dirawat di RS sesuai usia tumbuh kembang Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Mendemonstrasikan pendidikan kesehatan pada anak dan keluarga 1. Melakukan kerjasama dengan sumber kesehatan yang ada dimasyarakat 2. Mendemonstrasikan pendidikan kesehatan pada anak dan keluarga 1. tugas . Melaksanakan dokumentasi KMS anak dengan benar 3. Mendokumentasikan pengkajian MTBS dengan benar 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful