Tugas Seni Budaya

20 Tarian Tradisional Indonesia

seperti “naik rumah baru”. panen hasil bumi yang melimpah. Sulawesi Utara -Tari Mahambak Tari Mahambak adalah salah satu seni tradisional Bantik.Tari Maengket . dan lain-lain. .a. Arti harfiah mahambak ialah begembira dan bersukacita. Tari mahambak kemudian menjadi bagian dari setiap upacara atau perayaan yang membahagiakan. Bergembira menyambut perjumpaan dan persatuan.

rakyat Minahasa bantu membantu membuat rumah yang baru. Selesai rumah dibangun maka diadakan pesta naik rumah baru atau dalam bahasa daerah disebut “rumambak” atau menguji kekuatan rumah baru dan semua masyarakat kampung diundang dalam pengucapan syukur. dimana hasil pertanian terutama tanaman padi yang berlipat ganda/banyak. itu . Marambak adalah tarian dengan semangat kegotong-royongan (mapalus). Mengangkat atau memuliakan perang ke dalam karya estetika. - Tari Kabasaran Kabasaran adalah tari perang.Tari Maengket adalah suatu tarian yang dibawakan pada acara pengucapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.

. mendirikan rumah baru. Namun. seperti: khitanan. tari mesalai saat ini juga digunakan sebagai pelengkap upacara adat dan syukuran. - Tari Maselai Kesenian yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Kepulauan Sangihe Talaud ini dahulu merupakan bagian dari suatu upacara ritual sebagai perwujudan rasa syukur kepada Genggona Langi Duatung Saluruang (Tuhan Yang Maha Tinggi Penguasa Alam Semesta) atas segala anugerah yang telah diberikan-Nya. Itu ungkapan dari watak dan nilai-nilai budaya masyarakat. peresmian perahu baru dan lain sebagainya. perkawinan. seiring dengan perkembangan zaman dan masuknya agama-agama baru.memberi gambaran tentang masyarakat itu sendiri.

Tari Topeng Betawi Tari Topeng Betawi. - Tari Yopong . DKI Jakarta . merupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung.b.

Tari Yopong. c. - Tari Merak .Tari Topeng Kuncaran Tari Topeng Kuncaran. adalah tari persembahan untuk menghormati tamu negara. merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak. Jawa Barat .

- Tari Jaipong Tari Jaipongan pada saat ini bisa disebut sebagai salah satu tarian khas Jawa Barat. terlihat pada acaraacara penting kedatangan tamu-tamu dari Negara asing yang datang ke Jawa Barat.Tari Merak. sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau. . selalu di sambut dengan pertunjukkan tari Jaipongan.

d. sebuah tarian keraton pada masa silam dengan suasana lembut. mengisahkan perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil (raksasa). agung dan menawan. . Sebuah perlambang penumpasan angkara murka. - Jawa Tengah Tari Serimpi Tari Serimpi. - Tari Blambangan Cakil Tari Blambangan Cakil.

Bali .e. - Tari Kecak .Tari Legong Keraton Tari Legong Keraton adalah sebuah tarian klasik Bali yang memiliki pembendaharaan gerak yang sangat komplek dan diikat oleh struktur tabuh pengiring yang konon mendapat pengaruh dari Tari Gambuh.

Dari berbagai sumber yang saya temukan tercatat bahwa tahun 1950 adalah tahun dimana terciptanya tarian pendet. Tarian ini termasuk yang tertua diantara tarian sejenis yang ada di pulau bali. Sebelumnya tarian ini ada untuk upacara keagamaan dan ritual sejenis di bali. Namun demikian.Tarian ini dipertunjukkan oleh banyak (puluhan atau lebih) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan "cak" dan mengangkat kedua lengan. menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Kecak berasal dari ritual sanghyang. melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat. . yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar[1]. - Tari Pendet Tari pendet sebenarnya sudah ada sejak lama di bali.

Aceh . Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. - Tari Saman Aceh Tari Saman adalah salah satu tarian daerah Aceh yang paling terkenal saat ini. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.Tari Seudati Tari Seudati. Tarian ini berasal dari . berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam.f.

Pada masa lalu. g. Sumatera Utara . - Tari Tor Tor . Tarian ini diciptakan oleh Sauti pada tahun 1940-an dan digubah ulang oleh penciptanya antara tahun 1950-1960. Tari Saman biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa – peristiwa penting dalam adat dan masyarakat Aceh.Tari Serampang Dua Belas Tari Serampang Duabelas merupakan tarian tradisional Melayu yang berkembang di bawah Kesultanan Serdang.dataran tinggi Gayo.

Tari Tor Tor.Tari Piring Tari Piring adalah sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. - Tari Payung . Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sama. Sumatera Barat . h. Sebuah tari dari daerah Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk.

sebuah perlamban perlindungan lelaki terhadap wanita.Tari Payung ditarikan oleh sepasang muda-mudi dengan payung di tangan. sang pria melindungi kepala sang wanita. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful