LAPORAN PRAKTIKUM

TEKNIK SILVIKULTUR HUTAN ALAM DAN HUTAN TANAMAN “PENANAMAN BIBIT MAHONI (Swietenia macrophylla King) DAN EBONI (Diospyros celebica Bakh)” DI AREAL FAKULTAS KEHUTANAN UNIVERSITAS TADULAKO
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Dalam Menyelesaikan Mata Kuliah Teknih Silvikultur Hutan Alam Dan Hutan Tanaman

Disusun Oleh : Ahmad Arifin L 131 10 030

JURUSAN KEHUTANAN FAKULTAS KEHUTANAN UNIVERSITAS TADULAKO 2013

Olehnya kritik dan saran sangat kami harapkan demi penyempurnaan penyusunan selanjutnya. Laporan ini disusun berdasarkan hasil praktikum lapangan dan referensi yang kami dapat dari berbagai sumber serta juga dari bimbingan dosen mata kuliah Teknik Silvikultur Hutan alam dan Hutan Tanaman. Palu. Kami selaku penyusun makalah ini sangat berharap agar kiranya laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan tentunya untuk diri kami pribadi. karena berkat rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini yang berjudul “Penanaman Pohon Mahoni (Swietenia macrophylla King) dan Pohon Eboni (Diospyros celebica Bakh)”. Kami selaku penyusun menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Februari 2013 Penyusun .KATA PENGANTAR Puji syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

permasalahan yang terdapat dalam makalah ini adalah bagaiman proses Teknik Silvikultur Jenis Tanaman Meranti Rawa (Shorea pauciflora King). Maka dari itu. PENDAHULUAN 1. .I. Kegunaannya adalah sebagai pedoman untuk menghasilkan bibit yang berkualitas melalui penerapan teknik silvikultur.3 Tujuan dan Kegunaan Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk mengetahui proses Teknik Silvikultur Jenis Tanaman Meranti Rawa (Shorea pauciflora King). Penerapan teknik silvikultur yang baik akan menghasilkan bibit yang berkualitas. 1.2 Latar Belakang 1.2 Rumusan Masalah Sebagaiman diketahui pertumbuhan tanaman meranti rawa pada hutan rawa gambut mulai berkurang jumlahnya.