LATIHAN SOAL IKATAN KIMIA

1. Cara untuk mendapatkan kestabilan atom unsur yang bernomor atom 8 adalah dengan… a. Melepaskan c. Melepaskan e. Melepaskan 2. Diantara a.
19K

enam enam empat d. 18Ar b.

elektron valensinya membentuk ion dengan muatan +6 elektron valensinya membentuk ion dengan muatan -6 elektron valensinya membentuk ion dengan muatan +4 yang paling mudah membentuk ion negatif adalah… e. 6C sama dengan Argon adalah…
13Al

b. Mengikat dua elektron dari atom lain menjadi ion dengan muatan -2 d. Mengikat dua elektron dari atom lain menjadi ion dengan muatan +2 unsur-unsur berikut

c. 7N 3. Di antara spesi berikut yang konfigurasi elektronnya (nomor atom Na=11, Ca=20, O=8, F=9, Al=13) a. Na b. Ca c. O
+

d. F

3+

2+

e. Al

2-

4. Unsur yang paling stabil adalah… a. 4Be b. 10Ne c.
11Na

d. 9F e. 12Mg

5. Ikatan ion disebabkan oleh adanya… a. Ikatan antara unsur nonlogam b. Pemakaian elektron berasal dari satu pihak c. Pemakaian e. Ikatan a. 6C b. 8O c.
11Na 12A

bersama

sepasang elektron yang cenderung menarik elektron

d. Gaya tarik menarik antara kation dengan anion antara unsur-unsur d. 7N e. 16S dan
9B

6. Atom unsur yang akan membentuk ikatan ion dengan unsur 17Cl adalah…

7. Atom

akan membentuk dengan dengan rumus senyawa AB2 rumus

senyawa yang …. a. Berikatan b. Berikatan ion ion

senyawa A2B

Berikatan kovalen dengan rumus kimia AB2 e. 12B. Diketahui 11A. Berikatan kovalen dengan rumus kimia A2B 8. Berikatan ion dengan rumus kimia AB d. 17C beberapa dan 18D unsur sebagai berikut : .c.

KCl b. Adanya dari kedua pemakaian atom pasangan bersama pasangan elektron yang berasal yang berikatan yang memiliki energi ionisasi rendah dengan atom d. A dengan B b.a. Pernyataan berikut yang benar tentang ikatan kovalen adalah … a. yang berikatan kovalen adalah… 14. MgO d. Al3F kovalen a. O2 10. A dengan C e. H2 c. 2 8 2 b. AlF2 c. C dengan D Ikatan ion dapat terbentuk antara… 9. D dengan A c. Terjadi gaya tarik menarik antara muatan yang berbeda d. N2 b. AlCl3 e. Unsur X dengan konfigurasi elektron 2 d. Pasangan senyawa yang keduanya memiliki ikatan kovalen adalah… . 2 8 3 c. Rumus senyawa yang terbentuk dari 13Al berikatan dengan 9F adalah … a. HCl 13. K2O c. Al2F e. Terbentuk dari unsur logam dan non logam 12. AlF b. Di antara molekul-molekul di bawah ini yang a. NH3 rangkap dua adalah… c. Di antara senyawa di bawah ini. AlF3 8 1 dapat membentuk ikatan ion dengan unsur yang konfigurasi elektronnya… a. Terjadi antara atom-atom yang memiliki afinitas elektron yang tinggi e. 2 8 8 1 mempunyai ikatan d. H2O e. 2 8 6 11. B dengan D d. 2 8 8 e. Terjadi akibat serah terima elektron dari atom yang satu ke atom yang lain b.

Cl2 dan HCl e. CaCl2 dan BaS 15. P dan Q a.a. Cl2 dan N2 b. KCl dan AlCl3 d. Pasangan molekul di bawah ini yang berikatan kovalen polar adalah … . Data konfigurasi elektron dari beberapa unsur sebagai berikut. HCl dan H2O c. P dan R 16. Q dan S e. CO2 dan SO3 d. P dan S b. P=282 Q=285 R=288 S=287 Pasangan unsur yang dapat membentuk ikatan kovalen adalah… a. Q dan R c. PCl3 dan H2S b. H2O dan CO2 d. HCl dan KBr c. NaI dan CO2 e.

H2O a. SiH4 d. Golongan IA dan IIA b. A2B kovalen c. NH3 b. 1 dan 2 b. H3PO4 e. Ikatan kovalen dan kovalen koordinasi pada rumus elektron senyawa H2SO4 berturutturut ditunjukkan dengan nomor . AB ionik b. 4 dan 5 18. Perbedaan keelektronegatifan besar b. Senyawa antara A dan B yang terjadi mempunyai rumus… a. Di antara senyawa berikut ini yang merupakan senyawa kovalen koordinasi adalah … a.. 4 dan 3 c. Cl2 e. Golongan VA dan VIA 21. BF3 c. 1 dan 3 d. H2S 20. A3B kovalen e. 5 dan 1 e. Golongan IVA dan VA e.. CH4 19. Pernyataan di bawah ini yang benar tentang molekul kovalen polar adalah … a. Bentuk molekul simetris c.. Kedudukan logam adalah… elektron-elektron dari atom-atom logam dalam membentuk ikatan . Unsur-unsur unsur-unsur yang yang terdapat pada golongan VIIA akan berikatan ion dengan terletak pada… d. 5 1 O H O S O HO 2 3 4 a. Molekul di bawah ini yang berikatan kovalen nonpolar . CCl4 c.17. Golongan IIA dan VA d. BeCl2 b.. Tidak dipengaruhi oleh medan listrik 23. Atom pusat tidak mempunyai PEB d. Diketahui unsur A dengan nomor atom 15 dan B dengan nomor atom 9. Golongan IA dan VA c.kecuali … a.. Tidak terjadi polarisasi e. A2B2 ionik 22. AB3 kovalen d.

Selalu berada di antara dua atom logam secara bersama b. Masing-masing logam yang lain atom yang berikatan elektron dan dipergunakan logam memberikan valensinya kepada atom Tidak terikat pada salah satu ion positif atom tetapi dapat bergerak bebas sebagai awan electron .a. c.

15 dan17 e. 11 dan 5 b. Daya hantar listrik dan panas dari logam sangat baik b. e. Unsur P dan Q membentuk senyawa kovalen adalah… a. 11 dan 9 c. Titik didih dan titik lebur logam sangat tinggi 25. Berikut ini merupakan sifat logam yang berkaitan dengan ikatan yang terjadi pada logam yaitu… a.d. Terikat pada ion positif atom logam tertentu sesuai dengan jumlah proton dari atom logam yang bersangkutan 24. Mudah membentuk ikatan ion dengan unsur nonlogam e. Masing-masing elektron valensi berada di antara ion positif atom logam yang saling berdekatan satu sama lain. Massa jenis logam sangat besar dan keras c. Logam mudah melepaskan elektron valensinya d. 15 dan 13 dengan rumus PQ3. Kemungkinan nomor atom P dan Q . 15 dan 7 d.

H = 1. F = 9) a. Al2O3 b. S = 16. HNO2 3. Jelaskan perbedaan antara kovalen polar dan kovalen nonpolar! Berikan contohnya masing – masing 2! . Al dengan F 2. Al = 13.II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan persamaan reaksi pada proses pembentukan ikatan ion antara unsur berikut ! (nomor atom K = 19. O = 8. K dengan S b. Gambarkan rumus Lewis pada pembentukan molekul berikut! (nomor atom Al= 13. N = 7) a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful