P. 1
Etiolasi

Etiolasi

|Views: 279|Likes:
Published by Arya D Ningrat

More info:

Published by: Arya D Ningrat on Jun 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2015

pdf

text

original

Etiolasi adalah pertumbuhan tumbuhan yang sangat cepat di tempat gelap namun kondisi tumbuhan lemah, batang tidak

kokoh, daun kecil dan tumbuhan tampak pucat. Gejala etiolasi terjadi karena ketiadaan cahaya matahari. Kloroplas yang tidak terkena matahari disebut etioplas. Kadar etioplas yang terlalu banyak menyebabkan tumbuhan menguning. Pada hal ini hormon auksin bekerja dengan baik karena tumbuhan tidak terkena cahaya..

Klorosis (dari bahasa Inggris, chlorosis) adalah keadaan jaringan tumbuhan, khususnya pada daun, yang kekurangan klorofil, sehingga tidak berwarna hijau, melainkan kuning atau pucat hampir putih. Klorosis sering kali merupakan petunjuk terjadinya kekurangan hara atau serangan penyakit yang dialami oleh tumbuhan. Klorosis tidak selalu diikuti oleh kematian jaringan, meskipun ketiadaan klorofil akan mengakibatkan jaringan kekurangan pasokan energi.

Virus mosaik tembakau (Tobacco mosaic virus, TMV) adalah virus yang menyebabkan penyakit pada tembakau dan tumbuhan anggota suku terung-terungan (Solanaceae) lain. Gejala yang ditimbulkan adalah bercak-bercak kuning pada daun yang menyebar, seperti mosaik. TMV adalah virus pertama yang ditemukan orang.

Penyakit virus belang menyerang pada tanaman kacang tanah. Kehilangan basil akibat serangan penyakit virus belang berkisar 10 -60% tergantung dari jenis kacang tanah. Penyakit belang disebabkan oleh virus yang diidentifikasi sebagai virus Belang Kacang Tanah atau Groundnut Mottle Virus. Gejala yang sering dijumpai di lapang adalah gejala belang berwama hijau tua dikelilingi daerah yang lebih terang atau hijau kekuningkuningan. Pada umumnya gejala awal pada daun muda terluhat adanya bintik- bintik klorotik yang selanjutnya berkembang menjadi belang-belang melingkar. a terdapat pada lembaga biji tanaman sakit..

Vein Clearing adalah virus dari keluarga Caulimoviridae. Virus ini diketahui menginfeksi tanaman, khususnya Petunia hybrida. Ini membawa 7205 pasangan basa genom DNA beruntai ganda dalam partikel virus isometrik [1] PVCV bisa eksis sebagai provirus endogen dalam P. hybrida genom dan dapat diinduksi oleh stres lingkungan atau melukai.. [2] Infeksi dengan PVCV umumnya mungkin asimtomatik bawah kondisi pertumbuhan yang menguntungkan, meskipun infeksi aktif dapat menyebabkan vena kliring atau menguningnya daun (klorosis).

Layu adalah kondisi yang menggambarkan keadaan sebuah tanaman lemah, loyo dan tidak sehat atau sudah diambang mati, bahkan bisa mengalami kekeringan akibat kurangnya air dan kepanasan.

Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:  tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)  menyerang jaringan biologis di dekatnya.  bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis

Busuk
   

Gejala yang umum adalah busuk basah, berwarna coklat atau kehitaman, pada daun, batang dan umbi. Pada bagian terinfeksi mula-mula terjadi becak kebasahan. Becak membesar dan mengendap (melekuk), bentuknya tidak teratur, berwarna coklat tua kehitaman. Jika kelembaban tinggi, jaringan yang sakit tampak kebasahan, berwarna krem atau kecoklatan, dan tampak agak berbutir-butir halus. Disekitar bagian yang sakit terjadi pembentukan pigmen coklat tua atau hitam.

Rossetting adalah susunan daun yang melingkar dan rapat berimpitan. Menurut letaknya, ada dua macam roset yaitu:  Roset batang. Contoh: pohon kelapa.  Roset akar. Contoh: lobak.

Hawar adalah salah satu dari gejala serangan suatu patogen tumbuhan. Serangan hawar ditandai dengan perubahan penampilan tumbuhan secara cepat, diawali dengan layu pada sebagian besar jaringan (terutama daun), kemudian diikuti klorosis yang cepat (hanya beberapa hari), menjadi coklat, lalu kematian jaringan di bagian permukaan. Gejala awal dapat berupa suatu lesi/bercak melingkar di daun yang semakin lama semakin membesar.

Dieback adalah kematian daerah dari organisme tumbuhan atau serupa yang disebabkan oleh kerusakan fisik, seperti dari pemangkasan yang disebabkan oleh genus Eutypa, seperti Eutypa dieback, yang disebabkan oleh Phytophthora genus, seperti Phytophthora cinnamomi diebackdan yang disebabkan oleh Seiridium genus, seperti Seiridium cardinale dieback atau cemara kanker

Absisi adalah suatu proses yang terjadi secara alami yaitu pemisahan bagian atau organ tanaman, seperti daun, bunga, buah atau batang. Menurut Addicot (1964) maka dalam proses absisi ini factor alami seperti panas, dingin, kekeringan akan berpengaruh terhadap absisi. Proses penurunan kondisi yang menyertai pertambahan umur yang mengarah kepada kematian organ atau organisme disebut penuaan (senensensi).

Mumifikasi adalah penyakit tanaman yang menyebabkan buah menjadi kerut seperti mumi. Mula-mula buah menjadi busuk basah lalu terisi benang-benang cendawan parasit hingga mulai mengerat dan kering.

Phyllody adalah penyakit kelebihan unsur hara sehingga menyebabkan terjadi perubahan dari organ-organ bungan menjadi seperti daun.

Pitting

Penyakit keriting daun pada tanaman cabai telah menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi petani, karena tanaman cabai yang terserang virus akan merusak klorofil daun dan berakibat pada terganggunya pertumbuhan dan menurunnya produksi bahkan tanaman akan mati secara perlahan.Apalagi dengan pemakaian pupuk organik Nasa dan pestisida organik Nasa yang mana sudah banyak para petani cabai yang membuktikan bahwa mampu menahan penyebaran hama thrips pada tanaman cabai

Kudis adalah penyakit pada tanaman yang menyebabkan bercak basah pada buahnya yang melekuk ke dalam dan bagian tepinya mengeluarkan cairan yang mengering seperti karet

Sarkodi

Busuk Basah

Rebah Kecambah Buah, mahkota daun, akar terlihat terlapisi oleh benang-benang mengkilat seperti sarang laba-laba (stadium membenang). Cendawan terus berkembang dan masuk ke kulit sehingga menyebabkan kulit membusuk. Mahkota daun menjadi layu. Akar pun juga akan mengalami kebusukan.

Fasiasi adalah suatu alat yang seharusnya silindris dan lurus menjadi pipih, lebar dan membelok. Fasiasi (fasciation) kadang-kadang terjadi pada batang karet dan mangga yang masih muda, dan tangkai tandan bungan hujan emas (Acacia fistula), yang penyebab-penyebabnya masih belum diketahui tetapi rupa-rupanya tidak bersifat menular.

Penyakit blas (Pyricularia grisea) merupakan penyakit penting terutama pada padi gogo tersebar di seluruh daerah pengahsil padi gogo di Indonesia

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->