Membuat Presentasi dengan Macromedia Flash 8

Akhirnya, jadi juga ni tutorial buat teman-teman saya. Alhamdulillah. Mudah-mudahan bermanfaat. Amiin. Let’s go… • Buka aplikasi Macromedia Flash 8 anda. • Pada jendela Macromdia Flash 8, pilih Flash Slide Presentation. Maka akan muncul lembar kerja baru beserta slidenya yang bernama presentation dan slide1.

Sebelum kita membuat presentasi dengan Macromedia Flash 8, anda harus membuat planning atau rencana tentang presentasi anda. Mau di isi apa di setiap slide yang anda buat? Kalian pasti udah ga asing lagi kan sama arti dari slide? Kalau belum paham, cari aja di mbah google ya… Baik, kali ini saya akan membuat 3 slide sebagai permulaan. Bagian-bagian dari ke- 3 slide tersebut adalah sebagai berikut :
o

Slide 1 : Berisi tulisan “Tutorial Pembuatan Presentasi dengan Macromedia Flash 8” dan “Created by No Name” Slide 2 : Berisi kata-kata pengantar gitu... Slide 3 : Berisi tulisan “Visit to http://www.littlemov31.co.cc” (Hehehehehe, promosi dikit) Untuk pembuatan animasi, kita akan bahas ketika pembuatan presentasinya. Tapi inget ya… jadi anak yang kreatif, jangan bisanya cuma animasi yang telah saya buat tapi berusaha membuat sesuatu yang beda! You’re different by your creation! Yuk kita mulai..

o o

o

o •

Di bagian slidenya, tambahkan 2 slide lagi dengan mengklik Insert Slide. Ubah nama slide1 menjadi cover, slide2 menjadi isi, slide3 menjadi ending, dengan mengklik dua kali pada slide yang anda tuju. Sehingga tampilan slide tersebut menjadi seperti ini.

tombol. Masih di slide cover tepatnya layer bg. Buat 4 layer dengan nama : bg. dapat Anda lakukan dengan cara mengklik layer bg terlebih dahulu > Klik menu File > Import > Import to Stage > Pilih lokasi tempat Anda menyimpan gambar > Pilih gambar. atur ukuran gambar agar sesuai dengan ukuran slide dengan menggunakan Free Transform Tool. Lalu kunci layer background agar gambar tersebut tidak berpindah-pindah saat memasukkan objek yang lain dengan cara mengklik tanda hitam tepat dibawah kunci di layer background. pake Insert Layer. . Tapi bisa juga di kasih warna sebagai background. • • Jika Anda memberikan gambar sebagai background. action. text1. Sehingga hasilnya seperti ini.• • Klik slide cover. Udah tau kan cara bikinnya? Yup. Tambahkan gambar sesuai keinginan anda sebagai background biar lebih menarik. text2. Untuk menambahkan gambar sebagai background.

dapat dilakukan dengan mudah dengan cara mengklik kanan pada objek di Library dan pilih Edit. . • Masih di slide cover. ubah objek tulisan tersebut dengan menekan F8 kemudian pilih Graphic. Bila Anda akan mengedit objek tulisan tersebut.• Sedangkan untuk memberi warna serupa untuk semua slide dapat dilakukan dengan cara mengklik slide cover > Klik sembarang > Klik Panel Properties yang ada dibagian bawah jendela Macromedia Flash 8 > Dibagian Background. Ubah kalimatnya dengan menggunakan Text Tool. jika ingin diperbesar atau diperkecil dapat menggunakan Free Transform Tool. Isi namanya sesuai keinginan Anda. sekarang klik layer text1 dan buat tulisan Tutorial Pembuatan Presentasi dengan Macromedia Flash 8 dengan menggunakan Text Tool. Kemudian untuk mempermudah dalam pengeditan teks. Atur posisi objek tersebut dengan menggunakan Selection Tool. Hal yang sama lakukan pada layer text2 dan buat tulisan Created by No Name. Gampang kan?? Dari editing tersebut akan menjadi seperti gambar dibawah ini. pilih warna sesuai kemauan Anda.

Jika pada layer text di objek tombol Anda terkunci. untuk melihat tombol di folder. klik kanan pada salah satu folder kemudian pilih Expand All Folders > Drag tombol yang Anda inginkan ke panel Library. • • Untuk mengedit tulisan pada tombol dapat Anda lakukan dengan cara yang sama dengan mengedit objek text1 dan text2. buka terlebih dahulu dengan mengkliknya sehingga teks dapat Anda ubah. drag tombol tersebut ke slide cover.• Pindah ke layer tombol. caranya dengan mengklik layer tombol > Pilih menu Window > Common Libraries > Buttons > Pilih tombol yang Anda inginkan. Setelah selesai mengedit tombol. Tambahkan tombol yang berfungsi untuk media berpindah slide. masih tetap di slide cover. Lalu klik dengan menggunakan Selection Tool > Pilih menu Window > Behaviour > Klik tanda .

• Lalu klik layer action dan klik di frame ke.+ > Screen > Go To Slide (Untuk menentukan slide tertentu) atau Go To Next Slide (untuk menuju ke slide selanjutnya). Klik Panel Properties > Action > Tambahkan script stop(). layer text2 ke frame 10. Sehingga hasilnya akan seperti gambar berikut. jadi nulisnya pake huruf besar nanti malah ga ngaruh. tambahkan frame sampai ke. Pindah keyframe (titik hitam) layer text1 ke frame 5.20. .25 pada setiap layer di slide cover. . • Sekarang. layer tombol ke frame 15 dan layer action ke frame 20 dengan mendrag keyframe tersebut. Script ini fungsinya untuk memberhentikan animasi. ATTENTION!! Script bersifat case-sensitive.

Cape juga ya…. Berikut adalah screenshotnya... Anda dapat mengubah warna shadow dibagian Color. . Oleh karena itu. • Untuk membuat tulisan berefek bayangan seperti pada slide ending. dapat Anda lakukan dengan mengklik objek text1 di slide ending > Klik tanda + pada bagian Filters > Drop Shadow. Jika Anda lakukan dengan benar.. dari sekian penjelasan di atas. Baik. pasti akan berefek dengan rapi.• • Anda dapat melihat hasil editing slide cover dari semua tahap diatas dengan cara menekan tombol Ctrl + Enter. untuk slide isi dan ending Anda harus membuat sendiri.

Jika Anda tipikal orang yang tidak mudah menyerah dan punya kemauan yang tinggi pasti Anda dapat membuatnya dengan mudah. dapat dilakukan dengan cara mengklik menu File > Save > Pilih lokasi peyimpanan dan ketik nama dokumennya > OK. . Amiin Untuk menyimpan dokumen slide flash Anda. keyframe dan frame yang saya tentukan.• • Perhatikan timeline.

Salah satu yang menjadi penyebab hal itu adalah tampilan presentasi yang biasa saja atau monoton. Dari berbagai software flash yang bisa membantu kita membuat presentasi. salah satunya adalah Macromedia Flash atau yang sekarang berlabel Adobe Flash. kita merasa kesal pada saat orang lain tidak lagi memperhatikan apa yang kita presenatasikan. ada juga software yang menuntut kita untuk lebih berpikir kreatif. Oleh karena itu presenter dituntut untuk lebih berpikir kreatif dan mampu untuk memanfaatkan softwaresoftware terkini demi menghasilkan presentasi yang unik dan pastinya menarik. tentu pilihan yang ke dua tersebut dapat menghasilkan presentasi yang lebih unik dan orisinil. Mempresentasikan suatu tugas termasuk salah satu hal yang wajib kita lakukan. Tidak adanya variasi dalam presentasi kita membuat audience merasa bosan atau bahkan mengantuk. Tidak lagi menggunakan software konvensional seperti Power Point. Presentasi ini saya buat untuk keperluan mengisi materi Pelatihan Animasi tahun lalu. Dilihat dari hasilnya. ada software yang langsung menyajikan kita bentuk-bentuk presentasi yan tinggal kita pilih model. hingga animasi apa saja yang akan ditampilkan. Contoh dari presentasi dengan menggunakan Macromedia Flash 8 adalah presentasi di bawah ini. Salah satu yang dapat dimanfaatkan kini adalah dengan menggunakan flash sebagai media presentasi kita. atau bahkan bekerja. kuliah. Terlebih bagi kita bersekolah. . Namun terkadang. semuanya tinggal klik. desain. Namun.Presentasi sudah menjadi sebuah kebutuhan di antara kita. sesuka kita. Flash menyediakan visualisasi hasil yang lebih menarik dibandingkan dengan Power Point. Salah satunya adalah Fliip Book Maker. Selain itu juga di sini kita dapat memvariasikan presentasi kita seluas-luasnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.