ARTIKEL FARMASI SEJARAH OBAT Obat merupakan semua zat baik kimiawi, hewani, maupun nabati dalam dosis

yang layak dapat menyembuhkan, meringankan atau mencegah penyakit serta gejalanya. Obat Nabati Kebanyakan obat yang digunakan di masa lalu adalah obat yang berasal dari tanaman. Dengan cara coba-mencoba, secara empiris orang purba mendapatkan pengalaman dengan berbagai macam daun atau akar tumbuhan untuk mengobati penyakit. Pengetahuan ini secara turun-temurun disimpan dan dikembangkan, sehingga muncul ilmu pengobatan rakyat, seperti pengobatan tradisional jamu di Indonesia. Munculnya obat kimiawi sintesis Pada permulaan abad ke-20, obat-obat kimia sintesis mulai tampak kemajuannya, dengan ditemukannya obat-obat termashyur, yaitu salvarsan dan aspirin sebagai pelopor, yang kemudian disusul oleh sejumlah obat lain. Pendobrakan sejati baru tercapai dengan penemuan dan penggunaan kemoterapeutika sulfatilamid (1935) dan penisilin (1940). Sebetulnya, sudah lebih dari dua ribu tahun diketahui bahwa borok bernanah dapat disembuhkan dengan menutupi luka menggunakan kapang-kapang tertentu, tetapi baru pada tahun 1928 khasiat ini diselidiki secara ilmiah oleh penemu penisilin Dr. Alexander Fleming. Sejak tahun 1945 ilmu kimia, fisika dan kedokteran berkembang pesat (misalnya: sintesa kimia, fermentasi, teknologi rekombinan DNA) dan hal ini menguntungkan sekali bagi penelitian sistematis obat-obat baru. Beribu-ribu zat sintetik telah ditemukan, rata-rata 500 zat mengakibatkan perkembangan revolusioner di bidan farmakoterapi. Kebanyakan obat kuno ditinggalkan dan diganti dengan obat-obat mutakhir. DEFINISI ILMU FARMASI Analisis Klinik Analisis Jamu Analisis Kandungan Tumbuhan Obat Analisis Makanan Anatomi & Fisiologi Manusia Anatomi & Fisiologi Tumbuhan Aromaterapi Bahan Aditif Bahan Obat Kelautan Bioanalisis Biofarmasetika Biokimia Biologi Molekuler Biologi Sel Bioteknologi Farmasi Efek Samping Obat Alam Ekologi Tumbuhan Etnofarmasi Farmakoekonomika Farmakoepidemiologi Farmakognosi

Farmakokimia Farmakokinetika Farmakokinetika Klinik Farmakologi Dasar Farmakologi Klinik Farmakologi Molekuler Farmakologi Umum Farmakoterapi Farmakoterapi Endokrin & Sistem Hormon Farmakoterapi Infeksi & Tumor Farmakoterapi Sistem Pencernaan & Pernafasan Farmasetika Dasar Farmasi Fisik Farmasi Klinik Farmasi Sosial Fitoterapi Fotokimia Obat Histopatologi Imunologi Farmasetik Khemotaksonomi Kimia Analisis Kimia Bahan Pangan Kimia Farmasi Anorganik Kimia Farmasi Dasar Kimia Lingkungan & Pengolahan Limbah Kimia Medisinal Kimia Organik Kimia Polimer Konseling Farmasi Kosmetika Alami Kosmetologi Kromatografi Kultur Jaringan Tanaman Manajemen Farmasi Industri Manajemen Farmasi Rumah Sakit Manajemen Farmasi Rumah Sakit Metodologi & Desain Penelitian Mikrobiologi Farmasi Naskah Obat Tradisional Nutrisi Parasitologi Patologi Klinik Patologi Umum Pelayanan Farmasi Pengobatan Alternatif Perbekalan Steril Produk Alami Kelautan Produk Suplemen Protein Farmasetik Radiofarmaka .

sebagaimana yang telah ditentukan.Rekayasa Antibodi Spektrofotometri Spektrofotometri Stabilitas Obat Statistika Farmasi Teknologi & Formulasi Sediaan Cair-Semi Padat Teknologi & Formulasi Sediaan Steril Teknologi Fermentasi Teknologi Fitofarmasetik Teknologi Gena Farmasetik Teknologi Kimia Teknologi Sediaan Farmasi Toksikologi Vitamin & Hormon Zat Warna Alami pulvis Serbuk ( pulvis ) adalah campuran kering bahan obat atau zat kimia yang dihaluskan. diantaranya dokter lebih leluasa dalam memilih dosis yang sesuai sengan keadaan penderita. tetapi dapat juga digunakan untuk pemalaian luar dari tubuh. seperti pada bagian kulit. Ditujukan untuk pemakaian oral atau untuk pemakaian melalui mulut saja. dan dalam penyimpanannya menjadi lembab. khususnya seorang pelajar farmasi. lengket di lidah. Hal tersebut perlu di ketahui oleh kita. Sediaan serbukpun mempunyai kelebihan – kelebihan . perlu diperhatikan ketelitian agar serbuk yang digerus dapaat benar – benar homogen. serbuk tersebut tidak menggumpal. Selain itu serbuk yang diayak harus diayak dengan melewati ayakan dengan derajat halus 100 mesh. Supaya pada waktu dibungkus kertas perkamen. yaitu tidak tertutupnya rasas tidak enak seperti pahit. lebih stabil terutama untuk obat yang dirusak oleh airnyerapan lebih cepat dan lebih sempurna dibanding sediaan sediaan padat yang lainnya. sediaan / obat yang terlalu besar volumenya untuk di buat dalam bentuk tablet atau kapsul dapat dibuat dalam bentuk serbuk. Karena serbuk lebih mudah terdispersi dan lebih larut dibanding kapsul dan tablet. sepat. Di dalam pembuatan serbuk. Mozaik kapsul . Sediaan serbuk digunakan untuk anak – anak dan orang dewasa terutama yang agak sukar untuk menelan kapsul atau tablet. Tetapi serbuk juga mempunyai kelemahan.

Seringkali anak farmasi menganggap remeh cara pembuatan kapsul. penyakit semakin kompleks. Ketika apoteker meracik obat. Semua kendala tersebut dapat diatasi dan dihindari dengan terus berlatih dan berlatih. Waw pasti menyenangkan bukan? Farmakologi berperan penting untuk seseorang yang ingin menjadi asisten apoteker maupun apoteker. Apalagi ditambah guru yang baik hait dan tisak membosankan. ilmu farmakologi agak sulit . tahu kenapa? Menuru mereka farmakologi itu terlalu banya hafalan. dia harus tahu apa efek dari obat itu kan? Nah. ilmu farmasi semakin berkembang. Tetapi kenyataan tidak semudah yang dibayangkan. Apaila kiatmempelajari farmakologi dengan ikhlas. Dalam ilmu farmakologi kita dapat mempelajari berbagai macam efek. Waktu terus berputar. Banyak kendala dalam pembuatan kapsul. Farmakologi juga dapat membantu dalam menemukan hal baru. Salah satunya adalah kapsul. Menurut Farmakope edisi III. jadi terkesan farmakologi itu sulit. seringlah bertanya kepada guru atau orang-orang yang kita anggap ahli dalam bidang tersebut untuk menambah ilmu yang kita miliki. mekanisme kerja. Selain keefektifan waktu. agar dapata menjadi seorang apoteker yang gemar menemukan obat baruyang berguna bagi semua orang. Cara Sederhana Meracik “si bulat lonjong . contohnya membuat obat untuk penyakit yang langka. Sama seperti sediaan lainnya. farmakologi adalah ilmu yang mempelajari mekanisme kerja atau efek obat dalam tubuh. Selain itu. Di kalangan masyarakat. sejarah. kapsul adalah sediaan padat yang terdiri dari obat dalam cangkang keras atau lunak yang dapat larut. pasti semua akn terasa mudah. Banyak obat berbentuk kapsul beredar di pasaran. Selain itu. itulah kata yang sering dilontarkan masyarakat ketika muncul pertanyaan bagaimana membuat kapsul dan akhirnya menjadi sugesti bagi peserta didik yang memilih farmasi sebagai bidang yang akan ditekuninya. karena senelunya ia telah tahu apa efek yang akan terjadi.Dalam dunia farmasi terdapat berbagai macam sediaan obat yang bisa diberikan kepada pasien. “ Kapsul ?! Ah gampang bikinnya “ . kapsul mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri baik dalam segi produksi maupun konsumsi. apoteker dapat mengkombinasikan obat – obat yang cocok dan berguna bagi semua orang. kapsul bukanlah hal yang asing lagi. Pentingnya Ilmu Farmakologi Dalam ilmu farmasi ada yang di sebut dengan farmakologi. Apakah kapsul masih diproduksi di masa mendatang ? Biarlah waktu yang menjawab. tekhnologi semakin canggih. dan sebagainya tantang obat. Ilmu farmakologi juga merupakan dasar dari ilmu farmasi. maka dari itu apoteker harus mempelajari ilmu farmakologi.CAPSULAE” . Menurut banyak siswa. faktor kebersihan dan keseragaman bobot sangat diperhatikan karena faktor-faktor tersebut saling berkaitan dan berpengaruh besar . Untuk siswa jurusa farmasi mulai saat ini harus menyukai ilmu farmakologi. khasiat.

serbuk tinggal di bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah kapsul yang di minta ( resep ). Penyimpana kapsul juga perlu diperhatikan loh!!!. tutup kapsul harus di tutup ( di seal ) atau di rekat supaya cairan yang ada di dalamnya tidak keluar atau bocor . cara pakai oral(obat yang melalui saluran pencernaan). injeksi. Kita ungkap tuntas tentang kapsul oke!!!. tersedia dalam bentuk kosong. Kapsul adalah sediaan padat yang terdiri dari obat dalam cangkang keras atau lunak yang dapat terlarut. Berbagai macam bentuk obat yang di hasilkan dari ilmu kefarmasian . salep. topical(obat yang melaui jaringan kulit). Cara pengisian kapsul ada tiga cara. seperti halnya dalam pembuatan kapsul . pemakaiannya melalui oral(obat yang melewati saluran pencernaan). sirup. . isi biasanya padat bisa juga cair. Serbuk ( pulvis ). Kapsul itu sendiri merupakan sediaan padat yang terdiri dari obat dalam cangkang keras atau lunak yang dapat larut . Kapsul keras terdiri dari badan dan penutup. tidak bisa dibagi. pati. tidak berasa sehingga bisa menutupi rasa dan bau yang kurang enak. Apabila kapsul disimpan ditempat yang terlalu kering atau terkena matahari. masukkan dengan menggunakan pipet yang telah di tara . Butuh keterampilan khusus untuk membuat berbagai macam bentuk obat seperti yang ada di pasaran . Kelebihannya yaitu bentuknya menarik dan praktis. dll . Kapsul terbuat dari gelatin. suppositoria. Pertama. pasti kita langsung teringat kepada obat. Dan apabila dalam bentuk cairan. setelah isi kapsul selesai di buat. Kapsul lunak terdiri dari satu kesatuan. yaitu dengan tangan. Ketiga. bentuknya hanya satu macam. isi biasanya cair dapat juga padat. tidak untuk zat yang higroskopik(mudah menyerap air). Tapi tidak semua orang tahu bagaimana cara meracik obat . selalu sudah terisi. kapsul akan pecah atau rapuh. Kedua. dengan alat bukan mesin dan dengan alat mesin . Apabila kapsul disimpan ditempat yang lembab atau basah. Kapsul juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. tidak untuk balita. karena tanpa memerlukan bantuan alat lain . Caranya sama. Kehidupan Kapsul Apabila kita mendengar cerita tentang “FARMASI”. tutup badan kapsul dengan tutup kapsul . masukkan ke dalam cangkang kapsul . Di masyarakat tidak asing lagi apabila mendengar kapsul. Kekurangannya yaitu tidak untuk zat yang mudah menguap. rektal(obat yang melalui dubur/rectum). kapsul. Cara memasukkan isi kapsul dalam bentuk serbuk dan cairan tentunya berbeda . dalam memasukkan isi kapsul dengan tangan sebaiknya menggunakan sarung tangan untuk mencegah alergi yang mungkin timbul . mudah ditelan. dan bahan lain yang sesuai. Tetapi sebaiknya. bentuknya bermacam-macam. vaginal(obat yang melalui vagina). Cara yang paling sederhana tentu dengan tangan. tablet. Apabila dalam bentuk serbuk. meracik terlebih dahulu serbuk atau cairan sebagai isi dari kapsul tersebut . Dalam pembuatan obat ada sediaan yang berbentuk kapsul.Kebanyakan orang mungkin sudah tahu ilmu kefarmasian itu “biangnya ilmu meracik obat” . Didunia farmasi kapsul dibagi menjadi dua yaitu kapsul keras dan kapsul lunak. tetapi khusus untuk kapsul yang berisi cairan. maka kapsul akan lembek. Semua bentuk sediaan tersebut memiliki cara-cara khusus dalam pembuatannya.

Seperti odol. Karena bidang farmasi bukan hanya membuat obat – obatn untuk keperluan pengobatan saja tetapi juga untuk produk lain. ilmu resep. pada umumnya institusi pendidikan farmasi. dilengkapi Laboratorium Resep sebagai tempat untuk melaksanakan praktikum Ilmu Resep. Bidang farmasi pastinya berkaitan dengan pembuatan / peracikan obat bahkan hasil dari faramasi itu sendiri pun sudah banyak beredar dan dirasakan bahkan menjadi kebutuhan sehari – hari mereka yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian mereka. diantaranya adalah farmakognosi. Untuk itu. 4. dan lain sebagainya. menurut dasarnya. Salah satu contohnya adalah salep sejuk. salah satunya membahas tentang salep / unguenta. Salep / unguenta adalah sediaan setengah padat ditujukan untuk pemakaian topical pada kulit atau selaput lendir. Apabila disekolah-sekolah farmasi biasanya pengisian kapsul itu menggunakan teknik yang simple yaitu dengan tangan. Jadi bertambah deh ilmu kita. 000. dengan alat bukan mesin. UUK. sabun. 00. Adapula cabang – cabang yang berhubungan dengan bidang farmasi. mengobati penyaki danmenjaga kesehatan kita dan masyarakat sekitar kita. . Kapsul mempunyai warna yang berbeda-beda sesuai dengan pabrik yang memproduksinya. 1.Ada 3 teknik pengisian kapsul yaitu dengan tangan. dan lai sebagainya. shampo. 2. Yang terpenting dalam pembuatan kapsul adalah ketelitian. IKM. menurut efek terapinya. mencegah. farmakologi. yang rentang gagal dalam pembuatannya. kesabaran dan kemampuan yang khusus. dalam hal ini sekolah farmasi. 3. dengan alat mesin. teknologi farmasi. Oleh karena itu bidang farmasi memberikan begitu banyak manfaat bagi kita semua salah stunya adlah dapat mengatasi. 0. Kapsul juga mempunyai ukuran yakni. Dunia Unguenta Dalam Farmasi Kata “ farmasi “ mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita.Misalnya saja pada ilmu rersep. sinonim. Resep Praktikum dasar yang harus dikuasai oleh orang yang akan mendalami ilmu farmasi adalah meracik obat sesuai perintah dokter pada resep sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Maze Itu Bernama Lab. Nah sekarang sudah tahukan tentang kehidupan kapsul. Salep juga ada beberapa macam menurut penggolonganya diantaranya adalah menurut konsistensinya. Dan kata farmasi itu sendiri adalah bidang / jurusan dimana proses pembuatan dan peracikan obat dilaksanakan dan cara produksi di industri terjadi baik itu industri obat tradisional maupun bukan. 5.

Ada farmasi sains. Adapun cara menyetarakannya adalah sebagai berikut: Setarakan posisi antara anting dengan alas anting (bandul yang digantung tali). lihat apakah piring timbangn sudah seimbang atau belum. farmasi industri. ternyata dari berbagai bidang farmasi banyak impian anak – anak bangsa yang terukir dilalamnya. praktikan (orang yang akan melakukan praktikum) sedianya menggunakan pakaian yang besih dirangkap oleh jas laboratorium dan sepatu khusus laboratorium. Selain alat timbangan. menguapkan zat cair agar menjadi kental. Periksa apakah posisi pisau (alat seperti jarum di atas anting) sudah tegak lurus. anak – anak farmasi sains bisa menyandang gelar profesor. Pambauatn setiap jenis sediaan berbeda satu sama lain. Dunia Mimpi Anak Farmasi Apa kalian tahu cita – cita anak farmasi ? Yuk kita cari tahu apa cita – cita mereka !. Lab. farmasi klinik. Beda lagi dengan anak farmasi yang tertarik di farmasi klinis. rak bahan. ada satu alat yang dinamakan tangas air. putar mur di atas masing-masing piringan ke kanan atau ke kiri untuk memperingan atau memperberat. khususnya meneganai Laboratorium Resepnya. Ooh ternyata bidang farmasi tidak hanya obat – obatan. sediaan satu dan yang lainnya memiliki keterkaitan. farmasi industri. sehingga diperlukan pemahaman dasar yang menyeluruh tentang farmasi. tergantung pada sediaan apa yang akan dibuat. dengan kemauan yang keras kita pasti bisa menemukan obat – obatan untuk penyakit yang belum ada obatnya. Setiap akan digunakan. Tapi juga ada macam – macam yang lainya. dan sebagainya. putar knop yang berhadapan dengan kita ke kanan. Kita lihat cita – cita mereka dari 3 golongan tersebut. Menantang?? Maksudnya karena di farmasi sains kita bisa melakukan percobaan – percobaan baru dan mengembangkan kreatifitas kita. Jika belum setara.· · · Pada umumnya. Terlepas dari itu. dan meja serba guna yang cukup panjang untuk menyimpan beberapa benda. Oleh karena itu. Jika belum setara. Untuk menjaga kebersihannya. yaitu farmasi sains. Untuk itu alat yang digunakan juga berbeda. Jika sudah. alat timbangan tersebut harus disetarakan lebih dulu.pada meja kerja dilengkapi masing-masing oleh satu alat timbangan. bak cuci. Cara kerja alat ini adalah mendidihkan air di dalamnya untuk menghasilkan uap panas yang keluar lewat lubang di bagian atas alat. Resep) adalah ruangn yang cukup besar untuk memuat beberapa meja kerja. Karena dari mulai masuk SMKN 7 Bandung . di Indonesia banyak penemuam baru tapi dipatenkan atau di akui negaralain. Menuruk sebagian anka farmasi ternyata farmasi sains sangat menantang bagi mereka. Laboratorium Resep (untuk selanjutnya akan disebut Lab. Menurut mereka farmasi klinis adalh dasar dari ilmu farmasi. Resep harus selalu dijaga kebersihannya agar bahan praktikum yang disimpan di rak bahan tidak terkontaminasi debu dan mikroba. putar knop di bagian bawah timbangan. Nah. Kita golongkan saja menjadi 3 macam . Fungsi alat ini adalah meleburkan zat padat yang bersifat lilin dan lemak agar mencair. Apalagi dengang keadaan di indonesia . Jadi bisa mengharumkan nama baik Indonesia dan bisa bermanfaat bagi orang lain. farmasi klinik. dimana bahan yang akan dilebur atau diuapkan diletakkan dalam cawan penguap.

Jadi bisa berwirausaha dengan mendirikan apotek. selain kita dapat mengetahui keluarga dari suatu tumbuhan kita juga dapat mengetahui khasiat dan kegunaan dari obat yang berasal dari tumbuhan.pelajaran produktif farmasi sudah dipelajari. Kembangkan imajinasimu dan gapailah cita –citamu setinggi langit ke tujuh. Di ilmu farmasi kita akan banyak mengetahui berbagai jenis obat – obatan utamanya obat yang terbuat dari bahan kimia. Araliaceae. kata – katany banyak yang asing itulah keistimewaan dari farmakognosi. tapi jangan heran dipelajaran yng satu ini ada beberapa keistimewaan yang mungkin dipelajaran lain belum tentu kita mendapatakan materi yang satu ini misalnya Asteraceae. tapi ada juga yang mengkonsumsi obat sebagai suplemen tubuh. ya !! itulah keistimewaan pelajaran yang satu ini. apabila bisa dari dasarnya pasti selanjutnya akan lebih mudah. hewani. Nama Kelompok : Rizka Pratiwi : 10 Asak sekolah : SMAN 5 Pekanbaru . nabati. Tapi anak – anak farmasi yang tertari di farmasi industri juga gak mau kalah. Apalagi ilmu untuk mercik obat yang dilaksakan setiap minggunya. rumah sakit dan perusahaan sendiri tentunya dengan gelar apoteker atau dokter. Mungki bagi kalian yang bukan jurusan farmasi merasa asing dengan kata – kata tadi . Simarubaceae. Karena itu. Keistimewaan Dalam Farmakognosi Obat mungkin sudah menjadi konsumsi sehari – hari bagi orang yang sakit. Jadi apapun cita – cita kalian dangan ketulusan hati untuk belajar dengan sungguh – sungguh. Jadi dapat disimpulkan kalau pelajaran farmakognosi adala salah satu mata pelajaran yang dapat dijadikan point bagi kalian. Menrut mereka di farmasi industri kita bisa mengembangkan industri – industri di Indonesia. Tapi keasingan itulah yang membuat pelajaran farmakognosi istimewa. Dijurusan farmasi pelajaran yang membahas obata yang terbuat dari bahan tumbuhan mungkin agak sedikit sulit dimengerti selain kata –kata yang asing bagi mulut kita juga mungkin karena mata pelajarannya yang banytak materinya. mineral. Dan dengan keinginan yang keras untuk maju pasti ada jalan untuk mencapai apapun yang kalian inginkan. tetapi adajuga di farmasi ilmu yang mempelajari tentang obat yang berasal dari bahan tumbuhan. Kita dapat mengetahiu keluarga dari suatu tumbuhan yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Tentunya dengan usaha yang keras kita bisa mendirikan perusahaan obat di berbagai daerah Indonesia dengan mutu yang berkualitastinggi. Oleh karena itu kita bisa menjadi pemilik perusahaan obat terbesar di Indonesia. Farmakognosi itulah mata pelajaran yang mungkin bagi sebagian besar siswa farmasi dapat dibilang mata pelajaran yang cukup memberi wawasan dalam ilmu kesehatan.