Bab 10

Baseline 

Langkah terakhir dalam planning process adalah bagaimana kita membuat duplikat atau copy dari project plan yang telah kita buat sebelumnya, yang disebut Baseline project. Sampai dengan bab sebelumnya, kita telah selesai dengan pembuatan project plan. Sekarang kita akan membuat baseline dari project tersebut yang akan kita gunakan untuk mengukur dan mengkontrol jalannya project. Baseline adalah sebuah copy dari suatu project. Kita dapat membandingkan antara baseline dengan kondisi yang sekarang untuk mengevaluasi progress. Sebelum kita melakukan proses updating dari sebuah schedule, kita harus terlebih dahulu membuat sebuah baseline. Baseline memberikan kita target, dimana dengan target tersebut, kita dapat melacak project’s cost, schedule dan resource performance. Fungsi dari baseline dalam Primavera, memungkinkan kita untuk: • • Membuat jumlah baseline yang tidak terbatas. Meng-assign satu project baseline dan tiga user baseline pada saat yang bersamaan untuk melakukan komparasi terhadap current project. Kita dapat meng-assign tipe dari sebuah baseline dengan mengkategorikan sebuah baseline apakah itu initial plan, what if scenario, atau bahkan mid-project baseline.

1

Gambar 10.1.10. Highlite project AMOGEC-0002. Pilihlah pilihan pertama “Save a copy of the current project as a new baseline”. Membuat baseline Kita akan membuat baseline dengan cara mengcopy project yang sedang kita buka. Create a baseline 2 .1. • • • Kita buka schedule project AMOGEC-0002. lalu klik Add button yang ada di sebelah kanan. pilih Maintain Baselines. Dari menu Project.

kita pilih Assign Baselines. • • Pada menu Projects.2. Kita masukkan Platform Fabrication-B1 sebagai project baseline dan user baseline. Meng­assign baseline Gunakan Assign baselines untuk memilih project baseline dan atau user baseline untuk suatu project. maka current project plan akan dianggap sebagai baseline. Baseline category Setelah kita buat baseline. 3 . maka window akan tampak seperti pada gambar 10. Dan klik OK. 10.Gambar 10. diatas.2. Jika tidak ada baseline yang diassign ke sebuah project schedule.2. Lalu kita close. • Baseline Type nya kita pilih Initial Plan.

4 . • • Timescale – bar ditampilkan berdasarkan dari timescale. Filter – bar ditampilkan untuk semua activity yang memenuhi criteria yang tercantum dalam kategori filter.3.Gambar 10. Menampilkan baseline bars Dari bar dialog box kita dapat memodifikasi jenis. Assign baseline Setelah kita selesai dengan meng-assign baseline. ukuran. dan bentuk dari bar yang ingin kita tampilkan di dalam Gantt chart. kita dapat melihat dan membandingkan secara langsung schedule dates antara baseline plan dan current project plan. skala waktu yang dipilih. posisi baris.3. warna. sekarang akan kita coba untuk menampilkan baseline tersebut dalam satu tampilan dengan current project. 10. Dengan menampilkan baseline bars di dalam Gantt chart.

kita pilih 2. seperti gambar 10.5 berikut 5 . Yang akan muncul adalah tampilan seperti pada gambar 10. Gambar 10. Dan klik OK.4 berikut.4. Pada field Row. Bars dialog box • • Pada baris Primary Baseline kita beri tanda thick mark. kita pilih Bars.Langkah langkahnya adalah sebagai berikut: • Dari menu View. Maka sekarang akan kita lihat tampilan dari baseline bars dan current project bars dalam satu window.

5 diatas dapat kita lihat kalau semua “label” yang berada pada sebelah kanan dari bar adalah sama dengan activity name. untuk masing masing activity terdiri dari dua buah bar. dan end point. sedangkan bar yang dibawah . Row – menampilkan posisi dari bar di dalam Gantt chart. bar itu sendiri. yang berada di row 2. adalah baseline bar.Gambar 10. Tab dari bar style memungkinkan kita untuk menentukan bentuk. Pattern – memberi pattern dari bar. Baseline dan current project bars Sekarang dapat kita lihat bahwa schedule kita. Sedangkan tab dari bar labels memungkinkan kita untuk memberi “label” pada bar. Color – menentukan warna dari start point. Dari gambar 10. bar itu sendiri. Bar yang diatas adalah current project bar. 6 . dan pola dari bar dan juga endpoints.4 diatas. • • • • Shape – menentukan bentuk dari start point.5. Sekarang kita perhatikan gambar 10. warna. dan end point.

Kita buat untuk labelnya untuk setiap bar. Lalu kita klik OK. Kita klik tab Bar label.7 dibawah ini dengan gambar 10. Gambar 10.6. 7 .5 diatas.Bagaiman jika kita ingin menampilkan Activity ID? Jika ingin Activity ID dan juga Activity name? Silahkan lihat contoh berikut: • • Pada bar dialog box.6 berikut. kita cari kategori Current bar labels. Modifikasi dari bar labels Sekarang anda bandingkan gambar 10. sperti terlihat di gambar 10. yaitu Activity ID dan Activity Name. Kita lihat bahwa bar labelnya sudah berubah.

Bar label yang sudah dimodifikasi.Gambar 10. 8 .7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times