BAB II New_sudah Dikoreksi

1

BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

2.1. Sejarah Umum Perusahaan PT. Sari Husada adalah perusahaan yang memproduksi produk bernutrisi untuk bayi dan anak-anak Indonesia, mulai dari aneka susu formula untuk bayi hingga makanan bernutrisi dengan standar mutu internasional. Dalam rangka swasembada protein pada tahun 1954, pemerintah Indonesia bekerja sama dengan PBB mendirikan sebuah pabrik susu nabati dengan bentuk Naamlooz Venootschap (NV/ Perseroan Terbatas). Pabrik ini diberi nama NV. Saridele. Pengelolaan pabrik ini dipercayakan kepada bank industri negara, yang kini bernama Bank Pembangunan Indonesia (BAPINDO). Pihak PBB dalam hal ini United Nations Children’s Fund (UNICEF) memberikan bantuan berupa pinjaman mesin-mesin pengolahan susu. Pemberian bantuan pinjaman ini diiringi oleh kesepakatan kedua belah pihak bahwa untuk produksi selama 5 tahun pertama, sebanyak 150.000 kaleng susu harus diserahkan kepada UNICEF dan selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat Indonesia melalui Departemen Kesehatan RI. Para tenaga ahli Indonesia yang diandalakan untuk merealisasikan program tersebut mendapatkan didikan dan tanggungan biaya dari suatu badan yang mengurus pangan dan pertanian dunia dan bernaung di bawah organisasi PBB yaitu Food and Agriculture Organization (FAO).

sehingga otomatis hubungan Indonesia dengan UNICEF dan FAO terputus. BAPINDO selaku pengelola NV. diambil keputusan yang sangat penting yaitu untuk selanjutnya tidak mempergunakan kedelai sebagai bahan pembuatan produk susu karena hasil rendemen yang relatif rendah. indonesia bergabung kembali dengan PBB. Oleh karena itu. Saridele menyerahkan perusahaan ini kepada Badan Pimpinan Umum (BPU) Farmasi Negara dan berubah menjadi Perusahaan Negara (PN) Sari Husada. perubahan kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan pengelolaan perusahaan- . Pada tahun 1967. yang ternyata juga mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. lemak nabati dan dilengkapi dengan vitamin-vitamin serta bahan-bahan mineral yang relevan.2 Pada tahun 1962. Pada tahun 1965. Sari Husada untuk kemudian diberi nama SGM (Susu Gula Minyak) dari bubuk skim yang dicampur dengan gula. Berdasarkan sambutan masyarakat yang demikian besar terhadap kedua jenis produk itu. Dr. Dalam waktu yang relatif singkat produk SGM diterima dengan baik oleh masyarakat. telah menugaskan PN. maka manajemen PN. PN. Kemudian pada bulan November 1966. Satrio atas saran para dokter anak senior di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di Jakarta. Sari Husada dengan dukungan penuh dari pemerintah mulai menyusun strategi guna meningkatkan mutu dan mengefisienkan hasil produksi. Sari Husada menambah hasil produksinya denga makanan anak jenis bubur yaitu SNM (Susu Nasi Minyak). UNICEF menyerahkan kepemilikan seluruh harta milik perusahaan kepada Departemen Kesehatan RI. menteri kesehatan Prof. Indonesia menyatakan keluar dari keanggotaan PBB.

Kimia Farma dengan diganti nama menjadi PT. Mendidik tenaga-tenaga kerja yang ahli dan terampil di bidangnya masingmasing. Penerapan sistem manajemen yang efektif dan efisien yang dinamakan Total Quality Control. Sari Husada. memperbaharui mesin-mesin produksi yang sudah tua. Meningkatkan kondisi bangunan dan sistem kelistrikan. Pada tanggal 18 Agustus 1968 dengan dibentuknya PT. kepemilikan PN. Kimia Farma Unit Produksi Yogyakarta. Sari Husada diserahkan kepada PT.3 perusahaan Negara yaitu dengan dihapuskannya BPU.5/159/7. serta didaftarkan di kantor Panitera Negeri Yogyakarta tanggal 3 Oktober 1972 nomor 73/72/PT dan diumumkan dalam berita Negara RI tanggal 26 Desember 1972 nomor 103 tambahan nomor 542. Tiga Raksa yang kemudian membentuk PT. timbul beberapa gagasan : a. Kimia Farma. c. Secara operasional PT. termasuk pula BPU Farmasi merubah juga status PN. Menghadapi masuknya modal asing persainganpersaingan dimana yang akan datang. Kimia Farma menandatangani suatu kerjasama dengan PT. .A. b. Pada tanggal 8 Mei 1972 PT. Sari Husada dibawah akte yang disahkan oleh Menteri Kehakiman RI dengan surat keputusan tanggal 28 September 1972 nomor Y. d. Sari Husada baru menjalankan usahanya tanggal 1 Oktober 1972 dengan memanfaatkan fasilitas Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) seperti diatur dalam UU No. 6 tahun 1968. Menyempurnakan alat-alat laboratorium dan pengendalian mutu. e.

Klaten). Pada tahun 1992. Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) memberikan kesempatan kepada PT. Sari Husada untuk menjual sahamnya kepada masyarakat melalui Bursa Efek Indonesia di Jakarta.83%. Tiga Raksa terhadap PT Sari Husada menjadi 79. PT. PT. Kimia Farma dijual kepada PT. Berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa tanggal 2 Mei 1994. investasi strategis (pengembangan lahan dengan merelokasi pabrik di Kemudo. Pada tahun 1996. Tiga Raksa 35.000. Total Quality Management (TQM). International Standards Organization (ISO 9002. Kimia Farma 43. Sari Husada memutuskan untuk melakukan Penawaran Umum Terbatas III kepada para pemegang saham disertai dengan hak memesan efek terlebih dahulu. PT. Sugizindo dan PT.650 lembar saham dengan harga Rp.54%. PT. Tiga Raksa sehingga kepemilikan saham PT.63% dan publik sebesar 20. .4 Pada tanggal 4 Juni 1983 berdasarkan surat nomor SI. sejumlah 14.17%. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperoleh dana dalam rangka membiayai akuisisi terhadap seluruh saham PT. 2.083/PM/1983. Sari Husada saat itu adalah PT. keseluruhan saham yang dimiliki PT.264. ISO 9001) sumber daya manusia (pembobotan dan sistem penggajian).00 (dua ribu rupiah) per lembar saham. Tiga Raksa. Sari Husada diaudit untuk mendapatkan sertifikat ISO 14001 dan sertifikatnya diserahkan pada tahun 2001. Dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan komposisi kepemilikan saham PT. Sari Husada telah mempersiapkan diri dalam menyongsong era globalisasi dengan melakukan restrukturisasi di semua bidang meliputi mesin-mesin penggerak.

Tiga Raksa. keempat perusahaan tersebut berkembang ke arah yang lebih baik secara optimal. di daerah Kemudo. ada empat buah perusahaan yang juga bernaung di bawah payung Danone Group yaitu Aqua. Lembaga Asing 5. pengalaman. PT. Masyarakat Indonesia 4. Nutricia Indonesia Sejahtera. PT. PT. teknologi. Sari Husada melaksanakan aliansi strategis dengan Nutricia International yang memiliki kelebihan pada aspek internasional yaitu : penelitian dan pengembangan. Danone Group sendiri memiliki empat divisi antara lain baby nutrition division.5 Pada tahun 1998. pemasaran internasional. Sari Husada pada tahun 1998 terdiri dari : Nutricia International sebesar 77. Sebagaimana keluarga pada umumnya. Pada tahun 2000. Sari Husada Unit I Yogyakarta dengan nama PT. dan Medical Nutrition. Kepemilikan saham di PT.4204%. Sampai pada akhir tahun 2007. Sari Husada masuk dalam baby nutrition division. dan medical nutrition division . Setelah PT. water division. Pada rentang waktu antara tahun 2000 sampai dengan tahun 2006. dan Direksi serta Komisaris sebesar 0.3046%. Klaten didirikan perusahaan yang merupakan pengembangan dari PT. Sari Husada. Sari Husada telah menjadi bagian dari keluarga besar Danone Group. Di antara keempat divisi tersebut. dan modal yang besar.7354%. keselarasan menjadi salah satu titik penting yang harus dikedepankan. Masyarakat Asing 1. Sari Husada berkembang pesat maka berusaha untuk memperluas wilayah. Tbk sebesar 0. dairy division.6814%. Danone Dairy. PT. Sari Husada tidak boleh terpisah ataupun .0015%. Sari Husada Unit II Kemudo Klaten.0042%.8525%. Selain PT. Lembaga Indonesia 10. Langkah yang diusung PT. PT. PT. Sari Husada telah mengalami beberapa kali perubahan kepemilikan saham.

Visi.2. b.1. Meningkatkan perbaikan gizi bayi dan anak Indonesia. ibu hamil. 2. Misi dan Tujuan Perusahaan 2. 2.2.6 bertentangan dengan langkah yang diusung Danone Group dan perusahaan-perusahaan lain di bawah Danone Group. dan ibu menyusui.3. Menghasilkan pertumbuhan perusahaan yang berkesinambungan melalui sistem manajemen yang berkualitas tinggi dan pendekatan inovatif dalam budaya integritas tinggi. Sari Husada adalah : a. c.2. 2.2. Misi Perusahaan Misi PT. Tujuan Perusahaan a. b. Mengutamakan kepuasan Stakeholder.2. Ikut seta membangun kesehatan dan kecerdasan bersama dengan menyediakan kebutuhan-kebutuhan produk yang bernutrisi dan dibutuhkan oleh bayi dan anak. . Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya bayi. Visi Perusahaan Visi PT. Sari Husada adalah menjadi pemimpin pasar produk nutrisi bergizi untuk bayi dan anak-anak Indonesia. anak-anak.

Kebijakan-kebijakan yang mendukung pengelolaan Perseroan secara lebih profesional dan bertanggung-jawab dikembangkan Sari Husada dengan memastikan kepatuhan sepenuhnya terhadap ketentuan hukum dan etika kerja yang berlaku dengan lebih baik. dan produk. kuat dan terampil. e. Mendapatkan keuntungan yang bermanfaat terhadap perkembangan karyawan dan pemegang saham.7 c. Tata Kelola Perusahaan Komitmen Sari Husada pada prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) diwujudkan dalam penerapan nilai-nilai budaya Perseroan pada setiap tingkat operasional. b. sehat. Sari Husada berupaya memberikan informasi secara lengkap dan tepat waktu berkaitan dengan kebijakan perusahaan. Tata Kelola Penyelenggaraan Usaha . harga terjangkaudan mudah didapat. Mempersiapkan generasi yang cerdas. Diantaranya meliputi : a. Memberikan produk berkualitas utama. d. kegiatan. dengan mengutamakan pendekatan proaktif. 2. Transparansi adalah prinsip dasar kebijakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) dari Sari Husada. Hal ini berarti Sari Husada selalu berupaya transparan dalam melakukan usahanya dan mendukung dialog terbuka dengan seluruh stakeholder.3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful