P. 1
Praktek kerja lapangan nutul fikti bekasi

Praktek kerja lapangan nutul fikti bekasi

|Views: 17|Likes:
Praktek kerja lapangan nutul fikti bekasi
Praktek kerja lapangan nutul fikti bekasi

More info:

Published by: Rizky Anugrah Pratama on Jun 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as ODP, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/17/2014

pdf

text

original

PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN

)
Dalam rangka mempersiapkan lulusan Diploma III Politeknik Tugu sebagai Salah satu persyaratan akademik yang harus di penuhi mahasiswa adalah melaksanakan kerja praktik di perusahaan-perusahaan. Kerja Praktik merupakan suatu kewajiban, untuk dilaksanakan oleh mahasiswa pada semester V dan atau VI.

Pengertian Praktek Kerja Lapangan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung di Lembaga BUMN. Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan wujud relevansi antara teori yang didapat selama di perkuliahan dengan praktek yang ditemui baik dalam dunia usaha swasta maupun pemerintah. dan Instansi Pemerintahan setempat. Perusahaan Swasta. BUMD. . Praktek Kerja Lapangan (PKL) memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengabdikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh di kampus.

.  Program ini juga diharapkan dapat memberikan keuntungan timbal balik bagi kedua belah pihak yaitu kampus dan industri. perilaku dan lain sebagainya. etika perusahaan.Pendahuluan  Program Praktek Kerja Lapangan bagi mahasiswa dilaksanakan agar mereka dapat lebih mengenal kegiatan-kegiatan nyata dalam ruang lingkup industri  Industri merupakan sebuah laboratorium yang berada di luar lingkungan kampus. tempat mahasiswa akan menerima petunjuk dan bimbingan yang sangat berarti dalam bentuk kegiatan pelatihan serta pengenalan terhadap sistem operasional. organisasi dan hirarki dalam perusahaan.

b)Memberikan kepada para mahasiswa bentuk pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja dan menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi. d)Menambahkan kepada para mahasiswa pengertian akan lingkungan organisasi bidang usaha komplek dengan berbagai kegiatan di dalamnya.Maksud dan Tujuan a)Melatih dan mengembangkan sumber daya manusia melalui sarana dan fasilitas yang terdapat dalam industri guna memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja profesional di masa yang akan datang. . c)Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menyatukan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dengan wawasan kegiatan suatu bidang usaha agar mereka dapat lebih percaya diri dan selalu mandiri dalam perkembangan karir di masa yang datang. e)Membantu industri dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademis.

Kemudian laporan praktek kerja lapangan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber informasi mengenai situasi umum institusi tempat praktek tersebut. BUMD. mahasiswa akan menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi di dalam dirinya melalui praktek kerja lapangan. 3. Lembaga BUMN. Praktek Kerja Lapangan dapat mempromosikan keberadaan Akademik di tengah-tengah dunia kerja. Selain itu. dan Instansi Pemerintahan. 2. Bagi Lembaga Perguruan Tinggi Lembaga dapat menjalin kerjasama dengan dunia usaha. Melalui praktek kerja lapangan mahasiswa mendapatkan bentuk pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja . . Dunia kerja atau institusi kerja tersebut akan memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan bidangnya. Bagi Tempat PKL Institusi dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademi dari praktek kerja lapangan tersebut. Perusahaan Swasta. Bagi Mahasiswa Mahasiswa mendapatkan keterampilan untuk melaksanakan program kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintahan.Manfaat Praktek Kerja Lapangan 1.

menindentifikasi dan memecahkan permasalahan dalam dunia kerja. Tujuan umum Praktek Kerja Lapangan ini di harapkan mahasiswa mengetahui. mengenal. .Fungsi : untuk meningkatkan etos kerja mahasiswa yang bersangkutan serta memiliki keterampilan yang khusus.

Penulisan menggunakan huruf model Times New Roman atau yang seukuran (ukuran 12). ➢ ➢ ➢ . minimum 70 gr. Pengetikan dengan menggunakan justify (rata sisi kiri dan kanan) serta dilakukan hanya pada satu sisi halaman. tidak timbal alik. ukuran A4 (210 x 290 mm). tepi kanan dan tepi bawah kertas.PANDUAN PENULISAN LAPORAN Format Laporan PKL: Cover Laporan : ➢ Bagian depan Plastik dan bagian belakang Kertas karton warna biru ➢ Dijilid dengan jilid Peer Rincian Laporan: ➢ Kertas yang digunakan adalah jenis HVS Putih. Bidang pengetikan berjarak 4 cm dari tepi kiri kertas dan 3 cm dari tepi atas.

Format Isi Halaman Muka: ● Lembar Persetujuan Lembar Pengesahan Kata Pengantar Daftar Isi Daftar Tabel Daftar Gambar ● ● ● ● ● .

Bab I Berisi 1) Latar belakang PKL 2) Identifikasi masalah pada waktu PKL 3) Maksud dan Tujuan PKL 4) Manfaat PKL 5) Waktu PKL (schedule) .

tanda tangan dan stempel asli dari perusahaan ● ● Form Penilaian dari perusahaan Foto Kegiatan Sumber Dokumen ● ● .Bab II Berisi : Gambaran umum perusahaan / Instansi tempat bekerja Bab III Berisi : Gambaran singkat pekerjaan sewaktu PKL Bab IV Berisi : Detail pekerjaan sewaktu PKL Bab V Berisi : Kesimpulan dan saran Lampiran-lampiran Surat keterangan selesai PKL dengan Kop surat.

 Laporan PKL dikumpulkan ke Politeknik Tugu paling lambat 1 bulan setelah selesai melakukan PKL.  . Akademik.Laporan PKL dibuat minimal 2 Buah (satu untuk Perusahaan / Instansi tempat PKL dan satu untuk Politeknik Tugu). Pengumpulan Laporan diserahkan kepada Koordinator PKL / Bid.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->