RAGAM BAHASA KARYA TULIS

BUKAN FIKSI DAN FIKSI Pertemuan 2

. Bahasa tulis sebagai dokumentasi otentik atas peristiwa.Kenapa Belajar Bahasa Tulis? 1. 3. Bahasa tulis mensyaratkan gramatika yang lengkap sehingga karya tulis tidak dibatasi ruang dan waktu. Bahasa tulis merupakan sarana yang memadai untuk menyampaikan gagasan dalam konteks ilmu pengetahuan. gagasan. 2. dan karya tulis seseorang.

3. Sejarah. 2. terlepas cara menyampaikannya tergolong ilmiah atau tidak ilmiah.  1.Bukan Fiksi (non fiction)  Bukan Fiksi: tulisan berdasarkan data dan fakta (kenyataan di luar tulisan). . Contoh: Biografi Laporan tulis di media cetak dan media internet.

personifikasi. Kata “fiksi” berasal dari bahasa Latin. novel. namun tetap berpijak pada gagasan nyata. Prosa (cerita pendek. “fictum” yang artinya mencipta. lirik.Fiksi (fiction)  Fiksi: tulisan yang berdasarkan imajinasi dan khayalan pengarang. dsb) yang dikategorikan bahasa sastra. roman)    . metafora. Tulisan fiksi disampaikan dalam rangkaian kata dan kalimat yang penuh „bunga‟ gaya bahasa (hiperbola. nyanyian). Contoh: Puisi (sajak.

disertasi Buku Teks: buku diktat penunjang bahan ajar 1. penelitian. disusun menurut metode tertentu dengan penulisan yang santun. dan benar. dan perenungan dalam bidang ilmu tertentu. jurnal Karya Tulis Akademik: skripsi. peninjauan. baik. tesis. Laporan Penelitian: makalah seminar. atau berdasarkan kaidah baku ragam bahasa tulis. 3. 2.Karya Tulis Ilmiah  Karya Tulis Ilmiah: tulisan yang didasari oleh hasil pengamatan. .

Bertanggung jawab: tulisan yang etis dan berwawasan. Konseptual: perencanaan yang terarah dan terfokus. 3. mempertimbangkan kebebasan pihak lain. ada kejelasan hubungan antara unsur2 pembentuk kalimat. 4. 7. Koheren (terintegrasi): satu pikiran utama. ide tidak meloncat. Konsisten (ajeg): tulisan didukung fakta/data terpercaya.Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah 1. penulis dapat menjawab apapun tentang tulisannya. 8. Komprehensif: tuntas dan menyeluruh. Bebas: leluasa. 5. Sistematis: berdasar prosedur urutan (pendahuluan-isisimpulan). 6. . Logis: argumentasi bisa diterima nalar sehat. 2.

Kolom   .Reportase (berita) .Esai . Contoh: . Karya tulisan ilmiah populer biasa dimuat atau tersaji di media massa (cetak dan internet).Artikel (opini) .Karya Tulis Ilmiah Populer  Karya tulisan ilmiah populer adalah karangan yang ditulis berdasarkan metoda ilmiah dengan bahasa komunikatif hingga mudah dipahami oleh rata-rata pembaca.

Kritik (tanpa dukungan bukti): tidak memuat informasi spesifik. berprasangka menguntungkan atau merugikan. 3. 2. atau bentuk lain.  1. melainkan hasil dari kesimpulan wawancara. Ciri-ciri: Emotif: sedikit informasi. . dan kebenaran yang ada adalah secara nalar.Karya Tulis Tidak Ilmiah  Karya Tulis non-ilmiah adalah tulisan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta pribadi dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. formal tetapi sering dengan bahasa kasar. tapi isinya tidak didukung dengan fakta umum. berisi bahasan dan kadang-kadang mendalam tanpa bukti. situasional dan tidak sistematis. topik dan cara penyajiannya juga bervariasi. Subjektif: lebih mengedepankan pendapat pribadi penulis yang bersifat retorik. Data dihasilkan bukan dari riset langsung. subyektif dan pribadi.