Contoh Format RPP - Karakter RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar KKM Pendidikan Karakter A. B. C. D. E. Indikator

: : : : : : : :

Kompetensi Kejuruan XI/1(satu) 3 ,4,5 24 jam Melakukan Instalasi Software Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual 76 Sabar, Teliti, Disiplin, Mandiri

Tujuan Pembelajaran Materi Ajar Metode Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Awal 2. Kegiatan Inti a. Kegiatan Eksplorasi b. Kegiatan Elaborasi c. Kegiatan Konfirmasi 3. Kegiatan Akhir

F.

Alat, Bahan, dan Sumber Belajar Alat Bahan Sumber Belajar

G.

Penilaian ______, _________ Guru Pengampu Nama NIP

dst b. meliputi: a) ……… b) ………. Produk: a) ……………. mencakup aspek kognitif (meliputi produk dan proses). Afektif 1. dan psikomotorik.. meliputi: a) ……………. dst c.. Proses: a) ………… b) ………….Format RPP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : Mata Pelajaran : Kelas / Semester : Pertemuan : n bab yang dipelajari Jumlah pertemuan : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : Aspek yang akan dipelajari dan diukur diuraikan pada kegiatan elaborasi Didasarkan pada tujuan akhir dari mata pelajaran yang terkait Kompetansi Dasar : Aspeknya mengikuti SK Jabarkan SK yang telah dirumuskan menjadi beberapa KD untuk memudahkan pencapaian dan pengukukurannya Karakter : Indikator Pencapaian Kompetensi : Aspeknya mengikuti SK/KD Merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang diwujudkan dalam bentuk perubahan perilaku yang dapat diukur dan diamati. a. Kognitif 1. dst 2. b) ………………. ……………… 2. dst . ………………. b) …………….. afektif. Mengembangkan perilaku berkarakter. Mengembangkan keterampilan sosial. dst 2. Psikomotor: 1.

karakteristik tujuan yang ingin dicapai menentukan merode yang akan digunakan. 2. psikomotor. dst 2. Karakter a) ………….. Materi Pembelajaran Materi pembelajaran adalah pokok/sub pokok bahasan. (4) Situasi. Mudhoffir (1990) memberi petunjuk praktis merumuskan tujuan pembelajaran. yakni:  Formalisikan dalam bentuk yang operasional. ………………. (3) peserta didik. dst b... merupakan materi bahan ajar yang dibutuhkan peserta didik untuk mencapai KD yang telah ditentukan : Materi yang akan disampaikan C. b) …………. dan (6) Pengajar.A.. dst c. b) …………………. . ………………. Psikomotor: 1. Kognitif 1. b) …………. meliputi kognitif (produk dan proses). (2) Prinsip kematangan dan perbedaan individual Faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan metode yaitu (1) tujuan yang hendak dicapai. dst B. dst 2. b) …………. Produk: a) …………………. Afektif 1. Proses: a) …………. (5) Fasilitas. a. dan afektif. Metode Pembelajaran : Metode yang digunakan dalam pembelajaran Suatu fasilitas untuk mengantarkan bahan pelajaran dalam mencapai tujuan.  Rumuskan dalam bentuk produk belajar bukan proses belajar (?)  Rumuskan dalam tingkah laku peserta didik bukan perilaku pengajar  Rumuskan standar perilaku yang akan dicapai  Hanya mengandung satu tujuan belajar  Rumuskan dalam kondisi mana perilaku itu terjadi. Tujuan Pembelajaran Berdasarkan indikator : Berisi penguasaan kompetensi operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. metode tunduk pada tujuan. (2) materi pelajaran. Keterampilan sosial: a) …………. metode apapun yang dipilih hendaklah memperhatikan beberapa prinsip yang mendasari urgensi metode dalam proses belajar mengajar yaitu : (1) Prinsip motivasi dan tujuan belajar..

. kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi 1. Merangkum dan menyimpulkan b..)  CD ... 2.D. Sumber Pembelajaran Suatu objek. Urutan kegiatan instruksional mengandung beberapa komponen yaitu kegiatan awal/pendahuluan..  dll 2. dan menunjukan langkah-langkah pelaksanaan.  Lembar Kegiatan .. Pemberitaan lanjutan materi E.... Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar/sub kompetensi serta materi pembelajaran.. Membuka pelajaran c. kegiatan inti dan kegiatan akhir/penutup. Media Pembelajaran :  Buku . 2... Alat Pembelajaran : . (bab .. 3. Berbasis ICT/Internet: …. Kegiatan Pembelajaran : Mengorganisasikan/menskenariokan kegiatan pembelajaran yang menunjukan yang digunakan untuk mencapai tujuan instruksional.... Konfirmasi Kegiatan Akhir a. Penyiapan (sarpras pembelajaran & siswa) b. Alat : …… 6..  Kartu Gambar ... dan atau alat/bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Apersepsi & Motivasi Kegiatan Inti a. hal .. Penugasan c. Eksplorasi b... Elaborasi c. LKS ….. Kegiatan Awal a..  Slide . Kunci LKS ….. Silabus 4.. Bahan: …… 5. No Tahap Kegiatan Uraian Kegiatan Guru Siswa Metode Media Aspek yang dikembangkan Alokasi Waktu 1.. Daftar Pustaka 1.. 3.

menganalisis dan menafsirkan proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan untuk menentukan tingkat keberhasilan pencapaian kompetensi yang telah ditentukan 1. Papan tulis. dll. ulangan harian. Bentuk Tes : obyektif/subyektif dapat diperoleh melalui : Pembelajaran Tatap Muka (tes kecil. dll. 3. Kunci Jawaban : tuliskan jawaban soal       5. Indikator dan Soal : tuliskan naskah dan perintah soal beserta indikatornya 4. isian. dan penghapus  Televisi/Monitor dan CD Player  LCD dan layar  dll F. tanya jawab. Norma Penilaian LP 1: Produk dilengkapi Kunci LP 1 LP 2: Proses LP 3: Psikomotor LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian Kota. Bentuk Soal : Pilihan ganda. uraian. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (Tugas dengan waktu yang tidak singkat tetapi dibatasi waktu pengumpulannya/penyelesaiannya) 2. pembuatan laporan. diskusi. laporan. post-test.). dll). Penilaian Serangkaian kegiatan untuk memperoleh. kapur. dan penghapus  Whiteboard . praktek (tes kinerja). terjemahan. praktek. observasi. Tugas terstruktur (PR. tanggal Mengetahui. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Apersepsi dan Motivasi Memberikan gambaran riil tentang pentingnya penguasaan pelajaran ini dalam kehidupan Pengulangan materi yang telah diajarkan sebelumnya untuk mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari Pembahasan tugas atau PR Memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa untuk mengantarkan siswa kedalam tujuan pembelajaran . presentasi. spidol. pre-test.

information gap.Menyampaikan SK. . wawancara. game. Elaborasi Pemberian tugas/kegiatan berupa diskusi. KD. menulis karangan/laporan dari hasil eksplorasi Pelaporan/presentasi hasil kegiatan Mengembangkan nilai karakter yang sesuai. dan tujuan pembelajaran Eksplorasi Guru memberikan informasi (menjelaskan) dan sumber-sumber informasi (buku atau media elektronik/non elektronik) Siswa menggali informasi dengan cara : Menyimak/memperhatikan/mengamati apa yang disampaiakan guru Menyimak/memperhatikan/mengamati sumber informasi yang diberikan Mengembangkan informasi yang diperoleh dengan cara berlatih dengan pengulangan. Konfirmasi Memberikan umpan balik pada kegiatan siswa Mengevaluasi hasil kegiatan siswa (memberikan jawaban yang benar dan lengkap pada jawabanjawaban siswa yang masih salah dan kurang lengkap Refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan Mengembangkan nilai karakter yang sesuai. Tanya jawab. membaca. pengubahan/penggantian. Mengembangkan nilai karakter yang sesuai. mendengarkan. roleplay.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful