FOTOSINTESIS

OLEH

SITI RAIHAN
RRA1C110002

POKOK BAHASAN

Sejarah Perkembangan Penemuan Fotosintesis dan Pengertiannya

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis
Tempat Terjadinya Fotosintesis Proses Fotosintesis

Tipe-Tipe Fotosintesis
Manfaat Fotosintesis

Percobaan Hydrila verticilata) .SEJARAH PENEMUAN FOTOSINTESIS Gambar 1.

Energi matahari SEJARAH PENEMUAN FOTOSINTESIS Gambar 1. Percobaan Bakteri Sulfur CO2 + H2S [ CH2O ] + 2S + H2O (zat gula) nCO2 + 2n H2O + Energi Matahari [ CH2O ]n + n O2 + n H2O klorofil ( zat gula ) .

PENGERTIAN FOTOSINTESIS Fotosintesis menggunakan energi matahari untuk menyusun zat gula sederhana Zat gula disusun dari bahan dasar yaitu berupa H2O dan CO2 Fotosintesis menghasilkan bahan sisa berupa O2 dan H2O Fotosintesis hanya dapat dilakukan oleh tumbuhan dan beberapa jenis bakteri. sehingga sering disebut pula asimilasi karbon. . Fotosintesis menyusun zat gula dari air dan karbon dioksida (CO2).

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FOTOSINTESIS  Respon fotosintesis terhadap intensitas cahaya  Umur jaringan daun  Kadar CO2 dan O2 .

RESPON FOTOSINTESIS TERHADAP INTENSITAS CAHAYA h = konstanta Planck (6.626 x 10 –34 Js) sinar merah (± 700 nm) dan biru (± 450nm) .

Berapa efesiensi energi maksimum secara teori untuk fotosintesa oleh cahaya putih.29 .Contoh soal : Diketahui bahwa perubahan energi Gibbs untuk reaksi (a) adalah 477kj mol-1 untuk mereduksi CO2 menjadi pati dan energi yang masuk pada permukaan bumi antara 400 dan 700 nm dengan energi pada 575 nm (putih). = 208 einsten-1 Efisiensi = = 0.

TEMPAT FOTOSINTESIS .

KLOROFIL .

PROSES FOTOSINTESIS REAKSI TERANG .

.

.

PROSES FOTOSINTESIS REAKSI GELAP Siklus Hatch-Slack .

FIKSASI KARBON .

FASE REDUKSI .

FASE REGENERASI .

C3 C4 CAM .

MANFAAT FOTOSINTESIS BAGI TUMBUHAN .

MANFAAT BAGI KEHIDUPAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful