P. 1
3. (Hak Dan Kewajiban)

3. (Hak Dan Kewajiban)

|Views: 20|Likes:
Published by Tinto Nonii Love

More info:

Published by: Tinto Nonii Love on Jun 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2014

pdf

text

original

HAK DAN KEWAJIBAN

. muncul pengertian „hak‟ dalam arti modern yaitu ciri yang berkaitan dengan manusia yang bebas. tetapi hanya menunjukkan hak dalam kepemilikan benda. Terkadang istilah ‘ius’ berarti „hak seseorang‟.HAKIKAT HAK DAN JENISNYA Kata “Hak” berasal dari bahasa Latin yaitu kata “ius-iuris” (undang-undang. Pada akhir abad ke-17. terlepas dari setiap ikatan dengan huku obyektif. aturan-aturan dan lembaga-lembaga yang mengatur kehidupan masyarakat demi kepentingan umum).

1. Hak adalah klaim yang sah atau klaim yang dapat dibenarkan. . HAKIKAT HAK Hak merupakan klaim yang dibuat oleh orang atau kelompok yang satu terhadap yang lain atau terhadap masyarakat. Orang yang memiliki hak bisa menuntut orang lain untuk memenuhi dan menghormati hak itu.

Hak Legal dan Hak Moral  Hak legal adalah hak yang didasarkan atas hukum dalam salah satu bentuk. .  Memang ada hak yang bersifat legal maupun moral hak ini disebut hak-hak konvensional. JENIS-JENIS HAK a.  Hak moral adalah didasarkan atas prinsip atau peraturan etis saja. Hak moral lebih bersifat soliderisasi atau individu.2. Hak legal ini lebih banyak berbicara tentang hukum atau sosial.

b. maka perawat S memiliki hak khusus untuk mendapatkan pergantian uang. Perawat M berjanji akan mengganti uang tersebut keesokan harinya kepada perawat S. Contoh : Jika perawat M meminjam uang milik perawat S karena ia sedang tidak membawa uang. dimana hak tersebut tidak dimiliki oleh perawat yang lain pada saat itu. . Hak Khusus dan Hak Umum Hak khusus timbul dalam suatu relasi khusus antara beberapa manusia atau karena fungsi khusus yang dimiliki orang satu atau beberapa individu.

O mengalami kecelakaan lalu lintas dan tidak sadarkan diri. O belum ada yang menanggung biaya registrasi. melainkan semata-mata karena ia manusia. Dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan Hak Asasi Manusia (HAM). Dalam bahasa Inggris. Contoh : Tn. Lalu warga sekitar membawanya ke IGD.Hak umum dimiliki manusia bukan karena hubungan atau fungsi tertentu. O dan cepat memberikan pertolongan walaupun Tn. . Hak ini dimiliki oleh semua manusia tanpa terkecuali. Perawat di IGD menerima Tn. hak umum ini disebut natural right atau juga human right.

. Contoh : Seorang anak kecil terjatuh ke dalam kolam namun ia tidak dapat berenang. anda sedang lewat di dekat kolam. Ternyata saat kejadian. Hak Positif dan Hak Negatif Hak positif adalah hak yang menyatakan bahwa seorang individu berhak mendapatkan atau orang lain berbuat sesuatu terhadap individu tersebut. Anak yang terjatuh ke kolam berhak diselamatkan oleh anda dan anda harus membantu anak tersebut.c.

Ia suka menyalakan musik dengan suara yang nyaring karena merasa di kamar tersebut ia mempunyai hak melakukan apa saja. Ia menempati ruang perawatan kelas 1. H adalah pasien di ruang perawatan dewasa. H biasanya membuang kebosanannya di kamar rawat dengan menyetel musik di dalam kamar.Hak negatif adalah jika individu bebas melakukan sesuatu atau memiliki sesuatu namun orang lain tidak boleh menghindar untuk melakukan atau menolak hak tersebut. . Contoh : Tn. tanpa memikirkan pasien lain yang berada di kamar sebelahnya. Tn.

Saat dirawat diruang Edelweis. Ia berasal dari keluarga yang berada dan biasa hidup dengan semua keinginannya dipenuhi. Hak aktif biasa disebut Hak Kebebasan. . Karena keinginannya tidak segera dipenuhi. perawat D sedang membantu pasien lansia yang sedang kesulitan bernafas. Contoh : Anna adalah pasien diruang Edelweis. Hak negatif aktif adalah hak untuk berbuat atau tidak berbuat seperti orang kehendaki. Namun disaat yang bersamaan. Hak ini membatasi orang lain untuk melarang individu untuk melakukan sesuatu.Hak negatif dapat dibagi atas hak negatif aktif dan hak negatif pasif. Anna mengeluh pegal berbaring ditempat tidur dan ingin diajak jalan-jalan oleh perawat D. akhirnya Anna mulai memaki-maki perawat D dengan kata-kata yang kurang sopan.

Z itu dipecat dari pekerjaannya. maka Tn. Z tersebut. Tn.Hak negatif pasif adalah hak untuk diperlakukan orang lain dengan cara tertentu. Tn. X seminggu yang lalu dinyatakan positif mengidap HIV yang diakibatkan karena melakukan praktek yang tidak aman. Contoh : Tn. X akan membuat dr. Tn. . X mengancam dr. Z yang menyatakan dirinya positif HIV agar tidak memberitahukan hal tersebut kepada siapapun. X menegaskan kepada dr. X adalah pria berumur 28 tahun. bila sampai informasi tersebut diketahui orang lain. Hak pasif ini biasa disebut hak keamanan. bekerja sebagai seorang dokter di sebuah RS besar.

Hak sosial adalah hak yang dimiliki manusia bukan pada negara melainkan justru sebagai anggota masyarakat bersama dengan anggota-anggota lain. Hak sosial ini disebut hak positif. hak beragama. misalnya hak mengikuti hati nurani. Hak individual ini termasuk hak-hak negatif. hak mengemukakan pendapat. Hak Individual dan Hak Sosial Hak individual adalah hak yang dimiliki individu terhadap negara. dan hak atas pelayanan kesehatan.d. Negara tidak boleh mengganggu aktivitas individu dalam mewujudkan hak-hak ini. . hak atas pendidikan. Misalnya hak atas pekerjaan. hak berserikat.

HAK YANG BERSIFAT ABSOLUT Suatu hak adalah absolut. Namun ternyata hak tidak ada yang absolute. . berlaku dimana saja dengan tidak dipengaruhi oleh situasi dan keadaan. artinya hak itu akan berlaku sampai dikalahkan oleh hak lain yang lebih kuat. jika berlaku mutlak. tanpa pengecualian. Hak juga dikatakan absolut bila berlaku selalu dan dimanapun serta tidak dipengaruhi oleh keadaan. Para ahli etika mengatakan bahwa kebanyakan hak adalah prima facie atau hak pada pandangan pertama. Hak yang bersifat absolut adalah suatu hak yang bersifat mutlak tanpa pengecualian.

Seseorang yang membela diri akan penyerangan terhadap dirinya memiliki hak untuk membunuh jika tidak ada cara lain yang harus dilakukan. . Manusia mempunyai hak untuk tidak dibunuh namun ini tidak berlaku dalam segala keadaan tanpa alasan yang cukup kuat.Setiap manusia memiliki hak untuk hidup dan merupakan hak yang sangat penting.

begitu juga bila kewajiban tidak berkaitan dengan hak maka hal tersebut bukan kewajiban. . Setiap kewajiban seseorang berkaitan dengan hak orang lain dan setiap hak seseorang berkaitan dengan kewajiban orang lain untuk memenuhi hak tersebut. Bila hak yang tidak berkaitan dengan kewajiban maka hal tersebut bukan hak.HUBUNGAN ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN Para ahli filsuf berpendapat bahwa selalu ada hubungan timbal balik antara hak dan kewajiban yang disebut “teori korelasi”.

TEORI TENTANG HAK DAN INDIVIDULALISME Teori tentang hak sebagian besar mengandung suatuindividualisme yang merugikan solidaritas dalam masyarakat. . Hal pada itu individualisme.Menggarisbawahi hak berarti menempatkan individu diatas masyarakat. Tidak bisa disangkal bahwa hak-hak mempunyai disebabkan karena hak-hak itu didasarkan atas harkat individu sebagai manusia. Tekanan pada hak dinilai sama manusia dengan memberi ciri-ciri keistimewaan individual.

artinya pandangan bahwa negara mempunyai kuasa absolut terhadap para warganya. Yang ditolak dalam hak manusia itu adalah totalitarisme.Mengakui hak-hak manusia tidak sama dengan menolak atau mengganti masyarakat itu dengan suatu kumpulan individu-individu tanpa hubungan satu sama lain. . Hak-hak manusia bertujuan untuk menjamin agar negara tidak menindas individu-individu.

Hak-hak manusia tidak melepaskan orang dari sosialitasnya. tapi sebaliknya menciptakan kemungkinan bahwa seseorang menjalin hubungan dengan orang lain. .Hak-hak tidak mengasingkan manusia dari kehidupan sosial. tapi sebaliknya merupakan syarat untuk membentuk kehidupan sosial yang sungguh-sungguh manusiawi.

ia juga bisa melepaskan haknya apabila ia mau. Hak bukan hanya ada pada orang dewasa tetapi juga pada anak bahkan fetus. Yang memiliki hak pada prinsipnya juga tahu bahwa ia memiliki hak. Hanya makhluk yang memiliki kesadaran dan dapat menyebut diri “aku”. Akibatnya. bisa dianggap sebagai pemilik hak.SIAPA YANG MEMILIKI HAK? Manusia merupakan subyek hak dalam arti yang sebenarnya. Namun yang membedakan adalah jenis-jenis hak apa yang dimiliki oleh individu. Hak setiap setiap manusia itu pada prinsipnya adalah sama. .

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->