Jenis-Material Bahan

a. Material Bahan Lantai
Lantai merupakan salah satu unsur pembentuk rumah dan menentukan identitas suatu rumah. Jenisnya pun sangat beragam dengan harga yang beragam pula sesuai dengan desain dan kebutuhan. Secara umum bahan penutup lantai yang ada di pasaran dapat dibenakan menjadi 2 katagori yaitu jenis lantai alami dan buatan. Bebatuan yang dipotong seperti marmer, granit dan limestone merupakan lantai alami. Sedangkan semen, keramik, dan vinyl dikatagorikan sebagai lantai buatan.

1.Lantai Kayu

Sejak dahulu kayu merupakan bahan bangunan yang umum dan banyak tersedia sehingga dapat digunakan untuk semua elemen bangunan seperti lantai, dinding, konstruksi bangunan dan atap. Lantai kayu sampai sekarang masih menjadi bahan yang popular untuk rumah tinggal karena kesan estetika yang alami serta kemampuannya untuk memberikan kehangatan di dalam ruang. Kayu yang fleksibel dapat memberikan suasana elegan, klasik, modern maupun kontemporer. Teknologi produksi lantai kayu telah berkembang pesat seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat. Jenis lantai parket yang dikenal secara umum adalah generasi lantai kayu yang menggantikan lantai papan untuk rumah panggung. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut : Parket yang terbuat dari kayu solid atau dikenal dengan Solid Parquet Parket yang terbuat dari kayu asli dengan teknologi layer untuk mencapai tingkat kestabilan yang sempurna dikenal dengan engineer parquet Parket yang bahannya terbuat dari bubuk kayu ( MDF ) dan diberi lapisan bertekstur kayu pada permukaannya.

Adapula kelebihan lantai kayu adalah dapat member kesan hangat pada ruangan, perawatannyapun relative mudah apabila salah satu lantai rusak lantai bias langsung diganti, dari segala kelebihan yang ditawarkan lantai kayu, lantai kayu juga mempunyai kekurangan yaitu, daya tahan terhadap api renda, serta mudah rusak jika terkena air yang berlebih, selain itu harganyapun relative cukup mahal.

1

000 / 2 . 3. 100. Lantai marmer sangat kuat dan tidak getas cocok untuk menahan beban yang berat.Lantai Marmer dan Granit Jenis lantai ini merupakan bahan tambang yang langsung diambil dari alam. Namum perawatannya lebih sulit dibandingkan jenis lantai lainnya. Marmer bersifat dingin sehingga dapat menyejukan suhu di dalam ruangan. Tampilannya pun sangat mewah dengan beragam motif dan corak.Lantai Keramik Keramik adalah jenis penutup lantai yang paling popular digunakan di Indonesia. Ketersediaannya di alam yang terbatas menyebabkan harganya sangat mahal di pasaran. 25. Lantai granit pada prinsipnya hampir sama dengan marmer. Pengolahannya hanya memerluakan proses pemotongan dan penghalusan saja. Ketersediaan jenis batuan ini di alam lebih langka menyebabkan harganya juga lebih mahal dari marmer. hanya secara kasat mata warnanya lebih gelap. Marmer dan granit merupakan jenis batuan yang terbentuk dalam waktu ratusan tahun dan tidak dapat diperbaharui. dari yang murah sekitar Rp.000 / m2 sampai yang harganya diatas Rp. Ini disebabkan karena harganya yang sangat variatif.2.

polos. Harganya pun variatif berkisar antara Rp. Dibagian bawahnya terdapat lem yang mudah direkatkan pada lapisan plesteran atau lantai keramik. Keramik interior biasa digunakan di dalam ruangan sedangkan lantai exterior biasa digunakan pada teras rumah karena ketahanannya terhadap iklim. Perawatannyapun sangat mudah. Material ini sangat kuat. Kalau sudah bosan anda tinggal melepasnya dan menggantinya dengan motif lain. dinding pun tampak lebih indah jika dilapisi keramik.Lantai Karpet Lantai karpet dapat dibagi menjadi 2 jenis. Penggunaanya pun tidak hanya untuk lantai. 5. Yang pertama adalah karpet satuan yang biasa dipakai sebagai aksen pemanis ruangan.000.Lantai Vinyl Lantai ini sangat praktis untuk mengubah tampilan ruangan.000 – 350. Lantai vinyl tersedia dalam vinyl tile ( kotak atau persegi) dan vinyl sheet (bentuk gulungan/rol). serat kayu dan masih banyak lagi. Adapula jenis-jenis keramik yaitu keramik interior dan keramik exterior. Motif warna dan ukuran keramik pun sangat beragam dari motif marmer. 60. Pemasangannya sangat mudah sehingga bisa dilakukan sendiri.m2. Banyak digunakan sebagai alternative lantai parket karena harganya lebih murah dan tahan rayap. Hampir sama dengan lantai keramik. Motif dan warnanya sangat beragam dengan bahan baku yang beragam 3 . tahan api dan air sehingga banyak juga digunakan di bangunan-bangunan publik. 4.

Dinding dari pasangan batu bata umumnya dibuat dengan ketebalan ½ batu dan minimal setiap jarak 3 m diberi kolom praktis sebagai pengikat dan penyalur beban. Ukuran yang biasa ada di pasaran adalah 25 x 12 x 5 cm atau kurang. Salah satu yang memakan biaya dan waktu dalam pembuatan rumah adalah pembuatan dinding. Lantai jenis ini hanya cocok dipakai di daerah subtropis atau ruangan yang memakai AC/pendingin udara. Mungkin juga anda ingin memadukan berbagai jenis lantai ini pada rumah anda. Ini dimaksudkan agar kita bisa mendapatkan material yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang kita punya. Semua tergantung bentuk desain dan selera anda. 4 . Material Bahan Dinding Sebelum membangun rumah atau renovasi kita perlu membuka wawasan kita seluas-luasnya tentang material bangunan. Ukurannya pun barmacam-macam dengan bentuk kotak. Banyak lagi alternative material untuk lantai yang tidak dapat saya tuliskan satu persatu.pula. Kita sering menemuinya di kantor atau kamar hotel. persegi ataupun lingkaran. Kelebiahannya adalah kesan hangat dan kemudahan pemasangannya. Perawatannya pun lebih mahal harus memakai penyedot debu atau dibawa ke dry cleaning. Bahan baku tanah liat yang mudah didapat dan proses pembuatan yang sederhana membuat harganya menjadi relatif murah. Lantai karpet lebih sulit dibersihkan jika terkena noda dan cairan dibanding jenis lantai yang lain. Cocok juga untuk tempat bermain anak karena permukaannya yang tidak keras. B. Dinding merupakan suatu elemen penting sebuah rumah yang berfungsi untuk memisahkan atau membentuk ruang. Hampir di setiap tempat bahkan pelosok desa terdapat pembuat batu bata. Dinding dapat dibuat dari bermacam-m acam material sebagai berikut : Dinding Batu Bata Material ini paling banyak digunakan di Indonesia. Dinding batu bata biasanya dipakai sebagai konstruksi non struktural yang tidak menahan beban. Jenis kedua adalah karpet yang secara permanen ditempel pada lantai seluruh ruangan.

dimensi yang lebih besar dan berlubang dapat menghemat 75% plesteran dan 50% beban dinding. Namun pekerjaan pemasangan yang cepat dapat menghemat upah tukang 5 .Dinding Batako. alternatif pemakaian batako banyak digunakan di banyak tempat. Ukurannya yang presisi juga hanya membutuhkan speci yang sangat tipis. Dari segi harga sampai saat ini masih lebih mahal dari batu bata. Kelebihannya adalah bobotnya yang jauh lebih ringan dari batu bata ataupun batako. Kekuatannya tentu lebih rendah dari pada batu bata. Selain harganya lebih murah per meternya. Batako yang berkualitas rendah akan mudah pecah karena kadar semen y ang sedikit. Dan tentu saja pelaksanaan pekerjaannya pun menjadi lebih cepat.7 cm menjadikan pekerjaan dinding cepat selesai. Dinding Bata Ringan Bata ringan adalah salah satu jenis beton ringan aerasi yang mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1995. Untuk menghemat biaya pembangunan rumah. Ukuran yang umum di pasaran adalah 40 x 20 x 10 atau kurang. Dimensi yang besar yaitu 60 x 20 x 10/7. Batako terbuat dari campuran tras. kapur. Kelebihan yang lain adalah kemamampuannya untuk menahan panas dan suara. pasir dan semen. Biasa digunakan untuk bangunan bertingkat untuk mengurangi pembebanan sehingga biaya pondasi menjadi lebih kecil.

Dinding kaca Seiring dengan meningkatnya produksi dan teknologi bahan kaca. Dinding kaca bisa membuat rumah terlihat lebih luas dari aslinya. Kelebihan dinding ini adalah unt uk menciptakan suasana yang hangat dan natural. Kayu lebih mudah lapuk jika terkena panas dan hujan. Namu sekarang kaca merupakan bagian dari desain eksterior maupun interior rumah. Dinding papan kayu juga bisa digunakan pada bangunan konstruksi rangka kayu. Belum lagi serangan rayap untuk daerah tropis seperti negara kita ini. mungkin jarang sekali rumahyang memakai dinding jenis ini. Kecuali untuk rumah-rumah di pedesaan atau rumah-rumah yang sengaja desainnya bergaya country. Namun perawatannya lah yang sulit.Dinding Kayu Karena langka dan mahalnya kayu dewasa ini. Dulu mungkin kita hanya memakai kaca di rumah untuk jendela ataupun pintu. penggunaan kaca sebagai bahan konstruksi rumah pun meningkat dari tahun ke tahun. Halaman rumah yang 6 . Suasana di dalam rumah pun akan lebih sejuk.

Rumah sebagus apa pun kalau atapnya bocor tentu akan membuat pusing pemiliknya. Selain itu. Ingatlah bahwa tidak semua bahan cocok untuk rumah Anda dan masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. dan gypsum atau multiplex untuk dinding bagian dalam. 7 . GRC atau Fiber Cement ( Kalsiboard ) untuk dinding bagian luar. dingin. Rangkanya terbuat dari besi hollow atau baja ringan. metal cladding. Namun perlu dipertimbangkan juga jik a dinding kaca langsung terkena sinar matahari yang akan membuat udara dalam rumah menjadi panas. anda bisa mengganti dinding konvensional dengan dinding partisi lembaran. angin. Karena itu. Produk-produk baru selalu bermunculan untuk menggantikan yang lama denganmaterial yang lebih unggul dan memenuhi tuntutan teknik dan estetika bangunan baru.hijau dan asri pun dapat dilihat dari dalanm rumah yang menyebabkan suasana menjadi lebih alami dan sejuk. contohnya. Karena bobotnya yang lebih ringan system dinding ini cocok digunakan pada bangunan yang berdiri diatas tanah berdaya dukung rendah. Macamnya juga banyak. Ada banyak pilihan bahan untuk atap rumah. dan pengaruh cuaca lainnya. Keuntungan lainnya adalah tahan gempa dan harganya pun lebih murah dari dinding konvensional. penting sekali untuk memilih jenis atap yang tepat untuk rumah Anda. atap berperan melindungi isi rumah dari panas. Dinding lembaran (Cladding) Bila anda menginginkan pembuatan dinding dengan cepat. hujan. Material Bahan Atap Atap adalah salah satu bagian rumah yang paling terlihat dari luar dan sangat menentukan penampilan rumah. Berikut adalah beberapa jenis bahan untuk atap rumah yang paling populer.

Setiap lembar sirap memiliki warna. lebih sulit dipasang dibandingkan dengan genteng sehingga kualitas atap sirap sangat tergantung pada kecakapan tukang yang memasangnya. Atap Sirap Sirap biasanya dibuat dari kayu besi/kayu ulin tua yang tahan cuaca. rentan terhadap bahaya kebakaran bila tidak diproses dengan lapisan antipanas. a. Atap Genteng Tanah Liat 8 . sirap memiliki beberapa kelemahan:    membutuhkan perawatan dan perbaikan teratur agar bisa bertahan lama. kini sudah jarang orang menggunakan sirap sebagai penutup atap. Sirap juga membuat rumah terasa sejuk karena tidak menyerap panas dan memberikan sirkulasi udara yang bagus bagi atap. Namun. Karena mahal dan langkanya bahan serta berubahnya preferensi konsumen. Pelapukan dan serangga dapat memperpendek usia sirap.a. lebar. ketebalan dan potongan yang unik sehingga terlihat alami.

Namun. b. genteng tanah liat sangat sedikit memerlukan perawatan. Genteng tanah liat memiliki beberapa kelemahan:     genteng tanah liat dapat sangat berat sehingga membutuhkan papan pendukung yang lebih kuat. Bila jenis material dan pemrosesannya bagus. Genteng metal juga ramah lingkungan karena terbuat dari material yang dapat didaur ulang. genteng metal tidak membutuhkan dudukan atap yang kuat. genteng beton atau genteng tanah liat. anti api dan bebas perawatan. warna genteng dapat memudar atau menghitam setelah sekian lama. terbuat dari logam antikarat. Berbeda dengan seng yang biasa kita kenal. Karena berbobot ringan. genteng metal memantulkan panas sehingga menjaga rumah tetap sejuk. sesuai namanya. Genteng jenis ini sangat awet karena tidak dapat lapuk. relatif rapuh. hal itu sebanding dengan keawetannnya. Genteng jenis baru yang diproses dengan suhu tinggi dan berglazur warnanya lebih permanen. d apat pecah bila Anda menginjaknya. Genteng Metal Genteng metal. 9 . Genteng jenis ini juga awet. Kelemahan utama genteng metal adalah harganya yang sangat mahal dibandingkan alternatif lain. Bentuknya bisa dibuat seperti sirap. terbakar atau dirusak serangga.Genteng tanah liat dengan bermacam variasinya merupakan bahan atap yang paling banyak dipakai. Hal ini membuat perawatannya lebih sulit.

10 .kurang menarik secara penampilan dan mudah terhempas angin. d. Genteng beton sanget awet karena tahan api. Genteng Seng Seng adalah bahan penutup atap yang murah . Genteng Beton Genteng beton biasanyandibuat dari semen yang di perkuat dengan serat dan aditif tertentu.c. kelemahan utama genteng beton adalah bobotnya yang berat ( lebih berat dari genteng tanah liat ) dan harganya lebih mahal.ringan dan tahan lama .logam tipis dan material lainya. kelemahan seng adalah sifatnya yang menahan panas .bentuk dan warnanya yang variatif juga menarik secara penampilan .enamel .berkarat . seng terbuat dari lembaran logam tipis bergelombang yang diikat satu sama lain dengan paku . Beberapa produk dilapisi dengan plastic. pelapukan dan serangga .

ringan dan tahan lama . sehingga membuat rumah lebih sejuk. 11 . Genteng Asbes Asbes memiliki karakteristik seperti seng yaitu murah .e.kelemahan asbes adalah penampilan nya yang tidak menarik. tidak seperti seng . asbes tidak menyerap panas . mudag retak bila terinjak dan dapat membahayakan kesehatan (memicu timbulnya kanker paru mesothelioma).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful