ANALISIS SWOT KEPEMIMPINAN DI SMA KRISTEN 1 TOMOHON

OLEH: SELVIE J. POLUAN

DOSEN PEMBIMBING: Prof. DR. SJ. PASANDARAN, MPd.

dimana seseorang belum tentu bersedia untuk mengerahkan segenap potensi yang dimilikinya untuk mencapai hasil yang optimal. ketidakakuratan informasional. Hal tersebut dilakukan bersama-sama dengan orang-orang yang . keputusan-keputusan penempatan. Kepemimpinan Hill dan Caroll (1997) berpendapat bahwa. perbaikan prestasi kerja. Kegiatan ini dapat memperbaiki keputusan-keputusan personalia dan memberikan umpan balik kepada para pegawai tentang pelaksanaan kerja mereka. dan produktif atas berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi zamannya. Struktur organisasi adalah kerangka atau susunan unit atau satuan kerja atau fungsi-fungsi yang dijabarkan dari tugas atau kegiatan pokok suatu organisasi. kesempatan kerja yang adil dan tantangan-tantangan eksternal.PENDAHULUAN Penilaian prestasi kerja (performance appraisal) adalah proses melalui mana organisasi-organisasi mengevaluasi atau menilai prestasi kerja pegawai. perencanaan dan pengembangan karier. kesalahan desain pekerjaan. kepemimpinan dapat diartikan sebagai kemampuan mendorong sejumlah orang (dua orang atau lebih) agar bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terarah pada tujuan bersama. Faktor-faktor tersebut adalah: 1. kebutuhan latihan dan pengembangan. Kegunaan-kegunaan penilaian prestasi kerja dapat dirinci sebagai berikut. Fungsi utama pemimpin pada zaman mana pun ia beperan adalah memberikan jawaban secara arief. dalam usaha mencapai tujuannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pemimpin yang dimiliki seseorang adalah merupakan potensi. penyesuaian-penyesuaian kompensasi. penyimpangan-penyimpangan proses staffing. efektif.

serta dengan nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban yang menghikmati kehidupan masyarakat bangsa bahkan bangsa-bangsa 2. agar mau bekerja sama secara produktif. supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal. sesuai dengan posisi dan peran masing-masing dari dan dalam organisasi yang dipimpinnya. menyalurkan dan mendukung perilaku manusia. . 3. Kinerja Kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan. Mathis & John H. Motivasi Hasibuan (2000: 142) motivasi adalah pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan seseorang agar mereka mau bekerja sama. bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan. Kinerja karyawan adalah yang mempengaruhi seberapa banyak mereka memberi kontribusi kepada organisasi. berhasil mencapai dan mewujudkan tujuan yang telah ditentukan. Jackson. Pentingnya motivasi karena motivasi adalah hal yang menyebabkan. 2002:78). Perbaikan kinerja baik untuk individu maupun kelompok menjadi pusat perhatian dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi (Robert L. Jadi motivasi mempersoalkan bagaimana caranya mengarahkan daya dan potensi bawahannya.dipimpinnya.

Indah. 7. 6. Mengupayakan dana operasional dan bantuan dalam pengembangan sekolah. TUJUAN SEKOLAH : 1. berdisiplin. Identifikasi Tantangan Nyata yang dihadapi Sekolah. Donator yang peduli pendidikan. 9. 2. Melaksanakan Inovasi dalam Proses Pembelajaran. Meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik. 6. Meningkat Prestasi Ekstra Kurikuler. Misi Dan Tujuan Sekolah a. Mewujudkan lingkungan sekolah yang Bersih. 5. 8. VISI : “Terwujudnya manusia yang beriman. 5. kreativitas dan kecakapan / ketrampilan informatika dan Teknologi. 4. Menerapkan manajemen berbasis sekolah. Penelitian Remaja. para alumni. 4. bermoral dan berdisiplin dan berbudi pekerti. Aman. berkualitas. berdisiplin dan mandiri. Membentuk kepribadian peserta didik yang beriman. menyenangkan dalam semangat kekeluargaan. 2. MISI : 1. mampu hidup mandiri dan berkompetisi dalam pembelajaran yang menyenangkan dan demokratis. 10. kreatif. 3. peduli dan berbudaya lingkungan. Meningkat sarana penunjang pembelajaran.PROFIL SEKOLAH SMA KRISTEN 1 TOMOHON Visi. Menumbuhkan semangat kerjasama dengan orang tua murid. 3. 2. Membentuk kepribadian siswa yang beriman. Menciptakan koordinasi dengan instansi yang terkait dan berkompeten. Meningkat Prestasi akademik dan kemampuan berbahasa. Meningkat minat baca. . Mengembangkan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah yang demokratis. Menumbuhkembangkan minat baca. Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan belajar efektif dan bermutu. c. partisipatif transparan dan akuntabilitas.” b.

Memiliki sarana Teknologi Informasi yang memadai STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH YAYASAN Kepala Sekolah Dinas Diknas Komite Sekolah Kepala Tata Usaha Bendahara Sekolah Wakasek Bid Kurikulum Wakasek Bid. a. Capaian rata-ratai nilai ujian nasional tahun pelajaran 2011/2012. Memiliki kelompok lomba/Olimpiade Matematika. Kesiswaan Wali Kelas Siswa . Ekonomi dan Astronomi c. e.29 Capaian prestasi non-akademik belum maksimal Komitmen dan profersionalisme guru belum optimal Perangkat Pembelajarn. Humas Wakasek Bid. c. Bahasa Inggris. media dan sarana pendukung masih kurang Biaya Pendidikan belum memadai Sasaran. 3. rata-rata 8.50 b. b. Komputer. d. Sarana Prasarana Wakasek Bid.a. Memiliki Tim Kesenian paduan suara sekolah tingkat propinsi e. Memiliki prestasi akademik rata-rata Ujian Nasional 8. Memiliki Tim Bola Volly dan Basket finalis tingakt propinsi d.

Sistem renumerasi/ penggajian yang lebih baik dan berorientasikan volume pekerjaan. . 1. c. Latar belakang pendidikan. program dan pelaksanaan kegiatan. Jaringan komputer yang baik untuk intranet dan internet a. Sarana dan prasarana sekolah yang cukup memadai b. d. Menjadi sorotan publik yang makin kritis sehingga dapat menjatuhkan kredibilitas sekolah c. Lokasi sekolah kurang memadai untuk pengembangan saran dan prasarana b. Keahlihan dan keterampilan pegawai yang cukup handal b. Prestasi yang semakin meningkat 4. Kelemahan a. Sebagaian Guru Mata Pelajaran mengajarkan Mata Pelajaran yang tidak sesuai dengan keahliannya 3. Tenaga Pengajar yang memadai . Peluang a. Dikenal di seluruh daerah di Sulawesi Utara f. Adanya persaingan prestasi antar sekolah dapat mengakibatkan munculnya praktek – praktek yang tidak sehat antar sekolah. Sarana penunjang pelaksanaan Kegiatan Belajar dan Mengajar belum memadai d. b. Untuk mengoptimalkan kekuatan dan menganalisa kelemahan dalam menunjang perumusan kebijakan.Analisa SWOT Lingkungan internal berpengaruh terhadap kinerja pembangunan yang secara umum dapat dikendalikan secara langsung. Jumlah siswa yang banyak g. Banyaknya siswa lulusan SMP yang ingin melanjutkan di SMA Kristen 1 Tomohon b. Ancaman a. Kekuatan a. Pimpinan sekolah yang sangat kondusif dalam mendukung kinerja guru dan pegawai sekolah c. Masih terdapat tenga pendidik yang belum memiliki sertifikat profesi. Penyelenggaraan in house training untuk kasus – kasus tertentu sering dilakukan. 2. e. Banyaknya sekolah sederajat yang ada disekitar.