BAB I PENDAHULUAN 1.1.

Latar Belakang Masalah Perkembangan komputer saat ini sangatlah berperan penting diberbagai bidang usaha terutama kemampuanya yang baik dalam mengolah data dan informasi. Apalagi pada saaat ini, komputer amat penting untuk memudahkan pekerjaan kita. Di era sekarang ini teknologi sudah sangat maju, komputer pun mempunyai peranan yang sangat penting. Semua bidang profesi sangat membutuhkan komputer, seperti dalam dunia perdagangan telah mengalami perubahan yang sangat besar, karena adanya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Akibatnya, cara hidup dan pola fikir manusia mengalami perubahan menjadi lebih moderen sesuai dengan keadaan sekarang ini. Distributor CNI Cabang Tasikmalaya dalam keseharian kegiatannya dalam mengurus pekerjaan dan pegawainya cukup baik akan tetapi distributor ini masih terdapat permasalahan yang perlu dicarikan solusinya diantaranya adalah sebagai berikut : 1. Distributor CNI Cabang Tasikmalaya melakukan pencatatan barang masuk secara manual dan itu menjadi permasalahan pokok yang dialami Distributor CNI Cabang Tasikmalaya karena pengolahan data penjualan

1

1. Pencatatan barang keluar masih manual dan menggunakan Microsoft Excel. dalam penulisan ini dapat diidentifikasikan sebagai berikut : 1. Sesuai dengan permasalahan diatas. 3. Bagaimana perancangan program penjualan produk CNI dan penghitungan member pada Distributor CNI Tasikmalaya. Pelaporan keuangan masih manual dan menggunakan Microsoft Excel. Bagaimana penjualan produk CNI dan penghitungan point member pada Distributor CNI Tasikmalaya. .0 PADA DISTRIBUTOR CNI CABANG TASIKMALAYA”. Penghitungan point member masih menggunakan manual.2 dan distribusi secara manual memerlukan waktu yang cukup lama sehingga waktu yang ada menjadi tidak efektif dan efisien. 4. maka untuk itu penulis sangat tertarik untuk membahasnya dalam tugas akhir yang berjudul : “PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN PRODUK CNI DAN PENGHITUNGAN POINT MEMBER DENGAN VISUAL BASIC 6. 2. 2.2 Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang masalah diatas.

4. Batasan Masalah Permasalahan yang dibatasi dalam pembuatan tugas akhir ini yaitu dalam perancanngan program penjualan produk dan penghitungan point member dengan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.4. Bagaimana kesesuaian program penjualan produk CNI dan penghitungan member dengan kebutuhan Distributor CNI Cabang Tasikmalaya.3 3. . Perancangan program penjualan produk CNI dan penghitungan member pada Distributor CNI Tasikmalaya. Bahasa pemrograman menggunakan Microsoft Visual Basic 6.3. Sistem penghitungan point member menggunakan Microsoft Visual Basic 6. 1. Upaya apa saja yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam perancangan program penjualan produk CNI pada Distributor CNI Tasikmalaya.0 3.0. Hambatan apa saja yang dihadapi dalam perancangan program penjualan produk CNI dan penghitungan member pada Distributor CNI Tasikmalaya. 5.0 1. Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : 1.0 2. Adapun batasan-batasan dalam masalah ini sebagai berikut : 1. Sistem penjualan barang menggunakan Microsoft Visual Basic 6.

b. Kesesuaian program penjualan produk CNI dan penghitungan member dengan kebutuhan Distributor CNI Cabang Tasikmalaya. Hambatan yang dihadapi dalam perancangan program penjualan produk CNI dan penghitungan member pada Distributor CNI Tasikmalaya. Hasil penelitian yang telah disusun dalam bentuk tulisan karya ilmiah. dapat dipergunakan sebagai bahan dalam penelitian lebih lanjut di masa yang akan datang. Penjualan produk CNI dan penghitungan point member pada Distributor CNI Tasikmalaya. 3. Sebagai sumbangan penting dan memperluas wawasan bagi kajian ilmu akuntansi dalam mengelola data penjualan sehingga dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk pengembangan penelitian dimasa yang akan datang. 1. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam perancangan program penjualan produk CNI pada Distributor CNI Tasikmalaya. . Kegunaan Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoritis maupun praktis. 4. 5. Kegunaan Teoritis: a.5. 1.4 2.

Kegunaaan Praktis. 2. Menambah konsep baru yang dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam penelitian lebih lanjut bagi pengembangan ilmu teknik informatika. a. c. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai tolak ukur kinerja Distributor CNI Cabang Tasikmalaya. d. Menambah literatur dan informasi bagi yang memerlukan mengenai Penjualan dan Penghitungan Point Member CNI khususnya di Cabang Tasikmalaya. b. Dapat memberikan sumbangan penting serta memperluas kajian ilmu mengenai penjualan produk.5 c. . Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan informasi bagi pimpinan Distributor CNI Cabang Tasikmalaya.

Wawancara Metode penelitian cara ini adalah dengan mengadakan tanya jawab atau wawancara dengan staff dan pembimbing di Distributor CNI Cabang Tasikmalaya.1. Observasi Observasi. yaitu melakukan penelitian dan pengamatan secara langsung mengenai kegiatan dan keadaan perusahaan.6. Metode Analisis Data Pelaksanaan pengumpulaan data dalam menyusun laporan. Studi Pustaka Metode penelitian cara ini adalah dengan mempelajari bahan pembahasan yang ada hubungannnya dengan masalah yang dihadapi atau ditangani. 1.2. dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: . 1. b. Metode ini adalah metode penelitian dengan cara mengenal. Metode Pengembangan Sistem Dalam pembuatan program ini penulis menggunakan metode waterfall. c. dilakukan dengan cara : a.6.6. Metode Penelitian Metodologi penelitian yang digunakan meliputi metode pengumpulan data dan metode pengembangan sistem.6 1.

Identifikasi Masalah 2. Analisis 3. Pengujian 6. Perawatan Berikut digambarkan metode waterfall: Identifikasi Masalah Analisis Perancangan Pengkodean Pengujian Perawatan Gambar 1.1 Metode Waterfall . Pengkodean 5. Perancangan 4.7 1.

batasan masalah.8.Sistematika Penulisan Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dalam membahas masalah proposal ini. diperlukan suatu pembahasan secara sistematika yang terbagi dalam bab demi bab sehingga akan memudahkan bagi pembaca untuk memahami serta mengambil suatu kesimpulan dari apa yang penulis bahas. tujuan dan kegunaan . Kemudian penulis membagi dan mengelompokkannya menjadi 5 (lima) bab yang secara garis besar adalah sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Pada bab ini merupakan pendahuluan yang menguraikan tentang latar belakang.8 1. identifikasi masalah. Waktu dan kegiatan penelitian dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan September sampai dengan bulan Nopember 2012 dengan jadwal sebagai berikut : Tabel 1.7.1 Waktu Penelitian Kegiatan Persiapan Penelitian Observasi Lapangan Penyusunan Proposal Penelitian Perancangan Implementasi September 2012 Bulan Oktober 2012 November 2012 1.Lokasi dan Waktu Penelitian Penelitian dilakukan pada Distributor CNI Tasikmalaya.

BAB II LANDASAN TEORI Pada bab kedua ini menguraikan tentang landasan teori mengenai sistem.9 penelitian. sehingga pada bab ini akan diuraikan mengenai sejarah singkat. analisis hasil penelitian. tugas dan fungsi dan struktur organisasi dari obyek penelitian. BAB III GAMBARAN UMUM OBYEK PENELITIAN DAN ANALSIS SISTEM Pada bab ketiga ini penulis memberikan gambaran secara jelas tetapi singkat dan padat tentang obyek atau tempat penelitian dilakukan (research site). kemudian memberikan saran sebagai implikasi hasil penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan penggunaan praktis. aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini. database.serta sistematika penulisan. BAB IV : PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI Pada bab ini penulis akan membahas tentang hasil penelitian. metode penelitian. BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN Pada bab ini merupakan bab terakhir yang memberikan kesimpulan sebagai pernyataan singkat dan tepat yang dijabarkan dari hasil penelitian dan pembahasan. waktu dan tempat penelitian. . dan pembahasan yang menginterpretasikan hasil penelitian guna menggambarkan fenomena yang terjadi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times