P. 1
Cara Berkomunkasi Orang Buta Dengan Orang Bisu

Cara Berkomunkasi Orang Buta Dengan Orang Bisu

|Views: 595|Likes:
Published by Parha Parha Parha

More info:

Published by: Parha Parha Parha on Jul 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2015

pdf

text

original

Cara berkomunkasi Orang buta dengan orang bisu

Cara komunikasi bagi orang bisu menggunakan bahasa isyarat(Kalau d hongkong namanya sau yi) Cara komunikasi bagi orang buta ada yg dengan isyarat dan pendengarannya. Kalau mereka bertemu biasanya banyak yg menggunakan bahasa isyarat dan untuk saling mengerti atau memahami keduanya tentu dg kepekaan perasaannya dlm merespon. Keduanya biasanya juga ada pembimbingnya agar lebih mempermudah pemahaman masing2. Tuna netra adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra penglihatannya. Berdasarkan tingkat gangguannya/kecacatannya Tunanetra dibagi dua yaitu buta total (total Blaind) dan yang masih mempunyai sisa penglihatn (Low Visioan). Alat bantu untuk mobilitasnya bagi tuna netra dengan menggunakan tongkat khusus, yaitu berwarna putih dengan ada garis merahhorizontal. Akibat hilang/berkurannya fungsi indra penglihatannya maka tunanetra berusaha memaksimalkan fungsi indra-indra yang lainnya seperti, perabaan, penciuman, pendengaran, dan lain sebaginya sehingga tidak sedikit penyandang tuna netra yang memiliki kemampuan luar biasa misalnya di bidang musik atau ilmu pengetahuan. Huruf Braille Huruf Braille adalah huruf timbul yang khusus digunakan untuk para penyandang tuna netra. Huruf ini terdiri dari kumpulan titik-titik yang disusun sedemikian rupa untuk menggantikan huruf biasa. Penulisannya pun menggunakan mesin ketik khusus Braile. Namun untuk penghitungan, penyandang tuna netra dapat menggunakan sempoa. Bisu adalah ketidakmampuan seseorang untuk berbicara. Bisu disebabkan oleh gangguan pada organ-organ seperti tenggorokan, pita suara, paru-paru, mulut, lidah dsb. Bisu umumnya diasosiasikan dengan tuli.

Sebagian dari kita tidak dikarunia panca indra yang sempurna. Kalau kita cermati, orang yang tuli sejak lahir sudah pasti bisu. Ya iyalah.. gak ada input ya gak ada output. Gimana mereka bisa belajar ngomong kalau gak bisa mendengarkan. Alhamdulillah saya diberikan karunia besar diberikan panca indra yang sempurna. Sekarang bagaimana caranya berbicara dengan mereka?.

Untuk berbicara dengan mereka, kita harus menggunakan ASL. Apaan pula tuh. Itu American Sign Language, pengkodean huruf dengan jari yang sudah distandarkan secara internasional agar semua orang didunia mempunyai persepsi yang sama dengan kodenya. Seperti apa sih abjadnya. Silahkan simak gambar berikut:

pada peragaan ini juga diperlukan isyarat mimik muka (ekpresi CARA BERKOMUNIKASI DENGAN ORANG BUTA susah juga ya kalau bicara dengan orang buta.berikut ini berbagai macam cara berkomunikasi dengan orang buta : * menjelaskan identitas * menghadap wajahnya(biar jelas) *Encode into speech all meaning(segala penglihatan penginderaan di ganti dengan pendengaran) *use audible turn-taking cues *use normal vocabulary(penggunaan bahasa yang normal-normal saja) ..Selain isyarat jari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->