P. 1
Perdes 05 ( Pemeliharaan Hewan Ternak )

Perdes 05 ( Pemeliharaan Hewan Ternak )

|Views: 1,492|Likes:
Published by Gersamata_Berlian
Balansiku
Balansiku

More info:

Published by: Gersamata_Berlian on Jul 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/05/2014

pdf

text

original

PEMERINTAH KABUPATEN NUNUKAN KECAMATAN SEBATIK

DESA BALANSIKU
Jl. H.Kambolong RT.03 Dusun 02 Mallekana Kode pos 77432

PERATURAN DESA BALANSIKU NOMOR 05 TAHUN 2013 TENTANG PEMELIHARAAN HEWAN TERNAK DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA KEPALA DESA BALANSIKU, Menimbang : a. bahwa untuk meningkatkan ketertiban,keamanan dan kenyamanan dilingkungan Desa Balansiku,maka Pemeliharaan Hewan Ternak peril diatur; b. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf a,maka perlu menetapkan Peraturan Desa Balansiku tentang Pemeliharaan Hewan Terank. Mengingat : 1. Undang-Undang nomor 47 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur, dan Kabupaten Bontang, sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2000 tentang perubahan atas Undangundang 47 Tahun 1999 ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000 Nomor 74 tambahan lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3962);

2. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844); 3. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 84,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5015); 4. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 28,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5234); 5. Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa ( Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2005 Nomor 158, Tambahan Lembaran Republik Indonesia Nomor 4587); 6. Peraturan Daerah Kabupaten Nunukan Nomor 18 Tahun 2006 tentang Kewenangan Desa (Lembaran Daerah Kabupaten Nunukan Tahun 2006 Nomor 18 Seri D Nomor 07); 7. Peraturan Daerah Kabupaten Nunukan Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pedoman Pembentukan dan Mekanisme Penyusunan Peraturan Perundangundangan Desa (Lembaran Daerah Nomor 24

Tahun 2006,Tambahan Lembaran Daerah Tahun 2006 Nomor 24 Seri D Nomor 13); 8. Peraturan Daerah Kabupaten Nunukan Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pembentukan Desa Balansiku, Desa Sei. Manurung, Desa Bukit Aru Indah, Desa Padaidi, Desa Lapri, Desa Seberang, Desa Bukit Harapan dan Desa Tanjung Harapan di Kecamatan Sebatik dalam Wilayah Kabupaten Nunukan (Lembaran Daearah Kabupaten Nunukan Tahun 2010 Nomor 3); 9. Peraturan Daerah Kabupaten Nunukan Nomor 3 Tahun 2012 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Lembaran Daerah Kabupaten Nunukan Tahun 2012 Nomor 3).

Dengan Persetujuan Bersama BADAN PERMUSYAWARATAN DESA BALANSIKU dan KEPALA DESA BALANSIKU MEMUTUSKAN :

Mengingat

: PERATURAN DESA BALANSIKU TETANG PEMELIHARAAN HEWAN TERNAK.

BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Dalam Peraturan Desa ini yang di maksud dengan : 1. Desa adalah Desa Balansiku. 2. Pemerintah Desa adalah Kepala Desa Beserta Perangkat Desa. 3. Perangkat Desa adalah pembantu Kepala Desa yang terdiri dari Unsur Staf, Unsur Wilayah dan Unsur pelaksana Teknis. 4. Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) adalah Badan Permusyawaratan Desa Balansiku. 5. Peraturan Desa adalah semua Peraturan yang ditetapkan oleh Kepala Desa setelah mendapat Persetujuan Badan Permusyawaratan Desa ( BPD). 6. Anggaran Pendapatan Desa selanjutnya di sebut APBDes adalah Anggaran Tahunan Program umum Pemerintahan dan Pembangunan Desa yang di Jabarkan dan diterjemahkan Angka-angka Rupiah, yang terdiri dari atas bagian Pendapatan dan Bagian Pengeluaran. 7. Tahun Anggaran Desa adalah sama dengan Tahun Anggaran yang dibuat untuk kurun waktu 12 ( Dua Belas ) Bulan, kecuali jika ditentukan lain berdasarkan Peraturan yang berlaku.

8. Kekayaan Desa adalah segala Kekayaan dan Sumber Penghasilan dari Desa. 9. Bendaharawan Desa yang selanjutnya disebut Bendaharawan adalah seorang yang ditugaskan untuk menerima, menyimpan, membayar atau menyerahkan uang, Surat-surat berharga dan Barang-barang milik Desa serta mempertanggungjawabkannya. BAB II AZAS DAN TUJUAN Pasal 2 Pemeliharaan Hewan Ternak berasaskan Kelestarian Fungsi dan Aspek sumber pendapatan Ekonomi, Kesejahteraan Masyarakat yang berkelanjutan, Pengelolaan yang baik Demokrasi, Keadilan Sosial, Akuntabilitas Publik, serta Kepastian Hukum. Pasal 3 Penyelanggaraan Pemeliharaan Hewan Ternak bertujuan untuk memberdayakan Masyarakat setempat dalam memelihara hewan terna dengan tetap menjaga Keamanan dan Lingkungan hidup dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. BAB III RUANG LINGKUP PEMELIHARAAN Pasal 4 Ruang lingkup Pemeliharaan Hewan Ternak adalah semua Hewan Ternak yang dipelihar aoleh masyarakat yang ada di Sekitar Desa Balansiku. BAB IV STATUS DAN FUNGSI HEWAN TERNAK Pasal 5 Fungsi dari Hewan Ternak : a. Sebagai Sumber Pendapatan Ekonomi Masyarakat. b. Sebagai Alat transportasi dan Tenaga Kerja bagi petani.

c. Sebagai sumber makanan yang bergizi tinggi. d. Sebagai sumber pembuatan Pupuk Organik. BAB V LARANGAN Pasal 6 Diwilayah Desa Balansiku setiap orang atau badan dilarang : a. memelihara Hewan Ternak tanpa mempunyai kandang atau lokasi; b. mengikat Hewan Ternak dijalan karena bisa mencelakakan orang, pengendara atau pengemudi; c. melepaskan Hewan Ternak secara liar;dan d. menjual hewan betina produktif. BAB VI SANKSI - SANKSI Pasal 7 Apabila pemilik Hewan Ternak yang dimaksud melanggar Peraturan Desa ini sehingga dapat merugikan Pihak lain maka : a. Pemilik Hewan bertanggung jawab sepenuhnya. b. Apabila hewan tertabrak oleh kendaraan akibat kelalaian Pemilik Ternak maka yang bertanggungjawab atas cedera atau kematian hewan maka yang bertanggungjawab sepenuhnya pemilik hewan tersebut. c. Pemilik hewan wajib mengganti rugi pihak yang dirugikan yang besarnya ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama yang dimediasi oleh aparat Pemerintah Desa.

BAB VII KETENTUAN PENUTUP Pasal 8 Dengan berlakunya Peraturan Desa ini maka Perturan Desa Nomor 07 Tahun 2011 tentang Pemeliharaan Hewan Ternak dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi.

Pasal 9 Peraturan Desa ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.

Disahkan di PadaTanggal

: DesaBalansiku :

KEPALA DESA BALANSIKU

H.FIRMAN H.LATIF

Di undangkan di Nunukan Pada tanggal ............................ SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN NUNUKAN

TOMMY HARUN BERITA DAERAH KABUPATEN NUNUKAN TAHUN 2013 NOMOR.............

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->