P. 1
Pola Hidup Bersih dan Sehat

Pola Hidup Bersih dan Sehat

|Views: 84|Likes:
phbs
phbs

More info:

Published by: Kartika Soka Rahmita Dachlan on Jul 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/29/2013

pdf

text

original

Sudahkah Anda menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih & Sehat

)
O l e h : d r. K a r t i k a S o k a – P u s k e s m a s s e t u s a t u

PHBS
2

perilaku kesehatan atas kesadaran oleh semua anggota keluarga & masyarakat menolong dirinya sendiri dan berperan aktif dalam kegiatan2 kesehatan di masyarakat

Manfaat PHBS
 Seluruh anggota keluarga & masyarakat menjadi sehat  Anak akan tumbuh cerdas dalam lingkungan yang sehat  Mampu mewujudkan lingkungan yang sehat

 Mampu mencegah dan menanggulangi penyakit dan masalah

kesehatan  Biaya untuk kesehatan (penyakit) dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain

Memberi ASI ekslusif Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan 4 .

Menggunakan air bersih Menimbang bayi dan balita 5 .

Mencuci tangan dengan air bersih & sabun Menggunakan jamban sehat 6 .

Tidak merokok di dalam rumah Memberantas jentik di rumah Makan buah dan sayur setiap hari 7 .

8 fisik setiap hari Melakukan aktivitas .

Sudahkah keluarga anda menerapkan Pola hidup bersih dan sehat ????? .

RUMAH SEHAT .

Tersedia sarana kesehatan lingkungan (jamban sehat.1. Halaman rumah 5. lubang asap) dan pencahayaan 4. air bersih) 2. Ruangan dalam rumah yang cukup luas dan tidak padat penghuninya 3. Jarak antara kandang ternak dan rumah minimal 10 meter . Ventilasi (jendela.

Cara memperoleh rumah yang sehat  Membuat jendela dan lubang angin yang cukup  luas jendela antara 10 – 15% kali luas lantai luas lubang angin 20 % kali luas jendela  jendela di buka pada siang hari Ventilasi yang memenuhi syarat seperti apa?? .

Kandang ternak Jarak antara rumah dan kadang harus 10 meter .

Tanpa air yang cukup dapat mengakibatkan infeksi mata dan kulit menyebar dengan mudah 3. bau menyengat dan menganggu pernapasan 5. kotor. Lubang asap dapur yang tidak memenuhi syarat dapat menimbulkan mata pedih. disentri. bronchitis.Akibat keadaan rumah yang tidak memenuhi syarat kesehatan 1. tipes. Padat penghuni dapat mempermudah penularan penyakit . Ventilasi yang tidak baik menyebabkan udara tidak nyaman. dan tuberkulosis 4. sehingga timbul asma. Air tercemar dapat mengakibatkan peyakit hepatitis. diare 2.

kolera dan tipus .. polia.. 6. Limbah cair dan padat seperti kotoran dan air seni sehingga menjadi sarng lalat dan serangga dan dapat mengakibatkan penyakit infeksi hati. filariasis.Lanjutan. demam berdarah. kaki gajah. tikus sehingga memungkinkan terjadinya penyakit malaria.. Penataan barang yang kurang strategis. masih terdapat barangbarang yang tidak layak dipakai dapat menyebabkan rumah menjadi pengap... menjadi tempat pembiakan nyamuk. Ternak yang tidak bersih bisa menimbulkan penyakit malaria. 7. penyakit kulit 8.. diare.

JAMBAN SEHAT .

Jamban keluarga adalah suatu bangunan yang dipergunakan untuk membuang tinja atau kotoran manusia/najis bagi keluarga yang lazim disebut kakus/WC .

.

letak lubang penampung berjarak 10-15 meter dari sumber air minum. Cukup penerangan 7. 4.Syarat-syarat Jamban Yang Memenuhi Syarat 1. Mudah dibersihkan dan aman penggunannya. Cukup luas dan landai/miring ke arah lubang jongkok sehingga tidak mencemari tanah di sekitarnya. Tidak berbau dan tinja tidak dapat dijamah oleh serangga maupun tikus. Lantai kedap air 8. Tidak mencemari sumber air minum. . Ventilasi cukup baik 9. Dilengkapi dinding dan atap pelindung. 3. 5. 2. dinding kedap air dan berwarna. Tersedia air dan alat pembersih. 6.

Lantai selalu bersih dan tidak ada kotoran yang terlihat 6. tikus dan kecoa tidak ada 7. Tidak ada sampah berserakanan 4. Rumah jamban dalam keadaan baik 5. Di sekeliling jamban tidak ada genangan air 3. Lantai jamban hendaknya selalu bersih dan • • • • • • • kering 2. Lalat. Tersedia alat pembersih 8. Bila ada yang rusak segera diperbaiki .Pemeliharaan jamban • 1.

lantai dan lubang jongkok harus disiram bersiih agar tidak bau dan mengundang lalat. sehabis digunakan. tidak memasukkan bahan kimia dan detergen pada lubang jamban. sehingga tidak membahayakan pemakai.Lanjutan…… • Selain itu ditambahkan juga pemeliharaan jamban keluarga dapt dilakukan dengan : 1. lantai jamban diusahakan selalu bersih dan tidak licin. 4. 3. 5. air selalu tersedia dalam bak atau dalam ember 2. tidak ada aliran masuk kedalam lubang jamban .

Gangguan yang timbul akibat buang air besar di sembarang tempat. BAB di sembarang tempat akan dapat menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan melalui vektor serangga/binatang penular penyakit antara lain : • Diare • Cacingan • Gatal-gatal • Muntaber • Disentri • Polio myelitis • Hepatitis .

Kakus Empang → Dibuat di atas empang/kolam ikan. 3. pada lekukan lehernya terdapat genangan air yang dimaksudkan untuk mencegah bau dan keluar masuknya hewan . dengan maksud kotorannya dapat sebagai makanan ikan. Jamban cemplung/jamban tanpa leher angsa → Kurang aman.Jenis-Jenis Jamban 1. sering terbuka sehingga banyak lalat dan tidak memenuhi syarat kesehatan 2. Jamban leher angsa → Model terbaik.

JAMBAN SEHAT .

Bagian-Bagian Jamban 1. Rumah Jamban (Bangunan bagian atas) a) b) c) d) e) f) Sirkulasi udara yang cukup Bangunan mampu menghindarkan pengguna terlihat dari luar Bangunan dapat meminimalkan gangguan cuaca (baik musim panas maupun musim hujan) Kemudahan akses di malam hari Disarankan untuk menggunakan bahan lokal Ketersediaan fasilitas penampungan air dan tempat sabun untuk cuci tangan .

2. sedangkan pada kondisi jamban berbentuk bowl (leher angsa) fungsi penutup ini digantikan oleh keberadaan air yang secara otomatis tertinggal di didalamnya. c) Penaburan sedikit abu ke dalam sumur tinja (pit) setelah digunakan akan mengurangi bau dan kelembaban. dan membuatnya tidak menarik bagi lalat untuk berkembang biak a) . Slab / Dudukan Jamban (Bangunan Bagian Tengah) Berfungsi sebagai penutup sumur tinja (pit) dan dilengkapi tempat berpijak. b) Jamban cemplung slab dilengkapi dengan penutup.

c) Pada tanah yang kurang stabil. lingkaran. bundar atau yang lainnya. penampung tinja harus dilapisi seluruhnya atau sebagian dengan bahan penguat seperti anyaman bambu. ring beton. batu bata.3. dan lain – lain . Penampung Tinja (Bangunan bagian bawah) a) Dapat berbentuk persegi. b) Kedalaman tergantung pada kondisi tanah dan permukaan air tanah di musim hujan.

TENTUKAN JARAK DARI SUMBER AIR MENURUT KONDISI TANAH .

Pengolahan Air Bersih .

kekeruhan juga dapat mewakili warna. Secara fisik 1) Tidak berasa 2) Tidak berbau 3) Suhu 4) Kekeruhan Kekeruhan air dapat ditimbulkan oleh adanya bahan – bahan organik dan anorganik.2 akan tetapi dapat menyebabkan beberapa senyawa kimia berubah menjadi racun yang sangat mengganggUkesehatan. c. 2) Kesadahan .5 dan lebih besar dari 9.Kualitas air yang baik adalah a. Secara Kimia 1) PH pH yang lebih kecil 6. Secara Biologis Air minum tidak boleh mengandung bakteribakteri penyakit (patogen) sama sekali tidak boleh mengandung bakteri coli melebihi batas–batas yang telah ditentukan yaitu 1 coli/100 ml air b.

.

Mulai dari sekarang kita bahu membahu menciptakan jamban sehat dengan arisan Jamban atau lainnya 3. Mulai pada waktu ini kita mempunyai target waktu kapan kita akan membuat jamban sehat disekitar kita . ikut mendukung dan membantu terciptanya jamban sehat disekitar kita 2.Kita bisa merubahnya dengan 3 Hal : 1. Mulai dari saat ini kita berniat.

.

34 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->