TARIAN ADAT DI INDONESIA

Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia ini saya tulis dengan tujuan agar saya khususnya dan teman-teman pada umumnya agar lebih mengetahui jenis-jenis tarian daerah yang ada di Indonesia. Karena negara kita yang tercinta ini, Indonesia, mempunyai banyak sekali tarian-tarian daerah yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Masing-masing tari daerah mempunyai ciri-ciri dan mempunyai ke-khasan tersendiri dibanding dengan tarian yang lain. Dengan mempunyai banyak sekali tarian daerah yang tersebar di seluruh nusantara, Indonesia merupakan negara terkenal dan terbaik karena kaya akan budaya, kaya akan kesenian dan kaya akan tari-tarian tradisional. Dibawah ini teman-teman bisa melihat berbagai jenis tarian daerah nusantara yang tersebar di berbagai provinsi yang ada di Indonesia. 1. Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.

Tari Seudati Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam

Tari Saman Meuseukat

2. Tari-tarian Daerah Bali Tari legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cuinta Raja dari lasem. Diterikan secara dinamis dan memikat hati.

Tari legong Bali Tari Kecak, sebuah tari berdasarkan cerita dan Kitab Ramayana yang mengisahken tentang bala tentara monyet dari Hanuman dari Sugriwa.

Tari Kecak Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Pencipta/koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi.

Tari Pendet 3. Tari-tarian Daerah Bengkulu

Tari Andun Tari Bidadari Teminang Anak. Tari-tarian Daerah DKI Jakarta Tari Topeng. adalah tari persembahan untuk menghormati tamu negara.Tari Andun. merupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung. Tari Topeng Tari Yopong. . Tari Bidadari Teminang Anak 4. dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati. tarian ini dapat pula diartikan bidadari meminang anak. Tarian adat ini berasal dari Rejang Lebong.

Tari Sekapur Sirih Tari Selampir Delapan.Tari Yopong 5. merupakan tari persembahan. merupakan tari pergaulan muda-mudi dan sangat digemari di daerah Jambi. Tari-tarian Daerah Jawa Barat Tari Topeng Kuncaran. . Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu. merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak. Tari Selampir 6. Tari-tarian Daerah Jambi Tari Sekapur Sirih.

sebuah tarian keraton pada masa silam dengan suasana lembut. Tari Merak 7. Tari Blambangan Cakil . Tari Serimpi Tari Blambangan Cakil. Tari-tarian Daerah Jawa Tengah Tari Serimpi. agung dan menawan.Tari Topeng Kuncaran Tari Merak. mengisahkan perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil (raksasa). Sebuah perlambang penumpasan angkara murka. sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau.

Merupakan suatu tari pergaulan dalam masyarakat Kalimantan Barat. sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa. . Ditarikan pada waktu menyambut para tamu. Tari Remong Reog Ponorogo. Tari-tarian Daerah kalimantan Barat Tari Monong. Reog Ponorogo 9. Tari-tarian Daerah JawaTimur Tari Remong. merupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan.8. kejantanan dan kegagahan. merupakan tari penolak penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali penari berlaku seperti dukun dengan jampi-jampi Tari Monong Tari Zapin Tembung. kepahlawanan.

sebelum pengantin pria dan wanita di persandingkan. Tari Radab Rahayu 11. merupakan tari selamat datang pada tamu agung dengan menyampaikan untaian bunga. di pertunjukan pada upacara tepung tawar.Tari Zapin Tembung 10. Tari-tarian Daerah Kalimantan tengah Tari Tambun dan bungai. Tari Baksa Kembang Tari Radab rahayu. Merupakan tari yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan Bungai Dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat. Tari-tarian Daerah Katimantan Selatan Tari Baksa Kembang. .

Tari-tarian Daerah Lampung. 12. adalah tarian untuk upacar-upacara peradatan. Tarian ini melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat Lampung. Tari yang mempertunjukan dua orang pemuda dalam memperebutkan seorang gadis. Tari perang 13. . Tari Gong Tari perang. Merupakan tarian guna memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit. Tari-tarian : Daerah Kalimantan Timur Tari Gong. Tari Jangget.Tari Tambun dan Bungai Tari Balean Dadas. di pertunjukan pada upacara penyambutan terhadap tatmu agung. Dapat pula di pertunjukan sewaktu lahir seorang bayi kepala suku.

Tari Malinting 14. Tari-tarian Daerah Maluku Tari Lenso. merupakan sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat Lampung. merupakan tari pergaulan bagi segenap lapisan rakyat masyarakat Maluku. Tari Cakalele . Menceritakan tentang kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung. adalah tari Perang Yang melukiskan jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa. Tari Lenso Tari Cakalele.Tari Jangget Tari Malinting.

Tarian rakyat untuk menyambut para pahlawan yang pualng dari medan juang. Tari Mpaa Lenggogo Tari Batunganga. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Barat Tari Mpaa Lenggogo. . Mereka memohon agar sang putri dapat keluar dari dalam batu itu. Mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu. 16. Senjata yang dipakai berupa cambuk dan perisai. Tarian ini juga scring dipertunjukkan pada upacara-upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja. 17. tari yang menunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Tari Perang Maluku Tari Nahar Ilaa.15. Tari-Tarian Daerah Maluku Utara Tari Perang. tarian pengikat persahabatan pada waktu “panas Pela” kesepakatan kampung untuk membangun. sebuah tarian guna menyambut Maulid Nahi Muhammad SAW. sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Timur Tari Perang.

dan kegagahan rakyat Papua. Tari-tarian Daerah Papua Timur Tari Selamat Datang. Tari-tarian Daerah Papua Barat dan Tengah Tari Suanggi. Tari Gareng Lameng 18. tari yang melambangkan kepahlawanan. Tari Perang. Tari Perang Papua 29. Tari ini berupa ucapan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhitan sehat lahir batin dan sukses dalam hidupnya. tarian yang mengisahkan seorang suami ditinggal mati istrinya yang menjadi korban angiangi (jejadian).Tari Perang Nusa Tenggara Timur Tari Gareng Lameng. dipertunjukkan pada upacara khitanan. tari yang mempertunjukan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati. .

Tari Kipas Tari Bosara. Tari-tarian Daerah Riau Tari Tandak. . Gerakan-gerakan badannya sangat luwes. merupakan tari pergaulan yang sangat di gemari di daerah Riau. Tari Joged Lambak 21 Tari-tarian Daerah Sulawesi Selatan Tari Kipas. 20. merupakan tari sakral dalam upaya mengusir arwah or¬ang meninggal karena kecelakaan. tari yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas samhil mengikuti alunan lagu.Tari Selamat Datang Tari Musyoh. yang sangat populer dan disenangi. adalah tari pergaulan muda-mudi. merupakan tarian untuk menyambut para tamu terhormat. Tari Tandak Tari Joged Lambak.

Tari-tarian Daerah Sulawesi Tengah Tari Lumense. Puncak acaranya adalah dengan menaburkan bunga bagi para tamu. . Sentuhan alu pada lesung merupakan irama tersendiri yang menyentuh hati. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tenggara Tari Balumpa. termasuk pula tarian untuk menyambut tamu agung. Tari Balumpa Tari Dinggu. Tari rakyat ini berasal dari Buton. 23.Tari Bosara 22. melambangkan sifat kegotong royongan dalam kerja bersama sewaktu menumbuk padi. merupakan tari selamat datang dalarn menyambut tamu agung. tari dari Poso yang merupakan tarian selamat dating untuk menyambut tamu agung. Tari Lumense Tari Peule Cinde.

Tari Maengket Tari Polopalo. Tari Piring Minangkabau Tari Payung : Ditarikan oleh sepasang muda-mudi dengan payung di tangan. Tari Polopalo 25. adalah tari pergaulan bagi muda-mudi daerah Gorontalo. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersamasama. Menggambarkan suasana kasih sayang dan cumbuan.24. sang pria melindungi kepala sang wanita. sebuah perlamban perlindungan lelaki terhadap wanita. Tari-tarian Daerah Sumatra Barat Tari Piring : Sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. . merupakan tari pergaulan yang dilakukan secara berpasang-pasangan. Tari-tarian Daerah Sulawesi Utara Tari Maengket.

Tari-tarian Daerah Sumatra Utara Tari Serampang Dua Belas. . merupakan sebuah tarian dalam menyambut para tamu disertai upacara kebesaran adat.Tari Payung 26. Tari Tanggai Tari Putri Bekhusek. Tari Putri Bekhusek 27. Sebuah tari Melayu dengan irama joged diiringi musik dengan pukulan gendang ala Amerika Latin. Tari ini sangat populer di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan melamhangka kemakmuran daerah Sumatra Selatan. Serampang dua belas merupakan tari pergaulan. Tari-tarian Daerah Sumatra Selatan Tari Tanggai. artinya sang putri yang sedang bermain.

Sebuah tari dari daerah Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk. Tari-tarian Daerah Istimewa Yogyakarta Tari Serimpi Sangu Pati. Tari Serimpi Sangu Pati Tari Bedaya.Tari Serampang Dua Belas Tari Tor Tor. Tari Bedaya . Tari Tor Tor 28. merupakan tarian keraton yang di tarikan oleh 9 putri dengan irama yang lemah gemulai. sebuah tarian keraton pada masalalu disertai suara gamelan dengan gerak tari yang lembut.

tata suara. Jadi naskah drama itu mengutamakan ucapan-ucapan atau pembicaran para tokoh. sutradara. Apa unsur-unsur pementasan drama itu? Sedikitnya ada sembilan unsur drama. dan suasana yang berbeda. drama adalah kisah hidup manusia dalam masyarakat yang dipyoyeksikan ke atas panggung. Dalam arti sempit. tata busana. drama adalah semua bentuk tontonan yang mengandung cerita yang dipertunjukan di depan orang banyak. Permainan drama dibagi dalam babak demi babak. yaitu naskah. melaikan juga mengandung banyak unsur. tata rias. drama dalam arti luas mencakup teater tradisional dab teater modern. dan tata busana. melainkan juga mengandung banyak unsur. Sebab seni drama bukan saja melibatkan banyak seniman. tata rias. tata lampu. Sandiwara berarti ajaran yang disampaikan secara rahasia atau tidak terang-terangan. Bentuk naskah drama dan susunannya berbeda dengan naskah cerita pendek atau novel. didukung tata panggung. Dalam arti luas. Naskah Drama Naskah drama adalah karangan yang berisi cerita atau lakon. kata drama berasal dari bahasa Yunani dram yang berarti gerak. Kata sandiwara berasal dari bahasa Jawa sandi yang berarti rahasia dan dan warah yang berarti ajaran. mengakibatkan pementasan drama tidak akan pernah terwujud. Unsur-unsur dalam drama adalah naskah. Dengan kata lain. Setiap babak mengisahkan perstiwa tertentu. sutradara. tata panggung. tata lampu. Dengan pembagian seperti itu. dialog yang diucapkan para tokoh. dan penonton.UNSUR-UNSUR PEMENTASAN DRAMA DRAMA Berdasarkan etimologi. tata musik. . Jika salah satu dari unsur tesebut tidak ada maka pertunjukan drama tersebut tidak akan pernah tejadi. dan penonton. Penuturan ceritanya diganti dengan dialog para tokoh. Sebaliknya naskah drama tidak mengisahkan cerita langsung. Unsur-unsur itu saling mendukung dan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keutuhan pementasan drama. Jika salah satu unsur tidak ada bisa. tata panggung. pemain. Sebab. Pementasan Drama Pementasan drama merupakan kesenian yang sangat kompleks. seni drama bukan hanya saja melibatkan banyak seniman. B. Naskah cerita pendek atau novel berisi cerita lengkap dan langsung tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi. dan keadaan panggung yang diperlukan. semua unsur pementasan drama harus ada dan harus digarap dengan baik. disajikan dalam bentuk dialog dan gerakan berdasarkan naskah. tata lampu. pemain. Peristiwa itu terjadi di tempat tertentu. dan suasana tertentu pula. sedangkan dalam arti sempit mengacu pada drama modern saja. tata rias. Drama sering disebut sandiwara atau teater. Dalam naskah tersebut termuat namanama tokoh dalam cerita. tata busana. penonton memperoleh gambaran yang jelas bahwa setiap peristiwa berlangsung di tempat. Karena itu. Pertunjukan drama atau pementasan drama merupakan kesenian yang sangat kompleks. A. dalam waktu tertentu. waktu.

sutradara tetap harus memberikan pengarahan karena semua itu merupakan tanggung jawab sutradara. remaja. Sebagai pemimpin yang bertanggung jawab terhadap kesuksesan pementasan drama. untuk menentukan pemain tentu lebih mudahdaripada tidak campuran. cara berikut ini dapat diterapkan. tata rias. misalnya gerakan-gerakan yang dilakukan pemain. . kemudian memilih pemain yang cocok dan mampu memerankan masing-masing tokoh. Sebaiknya dalam memilih pemain haruslah yang mempunyai kepintaran. Bila pementasan drama berjalan lancar. untuk memntukan bagaimana watak tokoh-tokonya. Dan begitupun sebaliknya. dan orang tua. Setelah diketahui watak tiap tokoh. D. Petunjuk itu. sutradara pasti yang menjadi sasaran kemarahan. Agar berhasil memerankan tokoh-tokoh tadi. Naskah yang sudah dipilih harus dibaca berulang-ulang agar semuanya dapat memahaminya. Pemain Pemain adalah orang yang memeragakan cerita. Juga pemain laki-laki dan perempuan. sutradara harus mau mendengarkan usul berbagai pihak dan memperrtimbangkannya. dan memuaskan penonton. C. benda-benda peralatan yang diperlukan setiap babak. Sutradara harus memilh naskah. melaikan juga disertai keterangan atau petunjuk. Jika dalam drama itu pemainnya campuran. Berapa banyak pemain yang dibutuhkan dalam drama. bukan saja berisi percakapan. Selain mempertimbangkan watak. melatih pemain. Kemampuan pemain menjadi pertimbangan penting pula. ia harus membuat perencanaan dan melaksanakannya. sutradara menjadi orang pertama yang berhak mendapat pujian. Semua itu harus dilakukan dengan cermat. Sebab. tempat terjadinya peristiwa. Bagi seorang sutradara. maka pemain harus dipilih secara tepat. Yang dimaksud pemain campuran adalah para pemain terdiri dari anak-anak. dalam waktu yang tidak terlalu lama bdalam berlatih. dia sudah bisa memerankan tokoh seperti yang dikehendaki naskah.Untuk memudahkan para pemain drama. naskah drama ditulis selengkap-lengkapnya. dan mengkoordinasikan setiap bagian. Artinya. bekerja dengan staf. Meskipun demikian. Sutradara Sutradara adalah pempinan dalam pementasan drama. perlu juga untuk mempertimbangkan perbandingan usia dan perkiraan perawakan (postur). menarik. tergantung dari banyaknya tokoh yang terdapat dalam naskah drama yang akan dipentaskan. pengaturan panggung dan seterusnya. Naskah yang telah dipilih kemudian dibaca berulang-ulang. yang mula-mula dilakuakan adalah memilih naskah. Dalam upaya memilih pemain drama yang tepat. Dari dialog para tokoh dapat diketahui watak tiap-tiap tokoh dalam naskah drama itu. Tugas seorang sutradara sangat banyak dan beban tanggung jawabnya cukup berat. jika pementasan crama tidak berjalan lancar yang menyebabkan penonton kecewa. memilih pemain. Akan tetapi. menetukan pokok-pokok penafsiran naskah. dan keadaan panggung setiap babak. setiap tokoh akan diperankan oleh seorang pemain.

maupun cara mengenakannya. sedangkan penata busana yang mengatur pakaian/busana para pemain dengan pertimbangan untuk mempermudah dan mempercepat kerja. Tugas sutradara sangatlah banyak dan beban tanggung jawabnya sangat berat. gelung palsu. sutradara memilih para pemain. pemerah bibir. Seorang penata rias haruslah memiliki rasa seni yang tinggi. Para pemain terpilih kemudian diberi penjelasan tentang lakon drama yang akan dipentaskan. tugas mengatu pakaian pemain sering dirangkap penata rias.Selanjutnya. saling menyesuaikan. boleh juga seorang wanita. sutradara sebaiknya mampu : Memilih naskah yang baik Pandai menafsirkan watak para tokoh cerita Pandai memilih pemain yang tepat Sanggup melatih para pemain Bisa bekerja sama dengan para petugas Cekatan dalam mengkoordinasikan semua bagian E. Artinya. Karena itu. Tata rias sebenarnya memilki hubungan yang erat dengan tata rias. Penata rias harus mampu mengatur waktu sehingga setiap pemain yang akan naik panggung sudah dirias dengan baik. dan mengarahkan para pemain agar dapat memerankan tokoh dalam cerita. membimbing. Penata rias dan penata busana hars mampu menafsirkan dan memantas-mantaskan rias dan pakaian yang akan di pentaskan oleh pemain. dengan tegas menindak pemain yang tidak disiplin. . Karena yang dilihat adalah keahliannya dalam bidang tata rias. Karena itu. sering pula terjadi tugas penat rias dipisahkan dengan tugas mengatur pakaian. Meskipun demikian. Tata Busana Tata busana adalah pengaturan pakaian pemain baik bahan. Tugas sutradara yang selanjutnya adalah melatih. mencela. Selain harus memiliki rasa seni. penata rias hanya khusus merias wajah. bubuk hitam dari arang. Penata rias boleh seorang pria. F. Alat-alat rias itu. Tata Rias Tata rias adalah cara mendandani atau memakepi para pemain. dan lem. pensil alis. penata rias dan penata busana harus bekrja sama saling memahami. Sutradara harus mampu menafsirkan watak dan lagak tokoh cerita secara tepat kemudian memindahkan watak dan lagak itu kepada para pemain. Akan tetapi. Seorang sutradara tidak boleh segan atau ragu menegur. penata rias harus terampil dan cekatan. kumis palsu. Artinya. model. Orang yang mengerjakan tata rias disebut penata rias. tata rias dan tata busana merupakan dua hal yang saling berhubungan dan saling mendukung. Dengan kata lain. dan saling membantu agar hasil akhirnya memuaskan. watak tokoh dan hal-hal yang berkaitan dengan drama yang akan dipentaskan. penata rias sekaligus juga menjadi penata busana. Jika perlu. berupa bedak. atau menyalahkan pemain yang memang salah mengucapkan dialog atau berakting.

atau malam. Berkaitan dengan itu.G. Sebab. Tata Lampu Tata lampu adalah pengaturan cahaya di panggung. Tata Suara Tata suara bukan hanya pengatura pengeras suara ( sound system ). sebaiknya penata lampu adalah orang yang mengerti teknik kelistrikan. Penata lampu biasanya menggunkn alat yang disebut spot light. mengurangi. . yang akibatnya pencahayaan di panggung menjadi kacau dn pertunjukan drama menjdi gagal. mengatur panggung ada seninya. Yang mengatur seluk-beluk pencahayaan di panggung adalah penata lampu. Demikia pula jka adegan pertengkaran. Alat musik yang digunakan pada saat suasana sedih mungkin hanya seruling yang ditiup mendayu-dayu menyayat hati. I. Meskipun demikian. Demikian pula dengan waktu terjadinya. biasanya panggung dibuat edikit lebih tinggi daripada lantai. Pengaturan cahaya di panggung memang harus disesuaikan dengan keadaan panggung yang digambarkan. melainkan juga musik pengiring. tata lampu erat hubungannya dengan tata panggung. adakalanya lampu tiba-tiba harus dimatikan sejenak lalu dihidupkan kembali. Karena tata lampu selalu berhubungan dengan listrik. dan suasana terjadinya suatu peristiwa. di rumah orang kaya. Penataan panggung tugasnya hanya menururi apa yang diminta naskah. dan suasananya pana akan lebih terasa bila iringi dengan musik yang berirama cepat dan keras. Tata panggung adalah keadaan panggung yang dibutuhkan untuk permainan drama. Sering pula lebih tinggi daripada tempat duduk penonton agar penonton yang pling jauh masih dapat melihat dan menyaksikan pertunjkan drama tersebut dengan jelas. secara kreatif ia boleh menambahkan. dan suasana yang berbeda dengan peristiwa dalam babak yang lain. semuanya memerlukan penyesuaian. Musik pengiring diperlukan agar suasana yang digambarkan terasa lebih menyakinkan bagi para penonton. waktu. Sebab. yaitu semacam kotak besar berlensa yang berisi lampu ratusan watt. penata panggung sebaikinya dipilih orangorang yang mengerti keindahan dan tahu komposisi yang baik. Di rumah orang miskin. Penata panggung biasanya terdiri dari beberapa orang (tim) supaya dapat mengubah keadaan panggung dengan cepat. Panggung menggambarkan tempat. meletakkan barang-barang di panggung tidak sembarangan. Tata Panggung Panggung adalah tempat para aktor memeragakan lakon drama. penataan panggung harus diubah-ubah. apakah pagi. Untuk itu. waktu. Peristiwa yang terjadi dalam suatu abak berbeda dalam tempat. Petugas yang menata panggung disebut penata panggung. atau mengubah letak perabotan asal perubahan itu menambah baiknya keadaan panggung. siang. H. Ada kemungkinan tiba-tiba ada gangguan listrik. Sebagai area pertunjukan. Komposisi yang tepat akan menimbulkan keindahan dan keindahan menimbulkan rasa senang. Untuk menghadapi hal seperti itu penata lampu yang tidak memahami teknik kelistrikan tentu akan bingung. Karena itu.

Dilihat dari segi motivasinya. penonton iseng. kemampuan mengapresiasi. Kekerasan suara juga harus diatur untuk mencitakan permainn drama yang indah. terutama seni musik. sedikitnya ada tiga ragam penonto. baik pendidikan. Urusan pengiringa musik ini diserahkan sepenuhnya kepada penata suara atau penata musik. Penonton drama terdiri dari berbagai macam latar belakang. terutama seni drama. Penonton Penonton termasuk unsur penting dalam pementasan drama. Penjelasaannya hanya secara umum saja. maupun motivasi. yaitu ingin tahu aa sebenarnya tontonan drama itu. atau sedih. segala unsur drama yang telah disebutkan sebelumnya pada akhirnya semuanya untuk penonton. kalau idak ada penonton rasanya drama tidak akan dimainkan. Penonton Penasaran Penonton ini berhasrat menonton karena penasaran. sendu. J. Bagaimana sempurnanya persiapan. Jadi. dan penonton penasaran. Penonton Iseng Penonton isenng sebenarnya penonton yang tidak punya perhatian khusus pada drama.Iringan musik tidak dijelaskan dalam naskah. Penonton Peminat Penonton peminat adalah penonton intelektual yang mampu mengapresiasikan seni. Mungkin mereka penasaran pada lakonnya atau mungkin pada pemainnya. tetapi mungkin menyukai seni lain. . yaitu penasaran terhadap seni dan penasaran terhadap tokoh. Musik pengiring dimainkan dibalik layar agar tidak terlihat penonton dan tidak mengganggu para pemain drama. ekonomi. Kesuksesan sebuah drama biasanya dapat diukur dari banyak-sedikitnya penonton. dapat dikatakan bahwa penasaran ini menyangkut dua hal. misalkan diringi musik pelan. yaitu penonton peminat. Dengan demikian.

Rumah Melayu Selaso Jatuh Kembar (Rumah Adat Kepulauan Riau) Rumah Melayu Selaso Jatuh Kembar Kepulauan Riau . Rumah Gadang (Rumah Adat Sumatera Barat/Sumbar) Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat 4. Rumah Balai Batak Toba (Rumah Adat Sumatera Utara/Sumut) Rumah Adat Balai Batak Toba 3.NAMA-NAMA RUMAH ADAT DI INDONESIA 1. Rumoh Aceh (Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam) Rumoh Aceh 2.

Rumah Panggung (Rumah Adat Provinsi Jambi) Rumah Panggung Provinsi Jambi 6. Rumah Nuwo Sesat (Rumah Adat Provinsi Lampung) Nuwo Sesat Rumah Adat Provinsi Lampung 8. Rumah Bubungan Lima (Rumah Adat Provinsi Bengkulu) Rumah Bubungan Lima Bengkulu . Rumah Limas (Rumah Adat Provinsi Sumatera Selatan/Sumsel) Rumah Limas Palembang Sumatera Selatan 7.5.

dan DI Yogyakarta) Rumah Joglo Jawa Timur Rumah Joglo Jawa Tengah . Rumah Joglo (Rumah Adat Jawa Timur. Rumah Kebaya (Rumah Adat Provinsi DKI Jakarta) Rumah Kebaya Rumah Adat DKI Jakarta 10. Jawa Tengah. Rumah Kasepuhan (Rumah Adat Provinsi Jawa Barat) Kasepuhan (Rumah Adat Jawa Barat/Jabar) 11.9.

Dalam Loka Samawa (Rumah Adat Nusa Tenggara Barat/NTB) Dalam Loka Samawa Nusa Tenggara Barat 14.Rumah Joglo DI Yogyakarta 12. Sao Ata Mosa Lakitana (Rumah Adat Nusa Tenggara Timur/NTT) Sao Ata Mosa Lakitana NTT . Gapura Candi Bentar (Rumah Adat Provinsi Bali) Gapura Candi Bentar Bali 13.

Rumah Bolaang Mongondow (Rumah Adat Provinsi Sulawesi Utara/Sulut) Rumah Bolaang Mongondow Sulawesi Utara .15. Rumah Betang (Rumah Adat Kalimantan Tengah/Kalteng) Rumah Betang (Rumah Adat Kalimantan Tengah) 17. Rumah Panjang (Rumah Adat Kalimantan Barat/Kalbar) Rumah Panjang (Rumah Adat Suku Dayak) Kalimantan Barat 16. Rumah Banjar (Rumah Adat Provinsi Kalimantan Selatan/Kalsel) Rumah Banjar (Rumah Adat Kalimantan Selatan) 18. Rumah Lamin (Rumah Adat Provinsi Kalimantan Timur/Kaltim) Rumah Lamin Rumah Adat Kalimantan Timur 19.

Souraja atau Rumah Raja atau Rumah Besar (Rumah Adat Provinsi Sulawesi Tengah/Sulteng) Rumah Souraja (Rumah Adat Sulawesi Tengah) 21. Baileo (Rumah Adat Provinsi Maluku) Rumah Adat Baileo . Laikas (Rumah Adat Provinsi Sulawesi Tenggara/Sultra) Laikas (Rumah Adat Sulawesi Tenggara) 22.20. Rumah Adat Tongkonan (Rumah Adat Provinsi Sulawesi Selatan/Sulsel/Suku Toraja) Rumah Adat Tongkonan Sulawesi Selatan 23.

Rumah Honai (Rumah Adat Provinsi Papua) Rumah Honai (Rumah Adat Papua) 25. Rumah Adat Bangka Belitung Rumah Adat Bangka Belitung 27.sehingga punya semangat untuk selalu memajukan Negara Indonesia tercinta ini.agar lebih mencintai Indonesia. Rumah Adat Doloupa (Rumah Adat Provinsi Gorontalo) Rumah Adat Doloupa Gorontalo 26.24. Rumah Adat Bugis Rumah Adat Bugis Gambar-gambar rumah adat ini sengaja saya up loud. .dalam rangka mempertebal semangat nasionalisme anak bangsa.