P. 1
Rangkuman Novel

Rangkuman Novel

|Views: 17|Likes:
Published by Putrayasa Aji
semoga bermanfaat
semoga bermanfaat

More info:

Published by: Putrayasa Aji on Jul 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2013

pdf

text

original

TUGAS MEMBACA DAN MENGAPRESIASI NOVEL ASLI /TERJEMAHAN

Oleh : Galang Aji Putra Yasa (VIII-C) Nomor Absen : 17

SMP NEGERI 1 SINGOSARI jalan Raya No.1 Singosari Malang www.smpn1-sgs.sch.id

Novel 1 Judul Novel/Roman : Malik Milka Pengarang Tahun terbit Penerbit : Waya : 2005 : Terant Books

Tebal Novel/Roman : 368 halaman Sinopsis : Lelaki bernama Malik, mencari sekolahan yang memiliki banyak petualangan.setelah kerja keras orang tuanya, akhirnya ia masuk Sekolah Tomat. sekolah itu adalah asrama wanita. lalu ia mempunyai nama baru yaitu Milka. Di sana ia mengejar seorang bidadari yang bernama Krista, ia memperoleh tempat tidur bersama Runa, anak yang menurutnya galak dan tidak mau senyum.untungnya ia mendapat teman baru seperti Pini, Sherly. hari pertama Milka terlambat masuk, juga pertengkaran dengan Runa. Yang mengakibatkan kedok Malik terbongkar.tetapi Runa berhasil di suap oleh Malik dengan uang dan perjanjian.ulah Krista ,dan akhirnya ia mendapat hukuman ke ruang detensi.di ruang tersebut Malik berpetualang bersama Runa mengelilingi wilayah Sekolah Tomat lewat jalan rahasia. Tidak lama rahasia Runa juga terbongkar dan Runa sepakat membuat perjanjian dengan Malik, untuk saling menjaga rahasia mereka berdua.lebihnya Runa bertindak sebagai penyelamat Malik, Pini dan Sherly. Malik melewati hari-hari dengan mudah. Mulai dari tugas dari guru sampai hukuman, ia melewatinya untuk mendapatkan Krista. Sampai kejadian saat pembagian kelas baru,malik harus satu kamar dengan Krista , dan Runa sekamar dengan Pini. Malik menginginkan ia sekamar dengan Runa, dan akhirnya runa mengusahakan itu , lalu rencana runa berhasil dan malik sekamar dengan Runa, tetapi Pini harus mendapat imbasnya ia jatuh sakit karena di pukuli Krista dan Tara.tapi Sharon tidak ikut karena takut mendapat hukuman. Saat apa yang di lakukan Krista ketahuan, sekolah akan mengeluarkan Krista dan Tara dari sekolah. Tetapi Malik sudah berencana untuk menahan hukuman sekolah, dengan membayar Runa untuk mengacaukan niat sekolah dengan berbagai kejadian. setelah

2

sekolah sudah mulai gerah, akhirnya Krista dan Tara tidak jadi di keluarkan asalkan Malik mengikuti kontes Putri tomat. Setelah setuju Runa mulai menyiapkan properti untuk kontes tersebut. Setelah selesai, Malik segera berangkat menuju panggung. Di panggung Runa sengaja membuka kedok Malik . perjanjian dengan sekolah pun batal. Malik Krista dan Tara di keluarkan dari sekolah tersebut. Tiba tiba para fans atau pendukung Malik mencegah Malik untuk di keluarkan dari sekolah. para juri kontespun bersimpati pada malik dan menganugrahi malik sebagai Putri tomat di desanya. Sekolah pun tidak mengeluarkan Krista dan Tara, tetapi malik tetap di keluarkan. sekolah memberikan kesempatan malik untuk tinggal di Sekolah tomat. Ia memanfaatkanya untuk memetik tomat yang saat itu sedang panen. Ia juga penasaran akan kejadian saat di panggung. Ternyata penyebabnya adalah Taroz mantan pacar Runa . Taroz memberi tahu rahasia Runa ke anak kelas 1, dan Sherly ikut mendengar berita tersebut dan Taroz bertanya bersama tentang Krista. sesuatu ia kepada Runa yang kontan Runa menyalahkan Malik. akhirnya Malik mencari Taroz di perkebunan tomat bertemu dengan Taroz. Malik langsung memukulnya , tetapi Malik tidak sanggup menahan pukulan Taroz hingga Runa datang membantu. Lalu Malik dan Runa kembali ke sekolah dengan wajah babak belur. Setelah pulih Malik mengikuti pesta Putri tomat sekaligus hari terakhirnya di sekolah. Esok harinya Malik harus meninggalkan penggemarnya. Pini pun sedih karena bila tidak ada Malik sekolah tidak akan menjadi seru, namun malik berjanji, akan ada kejadian seru setelah kepergiannya, dan Runa siap melanjutkan misi-misinya di sekolah. 1. tokoh Utama : 2.Tokoh Figuran :

 Malik (Milka)  Pini  Krista  Runa

 Shely  Taroz  Sharon  Tara  Guru sekolah tomat

3

3.Seting/latar: a. latar waktu : saat jam pelajaran, malam hari waktu tidur, saat di hukum, siang hari di pantai. b. latar tempat: di sekolah tomat, ruang kelas, kamar siswa, ruang detensi, pantai, lapangan. c. latar suasana : menyenangkan, menyedihkan , mengharukan , membosankan. 4. Alur : campuran a. tahap eksposisi/perkenalan : “.....Lelaki bernama Malik, mencari sekolahan yang memiliki banyak petualangan.setelah kerja keras orang tuanya, akhirnya ia masuk Sekolah Tomat. sekolah itu adalah asrama wanita. lalu ia mempunyai nama baru yaitu Milka. Di sana ia mengejar seorang bidadari yang bernama Krista, ia memperoleh tempat tidur bersama Runa, anak yang menurutnya galak dan tidak mau senyum.untungnya ia mendapat teman baru seperti Pini, Sherly.....”. b. tahap perumitan : “.....Hari pertama Milka terlambat masuk, juga pertengkaran dengan Runa. Yang mengakibatkan kedok Malik terbongkar.tetapi Runa berhasil di suap oleh Malik dengan uang dan perjanjian.ulah Krista ,dan akhirnya ia mendapat hukuman ke ruang detensi.....”. c. tahap klimaks : “.....Tidak lama rahasia Runa juga terbongkar dan Runa sepakat membuat perjanjian dengan Malik, untuk saling menjaga rahasia mereka berdua.lebihnya Runa bertindak sebagai penyelamat Malik, Pini dan Sherly.... Mulai dari tugas dari guru sampai hukuman, ia melewatinya untuk mendapatkan Krista. ...,malik harus satu kamar dengan Krista , dan Runa sekamar dengan Pini. tetapi Pini harus mendapat imbasnya ia jatuh sakit karena di pukuli Krista dan Tara...” d. tahap peleraian : “......Tapi Sharon tidak ikut karena takut mendapat hukuman. Saat apa yang di lakukan Krista ketahuan, sekolah akan mengeluarkan Krista dan Tara dari sekolah. Tetapi Malik sudah berencana untuk menahan

4

hukuman sekolah,

dengan membayar Runa untuk mengacaukan niat

sekolah dengan berbagai kejadian. setelah sekolah sudah mulai gerah, akhirnya Krista dan Tara tidak jadi di keluarkan asalkan Malik mengikuti kontes Putri tomat. .. Malik segera berangkat menuju panggung. Di panggung Runa sengaja membuka kedok Malik ......”.

5

e. tahap penyelesaian : “...perjanjian dengan sekolah pun batal. Malik Krista dan Tara di keluarkan dari sekolah tersebut. ..... sekolah memberikan kesempatan malik untuk tinggal di Sekolah tomat. Ia memanfaatkanya untuk memetik tomat yang saat itu sedang panen. Ia juga penasaran akan kejadian saat di panggung. Ternyata penyebabnya adalah Taroz mantan pacar Runa . Taroz memberi tahu rahasia Runa ke anak kelas 1, dan Sherly ikut mendengar berita tersebut dan bertanya tentang sesuatu kepada Runa yang kontan Runa menyalahkan Malik. akhirnya Malik mencari Taroz di perkebunan tomat Taroz bersama Krista. ia bertemu dengan Taroz....... Esok harinya Malik harus meninggalkan penggemarnya. Pini pun sedih karena bila tidak ada Malik sekolah tidak akan menjadi seru, namun malik berjanji, akan ada kejadian seru setelah kepergiannya, dan Runa siap melanjutkan misi-misinya di sekolah..........”. 5. Amanat/pesan :

 Bersikaplah setia kawan kepada teman-temanmu.  Jangan berhianat kepada sahabat sendiri.  Dalam membantu teman harus ikhlas.
6. pesan moral yang dapat diteladani :

1. Berpikirlah sebelum bertindak. 2. Janganlah menjadi seorang penakut. 3. Bantulah orang yang membutuhkan bantuan dengan ikhlas. 4. Minta maaflah bila kau berbuat salah. 5. jangan semena-mena pada teman.
7. pesan moral yang harus dijauhi :

1. ingkari janji-janimu . 2. berbuat iseng merupakan keasyikan. 3. bantu temanmu jika ada imbalannya. 4. hajar dan pukuli temanmu agar yang melihatmu takut. 5. jadilah anak pemarah.

6

Novel 2 Judul Novel/Roman : Kayaknya Kamu, Deh! Pengarang Tahun terbit Penerbit : Amira dan Ratna : Maret, 2006 : cpublishing (PT.Bentang Pustaka)

Tebal Novel/Roman : 228 halaman Sinopsis : Reva baru masuk SMU dan sudah harus menghadapi berbagai peristiwa menyebalkan. Dia salah masuk ruang tata usaha ke dalam ruang musik sehingga di kira terlambat dan mendapatkan hukuman menyanyi di depan kakak kelas. Dia juga harus ketemu sama Dhimas, kakak kelas yang dijuluki Iceman karena cool banget, tapi ternyata lagaknya menyebalkan. Eilen, sobat Reva, meminta Reva membantunya bikin puisi cinta untuk dimasukkan ke dalam tas Wengky, si kakak kelas yang ditaksirnya. Tapi siapa sangka kalau Wengky mengira Revalah yang jadi secret admirer-nya. Belum lagi ada cowok misterius yang selalu ngirimi Reva puisi lewat SMS. Bagaimana sih, rasanya kalau dua cowok yang beda karakter sama-sama suka Reva? Cowok yang satu sangat ramah tapi kadang-kadang nekat, sedangkan satu lagi cowok cool, angkuh dan nyebelin. Reva bergabung dengan sebuah band yang personilnya Fadil, Dicky, Wengky, dan Dhimas setelah Pulang nge-band tiba-tiba Wengky mengutarakan cintanya pada Reva, tapi Reva menolaknya mentah– mentah. Eilen pun cemburu karena, ia juga suka Wengky .tapi setelah beberapa hari Eilen dan Reva sudah mulai baikan. saat di rumah tiba-tiba Reva mendapat pesan sms dari seseoarang yang isinya dalah puisi cinta. saat pergi mengikuti diklat OSIS, wengky mengutarakan kembali cintanya. Revapun malu karena semua anggota diklat tahu tindakan nekat Wengky. setelah beberapa hari berlalu tiba waktunya Reva ulang tahun. keluarga dan teman-teman OSIS Reva memberikan sureprise padanya di rumah Eilen. Dimas mengajak Reva keluar dan Dhimas mengutarakan cintanya pada Reva. Tapi Reva tidak menjawab pinagan Dhimas. Dhimas mempunyai niat pergi ke aussy untuk belajar Bahasa Inggris. Dia memberi tahu Reva kalau Dhimas hanya pura-pura suka. Revapun mulai hancur hatinya. ditambah lagi pengakuan ibunya kalau Dhimas dalah kakak Reva.

7

Setahun telah berlalu semuanya berubah reva sekarang sudah jadian dengan Wengky. Eilen pindah sekolah di Singapura. Dhimas yang belajar di aussy mengirim e-mail ke Reva .betapa senangnya Reva dan semuanya sudah kembali ke sedia kala. 1. tokoh Utama : 2.Tokoh Figuran :

 Reva  Dhimas (Iceman)  Wengky

 Eilen  Dicky  Fadil  Ibu Reva

8

3.Seting/latar: a. latar waktu : Siang hari di sekolah, malam hari di rumah reva, sore hari di rumah Eilen. b. latar tempat: Di sekolah, Di rumah reva, Di rumah Eilen. c. latar suasana : menyedihkan, menyenangkan, membingungkan. 4. Alur : campuran a. tahap eksposisi/perkenalan : “…..Reva baru masuk SMU dan sudah harus menghadapi berbagai peristiwa menyebalkan. Dia salah masuk ruang tata usaha ke dalam ruang musik sehingga di kira terlambat dan mendapatkan hukuman menyanyi di depan kakak kelas. Dia juga harus ketemu sama Dhimas, kakak kelas yang dijuluki Iceman karena cool banget, tapi ternyata lagaknya menyebalkan. Eilen, sobat Reva, meminta Reva membantunya bikin puisi cinta untuk dimasukkan ke dalam tas Wengky, si kakak kelas yang ditaksirnya…..”. b. tahap perumitan : “……Tapi siapa sangka kalau Wengky mengira Revalah yang jadi secret admirer-nya. Belum lagi ada cowok misterius yang selalu ngirimi Reva puisi lewat SMS. Bagaimana sih, rasanya kalau dua cowok yang beda karakter sama-sama suka Reva? Cowok yang satu sangat ramah tapi kadang-kadang nekat, sedangkan satu lagi cowok cool, angkuh dan nyebelin…..”. c. tahap klimaks : “…..Reva bergabung dengan sebuah band yang personilnya Fadil, Dicky, Wengky, dan Dhimas setelah Pulang nge-band tiba-tiba Wengky mengutarakan cintanya pada Reva, tapi Reva menolaknya mentah– mentah. Eilen pun cemburu karena, ia juga suka Wengky .tapi setelah beberapa hari Eilen dan Reva sudah mulai baikan. saat di rumah tiba-tiba Reva mendapat pesan sms dari seseoarang yang isinya dalah puisi cinta…..”. d. tahap peleraian : “……Revapun malu karena semua anggota diklat tahu tindakan nekat Wengky. setelah beberapa hari berlalu tiba waktunya Reva ulang tahun. keluarga dan teman-teman OSIS Reva memberikan sureprise padanya di rumah Eilen. Dimas mengajak Reva keluar dan Dhimas mengutarakan cintanya pada Reva. Tapi Reva tidak menjawab pinagan Dhimas. Dhimas mempunyai niat pergi ke aussy untuk belajar Bahasa

Inggris. Dia memberi tahu Reva kalau Dhimas hanya pura-pura suka. Revapun mulai hancur hatinya. ditambah lagi pengakuan ibunya kalau Dhimas adalah kakak Reva…..”. e. tahap penyelesaian : “…..Setahun telah berlalu semuanya berubah reva sekarang sudah jadian dengan Wengky. Eilen pindah sekolah di Singapura. Dhimas yang belajar di aussy mengirim e-mail ke Reva .betapa senangnya Reva dan semuanya sudah kembali ke sedia kala….”. 5. Amanat/pesan :

 Bersikaplah dewasa dalam segala hal.  Jangan meremehkan perasaan orang lain.
6. pesan moral yang dapat diteladani :

1. Gapailah cita-citamu setinggi langit. 2. Janganlah bersikap pencemburu. 3. Jujurlah pada siapapun walaupun itu pahit di dengar. 4. Bersabarlah pada saat kapanpun. 5. bersantailah agar tidak tegang.
7. pesan moral yang harus dijauhi :

1. tipu dan hianati dia meskipun ia menerimanya. 2. bersikaplah jahil pada siapa saja. 3. menagislah bila kau di sakiti. 4. bersikaplah acuh tak acuh/diam pada siapapun. 5. bersikaplah tempramental pada siapa saja.

Novel 3 Judul Novel/Roman : Lovi’n My Heart Pengarang Tahun terbit Penerbit Sinopsis : Di sebuah SMK Tunas Bangsa, tiba-tiba datang seorang cewek pindahan dari kampung. Udik alias kampungan, tapi wajahnya Dian Sastro banget. Pramuka yang sering disebut sebagai markas playboy kontan heboh. Reddy adalah seorang bintara langsung tertarik saat mengetahuinya. Ia pun bertekad untuk menakhlukkan hati sang hawa tersebut. Caranya? Apalagi kalau bukan menggelar Persami sebagai media pendekatan yang diadakan selama dua hari satu malam. Sayangnya target kali ini tidak mudah. Si Dian Sastro super-duper dingin. Ketus, semua jurus Reddy mentah. Mulai dari Serat Jiwa Brahma Kumbara, jurus Dewa Mabuk Fong Sayuk, jurus kedipan mata Piere Roland di sinetron gerhana, Ajian Waringin Sungsang dari perguruan Gunung Saba, sampai dia yang rela nyungsang sana nyungsang sini. Ia pun kehabisan waktu untuk mendekatinya, lantaran Persami akan selesai. Tiba-tiba ia ingat bahwa Rohis juga mengadakan acara Isra Miraj dan lokasinya bersebelahan dengan Pramuka. Ia berfikir bagaimana kalau Persami ini diperpanjang dengan memperingati Isra Miraj? Tak disangka alasan itu dapat diterima oleh forum Pramuka. Ia pun segera menjalin kerjasama dengan Rohis walaupun hubungan antara Rohis dan Pramuka saat ini tidak begitu baik. Semua ini dilakukan pada hanya hari. untuk Namun mendekati masalah Widi. baru Acara terjadi. diselenggarakan malam : Sakti Wibowo : 1 Februari, 2005 : Zikrul Hakim, Jakarta

Tebal Novel/Roman : 176 Halaman

Pembicara dalam acara tersebut yang tidak lain adalah bapak Adon (teman reddy) tidak kunjung hadir, para undangan dari kampung tersebut sudah menunggu mulainya acara. Reddy spontan kebingungan. Akhirnya ia nekat untuk memulainya. Keringat dingin memenuhi dahinya. Mulutnya bagai terkunci mati. Ia hendak menyebut satu ayat, tetapi yang melintasnya dalam ingatannya adalah mars pramuka. Jelas ia seperti itu,

karena sholatnya pun jarang-jarang. Kembali ia mencoba untuk membuka acara. Akhirnya Pak Lurah dengan sukarela memberikan ulasan singkat dan melengkapi apa yang disampailkan Reddy. Di sisi lain ternyata bapak Adon mengalami kecelakaan dan dirawat di rumah sakit. Beliaupun memerlukan bantuan donor darah O. Saat Reddy mengetahuinya, ia pun mengabarkan berita itu kepada para undangan. Akhirnya banyak orang yang membantu. Lagi-lagi ia tidak mendapat kesempatan untuk mendekati Widi. Ia pun diejek Riki atas kegagalannya dalam mendekati Widi. Ini diperparah dengan terancamnya pun gelar sang penakhluk kelas Dhimas wahid (anak yang SMK disandangnya. Reddy panas saat mengetahui Pembangunan) mendekati Widi. Ia bertambah marah saat temannya dipukuli oleh anak SMK Pembangunan. Ia segera membuat perhitungan dengan mereka. Saat ia melihat Dhimas berjalan bersama Widi, Reddy segera mendekati dan memukulnya. Namun saat itu tidak terjadi perkelahian besar karena ditengahi oleh Widi. Masalah kembali timbul saat Riki diteror oleh Dhimas. Lebih parahnya lagi saat Riki disandera oleh Dhimas dan kawan-kawannya. Di tempat lain, Roni (kakak Reddy) ditipu oleh Dhino (kakak Riki) dan ia disandera untuk menggantikan Riki. Reddy segera diberitahu mengenai keadaan kakaknya dan ia pun segera datang. Saat mengetahui bahwa kakanya telah disandera ia pun segera menyelamatkannya. Perkelahian tidak terhindarkan. Reddy mengalami tusukan. Bersamaan dengan itu Widi sedang lari pagi dan begitu terkejut saat Reddy ditusuk oleh Dhimas. Widi pun menangis. Rohis datang tepat waktu dan menolong Reddy. Ternyata ini semua adalah ulah Dino (kakak Riki) dan ia juga menyukai Widi. Ia memperalat Dhimas untuk mendekati Widi, agar terjadi perselisihan antara Dhimas dan Reddy. Ia berfikir bersaing dengan Dhimas lebih simpel daripada bersaing dengan Reddy. Pertimbangan matematisnya mengatakan kalau Widi jatuh ke tangan Reddy , maka ia akan sulit untuk merebutnya. Tapi apabila jatuh ke tangan Dhimas, ia lebih punya nyali untuk bersaing. Polisi segera mengejar Dhimas dan kawan-kawan. Sedangkan Reddy berbaring di rumah sakit. Widi tidak henti-hentinya menangis. Saat di

rumah sakit Reddy berfikir banyak tentang Islam. Kini ia telah sadar banyak hal yang telah ia abaikan. Hari itu Reddy dan Widi banyak bercerita. Widi pun menyadari bahwa sang penakluk itu telah benar-benar jatuh cinta kepadanya dan bahwa ia benar-benar ditaklukkannya.

1. tokoh Utama Reddy. Widi. 2.Tokoh Figuran Bapak Adon (teman reddy), , Riki, Dhimas (anak SMK Pembangunan), Roni (kakak Redy), Dhino (kakak Riki). 3.Seting/latar: a. latar waktu : malam hari saat persami, siang hari saat di sekolah,siang hari saat di rumah sakit. b. latar tempat : sekolah dan rumah sakit, tempat perkemahan. c. latar suasana: menyedihkan, romantis, mendebarkan, menakutkan. 4. Alur a. tahap eksposisi/perkenalan “.....Reddy adalah seorang bintara langsung tertarik saat mengetahuinya. Ia pun bertekad untuk menakhlukkan hati sang hawa tersebut. Caranya? Apalagi kalau bukan menggelar Persami sebagai media pendekatan yang diadakan selama dua hari satu malam....” b. tahap perumitan “....Reddy pun panas saat mengetahui Dhimas (anak SMK Pembangunan) mendekati Widi. Ia bertambah marah saat temannya dipukuli oleh anak SMK Pembangunan. Ia segera membuat perhitungan dengan mereka. Saat ia melihat Dhimas berjalan bersama Widi, Reddy segera mendekati dan memukulnya....” c. tahap klimaks “.....Di sisi lain ternyata bapak Adon mengalami kecelakaan dan dirawat di rumah sakit. Ia pun diejek Riki atas kegagalannya dalam mendekati Widi. Ini diperparah dengan terancamnya gelar sang penakhluk kelas wahid yang disandangnya.....” d. tahap peleraian “.....Saat mengetahui bahwa kakanya telah disandera ia pun segera menyelamatkannya. Perkelahian tidak terhindarkan. Reddy mengalami tusukan. Bersamaan dengan itu Widi sedang lari pagi dan begitu terkejut saat Reddy ditusuk oleh Dhimas. Widi pun menangis. Rohis datang tepat waktu dan menolong Reddy...” e. tahap penyelesaian “....Polisi segera mengejar Dhimas dan kawan-kawan. Sedangkan

Reddy berbaring di rumah sakit. Widi tidak henti-hentinya menangis. Saat di rumah sakit Reddy berfikir banyak tentang Islam. Kini ia telah sadar banyak hal yang telah ia abaikan. Hari itu Reddy dan Widi banyak bercerita. Widi pun menyadari bahwa sang penakluk itu telah benar-benar jatuh cinta kepadanya dan bahwa ia benar-benar ditakhlukkannya....” 5. Amanat/pesan :

 janganlah bersikap dingin pada siapapun.  Jangan menyelesaikan masalah dengan kekerasan.
6. pesan moral yang dapat diteladani :

1. Bersabarlah pada saat kapanpun. 2. bantulah orang lain meskipun itu sulit. 3. Berpikirlah sebelum bertindak. 4. jangan semena-mena pada teman. 5. jangan suka membuat ulah yang tidak perlu.
7. pesan moral yang harus dijauhi :

1. bersikaplah acuh tak acuh/diam pada siapapun. 2. bersikaplah tempramental pada siapa saja. 3. jadilah anak pemarah. 4. menangislah tanpa henti.

Novel 4 Judul Novel/Roman : Unbelieveable of Love Pengarang Tahun terbit Penerbit Sinopsis : Hari itu Sharma benar-benar sial. Kepala Sharma pusing tujuh keliling. Itu semua gara-gara Kevin, Kevin adalah cowok yang selalu saja menjahilinya. Pake acara narik-narik rambut Sharma lah, menjitak kepala lah. Yang paling nyebelin lagi, dia berbuat Itu didepan umum! Padahal Sharma nggak merasa kalau dirinya punya salah kecowok itu. Atau jangari-jangan Kevin suka lagi sama Sharma. Sebenarnya Sharma suka sekali sama Dimas,teman satu kelasnya. Tapi karena Sharma punya masalah dengan mamanya itu dia jadi deket sama Kevin. Sharma telah ditinggal pergi oleh papanya yang meninggal dunia ketika dia masih kecil. Papanya mati karena kecelakaan. Dan sekarang Sharma hanya tinggal berdua dengan mamanya. Pada suatu pagi, Sharma meminjam handphone mamanya dan dia membaca sebuah sms mesra dari seorang bernama Anwar, orang yang sudah dikenalnya dan nggak pernah datang lagi dalam kehidupannya. Setelah membaca sms itu tangan dan kaki Sharma terasa dingin dan muncul beberapa pertanyaan dibenak Sharma. Tapi belum sempat membaca semuanya mamanya datang dan membuat dia panik. Sepulang sekolah ia kedatangan tamu bernama Lina. Dia sudah menemui Sharma dua kali. Dan ternyata itu istrinya om Anwar. Dia kaget dan nggak menyangka kalau mamanya berhubungan dengan suami orang. Dalam benaknya Sharma berfikir, kalau sebenarnya mamanya itu tau nggak sih kalau om Anwar itu sudah punya istri. Tante Lina bertengkar dengan Sharma dan mamanya. Dan akhirnya mamanya Sharma mengaku bersalah dan berjanji kepada Sharma untuk tidak mengulanginya lagi. Setelah kejadian itu Sharma menjadi dekat dengan Kevin. Karena tanpa disengaja Sharma curhat ke Kevin masalah mamanya dan melupakan tentang Dimas. Tetapi itu tidak berlangsung lama. Beberapa minggu kemudian ada anak baru disekolahnya bernama Stefi. Sharma cemburu karena semenjak ada Stefi, Kevin jadi deket dengan anak baru : lila Yunita : 2006 : Puspa Swan

Tebal Novel/Roman : 158 halaman

itu. Dan denger-denger mereka udah jadian. Tadinya Sharma ingin bertanya kenapa Kevin langsung deket dengan Stefi, tapi dia tidak berani karena dia tidak ingin menggangu hubungan mereka dan tidak ingin seperti ibunya. Setelah mendengar penjelasan dari Kevin, Sharma langsung kaget. Ternyata Stefi adalah anak dari om Anwar dan tante Lina. Dan dia selalu curhat dengan Kevin sampai-sampai mereka berdua jadian. Semenjak itu Sharma menyendiri dirumah tantenya dan tidak mau bertemu siapa pun. Tetapi dia akhirnya mau untuk bertemu Kevin dan Kevin berjanji jika nanti sudah liburan Kevin akan mengajaknya ke Paris. Betapa senangnya hati Sharma mendengar apa yang dikatakannya itu. Waktunya untuk liburan telah tiba. Sharma mendapat kabar kalau Kevin sudah putus dengan Stefi sewaktu belum liburan tiba. Entah mengapa Sharma langsung menangis tersedu-sedu. Waktu pun berlalu. Rasa sedih Sharma kini telah hilang dan dia teringat oleh janjinya Kevin. Sharma menelpon Kevin dan menanyakan janjinya itu dan akhirnya mereka berdua berlibur bersama . 1. tokoh Utama Sharma, Kevin, Stefi. 2.Tokoh Figuran Dimas, mama Sharma, om Anwar, tante Lina. 3.Seting/latar : a. latar waktu rumah. b. latar tempat : Sekolah dan rumah sharma. c. latar suasana : Marah, Kacau, dan Cemburu, menyenangkan. 4. Alur : campuran a. tahap eksposisi/perkenalan “....Hari itu Sharma benar-benar sial. Kepala Sharma pusing tujuh keliling. Itu semua gara-gara Kevin, Kevin adalah cowok yang selalu saja menjahilinya....” b. tahap perumitan : Siang di sekolah, dan malam di

“....Setelah mendengar penjelasan dari Kevin, Sharma langsung kaget. Ternyata Stefi adalah anak dari om Anwar dan tante Lina. Dan dia selalu curhat dengan Kevin sampai-sampai mereka berdua jadian....” c. tahap klimaks “....Pada suatu pagi, Sharma meminjam handphone mamanya dan dia membaca sebuah sms mesra dari seorang bernama Anwar, orang yang sudah dikenalnya dan nggak pernah datang lagi dalam kehidupannya. Setelah membaca sms itu tangan dan kaki Sharma terasa dingin dan muncul beberapa pertanyaan dibenak Sharma. Tapi belum sempat membaca semuanya mamanya datang dan membuat dia panik....” d. tahap peleraian “....Tante Lina bertengkar dengan Sharma dan mamanya. Dan akhirnya mamanya Sharma mengaku bersalah dan berjanji kepada Sharma untuk tidak mengulanginya lagi.....” e. tahap penyelesaian “......Rasa sedih Sharma kini telah hilang dan dia teringat oleh janjinya Kevin. Sharma menelpon Kevin dan menanyakan janjinya itu dan akhirnya mereka berdua berlibur bersama .....” 5. Amanat/pesan

 Berhati-hatilah dalam memilih teman.  Akui kesalahan kita meskipun itu menyedihkan.
6. pesan moral yang dapat diteladani

1. Sabarlah meskipun engkau dijahili oleh seseorang. 2. Jangan suka bertengkar karena pertengkaran tidak dapat
menyelesaikan suatu masalah.

3. berpikirlah dengan kepala dingin. 4. hilangkan rasa sedihmu dengan cinta.
7. pesan moral yang harus dijauhi

1. Selesaikan masalahmu dengan penuh kekerasan. 2. Selesaikanlah masalahmu dengan bertengkar agar cepat selesai. 3. menangislah tanpa henti. 4. bersikaplah jahil pada siapa saja.

Novel 5 Judul Novel/Roman : Autumn in Paris Pengarang Tahun terbit Penerbit Sinopsis : Seorang Tara Dupont, wanita blasteran Indonesia-Perancis yang sangat menyukai musim gugur di Paris merasa telah memiliki segalanya dalam hidup. Ia hidup di Paris bersama ayahnya dan bekerja sebagai seorang penyiar di stasiun radio yang cukup terkenal. Ia juga mempunyai seorang kakak angkat berkebangsaan Perancis yang ia pikir adalah cintanya. Sampai akhirnya ia bertemu dengan Tatsuya Fujisawa, seorang arsitek yang sedang bekerja di Paris, teman dari kakak angkat Tara. Tatsuya adalah seorang lelaki Jepang yang membenci musim gugur di Paris, namun pertemuannya dengan Tara mengubah pendiriannya tentang musim gugur di Paris. Ia menyukai musim gugur di Paris karena Tara. Awalnya, mereka bertemu secara tidak disengaja. Ternyata, Tatsuya adalah teman dari kakak angkat Tara. Merekapun menjadi semakin dekat dan cocok tanpa disangka-sangka. Masa-masa indah mereka lalui bersama, berjalan-jalan ke tempattempat indah di Paris, melihat pemandangan kota Paris yang romantis menara Eifel. Namun sayangnya, kekejaman takdir kehidupan membuat mereka berada dalam suatu dilemma. Masa lalu mereka yang tidak dapat diubah, menghancurkan cinta mereka.Tara maupun Tatsuya sama sekali tidak menyadari benang yang menghubungkan mereka dengan masa lalu, adanya rahasia yang menghancurkan segala harapan, perasaan, dan keyakinan. Ketika kebenaran terungkap, tersingkap pula arti putus asa… arti tak berdaya… Kenyataan juga begitu menyakitkan hingga mendorong salah satu dari mereka ingin mengakhiri hidup….Sebuah kejadian telah membuka tirai masa lalu… Tatsuya harus menjauhkan diri dari Tara, walaupun ia merasa itu sangat sulit. Sampai akhirnya Tara juga mengetahui kenyataan pahit tersebut, ia menangis, marah dan cinta mereka berada di dalam cobaan yang berat… Jalan yang buntu....., ia tak : Ilana Tan : Juli 2007 : PT Gramedia Pustaka Utama

Tebal Novel/Roman : 272 halaman

bisa melanjutkan kisahnya cintanya akibat tuntutan kerja di Jepang. Bukan maksud keegoisan Tatsuya. 1. tokoh Utama : Tara Dupont, Tatsuya Fujisawa. 2.Tokoh Figuran : kakak angkat berkebangsaan Perancis, ayah Tara Dupont. 3.Seting/latar: a. latar waktu : sore di Ruang siaran radio, Sore di Menara

Eifel, Paris, Siang di rumah Tara. b. latar tempat: Ruang siaran radio, Menara Eifel, Paris, rumah Tara. c. latar suasana : sedih, senang, membosankan, menyedihkan, mengharukan. 4. Alur : campuran a. tahap eksposisi/perkenalan : “....Seorang Tara Dupont, wanita blasteran Indonesia-Perancis yang sangat menyukai musim gugur di Paris merasa telah memiliki segalanya dalam hidup. Ia hidup di Paris bersama ayahnya dan bekerja sebagai seorang penyiar di stasiun radio yang cukup terkenal. Ia juga mempunyai seorang kakak angkat berkebangsaan Perancis yang ia pikir adalah cintanya....” b. tahap perumitan : “...Sampai akhirnya ia bertemu dengan Tatsuya Fujisawa, seorang arsitek yang sedang bekerja di Paris, teman dari kakak angkat Tara. Tatsuya adalah seorang lelaki Jepang yang membenci musim gugur di Paris, namun pertemuannya dengan Tara mengubah pendiriannya tentang musim gugur di Paris. Ia menyukai musim gugur di Paris karena Tara. Awalnya, mereka bertemu secara tidak disengaja Ternyata, Tatsuya adalah teman dari kakak angkat Tara. Merekapun menjadi semakin dekat dan cocok tanpa disangka-sangka......” c. tahap klimaks : “.....Masa-masa indah mereka lalui bersama, berjalan-jalan ke tempat-tempat indah di Paris, melihat pemandangan kota Paris yang romantis menara Eifel. Namun sayangnya, kekejaman takdir kehidupan membuat mereka berada dalam suatu dilemma. Mereka harus berpisah.....”

d. tahap peleraian : Kenyataan juga begitu menyakitkan hingga mendorong salah satu dari mereka ingin mengakhiri hidup….Sebuah kejadian telah membuka tirai masa lalu… Tatsuya harus menjauhkan diri dari Tara, walaupun ia merasa itu sangat sulit. Sampai akhirnya Tara juga mengetahui kenyataan pahit tersebut…ia menangis, marah.... ” e. tahap penyelesaian : “..... Dan cinta mereka berada di dalam cobaan yang berat… Jalan yang buntu....., ia tak bisa melanjutkan kisahnya cintanya akibat tuntutan kerja di Jepang. Bukan maksud keegoisan Tatsuya , untuk membanggakan orang tua....” 5. Amanat/pesan :

 Kita harus belajar mengorbankan apa yang kita miliki.  Kita harus menerima keadaan dengan sabar.
6. pesan moral yang dapat diteladani :

1. Gapailah cita-citamu setinggi langit. 2. berukunlah kepada kakak adikmu. 3. jangan sakiti perasaan orang lain. 4. bersabarlah dengan kejadian pahit. 5. banggakan orang tuamu.
7. pesan moral yang harus dijauhi :

1. jadilah anak pemarah. 2. jangan pedulikan perasaan orang lain. 3. jadilah anak plin-plan. 4.

ojo lali pesan moral di hapus

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->